Bootstrap Slider
Home > Review > Smartphone > Review Smartfren Andromax R2, Tak Perlu Bayar Mahal Buat Miliki 4G LTE dan Nikmati VoLTE

Review Smartfren Andromax R2, Tak Perlu Bayar Mahal Buat Miliki 4G LTE dan Nikmati VoLTE

REVIEW SECTIONS

RELATED REVIEWS

Review ViVo V5 : Senjata Komplit Penggemar Selfie
Review POLYTRON PRIME 7S : Sentuhan Bergaya Dari Dalam Negeri
Huawei P9: Standar Baru Fotografi Smartphone
Review LG V20: Smartphone Serba Premium, Termasuk Harganya
Review Motorola Moto E3 Power: Murah Tapi Kurang Powerful
Review Samsung Galaxy J3 2016: Sederhana, Biasa, Tapi Ini Samsung
Review LG X Power: Smartphone  4G LTE Menengah dengan Baterai Ekstra Tangguh
Review Lenovo Vibe K5 Plus: Smartphone 4G LTE Dengan Fitur Virtual Reality
PLUS
/
  • Desain premium dengan harga terjangkau
  • Mendukung teknologi VoLTE
  • Kamera berkualitas, kamera depan dengan Flash
  • Performa cukup bagus di kelasnya, mendukung Quick Charge
MINUS
/
  • Fitur OTG tidak stabil
  • Antarmuka biasa
  • Kapasitas baterai kurang besar

TREND HARGA

EDITORS' RATING
7.6
OVERALL
DESAIN 8
LAYAR 7
KAMERA 7.5
MULTIMEDIA 7.5
PERFORMA 7.5
VALUE FOR MONEY 8
USER'S RATING
0.0
OVERALL
DESAIN 0.0
LAYAR 0.0
KAMERA 0.0
MULTIMEDIA 0.0
PERFORMA 0.0
VALUE FOR MONEY 0.0
Add User Review

ArenaLTE.comSmartphone Andromax R pernah menyambangi meja redaksi, merupakan smartphone LTE yang memiliki fitur mewah dengan harga murah. Kini operator sekaligus penyedia handset tersebut merilis generasi baru yang lebih mutakhir yakni Smartfren Andromax R2. Tentu saja seri baru ini membawa angin segar dan mengantongi banyak perubahan mulai dari peningkatan desain, fitur hingga spesifikasi.

Sekedar informasi saja, seri andalan Smartfren ini diproduksi oleh Hisense salah satu pabrikan asal Tiongkok yang memang serius menghadirkan handset berkualitas tinggi. Di sisi lain, Hisense tetap bisa menjaga harga jual tetap affordable. Nah, jadi penasaran kan? Yuk simak review Smartfren Andromax R2 dari ArenaLTE berikut ini.

Desain

smartfren andromax r2Karena memang sedarah, Smartfren Andromax R2 masih mewarisi sedikit desain versi awal. Bedanya, smartphone ini dibalut dari komponen logam yang lebih premium. Saat ditimang, terasa bodinya kokoh dan solid, bisa dimaklumi karena rangka alias frame yang mengelilingi tubuhnya terbuat dari metal dengan finishing krom berkelas.

Hisense partner Smartfren yang merancang Andromax R2 mampu membuat kelasnya terangkat ke level lebih tinggi. Meski dibanderol dengan harga di bawah dua jutaan rupiah, tapi mutu produk ini setara dengan smartphone kelas atas.  Seri ini mengusung desain unibodi jadi, baterainya terintegrasi tak bisa dicopot. Versi sebelumnya back cover bisa dilepas dengan baterai bertipe removable.

Andromax R2 yang kami uji memiliki bagian depan dan belakang yang dipoles dengan sentuhan glossy kehitaman. Terasa pas dalam pegangan tangan karena material bodinya kesat dan tak mudah slip. Untuk menyisipkan kartu SIM terdapat tray khusus ruas kanan bodi ponsel. Sementara slot microSD bisa ditemukan pada tray yang terdapat di ruas kiri bodi.

Display

Sebagai seri paling premium saat ini di keluarga 4G LTE Andromax, smartphone ini sudah dibekali layar berdiagonal 5 inci. Memiliki tampilan cukup jernih dan tajam berkat dukungan display IPS OGS LCD yang dibenamkan. Hanya saja, untuk gambar, fontasi atau grafis berukuran kecil, ketajaman gambar bakal berkurang. Bisa dimaklumi karena Andromax R2 mengusung resolusi HD 1280x720p alias menawarkan kerapatan piksel 294 ppi.

