ArenaLTE.com – Pergerakan lini produk F series besutan Oppo termasuk agresif. Hanya dalam tempo kurang dari tiga bulan, sang vendor sudah menerjunkan dua smartphone andalan. Februari 2016 lalu meluncur Oppo F1 yang sudah kami ulas. Lantas penghujung April lalu menyusul Oppo F1 Plus. Dan, kini smartphone anyar ini siap dibedah di meja redaksi.

Masih membawa tagline ‘selfie expert’, Oppo F1 Plus tetap menonjolkan kekuatan kamera depan. Oppo sendiri mengklaim seri andalannya ini sebagai camera phone yang memiliki kemampuan fotografi kelas atas. Secara tampilan, seri ini tetap menganut desain khas seri keluaran Oppo yang dirancang tipis dan premium. Tapi untuk mengetahui fitur dan spesifikasinya, kalian wajib membaca review Oppo F1 Plus berikut ini.

Desain

oppo f1 plus (5)Oppo belum mau keluar dari konsep desain utama, sama seperti pendahulunya, F1 Plus mengemas struktur unibodi berbahan logam nan solid. Tetap mengedepankan desain elegan dengan bagian depan berlapis layar lengkung 2.5D. Kalau dilihat sekilas banyak sekali kemiripannya dengan Oppo F1, tapi saat dicermati terdapat beberapa perbedaan mendasar.

Antara lain, keberadaan tombol sentuh (home) fisik di bawah layar yang sebelumnya tak ditemukan dalam Oppo F1. Kehadirannya guna mengakomodasi sensor sidik jari. Grill loudspeaker pun tak lagi dipasang di panel belakang tapi di ruas bodi bawah.

Bodi logam yang membalut 98 persen tubuh F1 Plus dibuat lebih membulat dari sang pendahulu, sehingga tepian dan sudutnya terasa lebih dinamis. Panel belakang kesat sehingga tak licin saat dipegang. Secara dimensi, lebih tipis dengan ketebalan hanya 6,6mm.

Baterainya bertipe removable, makanya bodi belakang tak bisa dibongkar. Buat mengakses slot nano SIM atau microSD cari saja lubang kecil di atas tombol volume. Colok dengan penyuntik khusus maka akan nongol tray. Tempatkan kartu pada posisinya lalu masukkan lagi.

Layar

oppo F1 plus 2 (2)Soal kualitas, fungsi layar sentuhnya tergolong intuitif dimana ujung jari kita mampu memberikan perintah meski hanya sentuhan ringan. Bahkan tetap merespon dengan baik meski kita memakai sarung tangan atau layar dari kondisi basah. Berkat layar berkualitas dan resolusi mumpuni, gambar yang terlihat mata tampak tajam dan detil.

Warna yang terpancar tampak natural dengan tingkat kecerahan gambar yang baik. Dalam kondisi outdoor, sinar matahari langsung membuat gambar yang tercetak di layar jadi kurang optimal. Jadi seperti biasa, kita harus meningkatkan setting level brightness ke tingkat tertinggi.

Seri ini naik kelas dengan bentang layar 5,5 inci plus panel Super AMOLED yang disuntik resolusi full HD (1920×1080 piksel). Pendahulunya Oppo F1 hanya punya layars seluas 5 inci berbasis panel IPS resolusi HD 720p. Selebihnya Oppo F1 Plus tetap diproteksi pelindung anti gores Gorilla Glass 4 serta dipercantik dengan layar lengkung 2.5D. Bisa terlihat tetap ramping karena bezelnya ultra tipis hanya 1,66mm.

OS & Antarmuka

Meski dipakai menjalankan aktivitas multi tasking, ponsel ini tetap bisa bekerja efektif dan gesit. Sepertinya kerja keras Oppo mengembangkan Color OS 3.0 terbayar lunas. Antarmuka yang berjalan di atas platform Android 5.1 ini terlihat minimalis dan efisien. Sang vendor mengklaim jika performanya lebih cepat 35% dibandingkan Color OS 2.1.

Loading homescreen-nya terbukti cukup cepat dan minim lag. Oppo juga mengklaim kalau kecepatan instalasi aplikasi meningkat menjadi 41% dari antarmuka versi lama. Secara tampilan masih tetap mengingatkan pada ciri khas user interface Oppo, dimana ikon dibuat besar dan dibalut warna atraktif yang sedap dilihat.

Dari segi fitur, tak ada perbedaan berarti dari versi sebelumnya. Beberapa yang khas seperti fitur double tap to lock, double tap to wake dan gesture control. Sekedar gambaran, bila kondisi layar dalam keadaan mati atau terkunci, kita bisa menggambar pola tertentu untuk kemudian langsung mengarahkan ke aplikasi kamera.

Kamera Oppo F1 Plus

oppo f1 plus (2)Hasil jepretan kamera depan Oppo F1 Plus harus diakui lebih terang, tajam dan berwarna dalam berbagai kondisi cahaya. Hal ini karena smartphone didukung teknologi sensor ISOCELL 1/3.1 inci dan hi-light camera yang memberikan sensitivtas cahaya lebih tinggi dari smartphone biasa. Hi-light camera menjadikan Oppo F1 Plus memilki 2x dynamic range dan gambar yang dihasilkan 4x lebih minim noise dari pendahulunya.

