Bootstrap Slider
Home > Review > Smartphone > Smartfren Andromax R: Smartphone 4G LTE Murah Berfitur Mewah

Smartfren Andromax R: Smartphone 4G LTE Murah Berfitur Mewah

REVIEW SECTIONS

RELATED REVIEWS

Review ViVo V5 : Senjata Komplit Penggemar Selfie
Review POLYTRON PRIME 7S : Sentuhan Bergaya Dari Dalam Negeri
Huawei P9: Standar Baru Fotografi Smartphone
Review LG V20: Smartphone Serba Premium, Termasuk Harganya
Review Motorola Moto E3 Power: Murah Tapi Kurang Powerful
Review Samsung Galaxy J3 2016: Sederhana, Biasa, Tapi Ini Samsung
Review LG X Power: Smartphone  4G LTE Menengah dengan Baterai Ekstra Tangguh
Review Lenovo Vibe K5 Plus: Smartphone 4G LTE Dengan Fitur Virtual Reality
PLUS
/ Sudah mendukung 4G LTE dan memiliki kamera berkemampuan lengkap (kamera belakang dual LED flash dan kamera depan LED flash). Sektor multimedia disuntik Dolby Audio.
MINUS
/ Memori internal relatif kecil, resolusi layar masih HD.

TREND HARGA

EDITORS' RATING
7.2
OVERALL
DESAIN 7
LAYAR 7.5
KAMERA 7.5
MULTIMEDIA 7
PERFORMA 7
VALUE FOR MONEY 7.5
USER'S RATING
0.0
OVERALL
DESAIN 0.0
LAYAR 0.0
KAMERA 0.0
MULTIMEDIA 0.0
PERFORMA 0.0
VALUE FOR MONEY 0.0
Add User Review

ArenaLTE.com – Sebelumnya kami mengulas Andromax Q, smartphone 4G LTE murah besutan Smartfren. Kini giliran Smartfren Andromax R masuk ke meja redaksi. Di jajaran Andromax 4G LTE yang tengah ditebar di pasar saat ini, smartphone ini termasuk paling premium. Tak hanya mengandalkan kapabilitas 4G LTE, smartphone besutan Hisense ini ternyata menyematkan beberapa fitur unik. Apa saja sih? Kalau penasaran simak review Smartfren Andromax R kami berikut.

Desain

Melihat sekilas, smartphone ini tampak fashionable dan berdisain premium. Tapi setelah menimangnya, ternyata Andromax R dirancang dari material plastik polikarbonat. Menurut saya, Hisense partner Smartfren pembuat Andromax R cukup pintar meracik komponen dasar tersebut menjadi terlihat mewah. Biasanya, komponen plastik selalu terlihat murahan.

Andromax R yang kami uji dibalut dengan lis bernuansa gold yang mengelilingi seluruh bodi. Sementara panel depannya terdiri dari lapisan glossy dan kebalikannya di bagian caing belakang yang dibalut plastik polikarbonat berwarna hitam dengan sentuhan doff.

Di sektor depan atas layar menancap earspeaker yang di sisi kiri kanannya terdapat kamera dan LED flash. Sementara di ruas kanan ditanami tombol volume dan power, di bagian atas bodi terdapat port audio 3,5 mm dan sektor paling bawah terdapat port micro USB. Kamera utama dengan dual LED flash serta loudspeaker ditanamkan di belakang.

Andromax R tidak mengadopsi desain unibodi, jadi back cover bisa dilepas. Baterainya pun bisa dicopot. Nah untuk mengakses slot SIM card saya terpaksa mencabut baterai terlebih dahulu. Agak merepotkan mengingat, slot SIM card saat ini sudah menerapkan konsep hotswap dimana tak perlu mencopot baterai untuk bongkar pasang kartu SIM.

Display

Sebagai seri paling premium saat ini di keluarga 4G LTE Andromax, smartphone ini sudah dibekali layar berdiagonal 5 inci dengan resolusi HD 720×1280 piksel. Hebatnya, meski dibanderol dengan harga di bawah dua jutaan, display Andromax R sudah dilapisi anti gores Asahi Dragontail Glass. Meski kelasnya di bawah Corning Gorilla Glass, namun daya tahannya terhadap goresan cukup tinggi.

Teknologi IPS LCD yang dibenamkan dalam Andromax R membuat kita bisa menikmati tampilan layar optimal meski dari berbagai viewing angle. Misalnya saat smartphone dimiringkan, gambar tetap terlihat jelas. Tapi dengan kerapatan piksel di kisaran 294 ppi, kita tak bisa berharap gambar yang terlalu detil dan tajam. Layarnya mampu menerima 5 titik sentuh dan cukup responsif terhadap sentuhan.

OS dan Antarmuka

Smartfen Andromax R sudah menggeber sistem operasi Android terkini yakni versi 5.0. Lollipop. Untuk update firmware, sang produsen Hisense ternyata berkomitmen memberikan dukungan demi memperbaiki bug atau masalah antarmuka dan lain-lain. Notifikasi update firmware sempat muncul selama pengujian yang kami lakukan.

Ada beberapa perubahan kosmetik dan kustomisasi terhadap platform Android bawaannya. Beberapa diantaranya seperti pilihan tema dan wallpaper. Halaman utamanya menyediakan tiga jendela default bisa diisi shortcut aplikasi atau widget.
Seperti Android pada umumnya, tertanam app tray untuk masuk ke menu aplikasi. Di situ kita bisa mengakses berbagai aplikasi yang tersedia. Termasuk aplikasi yang baru saja kita download.

