ArenaLTE.com – Seiring dengan gelaran layanan 4G LTE dari operator, saat ini sudah banyak smartphone-smartphone yang sudah mendukung 4G LTE, beredar di pasaran. Baik keluaran pemain lama, maupun merek-merek baru yang mencoba mengadu untung di pasar Indonesia. Mulai bulan Oktober 2016 ini, ArenaLTE.com mencoba menghadirkan rubrik baru, tentang smartphone-smartphone terbaik pilihan redaksi.

Pilihan dilakukan berdasarkan penilaian pada empat faktor: kinerja smartphone, kelengkapan fitur, respon pasar dan value for money-nya. Hasil pilihan redaksi ini, mudah-mudahan bisa membantu untuk menentukan pilihan smartphone apa yang akan dibeli, di tengah segunung smartphone-smartphone yang katanya sudah mendukung 4G LTE.

Oppo F1s: Harga IDR 3.799.000

Oppo-F1s-(5)Untuk bulan Oktober 2016 ini, ArenaLTE.com memilih Oppo F1s sebagai Best 4G LTE Smartphone of The Month. Ini beberapa pertimbangan memilih smartphone buatan Cina ini sebagai peringkat 1 pilihan ArenaLTE.

Kelengkapan Fitur:

Smartphone ini memiliki fitur yang lengkap. Dalam artian, kemampuan dan fungsionalitasnya bisa menunjang aktivitas sehari-hari. Mulai dari fun hingga mobile office. Di beberapa sektor bahkan memiliki kualitas di atas rata-rata. Contohnya area fotografi yang didukung kamera selfie berkekuatan 16MP.  Juga disokong dengan kamera utama berkekuatan 13MP. Tak hanya itu, seri ini mengantongi sensor sidik jari.

Oppo F1s yang punya dual slot SIM card ini juga mendukung jaringan 4G LTE berkecepatan hingga 150 Mbps. Teknologi 4G LTE-nya dari tipe FDD band 1/3/8. Sehingga, bisa dipakai mengakses data berkecepatan tinggi, juga bisa digunakan fungsi basis, voice dan sms. Beberapa ponsel 4G LTE tak mendukung fungsi ini, sehingga ketika hendak melakukan fungsi voice dan sms, harus mengunduh aplikasi tertentu. Didukung beragam jaringan mulai dari GSM  (850/900/1800/1900Mhz), WCDMA (850/900/2100Mhz).

Performa: Percuma punya fitur seabreg bila performanya kerap mandeg. Nah, Oppo F1s ketika digunakan menunjukkan kinerja yang ciamik. Bahan logam yang membungkus bodi Oppo F1s sangat kokoh dan terasa premium. Dapur pacu kelas menengah Mediatek MT6750 yang ditemani RAM 3GB membuat ponsel ini tetap gesit dan minim lag saat menjalankan beragam aplikasi secara multi tasking.

Contohnya aplikasi pesan instan yang selalu aktif di background seperti WhatsApp, BBM hingga Line. Aktivitas pun tetap lancar walaupun kita sambil browsing internet, membuka Facebook dan lain-lain. GPU-nya pun tetap prima dalam mengolah grafis, padahal dipakai untuk game berat seperti Need for Speed. Baterai termasuk awet lho, bisa bertahan seharian penuh.

Respon Pasar: Ini menjadi salah satu faktor penting juga. Banyak smartphone yang (ngakunya) bagus, tapi belum tentu diterima dengan baik di pasar. ArenaLTE menelusuri beberapa pusat perbelanjaan ponsel di Jakarta. Dari beberapa toko, kami mendapat data bahwa Oppo F1s ini termasuk tertinggi penjualannya. Sebagai gambaran, seperti yang dijelaskan pemilik toko, dari 10 smartphone yang berhasil dijual tiap harinya, 7 hingga 8 di antaranya adalah Oppo F1s.

