Bootstrap Slider
Home > Review > Smartphone > Blaupunkt Sonido J1, Andalkan Headphone Spesial Sebagai Senjata Utama

Blaupunkt Sonido J1, Andalkan Headphone Spesial Sebagai Senjata Utama

REVIEW SECTIONS

RELATED REVIEWS

Review ViVo V5 : Senjata Komplit Penggemar Selfie
Review POLYTRON PRIME 7S : Sentuhan Bergaya Dari Dalam Negeri
Huawei P9: Standar Baru Fotografi Smartphone
Review LG V20: Smartphone Serba Premium, Termasuk Harganya
Review Motorola Moto E3 Power: Murah Tapi Kurang Powerful
Review Samsung Galaxy J3 2016: Sederhana, Biasa, Tapi Ini Samsung
Review LG X Power: Smartphone  4G LTE Menengah dengan Baterai Ekstra Tangguh
Review Lenovo Vibe K5 Plus: Smartphone 4G LTE Dengan Fitur Virtual Reality
PLUS
/ Dilengkapi aplikasi Blaupunkt Audio yang bisa memancarkan suara optimal saat headphone bawaan Blaunpunkt BPA-102 ditancapkan sebagai pemancar suara. Didukung kapabilitas dual SIM serta fitur khusus streaming MNC.
MINUS
/ Hanya mengandalkan RAM 1GB yang relatif kecil jika bicara persaingan dan harga. Selain itu, kualitas layar dan kamera termasuk standar saja.

TREND HARGA

EDITORS' RATING
7.2
OVERALL
DESAIN 7
LAYAR 7
KAMERA 7
MULTIMEDIA 8
PERFORMA 7
VALUE FOR MONEY 7
USER'S RATING
0.0
OVERALL
DESAIN 0.0
LAYAR 0.0
KAMERA 0.0
MULTIMEDIA 0.0
PERFORMA 0.0
VALUE FOR MONEY 0.0
Add User Review

ArenaLTE.com – Untuk saat ini, smartphone yang benar-benar identik dengan musik termasuk langka di pasaran. Secara, hampir semua tipe smartphone yang ada sudah menyisipkan fitur musik di dalamnya. Sebagian besar produsen pun merasa tak terlalu perlu mengkhususkan diri. Tapi Blaupunkt tetap optimistis membidik segmen pecinta musik lewat Blaupunkt Sonido J1.
Baca: Jajaran Smartphone Audio Terbaik 2015 yang Banyak Diburu

Blaupunkt mengklaim kualitas audio Sonido J1 salah satu yang terbaik di kelasnya. Bahkan perusahaan ini mengkategorikan Blaupunkt Sonido J1 sebagai soundphone ketimbang smartphone. Nah, ‘soundphone’ ini sudah masuk meja redaksi ArenaLTE untuk kami review. Tanpa berpanjang lebar lagi, berikut saya sajikan review Sonido J1.

Desain

Awalnya saya beranggapan tampilan soundphone ini bakal beda dari yang lain, mengingat Blaupunkt memiliki nama besar sebagai salah satu produsen audio berkelas. Tapi ternyata saya kesulitan menemukan elemen ‘khas’ saat sudah memegangnya. Sonido J1 lebih terlihat seperti ponsel Tiongkok kelas menengah biasa yang banyak bertebaran di pasar.

Material plastik mendominasi casing Blaupunkt Sonido J1 dengan build quality yang tak terlalu mengecewakan, solid. Lebih dari itu, soundphone ini dibalut dengan ‘coating’ bermutu sehingga saat dipegang terasa sedikit kesan premium. Produk review Blaupunkt Sonido J1 yang ada di tangan saya dihiasi lis beraksen keemasan.

Bagian belakang dipoles lapisan doff atau matte yang kesat sehingga tak licin saat dipegang. Sementara sektor depan memiliki penampakan glossy dengan permukaan yang mudah ternoda oleh sidik jari. Akses Blaupunkt Sonido J1 dengan menggunakan satu tangan relatif nyaman dan praktis.

Display

Screenshot_2015-10-13-06-59-51 Screenshot_2015-10-15-22-28-03Blaupunkt Sonido J1 mengandalkan layar seluas 5 inci dengan resolusi HD 1280×720 piksel. Dengan banderol harga yang ditawarkannya ponsel ini seharusnya memiliki resolusi layar lebih baik. Tapi tak bisa dipungkiri jika penawaran ini pun tak terlalu mengecewakan. Komposisi warna dan detil sudah cukup memadai tampil natural.

Satu hal yang saya cermati, tingkat kecerahan layarnya tak terlalu optimal meski brightness sudah saya setting dalam level tertinggi. Soal respon dan sensitivitas layar terhadap sentuhan relatif memuaskan saya tidak menemukan komplain. Tapi dalam pengujian menggunakan Multi Touch Tester, layarnya hanya bisa menerima lima sentuhan secara bersamaan.

OS & Antarmuka

Screenshot_2015-10-16-08-26-46 Screenshot_2015-10-16-08-28-06Blaupunkt Sonido J1 membenamkan sistem operasi Android 4.4.2 KitKat. Perusahaan tak terlalu banyak melakukan modifikasi baik secara kosmetik maupun user experience. Sejauh penelusuran saya, kostumisasi terlihat jelas hanya di bagian wallpaper, themes dan widget.

