ArenaLTE.com – Lenovo rajin menelurkan sejumlah produk untuk pasar Indonesia. Kali ini mereka mempunyai Lenovo Vibe K5 Plus, seri terbaru ini diramu dengan komposisi yang diharapkan bisa memenuhi kebutuhan konsumen kelas menengah. Terutama segmen yang menginginkan sebuah produk terjangkau, namun didukung tampilan dan spesifikasi yang memuaskan.

Lenovo Vibe K5 Plus sendiri hadir denga dua varian yakni versi dengan RAM 2GB dan RAM 3GB. Nah, produk yang kami uji kali ini adalah varian Vibe K5 Plus yang sudah mengusung RAM 3GB. Sebagai gambaran, Vibe K5 Plus adalah seri yang sudah mendukung teknologi Virtual Reality dan teknologi voLTE. Yuk simak review Lenovo Vibbe K5 Plus-nya.

Desain

Lenovo Vibe K5-02Nah, kesan pertama kami memang smartphone ini terlihat premium dan solid. Apalagi balutannya pun dibuat dengan finishing yang mencitrakan sebuah produk berbahan logam. Saat dipegang memang terasa kokoh dan tidak terasa nuansa ringkih ‘plastik’. Sejauh ini cukup oke.  Smartphone ini punya screen-to-body ratio sekitar 68,4%, jadi secara tampilan cukup proporsional.

Panel depannya terlihat glossy, tapi mudah terkotori sidik jari. Sayangnya, Lenovo tak menyinggung seputar keberadaan panel kaca anti gores seperti Corning Gorilla Glaas atau yang lain. Tapi yang jelas dalam paket penjualan, sang vendor turut menyisipkan lapisan anti gores. Lumayan sih, tinggal kita pasang saja. Minimal bisa menjaga layar dari goresan benda keras.

Seperangkat sensor sudah dibenamkan dalam ponsel ini. Mulai dari proximity dan ambient light yang berlokasi tepat di sisi atas panel layar sentuh. Tertanam juga notifikasi LED yang ada di sudut kanan atas bodi yang memancarkan warna hijau dan merah. Oh ya, Vibe K5 Plus juga mempunyai gyroscope.

Tombol sentuh kapasitif terletak di bagian bawah layar sentuh tapi tak didukung dengan backlit, tapi ada haptic feedback saat disentuh, terasa ada getar-getar di jari. Saat menyusuri area bagian belakang, ternyata casing belakang ponsel ini bisa dicopot. Saya hampir tertipu dengan sentuhannya yang seperti logam, tapi sebenarnya hanya merupakan plastik tipis.

Baterai yang menyisip di bagian belakang bodinya juga bisa dicopot alias removable. Permukaannya relatif kesat, jadi saat dipegang tak mudah tergelincir. Tapi ingat ya, mudah tergores lho. Karena slot micro SIM/ microSD tersembunyi dibalik baterai, kalian harus mencopotnya terlebih dahulu saat ingin menyisipkan kartu.

Display

Lenovo-Vibe-K5-03Lenovo Vibe K5 Plus mengusung layar IPS dengan bentang 5 inci pada resolusi 1920×1080 piksel dengan kerapatan sekitar 400 ppi. Sementara untuk kecerahan layar berada di angka 450 nits dimana kecerahan yang tertampil di layar memang cukup baik. Komposisi warna yang tertampil terlihat alami.

Tapi saat dibawa berjalan-jalan di luar ruangan tertimpa sinar matahari langsung,  gambar dan teks menjadi sulit untuk dilihat alias pudar. Solusinya adalah dengan mengubah setting brightness ke angka tertinggi. Viewing angle dari gambar pun terlihat baik, saat layar ponsel dimiringkan masih tetap terlihat.

Sayang, sepertinya display Lenovo Vibe K5 Plus tidak dilapisi panel anti gores. Tapi untungnya sang vendor menyisipkan pelapis anti gores dalam paket penjualan. Minimal bisa melindungi layar dari baret-baret saat terkena gesekan ringan.

Penjelajahan menu terasa nyaman karena layar merespon perintah –lewat sentuhan jari—dengan amat baik. Pergerakan layar ketika bergeser teramat halus. Dan satu sentuhan lembut pada menu sudah bisa direspon layar dengan baik.

