Bootstrap Slider
Home > Review > Smartphone > Review Lenovo Vibe K4 Note: Dilengkapi Headset VR, Serasa Nonton Bioskop Pribadi

Review Lenovo Vibe K4 Note: Dilengkapi Headset VR, Serasa Nonton Bioskop Pribadi

REVIEW SECTIONS

RELATED REVIEWS

Review ViVo V5 : Senjata Komplit Penggemar Selfie
Review POLYTRON PRIME 7S : Sentuhan Bergaya Dari Dalam Negeri
Huawei P9: Standar Baru Fotografi Smartphone
Review LG V20: Smartphone Serba Premium, Termasuk Harganya
Review Motorola Moto E3 Power: Murah Tapi Kurang Powerful
Review Samsung Galaxy J3 2016: Sederhana, Biasa, Tapi Ini Samsung
Review LG X Power: Smartphone  4G LTE Menengah dengan Baterai Ekstra Tangguh
Review Lenovo Vibe K5 Plus: Smartphone 4G LTE Dengan Fitur Virtual Reality
PLUS
/
  • Baterai 3000mAh
  • Dukungan fitur dan headset virtual reality
  • USB OTG
MINUS
/
  • Memori internal standar
  • Performa prosesor standar

TREND HARGA

EDITORS' RATING
7.8
OVERALL
DESAIN 7.5
LAYAR 7.5
KAMERA 7.5
MULTIMEDIA 8.5
PERFORMA 7.5
VALUE FOR MONEY 8
USER'S RATING
0.0
OVERALL
DESAIN 0.0
LAYAR 0.0
KAMERA 0.0
MULTIMEDIA 0.0
PERFORMA 0.0
VALUE FOR MONEY 0.0
Add User Review

ArenaLTE.com – Lenovo Vibe K4 Note hadir menyisir pasar phablet alias smartphone kategori besar. Perangkat ini adalah salah satu yang ditunggu-tunggu karena merupakan smartphone 5,5 inci yang dibanderol harga terjangkau. Bahkan pengguna dapat bonus sebuah headset Virtual Reality (VR) dalam paket penjualannya.

Tapi apakah fitur dan spesifikasi Lenovo Vibe K4 Note layak berkompetisi dengan para rival. Smartphone ini sendiri sih disebut-sebut mendukung kemampuan multimedia khususnya Virtual Reality yang mulai mengakrabi pasar tahun ini. Hmm, seperti apa ya review Lenovo Vibe K4 Note ini?

Desain

lenovo k4 note (10)Secara desain, sudah mengalami penyempurnaan style dan mengalami berbagai facelift sehingga tampilannya lebih ‘cantik’ dari pendahulunya. Lenovo Vibe K4 Note sendiri merupakan seri lanjutan dari Lenovo A7000 Special Edition. Kini, Lenovo Indonesia lebih memilih meninggalkan nama Lenovo A7010 dan menggunakan nama global Lenovo Vibe K4 Note.

Tambahan kata Note ini menunjukkan kemampuannya terhadap ukuran layar yang luas dan dukungan multimedia terbaru seperti Virtual Reality. Untuk urusan multimedia, tampilan Lenovo Vibe K4 Note sudah memadai kok. Bentuknya terlihat ringkas dengan dua grill speaker di sudut atasdan bawah bodi depan. Jadi saat disimpan atau dipegang pada posisi landscape buat nonton video, terasa pas karena suara terpancar dari samping kiri dan kanan speaker.

Ukurannya sih terasa pas buat dioperasikan dengan satu tangan, bentuk dan lebarnya relevan dengan tangan orang Indonesia. Bodi di sektor belakang terbuat dari casing plastik kesat berkonsep matte. Tidak licin,, jadi bisa duduk dengan nyaman di telapak tangan maupun jari-jari. Lis berkonsep krom dari bahan logam mengelilingi pinggiran bodinya.

Layar

Permukaan bagian depan didominasi kaca hitam berkonsep glossuy. Saat kita mengaktifkan ponsel, kualitas layarnya langsung terpancar dengan tampilan tajam dan terang. Jika dicermati, komposisi bentang layar dengan luas total bodi masih cukup efisien dan pas, Lenovo Vibe K4 Note ini terlihat mewah.

Lenovo Vibe K4 Note menampilkan layar Full HD (1920×1080 piksel) 5,5 inci berbasis IPS yang dinamis dengan sudut pandang lebar 178 derajat. Dalam kondisi dalam ruangan, smartphone ini terlihat jernih, dengan reproduksi warna natural. Tapi begitu kita bawa ke luar ruangan yang langsung kontak dengan sinar matahari, gambar menjadi pudar. Pengaturan harus disetting pada posisi tertinggi supaya kita bisa kembali optimal melihat gambar di layar.

