Bootstrap Slider
Home > Review > Smartphone > Review Asus Zenfone 2 Deluxe Special Edition: Desain Premium, Memori Internal 128GB

Review Asus Zenfone 2 Deluxe Special Edition: Desain Premium, Memori Internal 128GB

REVIEW SECTIONS

RELATED REVIEWS

Review ViVo V5 : Senjata Komplit Penggemar Selfie
Review POLYTRON PRIME 7S : Sentuhan Bergaya Dari Dalam Negeri
Huawei P9: Standar Baru Fotografi Smartphone
Review LG V20: Smartphone Serba Premium, Termasuk Harganya
Review Motorola Moto E3 Power: Murah Tapi Kurang Powerful
Review Samsung Galaxy J3 2016: Sederhana, Biasa, Tapi Ini Samsung
Review LG X Power: Smartphone  4G LTE Menengah dengan Baterai Ekstra Tangguh
Review Lenovo Vibe K5 Plus: Smartphone 4G LTE Dengan Fitur Virtual Reality
PLUS
/
  • Tampilan premium dan unik
  • Memori internal super 128GB
  • Paket penjualan menyertakan microSD 128GB
  • Multimedia handal
MINUS
/
  • Kamera standar
  • Terlalu banyak bloatware

TREND HARGA

EDITORS' RATING
7.8
OVERALL
DESAIN 8.5
LAYAR 7.5
KAMERA 7.5
MULTIMEDIA 8
PERFORMA 8
VALUE FOR MONEY 7.5
USER'S RATING
0.0
OVERALL
DESAIN 0.0
LAYAR 0.0
KAMERA 0.0
MULTIMEDIA 0.0
PERFORMA 0.0
VALUE FOR MONEY 0.0
Add User Review

ArenaLTE.com – Asus tak henti-henti mengolah celah pasar untuk keluarga Zenfone. Meski varian di lini produk ini benar-benar melimpah dengan konfigurasi yang berbeda-beda, Asus masih berinisatif menyodorkan seri baru bernama Asus Zenfone 2 Deluxe Special edition. Hmm, smartphone apalagi ini? Bedanya apa lagi? Keunggulannya apa lagi? Itu mungkin yang terbersit di benak kita.

Sebenarnya Asus Zenfone 2 Deluxe sangat identik dengan Zenfone 2. Tapi perubahan kosmetik di sisi desain membuatnya tampak lebih segar dan atraktif. Aspek paling menonjol dari smartphone ini adalah memori internalnya yang berkapasitas monster. Yuk ah, ikuti review Asus Zenfone Deluxe 2 kalau ingin tahu lebih dalam.

Desain

asus-zenfone-3-deluxe-2Secara konsep, tampilan Zenfone 2 Deluxe hampir serupa dengan Zenfone 2. Vendor menyebutnya sebagai Zen Spirit yang memadukan keseimbangan antara keindahan dan kekuatan. Secara fisik, bodi Asus Zenfone 2 Deluxe terasa solid dan premium.

Sektor depan dan sisi bodi benar-benar serupa dengan Zenfone 2. Tapi casing belakangnya yang bertipe removable (disebut Drift Silver terdiri dari 500 pola poligon) tampil berbeda dengan permukaan dipoles lapisan berpola kristal. Sekilas terlihat sangat elegan dan premium dan memancarkan kerlap-kerlip saat tertimpa sinar. Membuat kita lupa kalau casing belakang ini sebenarnya terbuat dari plastik. Oh ya, di paket penjualan ada juga paket cover alternatif yang disebut Carbon Night.

Sama seperti pada Zenfone 2, sisi belakangnya tetap dibuat melengkung menyesuaikan kontur tangan, sehingga nyaman saat berada dalam genggaman maupun saat dipegang. Sama seperti saudaranya, Asus Zenfone 2 Deluxe menganut desain semi unibodi, cover belakang bisa dibuka tetapi baterainya tidak bisa dilepas. Dari situ kita bisa mengakses slot SIM 1, SIM 2 dan microSD dengan mudah.

Display

InterfaceAsus tak melakukan perubahan berarti pada display Zenfone 2 Deluxe. Smartphone ini masih mengandalkan layar IPS seluas 5,5 inci dengan resolusi full HD 1080p. Untuk melindunginya dari goresan dam benturan ringan, smartphone ini juga sudah dilapisi dengan panel Gorilla Glass 3 besutan Corning. Tampilan yang terpancar dari Zenfone 2 Deluxe lebih jernih, tajam serta warna lebih natural dan lebih hitam.

