Bootstrap Slider
Home > Review > Smartphone > Coolpad Sky Mini E560: Smartphone 4G LTE dengan Fitur Remote Control

Coolpad Sky Mini E560: Smartphone 4G LTE dengan Fitur Remote Control

REVIEW SECTIONS

RELATED REVIEWS

Review ViVo V5 : Senjata Komplit Penggemar Selfie
Review POLYTRON PRIME 7S : Sentuhan Bergaya Dari Dalam Negeri
Huawei P9: Standar Baru Fotografi Smartphone
Review LG V20: Smartphone Serba Premium, Termasuk Harganya
Review Motorola Moto E3 Power: Murah Tapi Kurang Powerful
Review Samsung Galaxy J3 2016: Sederhana, Biasa, Tapi Ini Samsung
Review LG X Power: Smartphone  4G LTE Menengah dengan Baterai Ekstra Tangguh
Review Lenovo Vibe K5 Plus: Smartphone 4G LTE Dengan Fitur Virtual Reality
PLUS
/ Kamera powerful dengan fitur pro dan manual. Sudah menunjang jaringan 4G LTE.
MINUS
/ Baterai boros dan resolusi layar belum HD. Fitur multimedia relatif standar.

TREND HARGA

EDITORS' RATING
7.3
OVERALL
DESAIN 7.5
LAYAR 7
KAMERA 7.5
MULTIMEDIA 7.5
PERFORMA 7.5
VALUE FOR MONEY 7
USER'S RATING
0.0
OVERALL
DESAIN 0.0
LAYAR 0.0
KAMERA 0.0
MULTIMEDIA 0.0
PERFORMA 0.0
VALUE FOR MONEY 0.0
Add User Review

ArenaLTE.com – Produsen asal Tiongkok ini terbilang begitu agresif menggelontorkan produk anyar. Salah satunya adalah Coolpad Sky Mini E560 yang desainnya seperti kembaran dari saudaranya Coolpad Sky E501. Hanya saja bentuknya lebih kompak dan ergonomis dengan ukuran layar lebih ringkas 4,7 inci (sementara Coolpad Sky menawarkan layar seluas 5,5 inci). Perbedaan yang mendasar sebenarnya tak hanya dari sisi tampilan, karena dari segi spesifikasi terdapat beberapa pemangkasan meski di sisi fitur juga ada tambahan.

Desain

Coolpad Sky Mini mengemas elemen desain cantik seperti sang kakak. Saat layar tak aktif, smartphone ini seperti frameless. Tapi begitu dinyalakan ternyata masih ada ruas frame di kedua sisi layar. Sama seperti Coolpad Sky, menyisipkan tombol fisik menu, home dan back di bawah layar.

Bentuk Coolpad Sky Mini cenderung datar, memiliki ketebalan 7,9 mm sehingga terlihat tipis. Di bagian belakang dibuat agak cembung dengan lengkungan sehingga pas saat bersandar di telapak tangan dan nyaman dalam genggaman. Mungil memang, tapi terlihat stylish dan enak dipandang.

Bagian casing belakang mengadopsi bahan ramah lingkungan, lembut, halus, anti-sidik jari, anti keringat. Konsep cita rasa baru yang dikembangkan di sektor casing tersebut mereka sebut dengan ‘baby skin’. Menariknya, jika terkena kotoran atau keringat cukup mudah membersihkannya cukup langsung mengelapnya, layar kinclong kembali.

Bedanya dengan Coolpad Sky, baterai smartphone ini tidak bisa dicopot alias berkonsep unibodi. Selain itu, Coolpad Sky Mini hanya menyajikan satu slot SIM card dan slot microSD yang terdapat pada tray yang sama, posisinya di ruas kiri bodi.

Kamera utama dan LED flash terletak di bagian belakang atas. Sayang sekali kameranya menonjol keluar dari bodi sehingga rentan benturan dan gesekan. Di belakang terdapat juga speaker di bawah logo. Di ruas kanan tertanam tombol volume dan tombol power. Di atas layar terdapat kamera depan bersebelahan dengan sensor dan earspeaker. Port USB di ruas bawah dan port audio di ruas atas berselebahan dengan sensor infrared.

