ArenaLTE.com – Advan akhirnya unjuk gigi dengan mendaratkan smartphone 4G LTE andalan mereka yakni Vandroid i5A (Advan i5A). Boleh dibilang Advan adalah vendor lokal, tapi ternyata peluncuran flagship untuk produk i-Series mereka ini sangat bergengsi. Yups,  perusahaan merilis Advan i5A langsung dari Camp Nou, Barcelona Spanyol pada akhir tahun lalu jelang laga Copa Del Re antara FC Barcelona vs Villanovence.

Lewat produk ini Advan sekaligus memperpanjang kemitraan merek dengan FC Barcelona.  Tapi apakah performa smartphone ini juga seperti Lionel Messi dan kawan-kawan? Tangguh serta berkelas? Tentu kamu harus membaca review Advan i5A kita berikut ini kalau ingin tahu.

Desain

Advan Barca i5A mengandalkan desain yang menurut saya sangat mewah di kelas dua jutaan ke bawah. Untuk produk lokal, tampilan serta kualitas finishingnya di atas rata-rata lho. Smartphone ini terlihat elegan dalam balutan glossy di kedua sisinya di sektor depan dan belakang yang disebut silk touch coating.

Panel depan dan bodi belakangnya ini dirancang menggunakan lapisan 2.5 D Curve Glass yang disebut Advan sebagai ‘Double Mirror Glass’. Sebuah nilai tambah yang hanya bisa ditemukan pada smartphone di kelas dua juta ke atas. Konsep ini membuatnya terasa lebih tangguh karena lapisan 2.5 D Curve Glass ini bisa mengurangi kemungkinan pecah atau retak seperti yang biasa terjadi pada kaca biasa.

Saat saya memegang bagian frame-nya di sekeliling bodi yang berwarna rose gold terasa material logam yang solid dan kokoh. Baik permukaan depan dan belakang terasa kesat sehingga tak mudah tergelincir dari pegangan. Lantaran berkonsep unibodi, baterai ponsel ini tidak bisa dicopot. Tersedia tray untuk memasukkan SIM card di sisi kanan.

Display

advan i5a (1)Saat menghidupkan layar ponsel ini akan memancar tampilan yang terlihat bening, natural dan cukup tajam. Tapi untuk setting normal, display di Advan i5A terlihat sedikit redup. Jadi lebih baik atur brightness ke level sedikit lebih tinggi. Warna yang dihasilkan tampak natural dan memuaskan.

Oh ya, smartphone ini memiliki bentang layar seluas 5 inci, ukuran yang saat ini memang digemari tak terlalu kecil tapi juga tidak sebongsor tablet. Nyaman dipakai beraktivitas sekaligus untuk hiburan seperti game atau nonton video. Advan menggunakan teknologi On-Cell dengan panel IPS yang resolusinya setara HD (1280×720 piksel) yang menghasilkan kerapatan piksel 294 ppi. Saat saya sentuh, layarnya cukup responsif terhadap jari tapi hanya mendukung multi touch hingga 5 point.

OS & Antarmuka

Guna memberikan pengalaman optimal buat penggunanya, Advan i5A mengadopsi sistem operasi Android 5.1 Lollipop. Perusahaan melakukan sedikit kustomisasi pada sektor kosmetiknya dengan ikon yang simpel dan clean. Selebihnya sih, terlihat tak jauh berbeda dengan pengoperasian Android yang bisa ditemukan di smartphone lain yang menggunakan antarmuka Android standar.

Performa

Sektor ini memang tak terlalu istimewa, bisa dimaklumi karena harga jual Advan i5A sendiri di atas dua jutaan. Perusahaan menanamkan chipset 64-bit quad core MediaTek MT6735P yang memiliki clockspeed 1GHz. Untuk mendongkrak performa gaming dan video ditanamkan pengolah grafis Mali-T720.

Kinerjanya tak seburuk yang dibayangkan lantaran, Advan i5A ini sudah dibekali RAM 2GB. Smartphone ini tetap terlihat gesit dan lancar menjalankan aktivitas multitasking maupun game standar. Tapi harus diakui jika harus bekerja lebih berat maka aka nada sedikit lag yang mengganggu.