Seperti biasa kita akan berjumpa dengan tampilan khas Android dengan halaman muka terdiri dari homescreen yang bisa diperkaya jumlahnya sesuai kebutuhan. Tersedia app tray untuk masuk ke menu aplikasi. Tertata dalam bentuk grid yang bisa digulirkan ke kiri atau kanan.

Kamera

a b c e IMG_20151016_083228Sektor fotografi di ponsel ini bukanlah aspek spesial yang ditonjolkan. Blaupunkt mencoba menawarkan kamera dengan resolusi 8 MP yang bisa dikategorikan standar.  Tanpa ada pengembangan lebih lanjut hanya menyuguhkan antarmuka kamera bawaan Android.

Fitur seperti HDR, gesture capture, beautiful face, panorama bisa kita temukan sebagai pelengkap. Termasuk ketersediaan LED flash untuk memotret dalam kondisi low light. Sementara kamera depan berkekuatan 2 MP cukup membantu buat yang doyan selfie.

Hasil foto dari Blaupunkt Sonido J1 bisa dibilang biasa saja. Dalam kondisi low light kurang mampu memproduksi foto yang bagus. Sementara untuk rekam video kita bisa merekam dengan kualitas full HD meski hasilnya tak terlalu bisa diandalkan.

Multimedia

Screenshot_2015-10-16-08-22-47 Screenshot_2015-10-16-08-23-05Ini dia sektor andalan Blaupunkt Sonido J1. Perusahaan agak serius mengolah pemutar musik dan pendukungnya. Saya mendapat pemutar musik khusus yang dinamakan Blaupunk Audio Player. Antarmukanya menawarkan struktur tampilan dan fitur standar Android.

Tapi pada bagian setting, ada opsi Blaupunkt Audio yang akan aktif saat kita mencolokkan jack headset, menerima pancaran Bluetooth speaker dan tersambung dengan beragam pemancar audio. Kita pun bisa memilih headphone atau speaker yang terinstal di bagian setting ini. kita tidak akan menemukan equalizer, namun ponsel akan secara otomatis mengoptimalkan pancaran suara sesuai perangkat yang tersambung dengan kualitas 3D sound.

Satu hal menarik dan memang salah satu daya tarik smartphone ini adalah headphone Blaunpunkt BPA-102 yang dikemas dalam paket penjualan. Inilah senjata Blaupunkt Sonido J1 yang sebenarnya. Keluaran yang terpancar dari headphone ini patut diacungi jempol khas produk Blaupunkt bersuara empuk, tebal dan dentuman bass yang kental.

Blaupunkt BPA-102 mengemas berbagai fitur seperti Strong Bass Sound, Dynamic Driver, Ergonomic On-Ear Design serta Folded Design.Headphone yang simpel dan praktis ini didukung mikrofon dan kabel sepanjang 1,5 meter. Selebihnya, kita bisa menemukan radio FM dan pemutar video dalam smartphone ini.

Fitur

Fitur BlaupunktBlaupunkt Sonido J1 menyisipkan beberapa fitur khusus yang tak ditemukan di smartphone lain yakni aplikasi khusus streaming untuk 8 channel Free to Air MNC Group. Pengguna Soundphone bisa menikmati channel RCTI, MNC TV, Global TV, iNEWS, MNC Infotainment, MNC Music, MNC News dan MNC Shop.

Beberapa fitur lain yang disisipkan antara lain Quickoffice untuk keperluan pengolahan dokumen. Lantas ada telepay yang bisa membantu kebutuhan online payment kita. Lantas dibenamkan pula movie studio dan flashlight.

 

 

 

Performa



Lebih jauh, spesifikasi Blaupunkt Sonido J1 di sektor dapur pacu didukung chipset MediaTek MT6592 dengan prosesor octa-core Cortex-A7 berkecepatan 1.7GHz, GPU Mali-450MP serta RAM 1GB.Bagaimana akselerasinya? Ternyata cukup smooth dan masih bisa menjalankan aktivitas multi tasking dengan cukup baik.

Tapi dengan memori hanya 1GB, kalian harus maklum saat ponsel tersendat-sendat untuk bermain game berat atau menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan. Blaupunkt Sonido J1 ditunjang memori internal 1GB dan ditunjang slot micro SD hingga 32GB.

Blaupunkt membekali Sonido J1 dengan baterai 2100 mAh. Kami jajal untuk beraktivitas mulai dari fully charged sampai benar-benar menyusut. Selidik punya selidik, smartphone ini bisa bertahan sekitar 10 jam untuk pemakaian harian normal.

Konektivitas

Spesifikasi Blaunpunkt Sonido J1 di area konektivitas pun cukup memuaskan. Dilengkapi dengan kapabilitas dual SIM card dan berbagai fasilitas bawaan seperti Wifi, Bluetooth, port USB dan lain-lain. Namun harap dicatat, jika soundphone ini belum support 4G LTE.

Kesimpulan

Blaupunkt Sonido J1 memang lebih tepat disebut soundphone ketimbang smartphone karena jualan utamanya adalah headphone. Dengan kualitas audionya di atas rata-rata ponsel yang sekelas dengannya. Cocok membidik segmentasi kalangan muda pecinta musik.

Tapi kalau bicara spesifikasi secara keseluruhan, memang Blaupunkt Sonido J1 harus menghadapi kerasnya persaingan dengan rival. Dengan harga jual yang ditawarkan, banyak kompetitor yangmenawarkan kualitas kamera lebih baik, prosesor lebih bertenaga hingga kualitas display yang lebih asyik.

USER REVIEWS

sort by | date | rating