Bootstrap Slider
Home > Review > Smartphone >  HTC Desire 526 G: Sederhana untuk Segmen Menengah

 HTC Desire 526 G: Sederhana untuk Segmen Menengah

REVIEW SECTIONS

RELATED REVIEWS

Review ViVo V5 : Senjata Komplit Penggemar Selfie
Review POLYTRON PRIME 7S : Sentuhan Bergaya Dari Dalam Negeri
Huawei P9: Standar Baru Fotografi Smartphone
Review LG V20: Smartphone Serba Premium, Termasuk Harganya
Review Motorola Moto E3 Power: Murah Tapi Kurang Powerful
Review Samsung Galaxy J3 2016: Sederhana, Biasa, Tapi Ini Samsung
Review LG X Power: Smartphone  4G LTE Menengah dengan Baterai Ekstra Tangguh
Review Lenovo Vibe K5 Plus: Smartphone 4G LTE Dengan Fitur Virtual Reality
PLUS
/
  • Build quality desain berkualitas
  • Kamera berkemampuan memadai
MINUS
/
  • Sistem operasi versi lama
  • Baterai berkapasitas 2000 mAh
  • Display masih qHD

TREND HARGA

EDITORS' RATING
7.1
OVERALL
DESAIN 7.5
LAYAR 7
KAMERA 7
MULTIMEDIA 7
PERFORMA 7
VALUE FOR MONEY 7
USER'S RATING
0.0
OVERALL
DESAIN 0.0
LAYAR 0.0
KAMERA 0.0
MULTIMEDIA 0.0
PERFORMA 0.0
VALUE FOR MONEY 0.0
Add User Review

ArenaLTE.com – Orang mungkin mengenal produk HTC sebagai ponsel cerdas kelas premium dengan harga yang jauh melambung. Jarang betul ada smartphone HTC yang banderolnya di bawah IDR 2 jutaan. Tapi belakangan, sudah mulai muncul smartphone HTC yang harganya merakyat. Salah satunya adalah seri Desire 526 G.

Ponsel cerdas ini merupakan salah satu dari empat seri baru yang dirilis HTC bulan September lalu. Posisi harganya paling bawah di antara empat seri teranyar tersebut. Belum didukung jaringan 4G LTE, namun kelengkapan fiturnya sudah lumayan komprehensif dan mutakhir. Dari segi kualitas produk pun sepertinya menjanjikan. Tapi coba kita cermati lebih dalam:

Desain

Tak susah mengetahui sebuah ponsel HTC. Form factornya sangat khas, meskipun merek yang berada di bagian depan ditutup, kita bisa dengan mudah menebak ini adalah sebuah ponsel cerdas HTC. Bagian sudut dengan lengkungan khas seperti itu, serta cover belakang yang sedikit cembung, memang lekat dengan ciri khas HTC.

Smartphone ini memang menggunakan material plastik untuk membungkus bodinya. Namun secara keseluruhan tampilannya tetap menarik, tidak mengesankan smartphone abal-abal. Tampilannya tetap bisa mewakili nama besar HTC sebagai pabrikan ponsel cerdas papan atas. Meskipun dari plastik, struktur bodi tetap kokoh, tidak berderit-derit ketika digenggam. Ukurannya pun pas di tangan.

Tapi satu hal yang jadi catatan dengan bodi plastik ini. Pertama adalah, permukaan plastik yang glossy, mengkilat. Dalam keadaan benar-benar bersih, habis digosok dengan kain pembersih, tampilan ponsel sungguh mempesona, kinclong dengan permukaan mengkilat seperti kaca. Namun setelah dipegang, muncullah jejak-jejak jari mengotori permukaan mengkilatnya. So, bila kalian tak ingin Desire 526 G kelihatan kusam dan kucel, rajin-rajinlah membersihkannya.

Smartphone ini tersedia dalam dua warna. Satu hitam solid dan satunya putih dengan lis biru pada bagian sisinya. Warna hitam solid terkesan agak biasa-biasa saja. Namun yang warnanya putih, memberi perbedaan yang menyolok di antara smartphone sekelas, dan lebih atraktif. Tapi ini soal selera.

