Bootstrap Slider
Home > Review > Operator > SmartCall: Aplikasi VoIP untuk Panggilan Telepon dengan Nomor Virtual

SmartCall: Aplikasi VoIP untuk Panggilan Telepon dengan Nomor Virtual

RELATED REVIEWS

Review MyXL, Aplikasi Self-Care Untuk Jelajah Paket Layanan XL Axiata
True Unlimited Smartfren, Paket Data Sepuasnya Layaknya Restoran All You Can Eat
MyTelkomsel: Aplikasi Informatif Pengguna Kartu Telkomsel dengan Dua Sistem Keamanan
Aplikasi BimaTRI, Pengingat Digital untuk Pelanggan Operator Tri  
Loop, Kartu Andalan Telkomsel untuk Anak Muda
Dompetku, Permudah Transaksi Keuangan Non Tunai Pelanggan Indosat
Langit Musik, Nikmati Musik Digital Secara Legal
MySmartfren, Solusi Pelanggan Menikmati Semua Layanan Smartfren
PLUS
/ Lebih mudah saat aktivasi dan penggunaan, terutama saat berada di luar negeri. Tarif telefon yang murah, serta sudah didukung kualitas suara high definition (HD)
MINUS
/ Belum bisa digunakan untuk panggilan video, hanya tersedia di satu platform saja yakni Android 2.3 dan versi atasnya.
EDITORS' RATING
6.9
OVERALL
AKTIVASI/SETUP 7
FITUR/LAYANAN 7
VALUE/MANFAAT 6.5
KINERJA / KUALITAS 7
USER'S RATING
0.0
OVERALL
AKTIVASI/SETUP 0.0
FITUR/LAYANAN 0.0
VALUE/MANFAAT 0.0
KINERJA / KUALITAS 0.0
Add User Review

ArenaLTE.com – Voice over Internet Protokol (VoIP) menjadi sebuah produk layanan utama yang dihadirkan banyak pengembang aplikasi saat ini, terutama di jaman koneksi data yang semakin meningkat. Fitur kemudahan akses menjadi salah satu alasan teknologi ini hadir, seperti halnya yang ditawarkan melalui aplikasi VoIP SmartCall kembangan Smartfren.

Memang perlu diakui hampir semua aplikasi instan messaging berbasis internet, menyediakan fitur panggilan baik itu untuk video call maupun telepon biasa. Namun sayangnya, kesemua aplikasi tersebut memiliki kelemahan, salah satunya adalah penggunaan akses yang terbatas, paket layanan yang mahal, membutuhkan kuota yang besar, dan alasan penting lainnya adalah penggunaan yang merepotkan.

SmartCall kami rasa cukup mudah digunakan, dengan berbasis internet yang bisa diakses dari manapun atau daftar  melalui paket yang ditawarkan dapat memberikan akses langsung yang mudah dan hemat. Aplikasi hanya membutuhkan bandwith 2Kbps per akses, bahkan aplikasi tidak mesti berjalan di koneksi jaringan 4G atau 3G full, SmartCall menjadi satu-satunya aplikasi yang bisa beroperasi dengan koneksi 2.5G (GPRS) dan telepon VoIP tetap bisa dilakukan.

Cara Aktivasi

Tidak seperti aktivasi untuk kartu perdana dari operator lain, karena berbasis aplikasi tentunya pengaturan awal penggunaan SmartCall cukup memudahkan. Langkah pertama yang pengguna bisa lakukan adalah download aplikasi melalui toko layanan aplikasi Play Store, kemudian melakukan instalasi pada perangkat.

Aplikasi yang sudah terinstall dalam perangkat Android akan hadir dengan tampilan shorcut SmartCall pada layer utama. Namun, seperti halnya aplikasi berbayar, meski gratis ada ketentuan persetujuan perusahaan yang harus disetuji pengguna pada halaman lisensi atau SmartCall EULA.

Klik tombol ‘agree’ untuk meneruskan proses pendaftaran ponsel pengguna. Pada halaman selanjutnya, maka pengguna akan menemukan halaman registrasi untuk memasukkan nomor ponsel, pilih negara asal pengguna untuk menentukan penggunaan kode area. Kemudian pada kolom di bawahnya, pengguna juga wajib memasukkan nomor ponsel baik GSM maupun CDMA Smartfren.

Setelah kolom registrasi diisi dengan benar oleh pengguna, maka bisa dilanjutkan dengan menekan tombol ‘submit’ untuk masuk ke dalam halaman selanjutnya. Pada halaman berikutnya, pengguna akan menjumpai layar default untuk proses konfirmasi mengenai nomor dan beberapa informasi terkait pendaftaran di kolom selanjutnya. Halaman kedua ini juga difungsikan untuk mendapatkan kode verifikasi dari pengembang, kode tersebut akan dikirimkan via SMS ke dalam ponsel pengguna sebagai lisensi penggunaan.

Unik code akan dikirim sesudah pengguna menekan tombol ‘resend SMS’ dan biasanya akan langsung diterima, namun terkadang dibutuhkan jeda waktu beberapa detik hingga kode tersebut masuk. Hal tersebut kemungkinan bergantung pada area lokasi pengguna, apakah sinyal yang diterima baik atau diluar jangkauan operator.

Setelah SMS masuk, aplikasi yang masih terbuka dari proses registrasi biasanya akan merekam secara otomatis kode tersebut. Maka saat kode masuk, aplikasi akan bergerak otomatis menuju halaman berikutnya yang menampilkan home default, berupa halaman dial number.

