Bootstrap Slider
Home > Review > Smartphone > Samsung Galaxy A5: Spesifikasi Menengah Desain Mewah

Samsung Galaxy A5: Spesifikasi Menengah Desain Mewah

REVIEW SECTIONS

RELATED REVIEWS

Review ViVo V5 : Senjata Komplit Penggemar Selfie
Review POLYTRON PRIME 7S : Sentuhan Bergaya Dari Dalam Negeri
Huawei P9: Standar Baru Fotografi Smartphone
Review LG V20: Smartphone Serba Premium, Termasuk Harganya
Review Motorola Moto E3 Power: Murah Tapi Kurang Powerful
Review Samsung Galaxy J3 2016: Sederhana, Biasa, Tapi Ini Samsung
Review LG X Power: Smartphone  4G LTE Menengah dengan Baterai Ekstra Tangguh
Review Lenovo Vibe K5 Plus: Smartphone 4G LTE Dengan Fitur Virtual Reality
PLUS
/ Desain bagus, fitur melimpah, koneksi 4G LTE
MINUS
/ Untuk harga yang ditawarkan, spesifikasi biasa saja

TREND HARGA

EDITORS' RATING
7.2
OVERALL
DESAIN 7.5
LAYAR 7
KAMERA 7
MULTIMEDIA 7
PERFORMA 7.5
VALUE FOR MONEY 7
USER'S RATING
0.0
OVERALL
DESAIN 0.0
LAYAR 0.0
KAMERA 0.0
MULTIMEDIA 0.0
PERFORMA 0.0
VALUE FOR MONEY 0.0
Add User Review

ArenaLTE.com – Samsung Galaxy A5 merupakan salah satu seri kelas menengah dengan konsep fresh. Selain spesifikasi Samsung Galaxy A5 didukung fitur mutakhir seperti LTE dan kamera handal, smartphone ini mengusung desain premium, tipis dan terbuat dari material full logam. Jika dicermati handset ini mengadopsi konsep desain Samsung Galaxy Alpha. Seperti apa kinerjanya?

Desain

Desain unibodi berbahan logam kini mulai diterapkan pada beberapa seri terbaru Samsung termasuk Galaxy A5. Cukup menarik karena di segmen harga Samsung Galaxy A5 yang masuk kategori kelas menengah biasanya vendor merilis seri yang didominasi produk bercasing plastik. Kini lewat Galaxy A5 sang vendor mencoba naik kelas.

Secara tampilan, Galaxy A5 terlihat tipis, ramping dan memiliki sentuhan matte nan stylish. Mengandalkan frame metal dengan desain tegas namun dihiasi sudut membulat di setiap ujung bodi. Bentuknya yang ergonomis terasa pas dalam genggaman tangan.

Smartphone ini menyisipkan beberapa fitur seperti earpiece, proximity dan ambient light sensor di bagian atas bodi. Samsung juga menyertakan home fisik serta dua tombol kapasitif untuk recent app dan back. Selebihnya, kita bisa menemukan fasilitas standar semisal volume, power, port audio, slot microSD dan lain-lain.

Display

Spesifikasi Samsung Galaxy A5 di sektor layar membuatnya masuk kategori phablet, hadir dengan layar seluas 5 inci. Sayang, resolusinya hanya 720×1280 piksel, padahal di rentang harga selevelnya, banyak smartphone lain sudah menyuguhkan resolusi layar lebih baik. Bagusnya, Galaxy A5 menyematkan layar Super AMOLED sehingga bisa menutupi kekurangan di sektor kerapatan layar. Kontras rasionya baik dengan akurasi warna natural. Tampilan dari berbagai viewing angle pun masih cukup jelas.

Kerapatan pikselnya memang hanya 294 ppi, namun masih mampu menyuguhkan gambar dan fontasi yang detil dan tajam. Kita tak perlu kuatir soal layar tergores saat dikantongi di saku atau disimpan dalam tas karena Galaxy A5 sudah dilapisi panel anti gores Gorilla Glass 4. Soal performa layar sentuh, smartphone ini sanggup menerima 10 titik sentuhan secara bersamaan.

OS & Antarmuka

Jika bicara sistem operasi Samsung Galaxy A5 agak ketinggalan, karena masih bersandar pada platform Android 4.4.4 KitKat. Galaxy A5 menyisipkan versi TouchWiz UI serupa dengan Galaxy Alpha. Halaman utama tampil dalam balutan khas TouchWiz menampilkan empat ikon di sektor layar bagian bawah plus akses menuju app drawer.

Di layar utama ini, kita bisa menambahkan aplikasi atau widget di panel homescreen ini sesuai kebutuhan. Seperti biasa notification bar bisa ditarik dari atas ke bawah serta merta memunculkan beragam pilihan akses cepat.

Menu pengaturan memiliki tampilan vertikal yang terbagi dalam kategori tapi bisa diubah dalam mode tab. Memasuki bagian app drawer atau halaman aplikasi, kita bisa menemukan ikon dalam jajaran menu berbentuk grid. Urutannya bisa disesuaikan dengan pilihan customizable atau sesuai alfabet.

Secara keseluruhan kombinasi antarmuka dan sistem operasi mampu bekerja efisien dan efektif. Tak ada lag saat transisi menu, respon time maupun pengoperasian berbagai aplikasi dan fitur terasa lancar.

Kamera

Di sektor fotografi spesifikasi Samsung Galaxy A5 bisa diacungi jempol. Samsung Galaxy A5 menyiapkan kamera 13 MP dengan resolusi maksimum yang bisa dicapai 4128 x 3096 piksel dalam mode 4:3. Ada juga opsi memotret dalam mode 16:9 namun optimal pada 4128 x2322 piksel. Buat penggemar selfie, tersedia kamera depan berkekuatan 5MP. Kamera depan Samsung Galaxy A5 mendukung wide selfie mode.

