Bootstrap Slider
Home > Review > Smartphone > Review LG V20: Smartphone Serba Premium, Termasuk Harganya

Review LG V20: Smartphone Serba Premium, Termasuk Harganya

REVIEW SECTIONS

RELATED REVIEWS

Review Motorola Moto E3 Power: Murah Tapi Kurang Powerful
Review Samsung Galaxy J3 2016: Sederhana, Biasa, Tapi Ini Samsung
Review LG X Power: Smartphone  4G LTE Menengah dengan Baterai Ekstra Tangguh
Review Lenovo Vibe K5 Plus: Smartphone 4G LTE Dengan Fitur Virtual Reality
Review Samsung Galaxy On7: Punya Fitur Standar Tapi Kamera Powerful
Review Asus Zenfone 3 ZE520KL: Smartphone 4G LTE Cat.7 dengan Kamera Powerful
Review Coolpad Sky 3: Desain Premium Unibody, Koneksi Masih 3G
Review Huawei P9 Lite: Versi Ringan Kamera Smartphone Jagoan
PLUS
/
  • Kualitas Audio Handal
  • Performa Kelas Premium
  • Lensa kamera depan “wide angle”
  • Dua Layar dan Dua Kamera
  • Baterai bisa dilepas
  • Android Nougat
MINUS
/
  • Harga mahal
  • Tidak Anti Air

TREND HARGA

EDITORS' RATING
8.3
OVERALL
DESAIN 8
LAYAR 8
KAMERA 8
MULTIMEDIA 9
PERFORMA 9
VALUE FOR MONEY 8
USER'S RATING
0.0
OVERALL
DESAIN 0.0
LAYAR 0.0
KAMERA 0.0
MULTIMEDIA 0.0
PERFORMA 0.0
VALUE FOR MONEY 0.0
Add User Review

ArenaLTE.com – LG Mobile Communications Indonesia akhirnya resmi meluncurkan flagship andalannya menjelang akhir tahun 2016 ini, LG V20. Dibanderol harga IDR9,5 juta, LG V20 ini menjadi smartphone kelas premium dengan berbagai keunggulan diantaranya yaitu dua layar, dua kamera, dua aplikasi di satu layar, sistem operasi Android 7.0 Nougat pertama di dunia dengan fasilitas multimedia terbaik untuk video maupun audio.

Segunung fitur andalan menjadi sebuah paket yang dijejalkan dalam smartphone berukuran besar. Ya, LG V20 merupakan senjata pamungkas dan smartphone masterpiece dari LG Mobile. Jangan kaget dengan harga yang disebutkan cukup membuat ciut nyali kita yang minim budget. Apakah LG V20 akan menuai kesuksesan di pasar Indonesia? Dan sebenarnya apa saja jeroan dan detail fitur yang dimiliki oleh LG V20 ini sampai harus dibanderol semahal itu? Mari kita kupas tuntas semua fasilitas dan fitur yang dimiliki oleh LG V20 ini.

harga LG V20Desain LG V20

Besar dan kokoh sepertinya itu kesan yang ingin ditonjokan pada LG V20 ini. Namun kesan kokoh dan tangguh ini menjadikannya bertolak belakang dengan kesan premium dan eksklusif yang penuh dengan penampilan mahal. Balutan warna kegelapan dan doff benar-benar menghapus semua kesan premiumnya.

Sekokoh apa? LG V20 ini dibalut menggunakan bahan alumunium AL-6013 yaitu material yang populer digunakan untuk industri pesawat terbang yang sudah teruji kekuatannya. Telihat frame metal dove yang mengapit bagian atas dan bawah layar, bukan sembarangan bahannya terbuat dari siloxane-polycarbonate yang kuat terhadap benturan.

Meskipun besar, LG V20 ini nyaman digenggam dan ketipisannya terasa pas. Ada sebuah tombol di sisi kanan, meskipun bentuknya mirip tapi ternyata bukan tombol power. Ketika tombol ditekan maka casing belakang akan terbuka (mekanisme yang unik) dan LG V20 ini ternyata masih bisa lepas baterai.

Review LG V20

Tepat dibawah kamera tersedia tombol pendeteksi sidik jari (fingerprint reader) yang berbentuk bulat. Tombol ini juga berfungsi sebagai tombol power, jadi untuk menghidupkan layar kita cukup mngetuk layar dua kali begitu juga menonaktifkannya.