Jika sudah masuk hingga tahap ini, maka proses registrasi aplikasi tersebut sudah berjalan lancar dan sukses. Paslanya, selesai proses registrasi dengan sukses maka pengguna akan langsung mendapatkan nomor virtual yang secara deafult ditentukan otomatis oleh pihak operator.

Fitur

Setelah aplikasi selesai dipasang, maka pengguna akan menjumpai halaman aplikasi yang tidak berbeda jauh dengan tampilan menu dial number pada Android. Deretan angka akan terpampang dalam halaman, dengan diisi beberapa menu tabulasi yang berada di area bawah dial number tersebut.

Halaman dial ini memiliki tampilan untuk menerangkan tentang fitur yang ada pada aplikasi ‘Smart Call’. Di dalamnya pengguna bisa melakukan panggilan ke nomor tujuan, baik nomor ponsel dalam kontak yang ada atau nomor virtual bawaan aplikasi.

Beberapa menu tabulasi dibawah tombol dial tersebut, dapat digunakan pengguna untuk melihat history atau riwayat panggilan melalui menu ‘recent’. Sedangkan menu ‘contact’ bisa digunakan pengguna untuk melihat daftar kontak yang ada dalam ponsel, sedangkan menu ‘messaging’ dimanfaatkan untuk aktivitas berkirim pesan instan berbasis teks.

Seperti yang diterangkan sebelumnya, smartcall yang berbasis internet memang bisa dimanfaatkan untuk melakukan aktivitas messaging maupun telefon. Fitur VoIP yang menjadi andalan memang cukup bisa dirasakan menfaatnya, terutama mengenai biaya yang cukup terjangkau.

Sesama pengguna aplikasi, tentunya biaya menerima atau melakukan panggilan yang tidak dikenakan biaya alias diberikan gratis. Pengguna bisa melakukan panggilan pengguna aplikasi lainnya, melalui nomor virtual yang didapat saat pendaftaran. Namun, untuk menelfon ke nomor GSM atau CDMA yang ada, pengguna akan dikenakan tarif biaya telefon Rp. 1000 per menit. Hal tersebut juga berlaku untuk panggilan di luar negeri. Namun untuk tarif SMS, pengguna akan dikenakan tarif biaya sebesar Rp. 150 per SMS untuk ke nomor GSM atau CDMA.

Bicara soal kualitas, perlu diakui memang hasil suara yang diberikan melalui aplikasi ini lebih jernih dibanding menggunakan panggilan biasa. Kualitas suara yang didapat dapat diberikan nyaris tanpa noise, hal tersebut juga dirasakan saat melakukan panggilan kesesama pengguna aplikasi. Namun perlu dicatat, panggilan tersebut bisa berjalan baik saat menggunakan koneksi internet yang stabil dan kencang.

Kinerja

Proses instalasi hingga masuk dalam proses registrasi, semua berjalan dengan lancar tanpa kendala. Untuk mendapatkan aplikasi tersebut, pengguna bisa langsung mengakses dari toko layanan aplikasi ‘Play Store’ dengan gratis. Besaran memori aplikasi yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar, Smartcall hanya memerlukan ruang kosong sekitar 1.5MB dalam smartphone dan aplikasi ini sudah bisa berjalan di OS Android dari versi 2.3 hingga ke atasnya.

Kinerja saat melakukan panggilan juga berjalan dengan baik, hampir tidak ada kendala yang diberikan oleh aplikasi. Apalagi, hal itu didukung dengan koneksi internet yang stabil dan kencang, sehingga proses panggilan bisa berjalan cepat dan kualitas Audio High Definition (HD) bisa dirasakan dengan baik.

Value for Money

Meski paket layanan yang baru disediakan masih sebatas Rp. 100 ribu saja, namun dengan tarif yang murah dari biaya telefon biasa. Sepertinya sudah cukup menjadi alasan aplikasi ini jadi rekomendasi yang baik digunakan, terutama bagi para pengguna yang suka melancong ke luar negeri. Kemudahan penggunaan, nomor virtual baru yang bisa didapatkan langsung dan tarif yang murah itu adalah nilai yang bisa didapatkan dari Smartcall.

Namun aplikasi ini terlalu sayang jika diaktifkan oleh pengguna yang lebih menyukai fitur video calling yang ditawarkan Line atau panggilan yang disediakan WhatsApp. Hanya fitur suara dengan kualitas HD yang bisa diberikan untuk pengguna yang ingin merasakan panggilan bebas biaya. Untuk biaya lebih murah dan gratis, pengguna bisa menggunakan akses internet dengan WiFi Hotspot.

SPESIFIKASI
Kategori Komunikasi
Operating System Android 
Publisher PT PVV Technologies
Updated September 08, 2015
Size 1.5 MB
Install Free
Current Version 1.2.22
Requires Android 2.3 and up
Content Rating Rated for 3+
Price Free
Download Link Play Store

USER REVIEWS

sort by | date | rating
0.0
Aplikasi Chatting dan Voice Call ‘EsiaTalk’ Jadi Andalan BTEL di Bisnis DigitalArenaLTE.com 10 Nov 15, 16:43
[…] Fitur unggulan EsiaTalk ini bisa dinikmati dengan kualitas suara jernih yang bisa berjalan secara maksimal di jaringan 3G, 4G, atau WiFi. Selain itu, ada nomor virtual unik bagi setiap pengguna, nomor ini bahkan bisa dihubungi kembali oleh si penerima atau lawan bicara. Jika dilihat secara garis besar, konsepnya secara umum mirip dengan yang ditawarkan Smartfren yakni SmartCall. Baca: SmartCall: Aplikasi VoIP untuk Panggilan Telepon dengan Nomor Virtual […]