Teknologi Truvivid display Asus ZenFone 2 hanya menggunakan 4 lapisan sehingga level transparansi display menjadi lebih tinggi dan ketebalan komponen display bisa direduksi. Kerapatan piksel smartphone ini mencapai 403 ppi dengan tingkat kecerahan 400nits. Saat tertimpa sinar matahari langsung, layarnya masih mampu menampilkan gambar optimal. Tapi kamu harus menyetel tingkat kecerahannya di level maksimal.

Pada bagian sensor sentuhnya, Asus Zenfone 2 Deluxe menawarkan response time yang cukup memuaskan. Tak dirasakan jeda saat menyapukan jari di layar, mengetuk perintah atau aplikasi atau dipakai bermain game. Oh ya, Asus Zenfone 2 Deluxe juga menyertakan fitur Glove Mode untuk mendukung kemudahan akses layar sentuh. Meski kamu memakai sarung tangan, layarnya tetap bisa menerima dan menterjemahkan sentuhan dengan baik.

Kamera

Spesifikasi kamera Asus Zenfone 2 Deluxe sama dengan saudaranya dengan lensa berkekuatan 13MP, aperture f/2.0 ditunjang 5 element lens yang mampu menghasilkan foto dengan mutu lumayan. Dual LED flash yang ditanamkan vendor bisa meningkatkan kualitas jepretan dalam kondisi low light atau minim cahaya.

ZenFone 2 Deluxe juga sudah memiliki teknologi kamera PixelMaster Camera 2.0. Sebuah sistem imaging yang dikembangkan dengan kombinasi algoritma khusus, hardware, dan optic. Untuk kamera depan, disematkan resolusi 5MP dengan wide angle lens hingga 85 derajat. Jadi, selfie semakin optimal apalagi sudah didukung fitur Low Light Mode dan Zero Shutter Lag.

Antarmuka kamera menyediakan bermacam modus seperti Effect, Time Lapse, Super Resolution dan Manual. Pada modus Time Lapse, pengguna bisa memilih interval mulai dari 1 sampai 5 detik sebelum kamera memotret otomatis. Pada Super Resolution, ZenFone 2 Deluxe bisa mengkombinasi 4 foto 13MP menjadi gambar kualitas tinggi. Pada Manual Mode, kamera bisa dipakai layaknya DSLR.

Smartphone ini bisa merekam video berkualitas Full HD (1920 x 1080p) lho. Tersedia pengaturan White balance, Exposure value, dan Video stabilization.

1 2 3 4

OS & Antarmuka

OSAsus  Zenfone 2 Deluxe tetap menyisipkan sistem operasi Android 5.0 Lollipop yang diatasnya berjalan antarmuka khas Asus bernama ZenUI. Antarmuka ini dibuat simpel dan ditunjang beberapa fitur khusus seperti ZenMotion, SnapView, ZenUI Instant Updates dan pengamanan dari TrendMicro Security.

Asus Zefone 2 Deluxe sudah menanamkan theme bawaan berkonsep balap dengan nama ‘speed’. Menampilkan icon pack, tampilan home screen dan menu utama yang didominasi warna merah. Tapi kalau tidak cocok dengan selera kalian, bisa kok dimodifikasi lebih lanjut dengan mengganti theme lain. Kita juga bisa mengatur sendiri Widget, Wallpaper, Icon Pack, Scroll effect, preferensi dan setting.

Antarmuka smartphone ini dibenami ZenMotion. Di sini kita bisa melakukan gerakan tertentu untuk melakukan berbagai aktivitas pada smartphone-nya. ZenMotion menyuguhan dua kategori yakni Motion Gesture dan Touch Gesture. Dengan fitur ini kita bisa melakukan berbagai aktivitas cukup dengan menggoyang smartphone atau menyalakannya dengan mengetuk layar dua kali. Atau contoh lain, dengan menulis huruf ‘W’ pada layar off kita bisa langsung akses browser.

Multimedia

MultimediaSektor hiburan yang disuguhkan Asus memang patut diacungi jempol. Asus Zenfone 2 Deluxe menawarkan pemutar musik, player video dan radio FM. Seperti Zenfone 2, smartphone ini 3tmenyediakan Music player buatan sendiri dengan antarmuka simpel namun terlihat atraktif.

Sudah menyediakan equalizer dengan opsi lengkap hingga 9 preset serta custom sendiri. Termasuk dukungan itur bass boost dan surround sound.  Nah, sebagai penyempurna, Asus Zenfone 2 Deluxe dibekali software Audio Wizard 2.0 dari ICEPower yang akan menyesuaikan mode suara sesuai dengan kondisi lingkungan. Saat dijajal, kualitas audio Zenfone 2 Deluxe ternyata di atas rata-rata. Output dari speakernya memiliki kualitas tinggi dengan komposisi bass dan treble yang seimbang serta cukup lantang.