Tombol volume terletak di sisi sebelah kiri sedangkan mic dan Infrared diletakkan di sisi bagian atas. Dan di sisi bagian bawah LG V20 terletak port USB Type-C yang digunakan untuk transfer data dan charging (untungnya bukan sebagai pengganti port audio) jadi masih tersedia lubang jack 3,5 mm.

Review LG V20Display

Untuk layarnya LG V20 menampilkan teknologi IPS dengan bentang layar utama 5,7 inchi yang memiliki resolusi QHD dengan kerapatan 513ppi. Dan ternyata LG V20 ini memiliki dua layar, yang meskipun terlihat seperti satu kesatuan, tetapi itu merupakan screen yang terpisah.

Screen depan berukuran 5.7 inch, berfungsi sebagai tampilan utama. Di belakangnya terpasang tambahan lagi yang seperti perpanjangan screen utama pada bagian atasnya tepat di samping kamera selfie. Layar berupa satu baris ini dengan diagonal 2,1 inchi beresolusi 160 x 1,040 piksel dan akan selalu hidup.

LG V20 -split-screenFungsi layar kedua ini untuk mempermudah interaksi antara pengguna dengan smartphone bahkan ketika kondisi layar utama terkunci (non aktif), kita bisa mengakses layar kedua ini. Tersedia shortcut sejumlah menu, aplikasi dan akses kontak. Sehingga, kita bisa ingin mengakses aplikasi ataupun menu lain tanpa harus menutup aplikasi  atau fungsi yang sedang berjalan di screen utama.

Termasuk, ketika hendak membalas telepon masuk, sementara kita sedang main game, misalnya. Game tetap dapat berlanjut sementara kita bisa menjawab telepon dengan menekan tombol jawab di second screen.

Kamera

Review LG V20Dibagian belakang melekat dual kamera, satu untuk memotret dengan ukuran normal (75 derajat) dengan kamera 16 Megapiksel dan satu lagi untuk sudut lebar (135 derajat) dengan resolusi 8 Megapiksel. Kolaborasi keduanya mampu menghadilkan foto yang sangat bagus mulai dari sudut pandang dan ruang foto yang lebih luas.

Untuk urusan focusing pada obyek foto, V20 memiliki fitur LDAF (laser detection autofocus), yakni system pendeteksian focus pada obyek dengan laser, PDAF (phase detection autofocus), serta Contrast autofocus. Ketiganya membantu mengoptimalkan hasil foto agar tajam. Sementara di bagian depan, ditaruh kamera selfie 5 megapiksel dengan lensa lebar 120 derajat untuk mengakomodasi ruang foto yang lebih lebar.

Jika ingin bereksplorasi lebih jauh disediakan fitur kamera manual yang memungkinkan kita untuk memaksimalkan fitur kamera yang disediakan muali dari White Balance, focusing, ISO, pengaturan speed dan diafragma secara manual. Kamera juga bisa digunakan untuk merekam video 4K, Qualcomm juga menambahkan kemampuan video-image stabilization agar hasil kamera lebih maksimal.

LG-V20-kameraHasil Foto LG V20:

Indonesia Kamera: #LGV20

A photo posted by Arena LTE (@arenalte) on

Toldakot. Kamera: #LGV20 #arenafoto

A photo posted by Arena LTE (@arenalte) on

Ready to offroad Kamera: #LGV20

A photo posted by Arena LTE (@arenalte) on

Performa LG V20

Dapur Pacu LG V20 menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 820 yang merupakan prosesor paling canggih saat ini dan biasanya tetancap pada smartphone kelas premium. Prosesor ini didorong oleh RAM 4 GB untuk mengoperasikan OS Android 7.0 Nougat yang juga terbaru. Bahkan LG V20 menjadi smartphone komersial pertama yang menggunakan sistem operasi OS Android 7.0 Nougat ini.

Banyak kelebihan dari versi OS android paling baru ini diantaranya yaitu lebih hemat baterai menggunakan Doze juga data saver. Dan yang paling menarik adalah Split screen. Fitur ini memungkinkan kita untuk menampilkan dua aktifitas yang sedang kita lakukan secara bersamaan yang tampil dalam satu layar. Misalnya sambil nontan video kita bisa mengetik pesan dan chatting dengan lebih mudah tanpa harus berpindah tampilan layar.

