Bootstrap Slider
Home > Review > Smartphone > Lenovo Vibe X2: Smartphone Dengan Multi Layered Aluminium

Lenovo Vibe X2: Smartphone Dengan Multi Layered Aluminium

REVIEW SECTIONS

RELATED REVIEWS

Review ViVo V5 : Senjata Komplit Penggemar Selfie
Review POLYTRON PRIME 7S : Sentuhan Bergaya Dari Dalam Negeri
Huawei P9: Standar Baru Fotografi Smartphone
Review LG V20: Smartphone Serba Premium, Termasuk Harganya
Review Motorola Moto E3 Power: Murah Tapi Kurang Powerful
Review Samsung Galaxy J3 2016: Sederhana, Biasa, Tapi Ini Samsung
Review LG X Power: Smartphone  4G LTE Menengah dengan Baterai Ekstra Tangguh
Review Lenovo Vibe K5 Plus: Smartphone 4G LTE Dengan Fitur Virtual Reality
PLUS
/ Menghadirkan konsep unik multi-layered aluminium alloy.
MINUS
/ Bentuknya yang datar dan menyiku berujung pada kesulitan saat memegangnya. Ya, tak terlalu nyaman dipegang.

TREND HARGA

EDITORS' RATING
7.5
OVERALL
DESAIN 8
LAYAR 7
KAMERA 8
MULTIMEDIA 7
PERFORMA 8
VALUE FOR MONEY 7
USER'S RATING
6.0
OVERALL
DESAIN 7.0
LAYAR 5.0
KAMERA 6.0
MULTIMEDIA 6.0
PERFORMA 6.0
VALUE FOR MONEY 6.0
Add User Review

ArenaLTE.com – Lenovo Vibe X2 menyodorkan diferensiasi di sektor desain lewat konsep multi-layered aluminium alloy. Smartphone 4G LTE Lenovo ini mengklaim diri sebagai ‘world’s first layered phone‘. Tak hanya terpaku dalam aspek desain, spesifikasi Lenovo Vibe X2 pun cukup menjanjikan mulai dari prosesor, sistem operasi hingga kamera.

Desain

Lenovo Vibe X2 mengkombinasikan lapisan logam berkonsep multi layered aluminium alloy menjadi sebuah smartphone berpenampilan nyentrik. Secara bentuk, Lenovo Vibe X2 mengadopsi konsep kotak dan flat. Konstruksi bodi smartphone Android ini terbagi dalam beberapa warna berbeda di setiap layernya.

Komposisi warna setiap layer saling melengkapi dan memiliki kombinasi yang tepat. Uniknya, komposisi panel logam yang tumpang tindih ini tak membuatnya jadi bongsor. Malahan, smartphone ini terlihat tipis dan ramping. Material magnesium alloy membuatnya terasa ringan saat digenggam tapi terlihat premium, solid dan kokoh. Tapi bentuknya yang datar dan menyiku berujung pada kesulitan saat memegangnya. Ya, tak terlalu nyaman dipegang.

Vibe X2 menyuguhkan layar berukuran 5 inci di bawahnya tertanam tiga tombol kapasitif: Menu, Home dan back. Di bagian atas display tertanam earpice dan kamera 5 MP di kanan, serta proximity dan ambient light sensor. Di belakang bodi ada kamera 13 MP dan LED flash. Mikrofon sekunder untuk noise cancellation di kanan dan di bawahnya terdapat logo dan loudspeaker.

Di samping kiri terdapat SIM card tray dengan dua slot kartu SIM. Di samping kanan bisa ditemukan tombol volume dan power. Bagian sisi kiri atas bodi terdapat port audio 3,5mm dan sisi bawah tertanam port microUSB dan lubang mikrofon. 8.5/10

Display

Layar Lenovo Vibe X2 berbasis teknologi IPS LCD 5 inci dengan resolusi full HD 1920×1080 piksel. Alhasil, perapatan piksel smartphone besutan Lenovo ini mencapai 441 ppi. Gambar yang memancar di layar detil, jernih, bening dan tajam. Teknologi IPS menjadikan layar tampak optimal dari berbagai viewing angle dengan reproduksi warna baik.

