ArenaLTE.com – Coolpad mulai menjajaki 2016 dengan merilis sebuah seri menengah bawah berjuluk Coolpad Fancy. Meskipun feel dan karakteristik desainnya dibuat berbeda  dan lebih premium, namun ponsel ini masih terasa mewarisi gen yang terdapat dalam Coolpad Sky Mini. Material yang membalut Coolpad Fancy punya sentuhan berbeda dari ponsel lain sekelasnya.

Secara spesifikasi, smartphone ini sepertinya tetap mengandalkan senjata yang tak jauh berbeda dengan varian sebelumnya yang membidik segmen menengah bawah. Tapi tentu saja kita harus menelusuri lebih dalam untuk mengetahui perbedaan atau update yang dibenamkan dalam seri ini. Nah, review Coolpad Fancy kami berikut akan membongkar performanya untuk kalian.

Desain

Secara tampilan, Coolpad Fancy terasa sangat kompak dan ergonomis. Menyesuaikan dengan namanya, Coolpad Fancy dibalut dalam desain stylish dan terasa sedikit feminim. Bahkan permukaan bodinya sangat lembut sekali saat disentuh, seperti ‘hati’ kaum hawa. Hehe. Dirancang dari plastik polikarbonat berwarna putih susu mirip seperti pada seri Sky Mini, dulu Coolpad menyebutnya dengan baby skin.

Bagian casing belakang ini lembut, halus, anti-sidik jari, anti keringat. Saat terkena kotoran atau keringat cukup mudah membersihkannya cukup langsung mengelapnya, layar kinclong kembali. Lebih dari itu, bagian rangkanya tanpa sambungan atau baut pada bodinya. Jadi saat memegang sekujur tubuh ponsel ini terasa mulus dan smooth.

Coolpad Fancy mengemas elemen depan agak unik. Saat layar tak aktif, smartphone ini seperti frameless. Tapi begitu dinyalakan ternyata masih ada ruas frame di kedua sisi layar. Namun tidak tertanam tombol fisik menu, home dan back di bawah layar.

Bentuknya terlihat tipis dengan ketebalan 7,9mm, sekujur bodinya membulat dan cembung pipih sehingga terasa nyaman dalam pegangan. Sama sekali tidak licin bahkan cenderung kesat berkat balutan baby skin yang menjadi material pembungkusnya.

Oh ya, Coolpad Fancy menghadirkan sebuah tombol khusus dibagian belakang yang bernama Cool Key. Tombol Cool Key ini dapat diatur fungsinya untuk membuka layar, membuka aplikasi lainnya, mengambil screenshot layar dengan cepat, atau mengambil foto.

Display

Dibandingkan seri menengah bawah lain yakni Coolpad Sky Mini yang pernah kami uji, seri ini sudah mengalami perbaikan di sektor layar. Sama-sama mengusung display seluas 4,7 inci tapi kini sudah disuntik resolusi HD 720p lengkap dengan lapisan Crystal IPS 2.5D. Terlihat premium sekaligus tapi juga pas ukurannya sehingga enak dioperasikan dengan satu tangan dan mudah menyelip di saku celana.

Berkat layar IPS, smartphone ini mampu menampilkan gambar dengan warna melimpah dan tampilan tetap terlihat meski dilihat dari viewing angle miring. Di bawah sinar matahari, pengaturan brightness harus disetel ke level maksimal, jika tidak sulit melihat gambar yang tertampil di layar.

Sayang, tak ada informasi seputar keberadaan panel anti gores pada produk ini. Artinya, tanpa material pelindung kita harus cermat memperlakukan layar sentuh, jika ingin aman dari baret-baret segera pasang anti gores atau proteksi layar.

OS & Antarmuka

Coolpad Fancy menggunakan sistem operasi Android Lollipop 5.1 yang dikostumisasi dengan tampilan Cool UI terbaru versi 8.0 khas Coolpad.  sehingga memberikan tampilan menarik dan memiliki berbagai fitur untuk memudahkan pengguna dalam mengoperasikan smartphone ini, seperti misalnya smart gesture untuk mengoperasikan smartphone tanpa harus menekan tombol.

Secara kosmetik, tampilan antarmukanya masih terlihat sama dengan versi terdahulu yang dibenamkan dalam rangkaian smartphone 2015 lalu. Tersaji banyak fitur dalam skema menu tanpa app tray. Jadi semua konten mulai dari aplikasi dan widget ‘bergerombol’  di halaman utama. Tersedia opsi kustomisasi seperti pilihan efek transisi atau fitur untuk menyembunyikan aplikasi.

Tertanam juga fitur gesture mulai dari double tap to wake hingga mengambil screenshot dengan tiga jari. Oh ya, antarmuka ini punya andalan berupa fitur khas C-Button, yaitu on-screen button yang membawa 12 shortcut, seperti mengatur volume, brightness, mengambil screenshot, hingga mengunci layar.

Kamera

coolpad fancy (1) coolpad fancy (2) coolpad fancy (3)
coolpad fancy (5) coolpad fancy (6)Untuk urusan Fotografi, Coolpad Fancy dibekali dengan kamera utama 8MP autofocus dengan LED flash dan dukungan professional mode. Kamera depan 5MP memiliki fitur beauty mode yang dapat kita gunakan untuk selfie dan video call. Sektor ini ternyata identik dengan pendahulunya di kelas menengah bawah Coolpad Sky Mini.

Di sektor fotografi, Coolpad layak diunggulkan. Jepretan stabil dan shutter speed-nya cepat. Hasil foto terlihat fokus dan tajam di situasi outdoor. Hanya saja hasil fotonya terlalu over eksposur. Sementara di dalam ruangan atau dalam kondisi minim cahaya, hasil foto menggunakan flash terlihat fokus dan tapi terganggu gambar yang resolusinya menurun.

