Bootstrap Slider
Home > Review > Smartphone > Review Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL: Versi Update dengan Layar Lebih Besar

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL: Versi Update dengan Layar Lebih Besar

REVIEW SECTIONS

RELATED REVIEWS

Review ViVo V5 : Senjata Komplit Penggemar Selfie
Review POLYTRON PRIME 7S : Sentuhan Bergaya Dari Dalam Negeri
Huawei P9: Standar Baru Fotografi Smartphone
Review LG V20: Smartphone Serba Premium, Termasuk Harganya
Review Motorola Moto E3 Power: Murah Tapi Kurang Powerful
Review Samsung Galaxy J3 2016: Sederhana, Biasa, Tapi Ini Samsung
Review LG X Power: Smartphone  4G LTE Menengah dengan Baterai Ekstra Tangguh
Review Lenovo Vibe K5 Plus: Smartphone 4G LTE Dengan Fitur Virtual Reality
PLUS
/
  • Dual SIM card
  • Memori berkapasitas 16GB lengkap dengan koneksi transfer data via USB OTG.
  • Display dilapisi Gorilla Glass 4.
  • 4G LTE
  • Kapasitas baterai 3000mAh
MINUS
/
  • Layar belum full HD
  • Baterai non removable

TREND HARGA

EDITORS' RATING
7.7
OVERALL
DESAIN 7.5
LAYAR 7.5
KAMERA 8
MULTIMEDIA 8
PERFORMA 7.5
VALUE FOR MONEY 7.5
USER'S RATING
0.0
OVERALL
DESAIN 0.0
LAYAR 0.0
KAMERA 0.0
MULTIMEDIA 0.0
PERFORMA 0.0
VALUE FOR MONEY 0.0
Add User Review

ArenaLTE.com – Asus terus memberikan alternatif pilihan buat konsumennya di segmen menengah bawah. Menyusul saudaranya Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL yang sudah lebih dulu menjajaki pasar, giliran Zenfone 2 Laser ZE550KL mencoba peruntungan. Model dan spesifikasinya nyaris serupa hanya saja ukurannya lebih bongsor.

Jika ditelusuri, Asus Zenfone 2 Laser ZE550 KL ini memiliki spesifikasi tak jauh berbeda dengan Zenfone 2 Laser varian ZE500KL yang pernah kami ulas. Perbedaan yang mendasar terletak pada layar yang mana di seri ZE500KL berukuran 5 inchi, sedangkan ponsel ini 5,5 inchi. Tapi seperti apakah kualitas sebenarnya? So, tak perlu berpanjang lebar lagi, yuk simak review Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL.

Desain

asus zenfone 2 laser ze550kl Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL memiliki desain yang masih sama dengan varian Zenfone 2 Laser versi 5 inci (ZE500KL). Tetap mengadopsi perpaduan desain cembung dan lengkung ala Zenfone alias concentric circle design. Bentuk ini sengaja dirancang supaya pengguna nyaman saat menggenggam dan memudahkan kala memegangnya. Juga membuatnya terlihat lebih premium.

Dengan bentuk cembungnya, Asus ZenFone 2 Laser ZE550KL ini punya sisi tertipis  3.9mm. Smartphone ini merupakan ponsel semi unibodi, meski casing belakang bisa dibuka tapi baterainya tetap bersifat removable. Beda dengan Zenfone 2 Laser ZE500KL yang baterainya bisa dilepas. Casing belakang dibuat dari bahan dengan permukaan lembut yang tak mudah terkotori sidik jari.

Oh ya, Asus ZenFone 2 Laser ini punya rasio layar terhadap badan perangkat sebesar 72%. Vendor masih menempatkan tombol volume di sepertiga bagian atas bodi belakang, tepatnya di bawah kamera utama. Mudah diakses jari kok, meski agak janggal karena biasanya tombol volume ada di samping.