Value for Money:

Harga murah belum tentu jadi patokan. Harga mahal juga belum menjamin itu smartphone bagus dan layak beli. Terpenting adalah aspek value for money, alias kepantasan antara harga dan kualitas serta performanya. Oppo F1s ini memang harganya sekitar  IDR3,7 juta. Di atas rata-rata smartphone sekelas (dari segi fitur). Tapi value for money-nya bagus, karena baik dari aspek look (design), fungsional serta kelengkapan fitur, sangat memadai.

Para Pesaing di Urutan 2-5

  1. Smartfren Andromax A; Harga IDR 649.000

Smartfren Andromax AIni adalah salah satu seri 4G LTE paling ringan di kantong. Desainnya sih biasa-biasa, tapi sang vendor sudah membenamkan beberapa fitur yang lumayan. Patut dimaklumi juga jika harga murah berimbas pada pemangkasan kualitas.

Performanya termasuk standar tapi seri ini punya beberapa andalan seperti sepasang kamera depan belakang dengan resolusi 5MP. Sudah dipersenjatai chipset entry level, Qualcomm Snapdragon 210, RAM 1GB dan ROM 8GB. Untuk jelajah internet, tersedia jaringan 4G LTE Cat. 4, menyediakan satu slot SIM khusus untuk Smartfren 4G LTE (micro SIM) dan satu slot untuk GSM/CDMA (SIM card biasa).

2. Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL; Harga IDR 1.700.000

asus zenfone 2 laser ze550klDibanderol IDR sejutaan, layar sentuh Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL sudah dilapisi Gorilla Glass 4. Tapi demi memangkas ongkos produksi, Asus menggabungkan frame logam dengan bodi plastik. Kamera utamanya bersensor 13MP dan kamera depan 5MP.

Untuk internetan LTE Cat. 4 sudah menjadi andalan mendukung 2100MHz(1)/ 1900MHz(2)/ 1800MHz(3)/ 850MHz(5)/ 2600MHz(7)/ 900MHz(8)/ 800MHz(20). Tapi harap maklum kalau dapur pacunya hanya sekelas Qualcomm Snapdragon 410 berclockspeed 1.2 GHz yang dibantu RAM 2GB dan kapasitas storage 16GB.

3. Lenovo Vibe K5 Plus (RAM3GB); Harga IDR 2.299.000

Lenovo Vibe K5 Plus
Lenovo Vibe K5 Plus

Lenovo Vibe K5 Plus adalah seri yang sudah mendukung teknologi Virtual Reality dan teknologi voLTE. Dirancang dengan finishing seperti logam dengan bahan baku solid dan kokoh. Punya kamera utama 13MP tapi kelebihan Lenovo Vibe K5 Plus punya fitur spesial yang menyuguhkan mode split screen untuk mendukung kacamata virtual reality (VR).

Lenovo Vibe K5 Plus juga sudah mendapat dukungan jaringan 4G LTE Cat. 4 dalam rentang band lengkap bisa dipakai semua operator telekomunikasi mulai dari Telkomsel hingga Smarftren. Lenovo menyematkan chipset 64-bit octa core Qualcomm Snapdragon 616 didukung RAM 3GB. Tapi sayang memori internalnya hanya 16GB dan kapasitas baterai standar 2750mAh.

4. Asus Zenfone 3 ZE520KL: Harga IDR 4.400.000

Asus Zenfone 3 Max-ZC520TLDesain ponsel ini sangat premium dimana sektor depan dibalut kaca yang mengandalkan teknologi 2.5D Curve Glass. Lebih dari itu, panel kaca yang membalut sekujur tubuh Asus ini adalah Gorilla Glass 3 besutan Corning.  Fotografi  jadi fitur unggulannya dengan kamera utama beresolusi 16MP dan kamera selfie berkekuatan 8MP.

Asus Zenfone 3 juga merupakan seri pertama di dunia yang memakai prosesor 64-bit Qualcomm Snapdragon 625.  Dilengkapi RAM 3GB dan ROM 32GB, seri ini sudah mendukung 4G LTE di kedua slot SIM. Hebatnya, Asus mendukung LTE Category 7 dimana kecepatan secara teori bisa sampai 300Mbps. Seri ini juga sudah mendukung MiMO Wi-Fi dan USB Type-C.