Fitur

fiturHal yang sedikit disayangkan, Asus terlalu banyak menjejalkan aplikasi bawaan dalam Zenfone 2 Deluxe. Memang ada yang bermanfaat tapi sebagian lain tak terlalu sering dipakai alias mubazir. Selain membebani memori juga sedikit berdampak pada kinerja smartphone.

Guna menghemat baterai, Zenfone 2 Deluxe menawarkan Smart saving. Sementara untuk security, tersedia beberapa fitur seperti Kids Mode dan Dr. Safety dari TrendMicro. Ada juga aplikasi Air Link terdiri dari Remote Link, PC Link. Beberapa fitur yang menurut saya bermanfaat adalah Kids Mode, kita bisa menyaring aplikasi mana saja yang boleh dipakai juga mengatur waktu pemakaian sang anak.

Performa

PerformanceAsus Zenfone 2 Deluxe memiliki kode Z00AD (ZE551 ML). Secara spesifikasi, ternyata smartphone ini sudah menyusupkan chipset lebih baru dari Asus Zenfone 2 (ZE551 ML). Saudaranya itu hanya disokong prosesor quad core Intel 64-bit (Moorefield) Z3580 berkecepatan 2.3 Ghz. Sementara Zenfone 2 Deluxe menanamkan Intel 64-bit (Moorefield) Z3590 berclockspeed 2.5 GHz.

Prosesor versi baru ini cukup gesit kok dan tentu saja lebih cepat dari versi sebelumnya dan bisa ngacir saat dipakai bermain game. Terbukti saat dipakai menjalankan game bawaan seperti Asphalt 8 tak ada gangguan berarti. Akselerasinya tetap lancar tanpa lag meski digunakan untuk membuka banyak aplikasi sekaligus.

Selain itu, Zenfone 2 Deluxe memiliki senjata paling mematikan berupa RAM 4GB dan ROM 128GB. Yups, ruang penyimpanan file dan data smartphone ini benar-benar sangar meski yang benar-benar bisa dipakai hanya 112GB. Ada lagi kejutan lain lho. Ternyata Zenfone 2 Deluxe juga menyisipkan kartu microSD 128 GB di paket penjualan. Wow! Jadi total lebih dari 200GB yang bisa dipakai dalam smartphone ini.

Smartphone ini menggunakan baterai Lithium-Polymer non removable berkapasitas 3000mAh. Untuk pemakaian normal, baterainya bisa menyuplai daya selama sehari. Oh ya Asus Zenfone 2 Deluxe juga didukung Asus BoostMaster Technology yang mampu mengisi ulang baterai dari kosong sampai 60 persen hanya dalam 39 menit.

Konektivitas

konektivitasAsus Zenfone 2 Deluxe memiliki dua slot kartu micro SIM. Tapi hanya SIM 1 saja yang sudah mendukung 4G, SIM 2 dibatasi hanya untuk 2G saja. Smartphone ini dilengkapi berbagai fasilitas seperti Wifi 802.11ac WiFi, Bluetooth 4.0, micro USB serta antena untuk menangkap 5 satelit GPS. Tak ketinggalan tentu saja kemampuan menangkap jaringan 4G LTE dengan band 2100MHz(1)/1900MHz(2)/1800MHz(3) 1700MHz(4)/850MHz(5)/2600MHz(7)/900MHz(8)/800MHz(20). Sudah didukung LTE Cat. 4+ dengan kecepatan hingga 250Mbps.

Tak ketinggalan, Asus Zenfone 2 Deluxe Special edition sudah dilengkapi fitur USB OTG. Jadi, smartphone ini bisa membaca flashdisk ataupun hardisk eksternal via kabel khusus USB OTG. Lebih simpel saat kamu ingin menonton video dari perangkat tersebut atau hendak transfer data antar perangkat.

Value for Money

Asus Zenfone 2 Deluxe Special edition sebenarnya memiliki performa dan kemampuan tak jauh berbeda dengan saudaranya Asus Zenfone 2. Secara spesifikasi dan beragama fitur yang disuguhkan memiliki performa yang tak jauh berbeda alias setara dengan rivalnya di luar sana.

Salah satu diferensiasi dan jadi daya tarik yang menonjol dari smartphone ini adalah desain sektor belakang yang unik dengan konsep seperti permukaan crystal ataupun warna karbon. Dan pemikat yang tak kalah mentereng adalah keberadaan memori internal berkapasitas 128GB serta tambahan kartu microSD 128GB juga jadi magnet buat konsumen.

USER REVIEWS

sort by | date | rating