Display

asus ze550kl (9)
Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL ini menanamkan layar sentuh kapasitif berdiagonal 5,5 inci alias lebih besar dari versi ZE500KL yang hanya 5 inci. Tapi sayang, resolusi yang dibenamkan hanya setara HD (1280×720 piksel). So, kerapatan pikselnya lebih rendah dari ZE500KL (294 ppi) atau hanya sekitar 267 ppi. Gambarnya pun tak sehalus saudaranya tersebut.

Tapi kualitas gambar yang terpancar pada layar terlihat jernih dan nyaman di mata. Viewing angle pun tampak optimal meski dilihat dari berbagai sudut. Oh ya, sebagai proteksi layar, Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL tetap mengandalkan Corning Gorilla Glass 4. Beberapa material keras seperti ujung kunci, beberapa benda bersudut menyiku dan tajam saya coba goreskan ke layar.

Pengujian Glove Hand Mode pada sensor sentuh pun cukup memuaskan. Kita tetap bisa mengoperasikan smartphone secara optimal meski menggunakan satung tangan.. Waktu respon sentuh dari ponsel dengan 10 titik multitouch ini terbilang cepat dan mulus.

OS & Antarmuka

UI-Zenfone-LaserSoal antarmuka, tak ada perbedaan berarti dimana Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL menanamkan Asus ZenUI 2.0 di atas platform Android Lollipop 5.0.2. Secara kosmetik maupun user experience dibuat berbeda dari native Android. Seperti biasa, kalian bisa berburu koleksi tema dalam tampilan, warna, screensaver, icon dalam pilihan yang melimpah.

Asus Zenfone 2 Laser ini juga memiliki ZenMotion untuk mempermudah kita sebagai pengguna. Berbagai akses praktis dan ringkas bisa dilakukan mulai dari membuka kunci layar dengan mengetuk layar dua kali. Atau menjalankan beberapa aplikasi khusus dengan gerakan sentuh saja. Tersedia juga mode satu tangan buat memudahkan pengguna.

ZenUI juga menyediakan SnapView yang bisa membuat dua user, memisahkan data pribadi di satu akun dan membiarkan akun lain untuk keperluan lebih umum. Anak saya pun bisa nyaman meminjam smartphone ini karena sudah menyediakan Kids Mode. Kita bisa menyaring aplikasi mana saja yang boleh dipakai. Juga mengatur waktu pemakaian sang anak.

Kamera Asus Zenfone 2 Laser ze550kl

asus zenfone laser ze550kl Seperti saudaranya ZE500KL, smartphone ini membenamkan kamera 13MP dengan aperture f/2.0. Bisa dipakai memotret hingga resolusi maksimal 13MP atau 4096 x 3072 pixel (4:3). Sudah ditunjang dengan fitur Laser Auto Focus untuk fokus cepat hanya 0,03 detik. Tak ketinggalan teknologi Pixel Master dan dual LED flash diterapkan dalam ponsel ini.

Buat yang gemar selfie, bagian depan ponsel ini ditanami sensor kamera 5MP, f/2.0. Lensanya dilengkapi wide angle 85 derajat lho. Jika ditilik-tilik, jepretan yang dihasilkan dari kamera ponsel ini cukup berkualitas. Kemampuan menangkap cahaya optimal, fokus cepat dan bisa tetap menghasilkan foto bermutu dalam kondisi minim cahaya. Lebih dari itu, ponsel ini bisa merekam video full HD 1080p pada 30fps.

Hasil Foto:

asus zenfone 2 laser ze550kl 1 b asus zenfone 2 laser ze550kl 1 bc asus zenfone 2 laser ze550kl 1 bcd asus zenfone 2 laser ze550kl 1 bd asus zenfone 2 laser ze550kl 1 asus zenfone 2 laser ze550kl

Multimedia

Area hiburan pada Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL memang tak terlalu banya disorot.. Tapi kualitasnya cukup menjanjikan kok. Tengok pemutar musiknya yang menyuguhkan antarmuka intuitif dan atraktif. Menawarkan equalizer khusus yang cukup mudah dioperasikan dengan fitur melimpah.

multimedia-zenfone-2-laser

Seri ini sudah mengantongi software Audio Wizard 2.0 dari ICEPower yang akan menyesuaikan mode suara sesuai dengan kondisi lingkungan. Audio Wizard menyediakan 6 buah mode yang terdiri dari smart mode, music mode, movie mode, recording mode, gaming mode dan speech mode. Keluaran audio dari speaker ponsel ini cuup powerful dan bermutu meski masih kurang keras.