Tampilan menu kamera Galaxy A5 sangat familiar dan mudah dipoerasikan dengan shortcut dan tombol pengaturan di kiri kanan layar. Hasil kameranya memiliki detil yang tajam dan dengan reproduksi warna realistis dan akurat. Soal rekam video, kamera utamanya bisa menghasilkan video dengan resolusi 1080 full HD.

Multimedia

Samsung Galaxy A5 menawarkan TouchWiz music player dan Play Music buatan Google. Banyak hal yang bisa ditemukan dalam musik player khas Samsung mulai dari dukungan terhadap banyak format musik seperti FLAC. Ada juga fitur Music square yang bisa mengatur tempo (Exciting atau Calm) dan emosi (Passionate atau Joyful).

Untuk mengoptimalkan keluaran audio kita bisa memanfaatkan SoundAlive equalizer preset. Tersedia pengaturan Treble dan Bass, Vocal dan Instrumental hingga efek seperti 3D, Bass dan Clarity. Galaxy A5 juga menanamkan radio FM yang bisa melacak stasiun radio secara otomatis. Soal pemutar video, dukungan codec cukup lengkap bisa dipakai memutar video atau film hingga 1080p.

Fitur

Fitur pelengkap dalam Samsung Galaxy A5 cukup kaya. Mulai dari fitur one handed operation, kita bisa meminimize interface mempermudah pengoperasian handset dengan satu tangan. Pada fitur multi window, kita bisa menjalankan dua aplikasi secara bersamaan dalam layar terpisah berjajar. Untuk menampilkan koleksi aplikasi multi windows tahan tombol back, lalu pilih aplikasi yang hendak dijalankan. Tapi tak semua aplikasi mendukung multi windows.

Fitur lain tersedia seperti Quick Connect dan S Finder. Ada juga fitur gerakan dan gesture seperti Smart Stay, Smart Smart Pause. Smartphone ini juga sudah mendukung Samsug Knox, aplikasi Studio (untuk foto) hingga Dropbox dan Flipboard preinstall.

Performa

Lantaran membidik kelas menengah dan demi mengakomodasi harga, maka spesifikasi Samsung Galaxy A5 terpaksa mengandalkan 64-bit Qualcomm Snapdragon 410 chipset yang mengkombinasikan prosesor quad-core 1.2GHz Cortex-A53 dan Adreno 306 GPU. Secara performa memang tak ngebut, untung sang vendor menyelipkan RAM 2GB untuk mendukung kinerja lebih maksimal.

Samsung Galaxy A5 masih sanggup menjalankan game berat dan mengoperasikan rendering halaman web yang padat tanpa gangguan berarti. Meski mengklaim ketersediaan memori internal 16GB, namun hanya sekitar 11,5 GB ruang kosong yang bisa dipakai menampung file dan data. Nah, untuk ekspansi kapasitas memori, sang vendor menyediakan slot microSD.

Baterai non removable berkapasitas 2300mAh pada smartphone ini sebenarnya relatif standar. Artinya, tak berbeda dari rivalnya, Galaxy A5 hanya mampu bertahan sehari jika dipakai untuk melakukan aktifitas terus menerus seperti browsing internet, memutar lagu dan berkirim pesan.

Konektifitas

Samsung Galaxy A5 memuat beragam konektifitas wajib seperti Wi-Fi a/b/g/n dan Wi-Fi Hotspot, Bluetooth 4.0 LE, ANT+, microUSB 2.0 port. Di sisi lain, kita bisa menemukan fasilitas mutakhir seperti keberadaan jaringan LTE Cat. 4 mendukung kemampuan akses internet hingga 150Mbps download, dan 50Mbps upload. Tersedia pula fitur NFC sebagai pelengkap spesifikasi Samsung Galaxy A5 di sektor konektifitas.

Tapi smartphone berbasis nano SIM card ini tidak mendukung kapabilitas dua SIM. Selain itu, kita tidak bisa menikmati kemudahan transfer data antar perangkat seperti flash disk karena Galaxy A5 belum support USB OTG.

Kualitas suara dari earspeaker saat dipakai menelepon atau menerima panggilan cukup baik dan terdengar jelas. Apalagi saat kita mengaktifkan loudspeaker suara yang muncul terasa lantang dan tak pecah atau cempreng. Tangkapan sinyal pun cukup baik meski di dalam gedung.

Value for Money:

Secara garis besar, Samsung Galaxy A5 menawarkan terobosan baru di sektor desain. Khususnya untuk kelas menengah. Mencoba menawarkan desain premium dengan material casing bermutu tinggi. Namun, bicara spesifikasi Samsung Galaxy A5, yakni urusan kinerja dan fitur Anda tak bisa berharap banyak alias kemampuannya relatif standar.

Untuk sekedar gengsi, Anda bisa saja merogoh kocek membeli produk berdesain premium ini. Tapi Anda harus rela menikmati fitur dan spesifikasi yang biasa saja karena di rentang harganya masih banyak pesaing yang menawarkan fitur serta spesifikasi mumpuni.

USER REVIEWS

sort by | date | rating
0.0
Samsung Galaxy A Series Terbaru: A7, A5 dan A3 03 Dec 15, 16:45
[…] Sama seperti Galaxy A5, handset ini menanamkan kamera 13MP yang mendukung OIS dan kamera 5MP di sektor depan. Sebuah sensor sidik jari dan Samsung Pay dengan MST juga sudah ditempelkan di smartphone ini. Spesifikasi Samsung Galaxy A7 ini bakal disupport dengan fitur dual SIM card. Baca juga: Samsung Galaxy A5: Spesifikasi Menengah Desain Mewah […]