Display

Display smartphone ini lebih kecil dengan panel IPS 4.7 inci, tapi resolusinya sama dengan Coolpad Sky yakni qHD IPS 960×540 piksel.. Alhasil, densitas pikselnya lebih tinggi dari sang kakak 234 ppi (Coolpad Sky hanya memiliki kerapatan piksel 199 ppi).

Layar IPS pada smartphone ini memungkinkan kita mendapati gambar dengan warna melimpah dan tampilan tetap terlihat meski dilihat dari viewing angle miring. Di bawah sinar matahari, pengaturan brightness harus disetel ke level maksimal, jika tidak sulit melihat gambar yang tertampil di layar.

Sama seperti sang kakak, Coolpad Sky Mini juga tak dilapisi material anti gores seperti Gorilla Glass ataupun Dragontail. Jadi hati-hati memperlakukan layar sentuh, jika ingin aman dari baret-baret segera pasang anti gores atau proteksi layar. Sayang, Coolpad Sky Mini hanya bisa menerima 5 titik sentuhan.

OS & Antarmuka

Berbeda dengan sang kakak, Coolpad Sky Mini lebih mutakhir berjalan di platform Android Lollipop 5.1 bersama Cool UI. Antarmuka bawaannya identik dengan iPhone tanpa app drawer. Jadi, semua aplikasi dan widget ditempatkan di homescreen. Nah berkat dukungan Android Lollipop, maka tersedia beberapa fitur terbaru seperti overview, notifikasi di lock screen dan Guest Mode serta add user.

Halaman utama Coolpad Sky Mini tak lagi menyediakan app drawer. Tapi Cool UI menawarkan berbagai pilihan widget, effect (random, classic, bounce, inner cube dan lain-lain) hingga wallpaper. Antarmukanya cukup nyaman dan smooth saat dioperasikan tak ada lag saat transisi layar dan lain-lain.

Di halaman notifikasi ada beberapa fitur tambahan yang terselip seperti flashlight, battery saver dan invert color. Fitur lain seperti mobile data, auto rotation, airplane, wifi, Bluetooth, pengaturan brightness sepertinya tak jauh berbeda dengan yang biasa ditemukan pada smartphone lain.

Kamera

Sektor ini ternyata identik dengan sang kakak Coolpad Sky. Kami mendapati kamera utama sensor 8 MP dengan auto focus BSI F2.2 dan LED flash. Sementara kamera depan mengandalkan resolusi 5 MP lebih besar dari Coolpad Sky Mini. Bahkan mengandalkan aperture f2.0.

Jepretan stabil dan shutter speed-nya cepat. Sama seperti sang kakak, hasil foto fokus di situasi outdoor. Sementara di dalam ruangan atau dalam kondisi minim cahaya, hasil foto menggunakan flash terlihat fokus dan tetap terang.
Setting kamera professional sepertinya sudah menjadi standar semua produk besutan Coolpad. Kita bisa menggunakan mode kamera standar yang tak memerlukan setting khusus.

Untuk professional, Coolpad Sky Mini menyediakan pengaturan ‘pro’. Kamera smartphone ini ditunjang beberapa fitur seperti mode HDR, efek dan selfie. Untuk rekam video, Coolpad Sky menyajikan beberapa format rekam video 1080p, 720p dan 480p.

Multimedia

Sayang, Coolpad sepertinya belum terlalu serius mendongkrak performa multimedia produk besutannya. Seri ini juga ternyata hanya dibekali fasillitas multimedia standar. Hanya tersaji pemutar musik, player video dan radio FM bawaan Android. Radio FM-nya sudah ditunjang RDS dan perekam siaran. Untung dalam smartphone ini sudah disediakan equalizer.
Speaker bawaan Coolpad Sky Mini bisa memancar dengan kualitas cukup baik. Namun suaranya tak terlalu keras, tapi jika dibandingkan dengan seri Tiongkok atau secara umum smartphone lokal outputnya masih lebih baik.