Performa

Masih identik dengan Zenfone 2 Laser ZE500KL, seri ini juga menancapkan chipset quad core Qualcomm Snapdragon 410 berclockspeed 1.2 GHz. Arsitekturnya ARM Cortex-A53 64-bit yang ditandem GPU Adreno 306 dengan clockspeed 400 MHz. Dukungan RAM 2GB membantu kinerja prosesor lebih ngebut.

Secara performa sebenarnya tak terlalu jauh berbeda dengan Zenfone 2 versi paling bawah. Standar. Prosesornya mampu berakselerasi dengan baik namun jika sudah menjalankan aktivitas multi tasking atau gaming berbobot tinggi akan sedikit melambat.

Soal memori internal, ponsel ini punya ruang penyimpanan data sebesar 16GB dengan kapasitas tersedia hanya di kisaran 10GB. Tapi ada slot kartu memori microSD kok, bahkan bisa diekspansi hingga 128GB lho.

Soal baterai, ternyata kapasitasnya lebih besar dari ZE500KL. Kalau saudaranya tersebut hanya membenamkan baterai 2400 mAh, maka seri ini memiliki stamina lebih kuat dengan kapasitas 3000mAh. Dalam pengujian kami, baterai bisa bertahan seharian untuk ativitas standar seperti browsing, chatting, memutar musik dan utak-atik aplikasi.

performa-zenfone-2-laserKonektivitas

Smartphone ini tak mau ketinggalan soal kemampuan jelajah internet. Yups, Asus membenamkan jalur data 4G LTE sebagai senjata untuk akses dunia maya. Sementara untuk komunikasi voice, SMS dan data, Zenfone 2 Laser menawarkan dua slot micro SIM card dengan fitur dual SIM dual standby.

Seri ini sudah mendukung LTE Cat. 4 yang menyuguhkan kecepatan download/upload hingga 150Mbps/50Mbps. Buat yang punya kartu SIM dari bermacam-macam operator dan ingin menikmati jaringan 4G tak perlu kuatir. Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL sudah mendukung jaringan 2100MHz(1)/ 1900MHz(2)/ 1800MHz(3)/ 850MHz(5)/ 2600MHz(7)/ 900MHz(8)/ 800MHz(20).

Selebihnya, kalian akan mendapat fitur konektivitas basic seperti Wifi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, Bluetooth dan Android Hotspot. Oh ya, seri ini punya  port micro USB yang bisa dipakai menghubungkan dengan USB OTG (On The Go). Dengan USB OTG, kita bisa menghubungkan media penyimpanan portable seperti flashdisk atau memory card reader langsung ke smartphone.

Kesimpulan

Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL merupakan varian yang cukup identik dengan seri sebelumnya ZE500KL. Hanya saja ada beberapa perbedaan serta update yang membuatnya terlihat lebih menonjol. Antara lain ukuran layar yang lebih besar di kisaran 5,5 inci. Membuat bodinya terlihat lebih bongsor, kemudian layarnya mengalami penurunan kerapatan piksel karena resolusinya tetap sama. Tapi baterainya berkapasitas lebih besar dari ZE500KL yakni 3000mAh.

Jika membandingkan spesifikasi dengan harga yang diusungnya, seri ini termasuk layak jadi buruan. Cukup merogoh kocek dua jutaan, kalian bisa menikmati smartphone 4G LTE berfitur mewah yang sudah didukung kamera handal serta prosesor kelas menengah.

USER REVIEWS

sort by | date | rating