Bootstrap Slider
Home > Review > Operator > MyTelkomsel: Aplikasi Informatif Pengguna Kartu Telkomsel dengan Dua Sistem Keamanan

MyTelkomsel: Aplikasi Informatif Pengguna Kartu Telkomsel dengan Dua Sistem Keamanan

RELATED REVIEWS

Review MyXL, Aplikasi Self-Care Untuk Jelajah Paket Layanan XL Axiata
True Unlimited Smartfren, Paket Data Sepuasnya Layaknya Restoran All You Can Eat
Aplikasi BimaTRI, Pengingat Digital untuk Pelanggan Operator Tri  
SmartCall: Aplikasi VoIP untuk Panggilan Telepon dengan Nomor Virtual
Loop, Kartu Andalan Telkomsel untuk Anak Muda
Dompetku, Permudah Transaksi Keuangan Non Tunai Pelanggan Indosat
Langit Musik, Nikmati Musik Digital Secara Legal
MySmartfren, Solusi Pelanggan Menikmati Semua Layanan Smartfren
PLUS
/
  • Sistem akses aplikasi yang lebih aman
  • Bisa Mendeteksi otomatis jenis kartu yang digunakan
  • Aplikasi cukup ringan dijalankan tanpa adanya lag
  • Menu aplikasi yang komplit
  • MINUS
    /
  • Waktu akses yang terbatas, sehingga harus sering login ulang
  • Tampilan aplikasi yang kurang atraktif
  • Proses dapatkan kode token yang berulang, tidak bisa sekali pakai
  • EDITORS' RATING
    7.1
    OVERALL
    AKTIVASI/SETUP 7
    FITUR/LAYANAN 7
    VALUE/MANFAAT 7.5
    KINERJA / KUALITAS 7
    USER'S RATING
    0.0
    OVERALL
    AKTIVASI/SETUP 0.0
    FITUR/LAYANAN 0.0
    VALUE/MANFAAT 0.0
    KINERJA / KUALITAS 0.0
    Add User Review

    ArenaLTE.com – One stop application menjadi tren yang kini digemari para operator seluler di Tanah Air. Tentu alasannya adalah untuk kemudahan kepada pelanggan. Pengembangan aplikasi tersebut dihadirkan bukan sekadar untuk memberikan informasi pulsa pengguna. Melainkan juga untuk mengetahui lebih dalam perihal produk atau paket layanan yang ditawarkan. Seperti halnya MyTelkomsel yang bisa dijadikan sebagai aplikasi informasi pengguna dengan sistem keamanan berlapis.

    MyTelkomsel menjadi salah satu one stop aplication yang kami maksud. Di dalamnya berisi beragam informasi mengenai nomor pelanggan, masa aktif, sisa pulsa dan informasi profil pengguna. Bisa dibilang aplikasi ini memiliki fungsi yang sama dengan aplikasi operator lainnya. Namun perbedaan dari aplikasi milik Telkomsel ini adalah cara ‘login’ yang lebih aman. Penasaran dengan pembatasan aplikasi ini? Simak review aplikasi MyTelkomsel di bawah ini.

    Instalasi MyTelkomsel 

    Bagi pengguna Telkomsel, instalasi aplikasi hanya bisa dilakukan melalui tiga platform mobile: Android, iOS, dan BlackBerry. Pengguna perangkat yang berbasis Windows Phone atau featured phone yang tidak memiliki sistem operasi cerdas tidak bisa menjalankan aplikasi ini.

    Dalam review kali ini, saya mencoba aplikasi pada ponsel basis Android Lollipop. Kita bisa akses gratis dari toko aplikasi Google Play Store dengan ukuran file yang cukup kecil hanya 2.55MB.

    Setelah proses instalasi berjalan, pengguna bisa langsung menjalankan aplikasi MyTelkomsel. Tentunya dengan syarat pengguna harus terhubung ke internet baik melalui jalur koneksi WiFi Hotspot maupun data operator. Selain itu, kewajiban utama untuk bisa masuk dalam aplikasi ini adalah pengguna harus memiliki kartu Telkomsel. Semua produk kartu operator merah ini yang bisa digunakan dalam aplikasi adalah kartu Flash, AS, Simpati, maupun Loop bisa digunakan di dalamnya.
    Baca juga: Loop, Kartu Andalan Telkomsel untuk Anak Muda

    Dalam halaman login awal, pengguna akan disajikan kolom isian nomor ponsel dan kode Token untuk bisa menjalankan aplikasi. Dan perlu kami akui MyTelkomsel Apps memiliki keamanan yang cukup baik, ada dua sistem yang diterapkan untuk penggunaan aplikasi ini kepada pelanggan. Salah satunya adalah penerapan kode Token yang bisa didapatkan dengan mengakses ke menu USSD dengan dial nomor ke *323# terlebih dahulu.