Di bagian storage, Advan i5A sudah menyiapkan memori internal berkapasitas 16GB. Sudah lebh dari cukup dipakai menyimpan musik dan koleksi foto. Tapi jika kalian gemar mengkoleksi video HD di posnel tentu harus berpikir memperbesar ruang penyimpanan. Nah, hal ini bisa dilakukan dengan menyisipkan kartu microSD yang kapasitasnya bisa mencapai 32GB  ke dalam slot yang tersedia.

Untuk menyuplai daya dalam smartphone ini, Advan i5A sudah menyisipkan baterai berkapasitas 2200 mAh. Ingat ya, tipe ponsel ini removable jadi baterainya tak bisa dibongkar pasang alias sudah terintegrasi. Jika dicas sampai penuh dan dipakai secara normal, Advan i5A bisa bertahan seharian lho.

Kamera

advan i5a 1 advan i5a 2 advan i5a 3 advan i5a 4 advan i5a a advan i5aArea optik menjadi pilihan yang cukup menggoda pada Advan i5A. Perusahaan sudah menanamkan kamera utama dengan resolusi 15MP serta kamera selfie yang sensornya setara 5MP. Untuk meningkatkan performa, Advan menanamkan fitur Dynamic Camera pada senjata utamanya yang mampu menyesuaikan perubahan kondisi cahaya.

Lensa kamera ponsel ini bisa menjepret gambar yang kualitasnya cukup baik dalam keadaan outdoor. Tapi untuk foto indoor atau minim cahaya, sepertinya hasil yang diperoleh sedikit gelap dan dihantui noise. Kamera depan bisa dipakai selfie dengan hasil cukup bisa diandalkan. Tapi lagi-lagi dalam kondisi gelap kita tidak bisa mendapat hasil foto sempurna.

advan i5a (2)

Fitur

Smartphone ini sudah dibenami berbagai fitur yang bisa membantu aktivitas kita. Antara lain letter gesture dan intelligent switch sebagai kemudahan penggunaan perangkat. Intellegent Switch , memungkinkan pengguna i5A untuk menerima, telpon dan merubah mode speaker ke handset secara otomatis, cukup dengan mengangkat i5A ke telinga.

Sementara dengan Letter Gesture  kita jadi lebih mudah mengakses aplikasi langsung dari layar depan tanpa memilih menu, cukup menuliskan huruf untuk aplikasi yang ingin dibuka , contoh M untuk Musik.

Ponsel ini juga sudah menanamkan aplikasi tambahan seperti Touch Pal, keyboard khusus yang bisa memprediksi kata, memodifikasi ukuran dan background atau theme-nya bisa digonta-ganti. Selain itu tersedia fitur swipe untuk mengetik dengan lebih praktis.

Konektivitas

Oh ya, smartphone ini sudah mendukung dua slot SIM card untuk memberikan kenyamanan buat pengguna yang memiliki banyak nomor. Selain itu, Advan i5A sudah ditunjang dengan jaringan 4G LTE yang menawarkan kecepatan akses internet super cepat. Dua slot yang ada pada bagian dalamnya, sudah mendukung pita frekuensi 4G band 900MHz dan 1.800MHz.

Konektivitas lain pun bisa ditemukan dalam Advan  i5A antara lain Wi-Fi 802.11 b/g/n, Dual Card (GSM + WCDMA), 4G LTE, Bluetooth BT. 4.0, GPS hingga  Wifi Display. Nah, buat kamu yang doyan menyimpan data dalam hard disk atau flash disk, smartphone ini mendukung USB OTG lho. Jadi dengan kabel khusus kamu bisa akses langsung flash disk atau hard disk kamu langsung dari ponsel.

Value for Money

Jika bicara desain dan kualitas tampilannya yang terbilang elegan serta premium rasanya banderol di bawah dua jutaan sudah cukup rasional. Advan i5A sudah dibalut dengan 2.5D Curve Glass di sektor depan dan belakang yang biasanya hanya dipakai pada ponsel mahal. Framenya pun dirancang dari material logam.

Sementara jika bicara fitur sebenarnya termasuk standar saja, terutama di bagian sistem operasi, display hingga performa prosesor. Namun, beberapa sektor seperti kamera tetap bisa menjadi daya tarik. Termasuk konektivitas yang sudah mendukung 4G LTE dan mengakomodasi fitur USB OTG.