Bootstrap Slider
Home > Review > Smartphone > Asus Zenfone 2: Intel Quad Core Dengan RAM 4GB

Asus Zenfone 2: Intel Quad Core Dengan RAM 4GB

REVIEW SECTIONS

RELATED REVIEWS

Review ViVo V5 : Senjata Komplit Penggemar Selfie
Review POLYTRON PRIME 7S : Sentuhan Bergaya Dari Dalam Negeri
Huawei P9: Standar Baru Fotografi Smartphone
Review LG V20: Smartphone Serba Premium, Termasuk Harganya
Review Motorola Moto E3 Power: Murah Tapi Kurang Powerful
Review Samsung Galaxy J3 2016: Sederhana, Biasa, Tapi Ini Samsung
Review LG X Power: Smartphone  4G LTE Menengah dengan Baterai Ekstra Tangguh
Review Lenovo Vibe K5 Plus: Smartphone 4G LTE Dengan Fitur Virtual Reality
PLUS
/ Mengandallkan prosesor Intel Quad Core dan RAM 4GB. Kamera 13MP ditunjang dual LED flash.
MINUS
/ Material bodi terbuat dari plastik dan baterai non removable.

TREND HARGA

EDITORS' RATING
7.8
OVERALL
DESAIN 7.5
LAYAR 8
KAMERA 8
MULTIMEDIA 7.5
PERFORMA 8
VALUE FOR MONEY 8
USER'S RATING
7.3
OVERALL
DESAIN 7.0
LAYAR 7.0
KAMERA 9.0
MULTIMEDIA 7.0
PERFORMA 7.0
VALUE FOR MONEY 7.0
Add User Review

ArenaLTE.com – Asus Zenfone 2 terus memperkuat eksistensi smartphone berbasis Intel di pasar. Kali ini Asus membenamkan prosesor quad core Intel Atom Z3580 berarsitektur Moorefield. Performanya lebih tinggi namun konsumsi daya lebih efisien dari prosesor sebelumnya berbasis 2 core 2 thread. Di atas kertas sektor dapur pacu sudah terdeteksi, tapi bagaimana performa sebenarnya smartphone ini?

Desain

Vendor mendeskripsikan desain smartphone terbarunya ini dengan Zen Spirit yang memadukan keseimbangan antara keindahan dan kekuatan. Zenfone 2 menganut concentric circle design khas Zenfone dan Zenbook di sektor bawah bodi smartphone.

Bodinya dirancang ergonomis dengan sisi belakang melengkung menyesuaikan kontur tangan. Ketebalan bodinya sekitar 10,9 mm di bagian tengah kemudian menipis hingga bagian sisi hanya sekitar 3,9 mm. Menurut kami konsep bodi belakang seperti ini menjadikan Zenfone 2 nyaman dalam genggaman maupun saat dipegang.

Asus Zenfone 2 menganut desain semi unibodi yakni saat cover dibuka tampak baterai Li-Polymer. Tapi harap dicatat jika baterainya tidak bisa dilepas. Dari situ kita bisa mengakses slot SIM 1, SIM 2 dan microSD dengan mudah.

Dari sisi material, cover Asus ZenFone 2 menggunakan bahan plastik dengan metallic hairline finish dimana sektor back cover menawarkan kesan metal yang premium. Secara fisik, kami mendapati bodi plastiknya cukup berkualitas tak ringkih dan solid.

Tombol softkey terletak tepat di bawah panel layar. Tombol power ada di posisi atas bodi sekaligus tertanam juga port audio 3,5mm untuk earphone dan audio input untuk noise cancellation. Loudspeaker ada di bodi belakang bawah. Di belakang atas tepatnya di bawah kamera tertanam tombol volume supaya mempermudah pengoperasian dengan satu tangan. Dual LED flash tersemat tepat di atas kamera utama.

Display

Asus Zenfone 2 mengadopsi layar seluas 5,5 inci namun memiliki bezel lebih ramping. Sekitar 72 persen dari luas penampang bodi depan didominasi layar dengan resolusi full HD 1080×1920 piksel. Smartphone ini mengandalkan teknologi IPS dengan sudut pandang luas mencapai 178 derajat.

Teknologi Truvivid display Asus ZenFone 2 hanya menggunakan 4 lapisan yakni modul LCD, OCA (Optical Clear Adhesive), Sensor, dan Cover Glass. Kelebihannya, level transparansi display menjadi lebih tinggi, mencapai 94 persen dan ketebalan komponen display bisa direduksi. Kerapatan piksel smartphone ini mencapai 403 ppi dengan tingkat kecerahan 400nits.