Lenovo Vibe X2 bisa secara otomatis mendeteksi cahaya sehingga bisa mengatur brightness secara otomatis. Cukup membantu kita karena tak perlu repot-repot lagi masuk ke setting brightness untuk menyesuaikan dengan keadaan lingkungan indoor, outdoor, siang atau malam. Ponsel cerdas yang sudah dilapisi pelindung anti gores Gorilla Glass 3 ini cukup responsif terhadap sentuhan. Bisa menerima sampai 10 titik sentuhan secara bersamaan. 8/10

OS & Antarmuka

Lenovo Vibe X2 mengandalkan platform Android versi 4.4.2 KitKat bekerjasama dengan Vibe 2.0 UI. Pengelolaan antarmukanya keluar dari pakem Android standar yakni tanpa App Drawer atau menu aplikasi khusus. Aplikasi dan widget semuanya menyatu sekaligus dalam homescreen. Jumlah layar homescreen Lenovo Vibe X2 bisa ditambah hingga 18.

Tampilan antarmuka tanpa app drawer sedikit menjiplak konsep iPhone. Tapi harus diakui jika sekarang banyak pabrikan Cina yang mengusung konsep serupa. Tengok saja vendor seperti Xiaomi atau Huawei yang juga tak menyertakan App Drawer dalam interfacenya.

Aplikasi yang ada pun bisa dikumpulkan dalam folder terpisah. Cubit panel homescreen maka kita bisa mengakses manajemen layar untuk mengatur, menghapus atau menambah panel homescreen . Lenovo Vibe X2 juga menyediakan pengaturan theme, wallpaper, desktop dan widget.

Bagian bar notifikasi ada lima kolom shortcut utama yang tertampil. Anda bisa mengutak-atik sesuai kebutuhan atau menggantinya dengan yang lebih penting. Tahan tombol Menu agak lama memunculkan app switcher yang bisa dimanfaatkan untuk menutup aplikasi yang sudah tidak diperlukan.

Kamera

Buat penggemar fotografi, Lenovo sudah membekali Vibe X2 dengan kamera 13 MP. Resolusi maksimum untuk mode 4:3 adalah 4160 x 3120 piksel. Sementara pada mode 16:9, kita bisa menikmati resolusi 4096×2304 piksel. Lenovo Vibe X2 juga mengakomodasi urusan selfie dengan menanamkan kamera 5 MP di sektor depan dilengkapi auto shutter gesture control.

Pengoperasian kamera tidak ribet, karena user interfacenya mudah dipakai dan praktis. Sudut kiri atas ada switch kamera depan, flash, HDR dan shutter. Menu setting tertanam di sudut kiri bawah untuk mengakses fitur seperti HDR mode, Auto scene, geo-tagging, resolution settings, anti-banding dan lain-lain. Lenovo Vibe X2 pun bisa dipakai merekam video dengan kualitas 1080p.

Bagaimana hasil jepretannya? Kamera Lenovo Vibe X2 bisa memproduksi foto dengan detil tajam serta warna natural. Tapi jika ruangan atau lingkungan minim cahaya biasanya ada noise yang mengganggu muncul dan ketajaman foto menurun. Sementara hasil rekam video termasuk standar kualitasnya. Tak jelek-jelek amat.

Multimedia

Multimedia Lenovo Vibe X2 terbilang komprehensif. Smartphone Android ini menyediakan fitur seperti pemutar musik, player video dan radio FM. Lenovo Vibe X2 menanamkan ekualizer serta fasilitas seperti bass, surround dan lainnya untuk mendongkrak performa.