Penjelajahan menu terasa nyaman karena layar merespon perintah –lewat sentuhan jari—dengan amat baik. Pergerakan layar ketika bergeser teramat halus. Dan satu sentuhan lembut pada menu sudah bisa direspon layar dengan baik. Lapisan kaca pada permukaan layar ikut membantu kenyamanan jari saat menjelajahi layar. Buat proteksi terhadap goresan dan benturan benda tajam dan keras, layar sentuhnya dilapisi material anti gores Gorilla Glass 3 besutan Corning.

OS & Antarmuka

Smartphone ini mengadopsi sistem operasi Android 5.1 Lollipop. Antarmukanya sama seperti yang ditemukan dalam beberapa seri Lenovo lain seperti P1 Turbo yang pernah kami uji misalnya. Tak terlihat adanya perbedaan khusus dari segi kosmetik atau tampilan. Aspek yang membuatnya berbeda adalah opsi untuk memilih launcher antarmuka antara Vibe UI dan Android.

Secara garis besar, struktur menu dan tampilan masih mengadaptasi platform Android. Perubahan hanya terlihat dari bentuk ikon dan modifikasi fontasi dan lain-lain. Pada opsi launcher Android tersedia app tray khusus yang menempatkan aplikasi dalam satu wadah. Sementara pilihan launcher Vibe UI, tampilan berkonsep seperti iPhone yang hanya mengandalkan homescreen tanpa halaman khusus.

Pengelolaan antarmuka sih tak jauh berbeda dengan Android biasa. Saat menyisir antarmukanya kalian tak akan menemukan gangguan seperti lagging atau transisi yang tersendat. Antarmukanya terlihat simpel, tak merepotkan dan gampang untuk terbiasa dengannya.

Kamera Lenovo Vibe K4 Note

lenovo vibe k4 note (1) lenovo vibe k4 note (2) lenovo vibe k4 note (3) lenovo vibe k4 note (4) lenovo vibe k4 note (8) lenovo vibeKamera pada Vibe K4 Note dibenami resolusi 13MP ISOCELL lengkap dengan phase detection autofocus, f2.2 aperture dan dual LED flash. Sementara bagian depan alias kamera selfie berbasis lensa 5MP yang sudah mendukung fixed focus.

Selidik punya selidik, kameranya baik kualitas dan kemampuan nyaris identik dengan yang ditemukan dalam Vibe P1 Turbo. Teknologi fokus cepat yang ditanamkan dalam kamera ponsel ini mbisa membantu memperoleh fokus optimal hanya butuh waktu sepersekian detik. Hasil foto dalam kondisi outdoor memuaskan. Warna akurat dengan tingkat ketajaman baik, namun sedikit gelap dan kadang over eksposure.

Di dalam ruangan atau dalam kondisi minim cahaya, jepretan yang dihasilkan memuaskan. Jika kondisi benar-benar gelap, maka dual LED flash menjadi solsui yang sangat membantu. Pencahayaannya tetap maksimal meski kualitas gambar sedikit menurun. Kamera depan berkekuatan 5MP bisa memproduksi foto yang baik dalam kondisi outdoor.

Untuk rekam video Lenovo Vibe K4 Note menyajikan beberapa format rekam video 1080p, 720p dan resolusi standar 480p. Antarmukanya relatif standar hanya menyugukan tiga mode yaitu Normal, Panorama, dan Effects.

Multimedia

Lenovo P1 Turbo yang baru saja kami uji beberapa pekan lalu kurang peduli dengan sektor multimedia dan audio. Nah, ini bedanya dengan Lenovo Vibe K4 Note yang justru sangat memperhatikan aspek hibruan. Lenovo Vibe K4 Note berkonsentrasi di sektor audio dengan dukungan dual front speaker Dolby Atmos 1.5 watt serta suntikan tiga buah mic untuk kualitas rekaman yang optimal.

Stereo speaker ganda dengan port depan yang didukung oleh Dolby Atmos meminimalkan kebisingan dan distorsi suara saat memainkan klip suara atau lagu, serta secara otomatis menyetel kualitas audio terbaik bagi pendengar.