Pengalaman selfie terasa lebih maksimal karena Oppo F1 Plus didukung fitur seperti Beautify 4.0 yang bisa mempercantik foto secara natural. Lalu buat mengambil gambar grup selfie dalam kondisi melebar tertanam Selfie Panorama. Kita bisa menjepret foto selfie dengan sudut lebar 120 derajat.

Bahkan dalam kondisi gelap sekalipun, seri ini punya fitur Screen flash yang memanfaatkan cahaya layar sebagai lampu tambahan. Teknologi TrueBright Image Signal Processor (ISP) membuat sektor fotografi kian handal. Fitur lainnya, kita bisa selfie cukup dengan melakukan gesture tangan atau perintah suara ‘cheese’.

Kamera belakangnya pun cukup bertenaga dengan resolusi 13MP didukung LED flash dengan aperture. Dukungan fasilitas berupa phase-detection autofocus (PDAF) membuat setiap jepretan bisa mendapat fokus cepat dan memotret menjadi lebih gesit hanya dalam 0,1 detik. Dalam kondisi low light atau minim cahaya, hasilnya terlihat memuaskan.


oppo f1 plus foto (15) oppo f1 plus foto (18) oppo f1 plus foto (26) oppo f1 plus foto (27) oppo f1 plus foto (28)
oppo f1 plus foto (7)
oppo f1 pus selfie (1) oppo f1 pus selfie (2)

Multimedia

Bicara soal musik, keluaran suara yang memancar dari music player Oppo F1 Plus memiliki kualitas jempolan. Loudspeaker di ruas bawah bisa memancarkan suara yang sangat lantang tapi tetap ramah buat telinga.  Oppo F1 Plus menyuntikkan berbagai fitur pendukung aktivitas multimedia mulai dari music player dan video player bawaan.

Fitur Lain

Seri ini punya tombol home yang berfungsi sebagai sensor sidik jari atau fingerprint recognition yang bisa membuka kunci layar hanya dalam hitungan 0,2 detik. Sensor sidik jari pada Oppo F1 Plus ini memang layak diunggulkan karena merupakan yang tercepat di antara smartphone lain yang ada di pasaran saat ini.

Dari pengujian kami, sensor Oppo F1 Plus memang sangat cepat bereaksi terhadap sentuhan, dalam tempo sepersekian detik, layar yang terkunci bisa langsung terbuka saat kita menyentuhnya. Bahkan, pihak Oppo sampai membuktikannya lewat video YouTube di akun resmi mereka. Dalam video tersebut Oppo membuktikan bahwa kecepatan sensor sidik jari Oppo F1 Plus bisa melesat melebihi rangkaian perangkat tesla coil yang mensimulasikan kilat.

Guna menjamin penggunanya bisa menikmati banyak layanan, Oppo menjejalkan beberapa aplikasi bawaan seperti Security Center untuk memonitor pemakaian data, melepas memori. O-Cloud, memungkinkan backup kontak dan pesan yang ada dalam ponsel. Oppo F1 Plus juga membenamkan juga fasilitas backup and restore buat mempermudah pengguna berjaga-jaga saat ponsel bermasalah atau tak sengaja kamu factory restart.

Performa

Akselerasi Oppo F1 Plus saat dicicipi termasuk cekatan dan gesit. Dijajal membuka berbagai aplikasi sekaligus masih tetap prima. Selain itu, game dengan grafis berat pun bisa berjalan optimal. Saat sedang digeber aktivitas seperti bermain game atau menonton video berjam-jam, smartphone yang dibalut logam ini tidak overheat alias tak memproduksi panas berlebihan.

Dapur pacunya mengandalkan chipset MediaTek delapan inti Helio P10 dengan clockspeed 2.0 Ghz. Buat mendukung kinerjanya ditanamkan 4GB RAM dan 64 GB ROM yang dapat diekspansi hingga 128GB dengan microSD. Untuk sumber daya, Oppo F1 Plus dilengkapi baterai berkapasitas 2850mAh yang dilengkapi teknologi pengisian cepat VOOC Flash Charge. Pengisian pengisian selama 60 menit bisa mengisi penuh baterainya yang bisa bertahan seharian.

Konektivitas

Opo F1 Plus sudah mendukung jaringan 4G LTE. Dalam keterangan di situs resminya, tercatat jika ponsel ini mengakomodasi layanan yang berjalan pada band FDD LTE yakni 1/3/5/7/8 dan TD-LTE di band 38/40/41. Band menunjukkan frekuensi yang digunakan, contohnya band 3 berarti menggunakan frekuensi 1800 mHz.

Untuk mendukung pengguna yang memiliki banyak kartu SIM, Oppo F1 Plus menawarkan dual nano SIM dengan konsep hybrid, yang bisa digunakan untuk kartu operator mana saja. Meski sudah mendukung USB OTG dan sensor sidik jari, tapi seri ini belum mendukung NFC.

Value for Money

Hampir sama seperti sang pendahulu, sebagai spesialis selfie, Oppo F1 Plus membawa tanggung jawab besar di pundaknya. Untung saja kamera selfie-nya memang bisa diandalkan dan menjadi salah satu yang terbaik yang bisa ditemukan di pasaran saat ini. Kaya dengan teknologi tinggi serta fitur nan melimpah.

Tapi jika bicara spesifikasi, tentu saja kita harus sedikit memaklumi jika sang vendor tak akan jor-joran demi menekan harga. Meski begitu, performa Oppo F1 Plus tetap bisa diandalkan kok dengan prosesor kelas menengah Helio P10, layar AMOLED pada resolusi full HD hingga kualitas desain yang cukup berkelas.