Komposisi antara dimensi ponsel dan panel layar sentuh masih relatif bisa diterima dengan screen to body ratio sekitar 68.6%. Soal daya tahan jangan salah lho, seri terjangkau ini sudah dilapisi material anti gores keluaran Asahi yang disebut Dragontail Glass.Saat diuji, daya tahannya terhadap goresan cukup tinggi. Misalnya terhadap benda keras seperti ujung kunci atau koin di dalam saku celana.

Teknologi IPS LCD yang dibenamkan dalam Andromax R2 membuat kita bisa menikmati tampilan layar optimal meski dari berbagai viewing angle. Misalnya saat smartphone dimiringkan, gambar tetap terlihat jelas. Sudah ditunjang fitur fitur smart screen yang memungkinkan pengguna untuk membuka layar dengan mengetuknya sebanyak dua kali saja

OS dan Antarmuka

Sama seperti pendahulunya, Smartfen Andromax R2 mengadopsi sistem operasi Android versi 5.0. Lollipop. Pabrikan membuat beberapa perubahan kosmetik dan kustomisasi terhadap platform Android bawaannya. Jadi meskipun masih bernuansa khas Android, tapi antarmukanya lebih segar dengan perubahan desain ikon.

Beberapa perubahan yang disuguhkan seperti pilihan tema dan wallpaper. Halaman utamanya menyediakan tiga jendela default bisa diisi shortcut aplikasi atau widget. Seperti Android pada umumnya, tertanam app tray untuk masuk ke menu aplikasi. Di situ kita bisa mengakses berbagai aplikasi yang tersedia. Termasuk aplikasi yang baru saja kita download.

Kamera Smartfren Andromax R2

 

Di sektor fotografi, smartphone ini sudah mengalami peningkatan dari pendahulunya, Andromax R. Kini mengantongi kamera utama 13MP yang dilengkapi fitur seperti autofokus, dual LED flash, BSI sensor ditambah hand motion sensor (kinetic). Selain itu bisa merekam video setara HD (720p).

Nah dengan dukungan berbagai fitur di atas, ponsel ini bisa memproduksi foto dengan kualitas yang cukup baik. Bahkan, saat saya coba memotret dalam kondisi low light, mampu menampilkan gambar dengan pencahayaan optimal. Dalam kondisi luar ruangan dengan cahaya cukup, gambar terlihat memuaskan dengan detil dan warna natural.

Kamera selfienya juga cukup impresif lho, mengandalkan sensor wide angle 5MP serta didukung LED flash. Terdapat juga fitur Hand Motion Control (kinetic) yang memudahkan kita memotret hanya dengan lambaian tangan. kita bisa mempercantik dan mengedit hasil foto selfie dengan efek Beautification.

Multimedia

andromax r2 (1)Sama seperti pendahulunya Andromax R, ponsel ini sudah menyematkan dukungan Dolby Audio. Kualitasnya memanjakan telinga lho, saat dipakai memutar lagu bisa memancarkan audio yang cukup nendang. Fitur Dolby Audio ini membuat kita bisa menyesuaikan output terbaik sesuai dengan format suara yang tengah kita setel.

Kebutuhan multimedia lain yang disematkan dalam Smartfen Andromax R adalah pemutar video dan radio FM. Pemutar videonya sebenarnya relatif standar, tapi bisa dipakai untuk menyetel video dalam beragam format.

Fitur

Seperti ciri khas Andromax pada umumnya, seri ini menyuguhkan fitur melimpah. Tengok saja list berikut mulai dari Smart English, Smart Face Call, My Smartfren, Bank Sinarmas, SmartCloud, Smartbox, SmartMusic, SmartCall, A+ Smart English, Smartfren Store, SmartShield, SmartWord dan masih banyak lagi.andromax r2 (7)

Tapi yang paling menarik adalah fitur baru yakni voLTE. Dengan menggunakan layanan voLTE kita bisa menelepon dengan jernih kualitas TrueHD, Conference Call hingga video call. Kelebihannya sambungan pnggilan lebih cepat dari telepon biasa, suara kualitas TrueHD, mudah berganti layanan dari voice ke video call. Selain itu internetan tetap berjalan meski kita sedang menelepon.