Kamera

Smartfren Andromax R sudah mengantongi kamera 8MP (3264 x 2448 piksel) dengan autofocus dan dual LED flash. Bicara harga, penawaran ini sudah sangat rasional. Menurut saya, dukungan dual LED flash sangat membantu untuk memotret dalam ruangan atau di kondisi low light. Hasilnya terbukti memuaskan dengan pencahayaan yang cukup bagus.

Kamera selfie tak kalah menarik, karena Andromax R dijejali kekuatan 5MP dengan LED flash dan face focus. Jadi, kamera depan ini bisa mendeteksi wajah saat selfie dan bisa dipakai berfoto di dalam ruangan minim cahaya. Dari pengamatan kami, hasilnya pun tak terlalu mengecewakan. Bahkan kita bisa mempercantik dan mengedit hasil foto selfie dengan efek Beautification.

Multimedia

Untuk mendukung sektor multimedia, Smartfren Andromax R menyematkan dukungan Dolby Audio. Menambah performa lebih nendang untuk pemutar musik. Menariknya, Dolby Audio juga mampu menyesuaikan output terbaik sesuai dengan format suara yang tengah kita setel.

Kebutuhan multimedia lain yang disematkan dalam Smartfen Andromax R adalah pemutar video dan radio FM. Pemutar videonya sebenarnya relatif standar, tapi bisa dipakai untuk menyetel video dalam beragam format.

Fitur

Smartphone 4G LTE ini menyediakan konten dan fitur melimpah untuk kita. Tengok saja list berikut mulai dari A+ Smart English, SmartCall, My Smartfren, Smartfren Store, SmartShield, Bubble Bash Mania, FunBox, Games Anti Galau, Modern Combat 4, Real Football 2015, GT Racing 2.

Beberapa di antaranya merupakan aplikasi yang memang jadi unggulan pada Andromax . Beberapa yang cukup menarik di antaranya SmartCall, My Smartfren, Smartfren Store dan SmartShield.

Performa

Meski membidik pasar entry level, Smartfren Andromax R sudah menyiapkan dapur pacu bertenaga. Dengan prosesor quad core 64-bit berclockspeed 1.2 GHZ, Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 saya bisa menikmati akselerasi dan kinerja gesit selama memakainya. Andromax R juga didukung RAM 1GB serta GPU Adreno 306.

Tapi kita tetap harus maklum, sebagai prosesor kelas menengah aksinya pun memiliki batasan. Jika kita memacu smartphone ini untuk game berat atau menjalankan banyak aplikasi yang membebani sekaligus, aktifitas akan sedikit tersendat dan dihiasi lag. Tapi menurut saya belum sampai pada taraf menganggu.

Andromax R dibekali dengan memori internal sebesar 8 GB. Sayang, ruang kosong yang tersisa untuk penyimpanan kita sebagai pengguna hanya sekitar 3,6 GB . Tapi seperti biasa, sudah ada sokongan slot microSD untuk memperbesarnya. Kita bisa menambah memori sampai 32GB. Smartphone ini disuplai baterai berkapasitas 2200 mAh yang bisa bertahan selama sehari setelah pengecasan penuh.

Konektifitas

Konektifitas setara 2G hingga 4G LTE bisa ditemukan dalam Smartfren Andromax R. Smartphone ini menyediakan dua slot kartu SIM. Tapi hanya tersedia satu slot SIM khusus untuk Smartfren 4G LTE (micro SIM) dan satu slot untuk GSM/CDMA (SIM card biasa).

Smartphone ini menggunakan mode dua jaringan EVDO–GSM siaga ganda, tapi tunggal secara bersamaan. Jika CDMA menggunakan EVDO, layanan GSM tetap tersedia, tapi jika CDMA menggunakan data 1x, GSM tidak bisa dijangkau.

Kami menguji jaringan Smartfren 4G LTE di kawasan Mega Kuningan, Jakarta. Kecepatan internetnya lebih kencang dari layanan 3G/HSDPA sebagian besar operator seluler. Speedtest menggunakan Sensorly menghasilkan kecepatan download sekitar 12,42 Mbps dan upload 1,4 Mbps. Alhasil, streaming video di YouTube selama pengujian tetap lancar tanpa buffering.

Smartfren Andromax R ditunjang konektifitas standar seperti Wi-Fi 802.11 b/g/n, Hotspot, Bluetooth v4.0, A2DP danmicroUSB v2.0. Tapi tidak ditunjang teknologi terkini seperti NFC, infra merah atau USB on the Go.

Kesimpulan

Smartfren Andromax R adalah alternatif 4G LTE yang cukup menggiurkan. Selain bisa berjalan di dua jaringan berbeda/hybrid, smartphone ini ditunjang berbagai fitur yang cukup menjanjikan di kelasnya. Antara lain prosesor bertenaga, kamera dengan fitur dual LED flash serta panel display yang dilapisi anti gores.

Namun smartphone ini bukan tak memiliki kekurangan. Meski tampak mewah namun casingnya masih terbuat dari plastik yang cenderung ringkih. Memori internalnya pu tak terlalu besar meski sudah didukung slot microSD.

 

USER REVIEWS

sort by | date | rating
0.0
Review Smartfren Andromax R2: Sudah Layani voLTE 26 Feb 16, 17:28
[…] – Smartphone Andromax R pernah menyambangi meja redaksi, merupakan smartphone LTE yang memiliki fitur mewah dengan harga […]