Bootstrap Slider
Home > Review > Smartphone > Review Asus Zenfone 3 ZE520KL: Smartphone 4G LTE Cat.7 dengan Kamera Powerful

Review Asus Zenfone 3 ZE520KL: Smartphone 4G LTE Cat.7 dengan Kamera Powerful

REVIEW SECTIONS

RELATED REVIEWS

Review Coolpad Fancy 3: 4G LTE dengan Fitur Multimedia Jempolan
Review ViVo V5 : Senjata Komplit Penggemar Selfie
Review POLYTRON PRIME 7S : Sentuhan Bergaya Dari Dalam Negeri
Huawei P9: Standar Baru Fotografi Smartphone
Review LG V20: Smartphone Serba Premium, Termasuk Harganya
Review Motorola Moto E3 Power: Murah Tapi Kurang Powerful
Review Samsung Galaxy J3 2016: Sederhana, Biasa, Tapi Ini Samsung
Review LG X Power: Smartphone  4G LTE Menengah dengan Baterai Ekstra Tangguh
PLUS
/
  • Desain premium
  • Kamera handal
  • Kinerja jempolan
  • 4G LTE Cat. 7
MINUS
/
  • Bodi rentan pecah karena berbahan kaca
  • Kapasitas baterai standar

TREND HARGA

EDITORS' RATING
8.1
OVERALL
DESAIN 8.5
LAYAR 8
KAMERA 8.5
MULTIMEDIA 8
PERFORMA 8
VALUE FOR MONEY 7.5
USER'S RATING
0.0
OVERALL
DESAIN 0.0
LAYAR 0.0
KAMERA 0.0
MULTIMEDIA 0.0
PERFORMA 0.0
VALUE FOR MONEY 0.0
Add User Review

ArenaLTE.com – Asus Zenfone 3 ZE520KL mendarat pertama di Tanah Air. Smartphone ini adalah satu dari rangkaian keluarga Zenfone 3 Series yang akan susul menyusul menginvasi negeri ini. Lebih dari itu, para penggemar Asus sepertinya bakal sedikit terkejut dengan berbagai perombakan yang diusung mulai dari sektor desain maupun spesifikasi.

Asus bisa dibilang salah satu game changer di pasaran, beberapa smartphone besutannya terbukti mampu bersaing dengan flagship yang ada. Kini Asus Zenfone 3 ZE520KL yang siap menjaring peminat. Tak mau terjebak dalam euphoria kesuksesan Asus Zenfone 2, seri ini berani tampil beda dari pendahulunya. Penasaran kan, yuk simak review Asus Zenfone 3 ZE520KL berikut.

Desain

Asus sepertinya paham jika fans mereka mulai bosan dengan rancangan desain yang itu-itu saja. Terbukti sang vendor melakukan perombakan desain besar-besaran di Zenfone 3 ZE520KL.  Tampilan smartphone ini benar-benar berbeda dari pendahulunya, mengusung form factor kotak flat dibalut dengan metal frame.asus-zenfone-3b

Sektor depan dibungkus dengan material full kaca yang tetap membawa sentuhan Zen Circle. Tapi tetap tertanam tombol fisik sentuh kapasitif yang menjadi ciri khas Asus meski tak dibackup dengan lampu backlight. Oh ya, tampilan layar sentuh seri ini cukup proporsial dengan screen to body ratio 77,3%, lebih baik dari pendahulunya Zenfone 2. Tak hanya iti, Zenfone 3 ZE520KL punya bezel tipis sekitar 2,1mm.

Tampilan panel depan dan belakang terlihat premium, sekilas mirip-mirip Galaxy S7-nya Samsung. Sama-sama dibalut kaca yang mengandalkan teknologi 2.5D Curve Glass. Tapi kalian harus berhati-hati dengan material kaca seperti ini, karena sekuat apapun, jika terjatuh atau terbentur cukup keras layarnya beresiko pecah.  Lebih baik bungkus dengan lapisan pelindung lagi seperti softcase dan lain-lain.

Lebih dari itu, panel kaca yang membalut sekujur tubuh Asus ini adalah Gorilla Glass 3 besutan Corning. Setidaknya, lapisan kaca ini anti baret. Saat dicoba menggores ringan dengan kunci motor ataupun benda logam berujung tajam, tidak ada bekas yang tersisa.