Setting kamera professional sepertinya sudah menjadi standar semua produk besutan Coolpad. Hanya saja antarmukanya terlihat lebih segar dan canggih. Juga terasa praktis dibanding yang dibenamkan pada beberapa seri pendahulunya.

Kita bisa menggunakan mode kamera standar yang tak memerlukan setting khusus. Untuk professional, Coolpad Sky Mini menyediakan pengaturan ‘pro’. Kamera smartphone ini ditunjang beberapa fitur seperti mode HDR, efek dan selfie. Untuk rekam video, tersaji beberapa format rekam video 1080p, 720p dan 480p.

Multimedia

Tampilan pemutar musik pada Coolpad Fancy sudah naik kelas ketimbang yang dulu ditemukan dalam Sky Mini. Kini mengantongi pemutar musik khusus dengan interface atraktif yang berhiaskan warna gradasi. Ditanamkan juga opsi desk lyric dan smart pause. Saya juga bisa langsung memindai lagu yang baru saja dimasukkan.

Eksplorasi pemutar musiknya sangat mudah. Juga sudah tersedia setting equalizer dan enhanced surround dengan pilihan melimpah. Untuk sektor ini, lagi-lagi saya cukup puas karena Coolpad terlihat sangat mendengarkan masukan dari usernya.

Oh ya, Coolpad Fancy menyajikan pemutar video bernama Cool Video antarmukanya atraktif dan bisa memutar berbagai format film. Radio FM-nya tak lupa dijejalkan dalam smartphone ini. Sayang, speaker bawaannya memiliki keluaran biasa saja sedikit kurang bertenaga.

Fitur

Coolpad Fancy mendukung Smart Control dengan beberapa fitur atraktif. Ada ‘gesture control’ yang memungkinkan kita mengakses beberapa aplikasi penting langsung dari mode sleep. Contohnya, kita bisa langsung membuka Camera dengan menggambar huruf ‘C’ langsung di layar tak aktif.

Fitur lain ‘double tap to wake’ untuk mengaktifkan smartphone dalam kondisi sleep dengan mengetuk layar dua kali. Sektor menarik dalam ponsel ini adalah adanya fitur Smart Control berupa sensor inframerah.

Dengan aplikasi remote control pintar, kita bisa mengoperasikan AC , TV , kotak suara , lampu dan peralatan listrik lainnya dengan smartphone ini. Jadi, jika kita perlu memaksimalkan semua perangkat hiburan , Anda dapat mengontrol dari satu tempat. Saat dicoba, ternyata mudah sekali mengkoneksikannya.

Performa

Dibalik desainnya yang kompak dan stylish, kinerja Coolpad Fancy didukung oleh prosesor 64-bit quad core Qualcomm Snapdragon 410 MSM8916 berclockspeed 1.2 GHz dengan dorongan RAM 2GB alias lebih besar dari Coolpad Sky Mini yang hanya 1GB. Aspek menarik dari dapur pacunya adalah keberadaan nano ice cooling pad yang berfungsi sebagai pendingin CPU dan dapat menurunkan suhu CPU hingga 10%.

Dengan kondisi CPU yang tetap dingin dapat membantu kinerja CPU tetap optimal dalam melakukan kegiatan multitasking dengan membuka beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan. Guna mengangkat kinerja sektor grafis, Coolpad Fancy dibenami GPU Adreno 306. Akselerasinya sih cukup gesit hanya saja digenjot untuk game berat sedikit tersendat.

Soal memori internal, Coolpad Fancy hanya punya kapasitas 8GB. Tapi jika memang kurang puas, kalian bisa memperbesar ruang penyimpanan melalui slot micro SD yang sekaligus berfungsi sebagai slot SIM dengan kapasitas sampai 32GB.

Untuk baterainya, Coolpad Fancy hanya mengandalkan kapasitas 1800 mAh. Dalam pengujian kami, baterai smartphone ini relatif boros. Untuk pemakaian normal dengan layanan data aktif, Coolpad Fancy hanya mampu bertahan kurang dari sehari saja.

Konektivitas

Coolpad Fancy sudah disuplai jalur data sekelas 3G (900/2100 MHz) dan mengakomodasi jaringan 4G FDD LTE (1800/2100). Seri ini juga sudah disusupi dengan dua kartu SIM card bertipe hybrid dimana slot SIM 2 bisa dipakai bergantian dengan kartu microSD. Oh ya, fitur 4G LTE pada smartphone ini sedikit merepotkan. Untuk bisa mengaktifkannya, kamu harus membuka dulu Developer Option baru deh aktifan layanan internet super cepatnya tersebut.

Selebihnya, konektifitas seperti Bluetooth 4.0,aGPS, and 802.11 b/g/n/a Wi-Fi pun sudah terintegrasi dalam smartphone ini. Satu catatan lagi, port micro USB smartphone ini belum mendukung NFC maupun kapabilitas membaca flashdisk (USB On The Go).

Value for Money

Coolpad Fancy secara desain sangat cocok buat kalangan muda  yang ingin ingin memiliki smartphone yang kompak dan trendi. Tampilannya sangat feminim, sehingga lebih cocok buat kaum wanita. Pokoknya, sektor ini memiliki nilai jual tinggi dan bisa membuat cemburu para rival.

Tapi jika bicara spesifikasi, Coolpad Fancy relatif mengandalkan kemampuan yang tak jauh berbeda dengan para rivalnya. Salah satu keuntungan yang bisa jadi daya tarik justru pada konten seperti fitur Remote Control dan dukungan tombol khusus Cool Key yang bermanfaat.