OS & Antarmuka

lenovo-vibe-k5-uiSmartphone ini mengadopsi sistem operasi Android 5.1 (Lollipop) yang di atasnya berjalan antarmuka khusus Lenovo yang diberinama Vibe UI. Antarmuka yang dipasang di ponsel ini sama dengan beberapa yang ditemukan di seri lain Lenovo.

Menyediakan dua pilihan tampilan Vibe UI dengan skema yang tak menyediakan app drawer atau halaman aplikasi khusus. Ada juga pilihan tampilan Android, dimana konsep antarmuka menghadirkan halaman aplikasi khusus app drawer ala Android pada umumnya.

Sang vendor menyisipkan beberapa aplikasi preinstall dan beberapa fitur yang memudahkan pemakaiannya. Antara lain kalian bisa mendapat Syncit untuk backup contact, SMS dan call log on ke dalam penyimpanan cloud Lenovo. Terbenam juga aplikasi seperti Shareit, McAfee Mobile Security Theme untuk berburu tema.

Dalam ponsel ini, kalian bisa mengutak-atik level warna, mengatur permission dan mengatur warna lampu LED untuk beberapa elemen komunikasi seperti panggilan tak terjawab, pesan yang belum terbaca atau email.

Secara keseluruhan aksi penjelajahan antarmukanya terbilang lancar dan mulus. Tak ada isu apapun yang mengganggu selama pemakaian. .

Kamera Lenovo Vibe K5 Plus

Lenovo-Vibe-K5-05Kualitas gambar yang dihasilkan kamera ini cukup baik. Foto-foto outdoor di siang hari dalam kondisi cahaya melimpah cukup bagus, khususnya detil dan reproduksi warna. Satu hal yang sedikit mengganggu adalah saat ingin mendapatkan fokus gambar yang sempurna. Hanya sebagian foto yang dapat tertangkap.

Dalam kondisi low light, foto yang berhasil diproduksi ternyata memuaskan, tak terlalu banyak dihiasi noise. Pemotretan menggunakan lampu flash malah sedikit merepotkan karena gambar yang dihasilkan terlalu terang, khususnya dalam posisi dekat.

Lenovo Vibe K5 Plus sendiri punya kamera depan berkekuatan 5MP yang berbasis sensor OmniVision OV5693 dengan aperture f/2.8, lensa 4P. Cukup baik untuk dipakai selfie dan video chat. Hasil fotonya memancarkan warna yang terang dengan ketajaman gambar yang baik.

Sementara di sektor belakang, Lenovo mematri sensor Omnivision OV13850 berkekuatan 13MP, aperture f/2.2, lensa 5P dilengkapi single LED flash. Tampilan antarmuka dari aplikasi kamera Vibe K5 Plus relatif simpel, punya tombol khusus untuk flash, kamera depan dan HDR.Lenovo-Vibe-K5-cam

Di bagian menu ada beberapa fitur yang bisa dinikmati seperti Panorama dan Effect. Seperti biasa kalian bisa memilih apsek rasio (16:9 and 4:3), mengatur white balance, ISO (100 hingga 1600) atau mengaktifkan geo location dan lain-lain.

Kameranya bisa merekam video full HD 1080p pada 30fps. Menariknya, sang vendor membenamkan EIS alias software yang bisa menjaga dari goyangan saat perekaman. Kualitas videonya termasuk jempolan didukung dengan mic sekunder.

Hasil Foto:
lenovo-vibe-k5-foto-1lenovo-vibe-k5-foto-2lenovo-vibe-k5-foto-3

Fitur

Lenovo Vibe K5 Plus VR adalah fitur yang menyuguhkan mode split screen untuk mendukung kacamata virtual reality (VR). Jadi tak perlu lagi memakai aplikasi VR terpisah untuk bisa menikmati layanan ini. Kalian bisa mengaktifkannya dengan menahan tombol power.

Lenovo menggandeng Digital Happiness, studio game asal Bandung yang menciptakan permainan Dreadout, sebuah aplikasi suspense game 3D (tiga dimensi) asli buatan Indonesia yang bercerita tentang seorang gadis SMA Indonesia yang berpetualang dalam dunia menyeramkan.