Untuk sensor sentuhnya, Asus Zenfone 2 menawarkan response time yang cukup memuaskan. Tak dirasakan jeda saat melakukan swipe, klik aplikasi atau saat beramin game. Smartphone ini juga menyertakan fitur Glove Mode untuk mendukung kemudahan akses layar sentuh. Soal ketangguhan layar panelnya dilapisi Corning Gorilla Glass 3 yang membuatnya tahan gores dan benturan ringan.

Kamera

Asus Zenfone 2 memiliki kamera belakang 13MP dengan aperture f/2.0 ditunjang 5 element lens yang mampu menghasilkan foto dengan kualitas tinggi. Dual LED flash yang ditanamkan vendor mampu meningkatkan kualitas jepretan dalam kondisi low light atau minim cahaya.

Sekedar informasi saja, ZenFone 2 memiliki teknologi kamera PixelMaster Camera 2.0. Sebuah sistem imaging yang dikembangkan dengan kombinasi algoritma khusus, hardware, dan optic. Untuk kamera depan, disematkan resolusi 5MP dengan wide angle lens hingga 85 derajat. Jadi, selfie semakin optimal apalagi sudah didukung fitur Low Light Mode dan Zero Shutter Lag.

Antarmuka kamera menyediakan 4 modus baru dihadirkan, yakni Effect, Time Lapse, Super Resolution dan Manual. Pada modus Time Lapse, pengguna bisa memilih interval mulai dari 1 sampai 5 detik sebelum kamera memotret otomatis. Pada Super Resolution, ZenFone 2 bisa mengkombinasi 4 foto 13MP menjadi gambar kualitas tinggi. Pada Manual Mode, kamera bisa dipakai layaknya DSLR.

Smartphone ini bisa merekam video berkualitas Full HD (1920 x 1080p). Tersedia pengaturan White balance, Exposure value, dan Video stabilization.

OS & Antarmuka

Zenfone 2 menyisipkan sistem operasi Android 5.0 Lollipop yang diatasnya berjalan antarmuka khas Asus bernama ZenUI. Antarmuka ini dibuat simpel dan ditunjang beberapa fitur khusus seperti ZenMotion, SnapView, ZenUI Instant Updates dan pengamanan dari TrendMicro Security.

Homescreen pada Zenfone 2 sudah diperbarui dengan ikon yang lebih atraktif dibandingkan ZenUI versi awal. Kita bisa melakukan modifikasi lebih lanjut Widget, Wallpaper, Icon Pack, Scroll effect, preferensi dan setting. Untuk masuk ke pengaturan homescreen, tinggal tekan ruang kosong di Home screen untuk akses menu Manage Home.

ZenFone 2 memiliki ZenMotion. Di sini kita bisa melakukan gerakan tertentu untuk melakukan berbagai aktivitas pada smartphone-nya. ZenMotion menyuguhan dua kategori yakni Motion Gesture dan Touch Gesture.

Pada Motion Gesture, kita bisa memilih untuk melakukan sesuatu dengan mengguncang ZenFone 2. Sementara Touch Gesture memungkinkan kita menyalakan smartphone yang berada dalam kondisi idle dengan menyentuh dua kali pada layar. Atau dari kondisi layar off, kita bisa menulis huruf tertentu dengan jari dan aplikasi yang diinginkan langsung terbuka. Contoh, jika menuliskan huruf “W” pada layar, maka ZenFone 2 akan langsung menyala dan membuka browser.

Multimedia

Asus Zenfone 2 menyediakan fitur seperti pemutar musik, player video dan radio FM. Suara yang terpancar dari speaker bawaan cukup baik dan terdengar lantang. Jika Anda ingin menikmati suara yang lebih bermutu, headset bawaan menawarkan kualitas suara yang komposisinya seimbang antara bass dan treble.

Fitur

Beberapa fitur menarik ditanamkan dalam Zenfone 2. Untuk tampilan tersedia tiga built-in modus setting. Balance untuk penggunaan sehari-hari, Reading mode untuk menyamankan mata saat membaca e-book, e-mail atau browsing, serta Vivid mode yang cocok jika sedang menonton video atau bermain game. Pada Splendid, pengguna bisa mengatur warna tampilan layar lebih lanjut.