Kami  pun mencicipi layanan ini. Untuk bisa menikmati kita harus punya sinyal 4G. Setelah itu aktifkan fitur shortcut voLTE yang terdapat di halaman notifikasi. Sebelum mulai menelepon via voLTE pastikan dulu muncul logo voLTE di status bar perangkat. Ternyata memang suara panggilan terdengar lebih jernih. Nah, buat yang lebih penasaran dengan layanan voLTE ini nantikan hasil uji kami dalam waktu dekat.  andromax r2 (6)

Pihak smartfren sudah menyediakan tarif untuk layanan voLTE. Meski berjalan di jaringan LTE, layanan ini tidak memotong kuota internet tapi menggunakan tarif panggilan regular biasa. Sesama Smartfren Rp 240/menit untuk 3 menit pertama tariff selanjutnya 5 per detik. Ke operator lain Rp 900 per menit 3 menit pertamma selanjutnya Rp 18 per detik.

Performa

Urusan performa, ternyata seri ini mengalami peningkatan kemampuan dari sang adik. Yups, Andromax R2 mengadopsi chipset Qualcomm MSM8929 Snapdragon 415 (64-bit), 0cta Core 1.4 GHz, Cortex-A5. Sementara adiknya dulu membenamkan Snapdragon 410. Begitu pula dengan GPU yang sudah naik kelas menjadi Adreno 405 dari 306.

Akselerasi dan kinerja smartphone ini tergolong ngebut lantaran sudah didukung RAM 2GB. Tapi harap dimaklumi pula performa prosesor kelas menengah seperti yang dibenamkan dalam seri ini tentu ada batasannya. Buat game dengan grafis dan prosessing berat tentu kita harus maklum jika kadang-kadang ada lag.

Soal memori internal, Andromax R2 mengantongi kapasitas 16GB. Buat yang masih merasa kurang puas, vendor juga sudah menyediaan slot microSD yang bisa meningkatkan kapasitas hingga 32GB via kartu memori. Untung menunjang daya, Andromax R2 disuplai baterai berkapasitas 2320 mAh yang sanggup diforsir selama sehari setelah pengecasan penuh. Handset ni juga sudah mendukung Quick Charge lho, bisa mengecas 40% lebih cepat dari smartphone biasa.

Konektivitas

Sebagai seri mutakhir, Smartfren Andromax R2 tentu saja sudah didukung jaringan terkini. Oh ya, smartphone ini mengakomodasi pengguna yang mempunyai dua kartu SIM. Tersedia dua slot micro SIM dimana satu slot SIM khusus untuk Smartfren 4G LTE (micro SIM) dan satu slot untuk GSM/CDMA (SIM card biasa).

Soal jaringan internet, Andromax R2 sudah mendukung dual mode – dual on active untuk jaringan 4G LTE FDD-TDD dan EDGE. Nah, untuk jaringan 4G LTE, sudah mendukung berbagai band mulai dari FDD-LTE: 800, 850, 1800, 2600, TDD-LTE: 2300. Buat kecepatan internet, seri ini mengandalkan LTE Cat. 4 yang memiliki speed untuk download maksimal 150 Mbps dan upload 50 Mbps.

Lebih dari itu, Smartfren Andromax R2 ditunjang konektifitas standar seperti Wi-Fi 802.11 b/g/n, Hotspot, Bluetooth v4.0, A2DP dan microUSB v2.0. Seri ini sudah lebih sempurna dari sang adik karena mendukung kapabilitas USB on the Go. Artinya, kamu bisa membuka flash disk atau hard disk langsung dari smartphone via kabel OTG khusus.

Value for Money

Sama seperti sang adik, Smartfren Andromax R2 benar-benar seri handal buat kalangan yang ingin memiliki ponsel 4G LTE harga terjangkau. Meski dibanderol di bawah dua jutaan, Andromax R2 sudah dipasok fitur melimpah serta spesifikasi yang layak dilirik. Bahkan menjadi seri pertama yang sudah mengadopsi layanan voLTE.

Lebih jauh, seri ini kemampuan berjalan di dua jaringan berbeda/hybrid. Juga didukung prosesor bertenaga, kamera utama (13MP) dan selfie (5MP) yang keduanya disuntik LED flash. Hanya saja kapasitas baterainya kurang besar serta antarmuka yang agak standar.

USER REVIEWS

sort by | date | rating