Nah, dalam ponsel ini ada versi mobilenya dan bisa dimainkan dengan menggunakan VR glasses. Setidaknya, seri ini menyuguhkan alternatif hiburan baru buat kita. Bisa mencicipi berbagai konten multimedia hiburan dengan menggunakan teknologi virtual reality.lenovo-vibe-k5-fitur

Ponsel ini punya dua grill speaker pada bagian belakang bawah, tepat di atasnya terdapat brand ‘Dolby’ mengartikan bahwa Vibe K5 Plus dibekali dengan fitur Dolby Atmos. Saat dijajal, suara yang memancar dari speakernya terdengar ‘nendang’ dan lantang. Tak terdengar pecah dan enak sih di telinga, meski tak ada suara bass.

Buat menikmati hiburan lain, disediakan fasilitas seperti radio FM dan video player  yang bisa memainkan video resolusi 1080p dengan lancar. Konektivitas

Konektivitas

Lenovo Vibe K5 Plus sudah mendapat dukungan jaringan 4G LTE dalam rentang band yang cukup luas. Alhasil, ponsel ini bisa dipakai untuk semua operator telekomunikasi di negeri ini. Mulai dari  Telkomsel hingga Smarftren. Bahkan sang vendor mempunyai paket bundling dengan Smartfren.lenovo-vibe-k5-koneksi

Menariknya lagi, kedua slot micro SIM card yang tertanam dalam ponsel ini mendukung 4G, tapi tak bisa dipakai bersamaan.  Jika satu slot dipakai 4G maka yang lain hanya bisa mengakses 2G saja. Konektivitas lain yang tertanam di ponsel ini antara lain Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Bluetooth 4.0 hingga GPS. Smartphone ini ternyata mendukung USB OTG, jadi kalian bisa mengakses data di flash disk atau hard  disk langsung dari ponsel ini  via kabel USB OTG.

Performa

Supaya ponsel bisa bekerja dengan sempurna, sang vendor menyematkan chipset 64-bit octa core Qualcomm Snapdragon 616. Dapur pacu ini berbasis empat ARM Cortex A53 yang memiliki clockspeed 1.50 GHz dan empat Cortex A53 yang bisa ngebut hingga 1.21 GHz.

Dengan dukungan RAM 3GB performanya terasa memuaskan tanpa terganggu oleh lag ataupun proses yang lelet atau terhenti mendadak. Tetap bisa bekerja dengan gesit meskipun beberapa aplikasi tengah berjalan di background.

Kinerja grafisnya pun cukup mumpuni saat dipakai memainkan beberapa game seperti Asphalt Airbourne 8 atau Candy Crush. Oh ya ,ponsel ini menyediakan memori internal 16GB untuk untuk ruang penyimpanan file dan lain-lain. Jika belum puas, pasang saja kartu microSD dalam slot yang tersedia.Lenovo-Vibe-K5-bench

ArenaLTE.com menguji perangkat ini melalui aplikasi benchmark standar seperti Antutu Benchmark v6.2.0, Geekbench 3, Quadrant Standard hingga PC Mark. Hasil benchmark yang didapatkan cukup baik meski bisa dibilang tidak terlalu  istimewa.

Soal panas yang biasanya menghantui beberapa smartphone, kita tak menemukan gangguan berarti. Memang saat digeber menjalankan aplikasi atau game berat, bodi belakang terasa hangat, tapi masih dalam hitungan wajar.

Sektor baterai menjadi salah satu yang kurang menonjol di ponsel ini. Dalam pengujian dengan PC Mark, hanya mampu bertahan sekitar 6 jam saja. Tak berlebihan, karena Lenovo Vibe K5 Plus hanya membenamkan baterai berkapasitas 2750mAh.Lenovo-Vibe-K5-04

Value for Money

Untuk ukuran ponsel seharga IDR 2,5 jutaan, Lenovo Vibe K5 Plus merupakan perangkat yang cukup menjanjikan. Memiliki kamera yang cukup jempolan dengan kualitas memadai. Selain itu, urusan multimedia bisa ditangani dengan baik berkat dukungan dual speaker dan support Dolby Atmos. Alternatif hiburan pun bisa dinikmati berkat supporting maksimal untuk virtual reality (VR).

Tapi satu hal yang disayangkan baterai ponsel ini hanya berkapasitas 2750mAh yang staminanya kurang gahar. Begitu pula dengan desain produk yang ternyata masih terasa kental nuansa plastiknya saat dipegang.lenovo-vibe-k5-plus-2