Fitur

Coolpad Sky Mini mendukung Smart Control dengan beberapa fitur atraktif. Ada ‘gesture control’ yang memungkinkan kita mengakses beberapa aplikasi penting langsung dari mode sleep. Contohnya, kita bisa langsung membuka Camera dengan menggambar huruf ‘C’ langsung di layar tak aktif.

Fitur lain ‘double tap to wake’ untuk mengaktifkan smartphone dalam kondisi sleep dengan mengetuk layar dua kali. Tapi dalam smartphone ini sudah tak ada lagi fitur ‘multi screen’ yang bisa membagi layar menjadi dua aplikasi independen.

Coolpad Sky Mini menambahkan fitur Smart Control berupa sensor inframerah. Dengan aplikasi remote control pintar, kita bisa mengoperasikan AC , TV , kotak suara , lampu dan peralatan listrik lainnya dengan smartphone ini. Jadi, jika kita perlu memaksimalkan semua perangkat hiburan , Anda dapat mengontrol dari satu tempat. Saat dicoba, ternyata mudah sekali mengkoneksikannya.

Performa

Tak jauh berbeda dengan sang kakak, Coolpad Sky Mini dibenami chipset serupa quad core Qualcomm Snapdragon 410 MSM8916 1,2 GHz (GPU Adreno 306) 64 bit. Sudah cukup lancar, tapi jika untuk digeber game berat akan sedikit tersendat. Smartphone ini didukung RAM 1GB serta ROM 8GB dan slot microSD.

Untuk baterai, Coolpad Sky Mini ternyata sudah dipangkas kapasitasnya menjadi 1800 mAh, Coolpad Sky mengusung baterai berkapasitas 2500 mAh. Dalam pengujian kami, baterai smartphone ini relatif boros. Untuk pemakaian normal dengan layanan data aktif, Coolpad Sky Mini hanya mampu bertahan kurang dari sehari saja.

Konektifitas

Coolpad Sky Mini sudah disuplai jalur data sekelas 3G (900/2100 MHz) dan mengakomodasi jaringan 4G FDD LTE (1800/2100). Tapi tak seperti sang kakak yang sudah support dual SIM card, seri ini hanya disusupi satu kartu SIM saja.
Selebihnya, konektifitas seperti Bluetooth 4.0,aGPS, and 802.11 b/g/n/a Wi-Fi pun sudah terintegrasi dalam smartphone ini. Satu catatan lagi, port micro USB smartphone ini belum mendukung NFC maupun kapabilitas membaca flashdisk (USB On The Go).

Kesimpulan

Coolpad Sky Mini datang dengan membawa konsep berbeda dari Coolpad Sky biasa. Tapi keduanya sama-sama berkompetisi di segmen menengah bawah dengan kisaran harga nyaris setara. Coolpad Sky Mini mengalami penyusutan dimensi layar, pengurangan kapasitas baterai, slot SIM hanya satu hingga pengurangan beberapa fitur.

Di sisi lain, seri ini masih mengadopsi prosesor yang sama kualitas display lebih baik. Bahkan di sisi kamera terjadi peningkatan kualitas kamera selfienya menjadi 5MP. Vendor juga membenamkan fitur menarik berupa remote control. Serta mutu casing belakang yang sudah berkonsep baby skin.

USER REVIEWS

sort by | date | rating
0.0
Coolpad Roar A110 Meluncur di Indonesia, Harga Dipatok 1,3 JutaanArenaLTE.com 13 Nov 15, 09:09
[…] “Peluncuran produk baru ini supaya masyarakat lebih bisa merasakan teknologi dan kualitas Coolpad. Baik dari kalangan bawah hingga atas bisa merasakan,” ujar Natalie Chien, Brand Manager Coolpad Indonesia dalam keterangan pers yang diterima ArenaLTE.com baru-baru ini. Coolpad Soar, lanjut Natalie, akan meramaikan segmen entry level bersama dengan merek lainnya. Baca juga: Coolpad Sky Mini E560: Smartphone 4G LTE dengan Fitur Remote Control […]