Di sebelah kanan atas, sensor proximity di berada di sebelah kiri lubang speaker, kalau tertutup, bisa mengakibatkan layar menjadi redup. Sisi belakang smartphone ini juga mendapat balutan kaca yang sama dengan bagian depan.

Satu hal menarik, logo Asus yang berada di belakang bodi ternyata dibungkus dengan panel kaca. Jadi tak ada kekuatiran lagi kalau logo akan rusak atau memudar seiring pemakaian. Jadinya terlihat sangat eksklusif. Asus juga membungkus ponsel ini dengan frame berbahan aluminium alloy, komponen yang biasa dipakai dalam pembuatan badan pesawat tempur. Terasa kokoh dan solid saat dipegang.

Display

asus-zenfone-3cSaat ini streaming kebanyakan dilakukan di smartphone. Data statistik menunjukkan, jumlah pengguna YouTube mobile sudah mencapai 40% dibanding jumlah keseluruhan pengguna YouTube pada tahun 2013.  Semakin banyaknya konten video yang kita lihat di YouTube, ini mengakibatkan kita berubah kebiasaan dari yang menggunakan desktop jadi shifting ke mobile.

Nah, buat pengguna yang doyan akses konten video, Asus menghadirkan layar berkualitas pada Zenfone 3 ZE520KL. Salah satunya dengan menanamkan panel IPS +. Teknologi layar ini membuat layar ponsel jadi terang dan warna yang tertampil kelihatan alami.

Cocok dipakai menonton video, bermain game dengan grafis bagus. Apalagi ponsel ini memiliki kecerahan 600nit,  jadi tambah asyik karena gambar terlihat cerah, detil dan efek yang tertampil terlihat sempurna.

Soal bentang layar, Asus Zenfone 3 ZE520KL mengantongi diagonal 5.2 inci. Layar ini sudah mendukung resolusi FullHD atau 1080p dengan kerapatan pixel sekitar 424 ppi. Kerapatan ini sudah lebih dari cukup untuk menikmati konten video melalui ponsel.

OS & Antarmuka

Area ini cukup menarik karena Asus  sudah menggunakan Android Marshmallow versi 6.0.1. Dengan hadirnya sistem operasi terbaru ini maka kita bisa menikmati berbagai fitur menarik seperti fitur penghemat baterai yang dikenal dengan istilah Doze. Saat dijajal ketika smartphone kita sedang idle, baterai tidak termakan habis. Kira-kira 6 jam hanya habis 4% dari kapasitas baterai.

Asus memiliki antarmuka khas yang disebut dengan ZenUI. Tampilannya berbeda dari yang lain, dimana untuk seri ini Asus sudah menananmkan versi update ZenUI 3.0. Perbedaannya terlihat dari ikon-ikon yang dirombak menjadi lebih segar dan atraktif dengan tampilan lebih rounded.asus-zenfone-ui

Beberapa perubahan mendasar terlihat dalam antarmuka yang dikombinasi dengan Android Marshmallow ini. Messaging sudah menggunakan Google Messenger, browser utama menggunakan Google Chrome, aplikasi email menggunakan Google Mail dan kalendar menggunakan Google Calendar.

ZenUI juga bisa dikostumisasi hingga menghasilkan tampilan yang berbeda beda sesuai selera kita. Tak lupa saya juga menemukan toko aplikasi untuk tema, wallpaper dan icon di dalam aplikasi theme.

Catatan menarik lain yang kami temukan, ZenUI juga sudah bisa dikostum untuk menggunakan 2 layer (memiliki app drawer) atau 1 layer saja (semua aplikasi tertanam langsung di homescreen). Nah, tinggal pilih saja sesuai selera kalian. Beberapa hal atraktif sempat saya temukan saat mengutak-atik ponsel ini antara lain munculnya efek blurring saat kita mengakses quick setting juga keberadaan cuaca realtime di area lockscreen.

Kamera Asus Zenfone 3 ZE520KL

asus-zenfone-3-kameraNah, ini dia sektor andalan Asus yang paling menonjol. Asus benar-benar menggarap kamera dengan serius. Terbukti performanya pun memang sangat menjanjikan saat saya jajal. Kamera Zenfone 3 siap dipakai dalam berbagai kondisi atau lingkungan.