Speaker ini menjadi aspek yang paling disorot karena jarang produk dengan harga terjangkau mengusung kualitas audio kelas atas. Dengan power seperti yang disuguhkan outputnya ada di atas rata-rata rivalnya. Dari pengujian suara yang terpancar terasa lantang dan sangat asyik dipakai menonton film.

Tak hanya itu, langkah Lenovo memperhatikan kualitas rekaman suara patut diacungi jempol. Kehadiran tiga buah mic membuat noise cancellation dan tangkapan audio menjadi lebih baik saat merekam. Kemampuan sound input dan recording canggih sangat membantu kalian yang ingin memproduksi konten digital Anda sendiri. Dalam ponsel ini tertanam juga  radio FM dan pemutar video dengan interface cukup segar.

Fitur

Virtual Reality adalah fitur unggulan dalam smartphone ini didukung teknologi TheaterMax. Dengan fitur TheaterMax, smartphone Lenovo Vibe K4 Note dapat mengubah konten multimedia apa pun menjadi konten berkemampuan VR sehingga menghadirkan pengalaman sinematik bagi pengguna yang menonton konten ini dengan headset VR.

Tekan tombol power lama, maka akan muncul VR Mode yang bisa mengubah tampilan smartphone buat mendukung headset Virtual Reality. Saat dicicipi menonton film, terasa pengalaman baru yang berbeda. Pokoknya kalian harus coba deh serasa menonton bioskop pribadi di rumah.

Tak hanya itu, Lenovo Vibe K4 Note juga sudah mengedepankan sensor sidik jari alias fingerprint scanner di bagian belakang bodi. Letaknya ada di bodi belakang tepatnya di bawah kamera. Pemindai sidik jarinya bisa beraksi dengan cepat, kurang dari dua detik sudah bisa membuka kunci.

Performa

Untuk dapur pacunya, perusahaan memakai chipset octa core 64-bit MediaTek MT6753. Ditunjang delapan inti Cortex A53 yang memiliki clockspeed 1.5 GHz ditandem dengan pengolah grafis Mali T720-MP3. Oh ya, perusahaan menanamkan RAM sebesar 3B dalam perangkat ini sebagai mitra prosesornya.

Komposisi jeroan ini membuat Lenovo Vibe K4 Note bisa diandalkan.Buktinya, fungsi-fungsi yang berlari mulus ketika diaktifkan. Selain itu, tak terasa ada panas yang mengganggu saat ponsel tengah bekerja. Kalaupun dipaksa beraktivitas berat, hanya ada hangat-hangat kuku yang terasa wajar.

Untuk gudang penyimpanan data, smartphone Lenovo Vibe K4 Note memiliki ruang penyimpan sebesar 16GB GB. Kapasitas yang sudah cukup besar. Itu masih ditambah dengan slot memori eksternal jenis micro SD.

Lenovo Vibe K4 Note dirancang untuk kebutuhan multimedia, jadi sang vendor menyematkan baterai cukup besar berkapasitas 3300mAh. Cukup memenuhi kebutuhan harian dalam pemakaian normal dimana ponsel bisa tetap bertahan hingga sehari penuh.

Konektivitas

Sektor konektivitas mengakomodasi dual micro SIM yang mendukung jaringan 4G LTE, Wi-Fi 802.11ac, Bluetooth 4.0 dan A-GPS. Jadi selain disuplai jalur data sekelas 3G (900/2100 MHz), ponsel ini sudah mengakomodasi jaringan 4G LTE dengan variasi band yang cocok untuk pasar Indonesia.

Soal kecepatan, jaringan 4G LTE pada Lenovo Vibe K4 Note sudah masuk Cat 4, dimana mendukung kemampuan download dengan kecepatan 150 Mbps dan upload hingga 50 Mbps. Lenovo Vibe K4 Note juga menyediakan port micro USB yang mendukung kemampuan membaca flashdisk (USB On The Go) serta sudah mendukung NFC.

Value for Money

Yups, dengan merogoh kocek tak terlalu dalam, kamu akan mendapatkan sebuah perangkat multimedia cukup handal. Bahkan, Lenovo Vibe K4 Note ini dipaket pula bersama dengan sebuah headset Virtual Reality yang menyuguhkan pengalaman multimedia lebih jauh lagi. Layar besar, baterai yang cukup memadai serta dukungan sektor audio kelas atas menambah performanya di aspek hiburan.

Tapi sektor lain kalian hanya akan mendapatkan fitur dan spesifikasi yang tak jauh berbeda dengan produk lain sekelasnya. Antara lain dari performa prosesor yang standar serta dukungan memori internal yang relatif standar.

USER REVIEWS

sort by | date | rating