LG-V20-screenFitur lain dari Android N ini yaitu mampu mengoperasikan aplikasi dengan lebih hemat memori. Android Nougat 7.0 juga mendukung Vulkan 3D Graphics API yang berguna untuk mempercepat performa ketika memainkan game termasuk mengaktifkan fitur penghemat baterai untuk fitur Game.

Untuk jaringan, karena menggunakan modem Qualcomm maka LG V20 ini sudah mampu mendukung jaringan 4G LTE hingga Cat.12 yang diklaim mampu ngebut hingga 600 Mbps untuk downlink dan 150 Mbps untuk uplink. LG V20 juga mendukung berbagi koneksi lainnya seperti Wi-Fi a/b/g/n/ac, Bluetooth 4.2 (dengan aptX audio) dan NFC. Disediakan juga InfraRed, koneksi kabel USB Type-C dan jack headset 3,5 mm.

Untuk daya tahan baterai, LG V20 dilengkapi dengan baterai 3200 mAh yang bisa dilepas. Desain lepas baterai ini meskipun jadul namun masih banyak disukai daripada desain unibodi. Kapasitasnya terbilang standar tidak terlalu besar untuk ukuran smartphone dengan luas layar 5,7 inchi belum lagi tambahan layar secondary nya yang selalu menyala dan menampilkan notifikasi dan icon untuk akses cepat aplikasi ketika dalam kondisi terkunci. Proses charging baterai LG V20 jauh lebih cepat dengan fitur Quick Charge 3.0.

LG V20Fitur Multimedia

Fitur andalan lain dari LG V20 adalah fitur audio. Tidak tanggung-tanggung, teknologi audio yang dipersiapkan untuk V20 ini adalah teknologi audio kelas wahid yang mampu memutar file musik dengan standar Hi-Fi (High Fidelity) melalui smartphone LG V20.

LG V20 dibekali chipset audio buatan ESS empat layer, yang support max 32 bit/384 KHz audio files. Ini mampu mereduksi noise hingga 50%, yang outputnya adalah suara yang lebih bersih. Kemudian, ditanamkan pula teknologi DaC (digital to analog converter). Gunanya adalah membuat kualitas audio digital –yang terkesan flat—mendekati kualitas analog, yang sesungguhnya lebih kaya.

LG Mobile juga menggandeng perusahaan pembuat headset, B&O Play. Perusahaan ini diminta mendesain dan membuat secara khusus headset yang akan dibundling pada V20. Kenapa dirancang khusus? Headset B&O Play ini membutuhkan fine tuning yang akurat, sehingga audio yang disalurkan lewat headset terjaga kejernihannya seperti dari sumber aslinya.

Review LG V20 (2)

Value for money

LG berhasil menghadirkan smartphone pamungkas mereka dengan fitur audio berkualitas dan dual kamera yang menarik ditambah segunung fitur lainnya. Diatas kertas spesifikasi yang dimilikinya sangat dahsyat, sebut saja sistem operasi Android 7.0 Nougat, prosesor Qualcomm Snapdragon 820 dengan RAM 4GB namun sayang kolaborasinya kurang sempurna dan terasa tanggung jadi masih kurang kesan ‘wow”didalamnya.

Padahal banderol harganya cukup mahal sekitar IDR9,5jutaan. Kolaborasi spesifikasi yang dimilikinya lebih mengedepankan kekayaan konten didalamnya daripada kebutuhan sebenarnya pengguna smartphone. Agak berat jika harus bersaing dengan Google Pixel atau Samsung Galaxy S7 Edge.

Namun jika kalian penikmat audio, LG V20 akan berikan fitur audio yang sangat komplit, begitu juga jika kalian smartphone photographer, fasilitas kameranya akan memanjakan kalian. Namun jika kalian benar-benar penikmat smartphone kelas premium dengan gaya tampilan premium dan spesifikasi premium, sepertinya masih ada pilihan lain yang menawarkan lebih daripada LG V20 ini.

USER REVIEWS

sort by | date | rating