Untuk penghematan baterai kita bisa mengaktifkan Smart saving. Fitur ini akan secara otomatis membantu pengguna untuk menghemat baterai dengan menurunkan kecepatan prosesor saat tidak bermain game atau menonton video Full HD misalnya. Pengguna juga bisa melakukan kustomisasi terhadap setting ini lebih lanjut, sesuai dengan aplikasi yang dijalankan.

Beberapa fitur keamanan juga dibenamkan dalam Zenfone 2 seperti Lock screen, Screen pinning, Kids Mode, sampai aplikasi pengamanan Dr. Safety dari TrendMicro. Tak ketinggalan SnapView yang menawarkan 2 akses login layaknya memiliki dua smartphone.

Performa

Sebagai informasi saja, Asus ZenFone 2 yang dibahasa adalah versi ZE551ML dengan RAM 4GB dan ROM 32GB. Untuk chipset, smartphone 4G LTE ini sudah disokong dengan prosesor quad core Intel 64-bit (Moorefield) Z3580 berkecepatan 2.3 Ghz. Sebagai pendamping, vendor menempelkan chip PowerVR 6430 berkecepatan 533 MHz mendukung OpenL 3.2.‘

Prosesor ini cukup gesit dan diklaim 3 kali lebih cepat dari versi sebelumnya dan lebih ngebut 7 kali saat dipakai bermain game. Bisa dibuktikan saat menjalankan aplikasi multi tasking nyaris tak ada masalah begiut juga dipakai memainkan game berspesifikasi tinggi.

Lebih detail, menggunakan aplikasi benchmark Vellamo, prosesor Intel Atom Z3580 milik smartphone ini mampu
menyediakan performa yang cukup baik dalam kondisi single core ataupun multi core. Artinya, kita tidak perlu ragu lagi dengan kinerja yang ditawarkan ASUS ZenFone 2 ZE551ML.

Baterai Lithium-Polymer non removable berkapasitas 3000mAh yang dibenamkan dalam smartphone ibi bisa menyuplai energi yang cukup untuk bertahan selama sehari. Sebagai pelengkap, Asus Zenfone 2 memiliki fitur Asus BoostMaster Technology yang mampu mengisi ulang baterai dari kosong sampai 60 persen hanya dalam 39 menit.

Konektifitas

Zenfone 2 sudah dilengkapi dengan fasilitas dual SIM card. Untuk SIM card 1, ZenFone 2 mendukung konektivitas data 4G LTE di slot SIM 1. Sementara SIM 2 hanya dapat digunakan untuk telekomunikasi suara ataupun SMS. Teknologi yang dipakai adalah dual SIM dual active.

Soal konektifitas, Asus Zenfone 2 dilengkapi dengan antena 802.11ac WiFi yang merupakan standar baru di teknologi WiFi, data rate bisa mencapai kecepatan 433Mbps. Smartphone ini juga mengedepankan Bluetooth 4.0, micro USB serta antena untuk menangkap 5 satelit GPS. Tak ketinggalan tentu saja jaringan 4G LTE.

Smartphone ini juga memilki fitur PC Link. Aplikasi ini merupakan fitur yang disediakan sejak pertamakali antarmuka ZenUI tersedia untuk smartphone dan tablet ASUS. Aplikasi ini berguna untuk menampilkan apapun yang ada di layar smartphone ke notebook atau PC desktop yang juga terinstalasi aplikasi PC Link.

Value for Money

Asus Zenfone 2 merupakan smartphone Android generasi terbaru yang ditujang berbagai fitur mumpuni. Secara desain, smartphone ini memiliki kualitas yang bisa diandalkan begitu juga sektor layar dan fitur khas memiliki performa impresif. Tapi dari sisi kinerja prosesor, produk besutan Intel ini memang masih belum teruji kehandalannya dibandingkan chipset keluaran produsen lain.

USER REVIEWS

sort by | date | rating
7.3
zaafarano 20 Aug 15, 12:00
Untuk desain secara keseluruhan sih biasa aja, klo diliat ya ga jauh beda lah ama zenfone2 sebelumnya. Yang bikin kurang sreg juga baterenya itu ga bisa dikeluarin. Jadi klo sewaktu2 ngehang tiada akhir bikin males. Klo baterenya bisa dicopot kan enak tinggal nyopot klo ngehang. Tapi yang bikin ane demen ama nih hape, kameranya gan. Berhubung ane demen foto2, kualitasnya fotonya ok lah ya. Kamera depan ama belakang sama2 bagus hasilnya. Untuk fitur2 laen, ya menurut ane so-so lah.