Suara yang terpancar dari speaker bawaan cukup baik dan terdengar lantang. Jika Anda ingin menikmati suara yang lebih bermutu, headset bawaan menawarkan kualitas suara yang komposisinya seimbang antara bass dan treble.

Di bagian belakang bodi Lenovo Vibe X2 terdapat tiga pogo pin yang memungkinkan ponsel terhubung dengan aksesori tambahan Xtension. Nah, beberapa aksesori tambahan yang sudah diumumkan antara lain, speaker eksternal besutan JBL yang juga berfungsi sebagai kickstand. Juga tersedia baterai pack eksternal.

Fitur

Paket aplikasi Lenovo dalam DOit memungkinkan Anda melakukan banyak hal. Banyak fitur pilihan yang bisa dinikmati di smartphone ini seperti SHAREit yang memungkinkan kita berbagi file. Security adalah aplikasi yang bisa membantu meningkatkan speed ponsel dan melindungi dari virus. Dengan SYNCit, ita bisa membackup dan me-restore kontak, SMS dan log telepon.

Performa

Lenovo mempersenjatai Vibe X2 dengan chipset MediaTek MT6595 True8Core yang ditunjang empat inti Cortex-A17 2.0GHz dan empat inti Cortex-A7 1.7GHz. Menggabungkannya dengan pengolah grafis PowerVR G600 GPU serta RAM 2GB. Kombinasi ini sudah cukup untuk mengangkat performa dan mendukung kecepatan operasi Lenovo Vibe X2.

Lenovo Vibe X2 cukup handal menangani tugas dasar. Menjalankan beragam aplikasi untuk multitasking dan lain-lain lancar. Termasuk juga saat dipakai bermain game berat minim lag dan renderingnya optimal.

Sayang, kapasitas baterai Lenovo Vibe X2 termasuk kecil yakni hanya 2.300 mAh. Saat diuji, Lenovo Vibe X2 hanya membutuhkan waktu sehari sampai daya habis jika dipakai secara masif terus menerus. Untung saja tersedia aplikasi power manager. Menawarkan tiga pilihan: normal, power saving dan emergency.

Memori Lenovo Vibe X2 termasuk lega dengan kapasitas 32GB. Namun, angka tersebut tidak bisa dimaksimalkan karena sudah menciut dipakai sistem dan lain-lain. Jadi Anda hanya bisa menikmati ruang sekitar 25,67 GB untuk penyimpanan data dan file. Lenovo Vibe X2 tak menyediakan slot memori microSD.

Konektifitas

Lenovo Vibe X2 mendukung quad-band 2G/GPRS/EDGE dan penta-band 3G with HSPA (hingga 42Mbps downlink dan 5.7Mbps uplink). Namun patut dicatat juga jika jaringan dalam perangkat mobile ini sudah mendukung Cat. 4 LTE (hingga 150Mbps download, dan 50Mbps upload). Lenovo Vibe X2 juga menyertakan dua slot SIM card (micro SIM + nano SIM).

Fasilitas konektifitas lain sudah termasuk standar seperti dual-band Wi-Fi a/b/g/n/ac with DLNA, Bluetooth 4.0 with A2DP, EDR, dan LE. Tak ketinggalan GPS dan GLONASS. Tapi harap diingat jika fitur seperti NFC, infra merah atau USB on the Go belum terintegrasi di Lenovo Vibe X2.

Value for Money

Lenovo Vibe X2 dirancang berbeda dalam aspek desain. Terlihat menonjol dan memang diposisikan membidik kalangan fashionable freak yang menyukai hal-hal stylish dan trendi. Tapi harap diingat pula jika spesifikasi Lenovo Vibe X2 pun tak mengecewakan. Dukungan 4G LTE untuk internet kecepatan tinggi, layar ful HD, kamera 12MP dan custom UI termasuk pelengkap yang handal.

USER REVIEWS

sort by | date | rating
6.0
admin 12 Aug 15, 05:06
ah, kameranya jelek. bodinya sih bagus.