Dalam situasi cerah dengan cahaya melimpah, hasilnya benar-benar jempolan. Detil yang tertangkap sangat prima, warna dan ketajaman gambarnya pun sangat natural dan persis seperti aslinya. Dalam keadaan minim cahaya pun kameranya bisa menangkap gambar dengan kecerahan optimal. Benar-benar memuaskan.

Asus ZenFone 3 sendiri memiliki kamera utama dengan resolusi 16MP dan kamera selfie berkekuatan 8MP. Asus ternyata memang menjaga kualitas kamera dengan memakai sensor Sony Exmor RS IMX298. Kenapa hasilnya bisa cerah dan terang dalam berbagai kondisi, ternyata berkat dukungan aperture 2.0.asus-zenfone-3-cam-ui

Selain itu, perpaduan dengan software Asus PixelMaster 3.0 yang memiliki segudang fitur juga mampu memanjakan para penggemar fotografi. Asus Pixel Master 3 hadir dengan kekuatan fotografi yang baru. Tersedia beragam mode mulai dari Auto, Manual, HDR Pro, Beautification, Super Resolution, Children, Low Light, QR Code, Night, Depth of Field, Effect, Selfie, GIF Animation, Panorama, Miniature, Time Rewind, Smart Remove, All Smiles, Slow Motion, Time Lapse.

Oh ya, saat dijajal autofocus ponsel ini sangat cepat berkat teknologi laser autofokus. Dikombinasi dengan TriTech auto-focus yang mengombinasikan software eksklusif dengan tiga teknik fokus independen (continuous focus, laser auto-focus generasi kedua dengan jarak fokus hingga 1,2 meter, dan juga phase-detection).

Hasilnya, fokus super kilat hingga 0,03 detik. Selain itu, pengguna juga bisa menikmati auto-focus continuous pada objek yang bergerak. Jadi, meski kita memotret benda bergerak, gambar tetap fokus lho. Tak hanya itu, Asus Zenfone 3 adalah ponsel termurah di kelasnya yang mampu menghasilkan rekaman video berkualitas 4K. Artinya, ini bagus sekali bagi Anda yang ingin membuat video pendek.

Hasil foto kamera Asus Zenfone 3 ZE520KL

Selamat siang! Ini hasil foto kamera Zenfone 3 #builtforphotography

A photo posted by Arena LTE (@arenalte) on

Gerbang. Kamera: #zenfone3id #builtforphotography

A photo posted by Arena LTE (@arenalte) on

Hijau Kamera: #zenfone3id #builtforphotography

A photo posted by Arena LTE (@arenalte) on

Berawan. Kamera: #zenfone3id #builtforphotography

A photo posted by Arena LTE (@arenalte) on

Mari renang Kamera: Asus Zenfone 3

A photo posted by Arena LTE (@arenalte) on

Menu sehat 😀 Kamera: Zenfone 3 #builtforphotography

A photo posted by Arena LTE (@arenalte) on

Memotret malam

A photo posted by Arena LTE (@arenalte) on

Fitur

Asus Zenfone 3 ZE520KL dibenami dengan sensor sidik jari. Buat informasi, Asus menyisipkan sidik jari dengan bentuk lonjong, agak berbeda dengan yang ditemukan di smartphone lain. Biasanya kotak atau bulat.

Sensor sidik jarinya cukup gesit saat berakselerasi, hanya membutuhkan waktu 0,2 detik untuk membuka ponsel saat kita mengetuknya. Cukup dengan sentuhan ringan saja lho. Tak hanya itu, kita juga bisa merekam hingga 5 sidik jari lho.asus-zenfone-3d

Lebih jauh, Asus masih tetap mempertahankan fitur ZenMotion. Antara lain cukup dengan mengetuk touchscreen dua kali, layar akan hidup atau sebaliknya mati. Ada juga touch gesture dimana kita bisa mengaktifkan aplikasi dengan menggambarkan sebuah huruf di layar yang sedang sleep.

Fitur lain yang menurut saya penting, adalah autostart. Dengan fitur ini kita bisa memilih aplikasi yang berhak berjalan di awal. Seperti diketahui, kalau semua aplikasi aktif, smartphone menjadi lebih lamban saat masuk ke homescreen.