Display

Layar yang dipasang di Desire 526 G punya ukuran yang tidak biasa untuk smartphone-smartphone terkini, yakni 4,7 inci. Tidak ada yang salah, sih, dengan itu. Tapi sebenarnya ukuran layar masih bisa digenjot hingga 5 inci, mengingat masih ada ruang kosong yang bisa menampung layar selebar itu. Tapi sudahlah, ukuran 4,7 inci masih cukup oke kok, untuk kenyamanan mata dan keleluasaan jari saat menelusuri menu-menu yang ada di layar.

Soal kualitas tampilan layar memang biasa saja. Maklum, cuma sekaliber qHD. Kita tak bisa berharap tampilan layar yang tajam dan terang sempurna. Penggunaan di luar ruang, dengan kondisi cuaca cerah, kecerahan tampilan layar jauh berkurang, dan agak menyulitkan melihat apa yang tampil di layar.

Namun performa layar dalam merespon sentuhan jari masih tak meninggalkan kualitas layar yang digunakan HTC pada lini produknya. Layar cukup responsif dalam menerima perintah yang disalurkan lewat sentuhan jari, pergerakan layar ketika di-slide pun termasuk bagus, tak terlihat patah-patah.

OS & Antarmuka

Screenshot_2013-01-09-20-53-35HTC Desire 526G menanamkan sistem operasi Android 4.4.2 KitKat. Kuno. Masalahnya, sebagai smartphone baru, sistem operasi pada Desire 526G ini sudah ketinggalan hampir tiga generasi. Setidaknya, OS Android 5.0 Lollipop adalah yang paling rasional.

Meski dilapisi antarmuka HTC Sense UI yang sudah sedikit lepas dari tampilan native Android, saya tetap merasa seperti sedang memakai HTC versi jadul. Persoalan yang mengemuka adalah HTC Sense UI yang digunakan juga adalah versi lama. Intinya, menurut saya tampilan interface-nya kurang atraktif dan kurang fresh.

Lepas dari isu teknis dan tampilan yang ketinggalan jaman, antarmukanya tetap nikmat saat dioperasikan. Responnya cepat, tak ada bug yang mengganggu dan pengendaliannya smooth. Didukung homescreen dan app tray (menu aplikasi). Kita juga bisa mengakses notifikasi dengan menarik layar dari atas ke bawah.

Kamera

Kamera HTC desire 526g

A photo posted by Arena LTE (@arenalte) on

Kamera HTC desire 526g

A photo posted by Arena LTE (@arenalte) on

Camera HTC desire 526g

A photo posted by Arena LTE (@arenalte) on

 

Dilengkapi kamera utama sebesar 8 MP, yang tersemat di bagian belakang ponsel. Lampu flash jenis LED tersemat di bawah lensanya. Sebenarnya besaran kamera sudah cukup bagus untuk merekam foto-foto standar. Foto yang dihasilkan cukup tajam, dengan kecerahan warna yang juga cukup berimbang. Namun untuk moda zoom, gambar cenderung pecah (blur).

Begitu pula bila digunakan dalam kondisi cahaya minim. Dengan moda standar lensanya cukup mampu menghasilkan foto yang bagus. Namun tetap ada noise pada bagian-bagian yang gelap, serta apabila di zoom, ketajaman foto akan pecah (blur).

Sebenarnya ada moda HDR sebagai pilihan untuk memotret dalam kondisi cahaya yang benar-benar minim. Moda ini akan memberikan tambahan eksposure pada obyek yang gelap. Namun, dalam penggunaannya harus benar-benar dalam keadaan diam. Ponsel bergerak secuil saja, hasil foto akan blur. Karena, proses rekam gambarnya berlangsung lambat.

Fitur kamera termasuk lengkap untuk smartphone sekelas ini. Ada moda-moda pengaturan eksposure, efek warna dan pengaturan white balance. Di situ juga ada fasilitas pengaturan ISO dan face beauty. Nah, semua itu bisa digunakan untuk memaksimalkan hasil foto. Ohya, kamera kedua yang berada di depan memiliki besaran 2 MP. Kapasitas yang cukup untuk membuat wajah Anda kelihatan keren ketika dipakai selfie. Toh, kalau kurang puas, bisa menggunakan fasilitas-fasilitas pendukung yang tadi.

Multimedia

Screenshot_2015-10-30-15-31-04HTC Desire 526 G sudah mengakomodasi kebutuhan di sektor multimedia. Guna menunjang output audio untuk pemutar musik dan video, smartphone ini menanamkan speaker dengan dua corong. Tapi suara yang memancar ternyata tak begitu lantang dan agak cempreng.

