Bootstrap Slider
Home > Review > Smartphone > Axioo Picophone M4P: Dibekali Spesifikasi Mumpuni, Harga Memikat Hati

Axioo Picophone M4P: Dibekali Spesifikasi Mumpuni, Harga Memikat Hati

REVIEW SECTIONS

RELATED REVIEWS

Review ViVo V5 : Senjata Komplit Penggemar Selfie
Review POLYTRON PRIME 7S : Sentuhan Bergaya Dari Dalam Negeri
Huawei P9: Standar Baru Fotografi Smartphone
Review LG V20: Smartphone Serba Premium, Termasuk Harganya
Review Motorola Moto E3 Power: Murah Tapi Kurang Powerful
Review Samsung Galaxy J3 2016: Sederhana, Biasa, Tapi Ini Samsung
Review LG X Power: Smartphone  4G LTE Menengah dengan Baterai Ekstra Tangguh
Review Lenovo Vibe K5 Plus: Smartphone 4G LTE Dengan Fitur Virtual Reality
PLUS
/ Fitur lengkap, desain elegan, performa handal, harga terjangkau.
MINUS
/ Koneksi belum LTE

TREND HARGA

EDITORS' RATING
7.2
OVERALL
DESAIN 7.5
LAYAR 7
KAMERA 7
MULTIMEDIA 7
PERFORMA 7.5
VALUE FOR MONEY 7.5
USER'S RATING
0.0
OVERALL
DESAIN 0.0
LAYAR 0.0
KAMERA 0.0
MULTIMEDIA 0.0
PERFORMA 0.0
VALUE FOR MONEY 0.0
Add User Review

ArenaLTE.com – Perkembangan teknologi Android turut mendorong Axioo melakukan inovasi dan menghadirkan smartphone yang terus di-upgrade agar lebih menyesuaikan jaman. Produk terbaru besutan vendor asal Indonesia ini adalah Axioo Picophone M4P yang merupakan varian tertinggi dari seri PICOphone M4.

Sebagai yang terbaru, PICOphone M4P mendapat banyak penyempurnaan dibanding pendahulunya seperti seri Picophone M3 dan Picophone M4U. Sehingga tidak heran jika mereka mengklaim smartphone ini memberikan performa terbaik dan optimis produk ini akan laris di pasar. Seperti apa sebenarnya kemampuannya? Simak selengkapnya review Axioo Picophone M4 di bawah ini.

Desain

Tampilan body belakang Axioo Picophone M4P
Tampilan body belakang Axioo Picophone M4P

Secara fisik, penampilan Axioo Picophone M4P terbilang cukup menarik. Tidak terlihat sebagai ponsel murahan meski harga banderol sebenarnya murah. Pada unit yang saya review, warnanya emas terlihat mewah dan berkelas. Sebagaimana kebanyakan ponsel murah pada umumnya, Axioo Picophone M4P tidak menganut konsep desain unibody. Sehingga bagian belakangnya bisa dibuka untuk mengakses baterai, menaruh kartu SIM dan micro SIM. Casingnya berbahan plastik dengan tekstur jeruk purut yang membuat lebih mantap di genggaman tangan.

Secara teknis, ukuran tubuhnya adalah 146mm  x 74mm x 8.7mm dengan bobot 156 gram.  Menyelusuri sekeliling body, pada bagian atas terdapat port micro USB yang berfungsi untuk charge baterai dan transfer data serta di sebelahnya ada port jack audio 3,5mm. Di pinggir sebelah kiri, terdapat tombol volume rocker, sedangkan di bagian kanan ada tombol untuk power/lock.

Display

Axioo Picophone M4P hadir dengan layar 5 inci. Resolusi layarnya berukuran 1280 x 720 Pixel alias sudah high definition (HD). Ketika dicek dengan aplikasi CPU-Z, layar memiliki kepadatan layar 338 ppi yang tergolong tinggi. Layar mendapat balutan teknologi Full lamination yang menambah kenyamanan saat mengamati atau berinteraksi dengan layar. Penggunaan layar tipe IPS membuat reproduksi warna lebih natural dan viewing angle yang lebih luas.

Tampilan layar antarmuka Axioo Picophone M4P
Tampilan layar antarmuka Axioo Picophone M4P

Bisa dibilang, kualitas layarnya cukup baik untuk ponsel sekelasnya. Nyaman dipakai untuk bermain game, menonton video atau sekadar browsing. Teknologi layar juga sudah mendukung Cast Screen yang memungkinkan antarmuka layar ponsel ditampilkan di layar perangkat lain seperti televisi. Sehingga member keleluasaan untuk sharing konten multimedia.