Untuk penyimpanan dokumen penting, Anda bisa mengandalkan ASUS WebStorage yang sudah tersedia di dalam ASUS Zenfone 3. Anda akan mendapatkan free 5GB storage ketika sudah melakukan registrasi dan semua file-file penting aman dari resiko hape kita rusak atau hilang.

Konektivitas

Soal konektivitas jaringan, Asus ZenFone 3 membawa dukungan yang lengkap untuk teknologi yang sudah digunakan di Indonesia. Di Indonesia sendiri coverage layanan 4G LTE operator sudah mencapai 200 kita lebih. Nah, Asus sudah mengakomodasi kebutuhan internet cepat ini.

asus-zenfone-3-netAsus Zenfone 3 mendukung 4G LTE di kedua slot SIM dimana hanya salah satu yang bisa menggunakan 4G sisanya menjadi 2G/3G. Nah, dengan dukungan konektivitas 3G di secondary SIM, Anda juga sudah bisa menggunakan jaringan 3G untuk kualitas telpon yang lebih jernih.

Nah, pada Asus Zenfone 3 ini, secara hardware sudah menggunakan modem yang mendukung LTE Category 7 dimana kecepatan secara teori bisa sampai 300Mbps.

Lebih jauh, sistem navigasi Asus Zenfone 3 cukup lengkap mulai dari GPS, AGPS, GLONASS, dan Beidou. Akurasinya cukup bagus dan cepat.. Kelengkapan konektivitas lain dalam smartphone ini antara lain, WIFI 802.11ac, MiMO Wi-Fi, Bluetooth 4.2, USB Type-C.

Performa

Smartphone ini termasuk gesit dan lincah lho. Meski dibenami dengan banyak aplikasi dan kita membuka banyak aplikasi sekaligus secara bersamaan, akselerasinya tetap mulus. Selain itu, aplikasi yang memiliki beban grafis tinggi dan loading heavy tetap terasa ringan. Soal performa kalian bisa memantau hasil pengujian kami memakai beberapa benchmark.

Oh ya, Asus Zenfone 3 ZE520KL mengandalkan prosesor 64-bit Qualcomm Snapdragon 625 yang memiliki kecepatan hingga 2GHz. Prosesor dengan inti octa core (Cortex-A53) yang didukung GPU Adreno 506 berkecepatatan 650 MHz ini sudah lebih dari cukup untuk diajak bermain game dan virtual reality. Game seperti Final Fantasy, Sim City dan beberapa game VR tetap lancar tanpa gangguan.

Sebagai tandem untuk mendongkrak performanya, seri yang kami uji dijejali RAM 3GB dan memori internal 32GB. Sebenarnya  ZenFone 3 ZE520KL ini punya pilihan kapasitas lain yakni 4GB/64GB. Kalau kalian merasa kapasitas tersebut masih kurang, bisa memasang kartu MicroSD di slot SIM 2 yang mendukung kapasitas hingga 256GB.

asus-zenfone-3-benchSoal baterai, smartphone ini dilengkapi dengan kapasitas 2600mAh. Sedikit disayangkan karena kapasitas ini sebenarnya terlalu kecil buat menyokong kinerja Zenfone 3. Saat dijajal, handset ini mampu bertahan kurang lebih sehari untuk pemakaian normal serta aktivitas seperti browsing, bertelepon, bermain game dan mendengarkan musik.

 

Value for Money

Asus Zenfone 3 ZE520KL merupakan smartphone Android generasi terbaru yang ditunjang berbagai fitur mumpuni terutama kamera nan handal. Dengan hanya merogoh kocek sekitar IDR 4.099.000, kalian bisa menikmati perangkat berdesain premium ala Samsung Galaxy S7. Dengan dua panel kaca berbasis Gorilla Glass di bagian depan dan belakang bodi. Hanya saja, desain seperti ini rentan jika kita tak hati-hati memakainya.

Selain itu, seri ini mendukung spesifikasi kamera yang mumpuni lengkap dengan berbagai fitur kelas atas setara kamera profesional. Hanya saja, soal stamina, Asus Zenfone 3 bisa dibilang tak jauh berbeda dengan para rivalnya. Kapasitas baterai yang dibenamkan kurang bertenaga. Sementara untuk urusan kinerja dan performa ta perlu diragukan lagi.

USER REVIEWS

sort by | date | rating