Sama seperti produk HTC lain, pemutar musik standar  bawaannya memiliki tampilan antarmuka simpel dan clean. Seperti biasa kita bisa mengelola audio dalam berbagai kategori seperti artis, judul lagi dan lain-lain. Smartphone ini juga menyertakan equalizer, menurut saya cukup  memberikan nilai tambah.

Player videonya sudah bisa menjalankan berbagai format video termasuk resolusi full HD 1080p. Sebaga alternatif hiburan  lain, HTC Desire 526 G menyediakan pula radio FM yang bisa dipakai merekam siaran radio favorit.

Fitur

HTC Desire 526 G tak menyediakan fitur khusus yang menonjol. Hanya beberapa aplikasi alakadarnya yang diselipkan. Semisal Polaris Office 5 untuk dipakai membuka dan mengedit dokumen  dalam berbagai format word, excel atau presentasi. Serta HTC Blinkfeed yang mengkombinasikan kumpulan situs jejaring sosial dalam satu akses terpadu.

Performa

Prosesor & Memori

Screenshot_2015-10-30-15-31-58Prosesor pada smartphone ini tak terlalu mencolok hanya mengandalkan chipset Mediatek MT6582 quad core 1.3 Ghz ditandem dengan GPU Mali-400MP dan RAM sebesar 1 GB. Kinerjanya pun tak bisa terlalu diharapkan karena hanya bisa dipakai aktivitas standar seperti membuka satu dua aplikasi dan menikmati game kasual. Saat dijajal mengelola aplikasi dalam jumlah banyak dan memainkan game berat, smartphone ini langsung terengah-engah.

Gudang penyimpanan keseluruhan yang dimiliki ponsel ini tak begitu besar. Hanya 8 GB saja, masih cukup memadai sih. Tetapi kenapa tidak digenjot hingga 16 GB? Sementara untuk RAM, tersedia ruang 1 GB. Untuk ukuran kelas menengah, kapasitas RAM sebesar itu sudah cukup bagus.

Untuk menambah kapasitas simpan, tersedia slot untuk memori card eksternal. Kapasitasnya disebutkan hingga 32 GB. Dalam uji coba, tak ada masalah dalam memproses file-file yang tersimpan dalam memori card eksternal.

Baterai

Untuk mentenagai Desire 526 G ini, pabrikannya memasang baterai jenis lithium polymer berkapasitas 2000 mAh. Kapasitas yang pas-pasan untuk menghidupi sebuah smartphone. Untuk pemakaian standar, baterai masih mampu menopang aktivitas smartphone hingga beberapa jam. Namun untuk pemakaian berat, suplai tenaga baterai cepat terkuras.

Pengisian ulang tenaga baterai juga tergolong biasa. Ponsel ini sepertinya tak dilengkapi dengan teknologi pengisian ulang cepat. Artinya, kita harus membekali diri dengan power bank, atau baterai cadangan bila sedang bepergian. Kalau-kalau sulit menemukan terminal listrik untuk memasang charger.

Konektivitas

Screenshot_2015-10-30-15-31-36Satu hal yang menjadi concern saya, smartphone ini belum mendukung 4G LTE. Smartphone dual SIM card ini hanya berbasis 3G/HSDPA. Sementara  untuk keperluan konektivitas lain HTC Desire 526 G sudah menanamkan Bluetooth v4.0,Wi-Fi a/b/g/n dan WLAN. Tak ketinggalan GPS (a-GPS) sudah dibenamkan untuk mendukung fitur seperti peta. Port microUSB v2.0 bisa dipakai untuk pengecasan dan transfer data. Sayang, smartphone ini tak mendukung fitur USB OTG.

Kesimpulan

Tak banyak yang bisa diharapkan dari HTC Desire 526 G. Tapi untuk banderol dua jutaan, smartphone ini sudah menawarkan casing dengan buid quality yang baik. Berbeda dari kebanyakan seri sekelasnya yang hanya terasa ‘plastik’. Sektor kamera pun sudah cukup bisa bersaing dengan rival jika menilik harganya.

Ironisnya, HTC Desire 526 G kurang menggigit di banyak aspek. Seperti sistem operasi dan antarmuka yang bisa dibilang sudah masuk kategori ‘oldies’ alias tua. Lantas prosesor yang relatif biasa saja dengan dukungan baterai berkapasitas hanya 2000 mAh.

USER REVIEWS

sort by | date | rating