OS & Antarmuka

Axioo telah membekali Picophone M4P dengan sistem operasi paling mutakhir yaitu Android Lollipop 5.1. Penggunaan sistem operasi ini berpengaruh besar pada performa dan ketersediaan fitur. Android 5.1 Lollipop menawarkan performa yang dua kali lebih baik dibanding versi sebelumnya (Android 5.0) dan empat kali lebih cepat dibanding Android KitKat.

Ketika dicoba, memang terasa cepat dan responsif. Begitu mengaktifkan ponsel dan memasuki homescreen, perpindahan antar menu terasa smooth. Seperti kebanyakan ponsel lokal pada umumnya, Axioo tidak mau repot dengan mengembangkan sistem antar muka sendiri. Mereka memakai antarmuka stock Android UI yang sudah siap pakai dan familiar. Ciri khas antar muka Android 5.1 Lollipo yang lebih berani dan berwarna-warni dengan pendekatan material design bisa kita rasakan di sini.

Kamera

Di rentang harga berapapun, sektor kamera pada sebuah ponsel selalu penting untuk dibahas karena sudah menjadi fitur wajib. Di sektor fotografi ini, Axioo Picophone M4P dibekali dengan dua buah kamera. Kamera depan yang biasa dipakai untuk selfie memiliki resolusi 5MP. Sedangkan bagian belakang atau sering disebut kamera utama memiliki sensor 8 MP.

Modal yang disajikan tersebut terbilang sudah mencukupi untuk kebutuhan fotografi dasar dengan kualitas yang cukup baik. Antarmuka memakai stock aplikasi kamera Android yang terlihat sederhana dan minimalis. Bagi yang gemar bereksplorasi, bisa menambahkan aplikasi kamera yang banyak tersedia di Play Store.

Kamera memiliki tiga fitur yakni Camera, Lens Blur dan Video. Untuk resolusi gambar, ada beberapa pilihan kualitas. Yang paling tinggi adalah 8 MP, dengan rasio 4:3. Jika ingin memotret dengan tampilan landscape atau panoramik yang lebih luas, bisa memilih rasio 16:9 dengan pilihan resolusi terbesar hanya 2,1 MP. Sedangkan untuk merekam video, kualitas tertinggi adalah Full HD 1080p.

Secara umum, kualitas hasil fotonya cukup baik. Reproduksi warna terlihat natural. Begitupun dengan hasil video. Setelah memotret, kita bisa langsung mengeditnya melalui galeri foto. Atau jika membutuhkan kemampuan editing yang lebih, bisa mengunduhnya di Play Store seperti Snapseed, Adobe Photoshop Mix, atau lainnya.

 Hasil Foto:

Hasil foto Axioo Picophone M4P: makro
Hasil foto Axioo Picophone M4P: makro
Hasil foto Axioo Picophone M4P: indoor
Hasil foto Axioo Picophone M4P: indoor

Multimedia

Fitur multimedia yang dihadirkan di Axioo M4P cukup lengkap untuk menghibur pengguna. Di sini tersedia pemutar musik, player video, radio FM dan tak ketinggalan YouTube. Pemutar musik memakai aplikasi Google Play Music yang bisa memainkan konten lagu yang tersimpan di dalam memori ponsel maupun cloud. Untuk Radio FM  sudah ditunjang RDS dan perekam siaran. Sehingga kita tak bakal ketinggalan siaran radio favorit. Kualitas audio yang keluar dari speaker cukup jelas baik dari speaker maupun headset.

Untuk yang gemar menonton video, layarnya yang telah memakai resolusi HD 720p menyajikan tampilan grafis yang memuaskan. Kita bisa menonton video hingga Full HD dengan grafis yang tajam dan detail. Dipakai untuk menonton video streaming YouTube melalui jaringan Wi-Fi juga cukup nyaman.

Konektivitas

Ponsel ini sudah disuplai jalur data sekelas 2G dan 3G di jalur frekuensi 900/1800/2100 MHz. Seperti layaknya smartphone lokal pada umumnya, Axioo Picophone M4P mendukung Dual SIM Card. Sehingga lebih leluasa untuk memilih kartu yang hanya untuk akses data dan komunikasi voice. Ketiadaan koneksi 4G LTE bisa ditutupi dengan dukungan koneksi WiFi 802.11 b/g/n yang sudah terintegrasi.

Fitur

Sebagai smartphone yang berbasis Android 5.1 Lollipop, berbagai aplikasi milik Google bisa kita dapatkan secara built-in di sini yang berguna untuk aktivitas sehari-hari. Seperti mengecek email melalui aplikasi Gmail dan e-mail, mengakses data cloud di Google Drive, membuat catatan teks instant di aplikasi Keep, mengakses konten dokumen QuickOffice, melakukan navigasi dengan aplikasi Google Maps, dan sebagainya.

Selain aplikasi native yang merupakan bawaan system operasi Android, di Axioo M4P juga sudah disediakan beberapa aplikasi tambahan yang popular di Indonesia. Sehingga kita tidak perlu lagi mengunduhnya di Play Store. Beberapa aplikasi tersebut mencakup layanan instant messaging, media sosial dan game. Untuk instant messaging, telah tersedia BlackBerry Messenger (BBM),  WhatsApp dan WeChat. Sementara untuk jejaring sosial sudah ter-install aplikasi Facebook, Path, dan Twitter. Sedangkan bagi yang hobi bermain game, bisa langsung memainkan Angry Birds Rio, Subway Surf dan Candy Crush.

Performa

Guna mendukung aktivitas sehari-hari penggunanya, dapur pacu Axioo M4P telah dipersenjati dengan spesifikasi yang mumpuni. Prosesornya Quad Core berkecepatan 1,3 GHz yang berbasis ARM Cortex A7. Dibanding kompetitor, ponsel ini menawarkan daya tampung memori RAM yang lebih lapang yakni 2GB dan RAM 16GB.

Bagi yang gemar bermain game dan sering menjalankan banyak aplikasi, keberadaan RAM yang besar ini sangat dibutuhkan untuk memastikan kinerja tetap lancar. Terlebih dengan dukungan system operasi Android 5.1 Lollipop yang memiliki sistem manajemen aplikasi yang bagus, kinerja Axioo M4P semakin mulus untuk menjalankan berbagai aktivitas seperti mengerjakan dokumen, browsing, memutar musik bahkan memainkan game.

Suplai energi semua aktifitas dan fitur, sudah disediakan oleh baterai  dengan kapasitas 2000mAh. Pada penggunaan wajar, baterai sanggup bertahan dari pagi hingga sore hari. Untuk semakin memaksimalkan penggunaan baterai, kita bisa memanfaatkan battery optimization di M4P berkonsentrasi pada penghematan baterai yang akan membantu baterai agar bertahan lebih lama dan memperpanjang umur baterai.

Kesimpulan

Axioo-M4PAxioo Picophone M4P menawarkan spesifikasi tinggi dan fitur-fitur yang bisa diperoleh dengan harga yang terjangkau yaitu Rp 1.399.000,-. Dari sudut pandang value for money, apa yang diberikan pada ponsel ini lebih bernilai dibanding apa yang dibayarkan. Sehingga wajar jika redaksi menganugerahinya sebagai “Smartphone 3G Terbaik Harga 1 Jutaan” untuk bulan ini. Karena jika dibandingkan dengan merek-merek lain yang beredar di pasar, untuk mendapatkan spesifikasi dan performa yang sepadan kita harus merogoh kocek lebih dari itu. Padahal di kelas ini, konsumen sangat sensitif dengan harga dan spesifikasi smartphone. Pengguna akan puas dengan kinerja dan fitur yang ditawarkan Axioo M4P yang harganya terjangkau ini.

USER REVIEWS

sort by | date | rating
0.0
Axioo Siapkan Smartphone 4G LTE di Harga 2 JutaanArenaLTE.com 15 Oct 15, 14:00
[…] Alex menegaskan jika pihaknya melihat trend 4G LTE akan menjadi hype di masa mendatang. Pada waktunya, Axioo pun bakal memperkecil produksi handset 3G. Apalagi pihaknya pun sudah sangat siap dalam soal pabrikasi. Baca: Axioo Picophone M4P: Dibekali Spesifikasi Mumpuni, Harga Memikat Hati […]
0.0
Inilah Smartphone 3G Harga 1 Jutaan TerbaikArenaLTE.com 02 Oct 15, 14:02
[…] Review: Axioo Picophone M4P: Dibekali Spesifikasi Mumpuni, Harga Memikat Hati […]