    Setelah mengakses kode USSD tersebut, maka nomor token akan secara otomatis terkirim via SMS. Dalam langkah ini hal yang perlu diingat adalah bahwa kode tersebut terbatas. Artinya, nomor token tersebut hanya berlaku dalam waktu tiga menit, jadi jika pengguna sudah melewati batas waktu tersebut maka aplikasi akan meminta kode yang baru. Ulangi hal yang pertama jika pembatasan waktu yang diberikan telah dilewati pengguna.

    Jika proses login sudah dilewati, maka hal yang baiknya dilakukan pengguna adalah mengakses menu yang ingin dilakukan di dalamnya, misalkan pengguna ingin melakukan pembelian paket layanan. Maka baiknya lakukan hal tersebut langsung. Pasalnya, aplikasi akan meminta ‘login’ ulang jika pengguna tidak menggunakan aplikasi dalam waktu kurang lebih 10 menit. Sistem keamanan kedua ini memang cukup baik, meski proses login harus diulang kembali namun keamanan dari penggunaan pihak lain jadi terlindungi.

    Namun demikian, sebenarnya tanpa harus login pengguna bisa melakukan beberapa hal standar kedalam aplikasi, yakni melalui menu akses dalam mode SMB. Namun sayangnya, mode ini sebenarnya adalah menu sederhana yang mengandalkan akses kode USSD yang disajikan dalam sistem teks karakter.

    Di dalamnya hanya berisikan perihal informasi keterangan mengenai hal standar, seperti menu cek pulsa, cek bonus, cek pemakaian, aktivasi paket, transfer pulsa, Telkomsel poin, nada sambung pribadi. Pilih salah satu menu tersebut, maka sistem akan langsung melakukan dial kode USSD untuk mendapatkan informasi terkait.

     Fitur MyTelkomsel 

    Perihal tampilan, sepertinya jika dibandingkan dengan one stop aplication milik Smartfren tentunya aplikasi MyTelkomsel ini sedikit berbeda jauh. Tak ada bentuk informasi grafis yang menarik dan atraktif, hanya ada menu pengaturan untuk perubahan warna tema aplikasi saja yang bisa diubah-ubah. Menu utama disajikan dalam bentuk ikon yang sesuai fungsinya, seperti Home, Inbox, 4G LTE, dan Logout yang bisa dijumpai pada bagian atas taskbar aplikasi.

    Untuk informasi nomor yang dimiliki, serta masa aktif kartu dan layanan yang telah diikuti pengguna akan tampil dalam badan halaman utama aplikasi. Sedangkan pada menu tambahan, seperti profil, paket, fitur, layanan pelanggan, telkomsel poin, setting, dan bantuan pertanyaan berada di bagian bawah menu aplikasi.

    Home

    Seperti yang disebutkan di atas, menu utama yang berada pada halaman home berisikan perihal tentang berbagai informasi. Seperti sisa pulsa, masa aktif kartu, paket internet yang sedang digunakan, serta menu pengisian pulsa secara Online maupun membeli paket layanan internet yang ada.

    Untuk melakukan isi pulsa secara Online, pengguna bisa langsung mengakses tombol yang ada dalam halaman langsung. Setelah menekan tombol tersebut, selanjutnya pengguna akan dibawa menuju halaman situs pengisian pulsa Telkomsel yang berisikan dengan nilai voucher pembelian dari IDR 20 ribu hingga IDR 1 juta.

    Sistem pembayaran pun dapat dipilih, bisa melalui Tcash maupun Kartu Kredit yang dimiliki. Langkah yang perlu diikuti untuk membeli ini pun ada dalam tiga tahapan, pertama adalah memilih nilai voucher pulsa, kemudian konfirmasi pembelian tersebut, selannjutnya adalah proses verifikasi yang sekaligus akan meminta kode token pembayaran yang dikirim via SMS.

    Sedangkan untuk pilihan pembelian paket internet, pengguna bisa mengakses tombol pembelian menu yang berada persis di sebelah tombol pembelian pulsa secara Online. Dalam menu tampilan pembelian paket internet, pengguna akan disajikan tiga paket produk layanan, seperti Paket Flash, Paket iPad dan iPhone, serta Paket Samsung. Ketiga paket ini juga menawarkan masa aktif penggunaan dalam tiga mode waktu, harian, mingguan, dan bulanan dengan tarif yang berbeda juga.

    Dari hasil yang kami uji untuk pembelian pulsa secara Online dalam aplikasi, kami nilai cara yang dilakukan pun cukup mudah namun perlu diingat pengguna harus memastikan koneksi internet berjalan baik agar transaksi berjalan lancar.

    Inbox

    Berbeda dari halaman Home yang dijadikan sebagai halaman utama, pada area ini sepertinya Telkomsel akan menempatkannya untuk area informasi Promo & Notification. Namun sayangnya, kami tidak mendapatkan informasi baru perihal promo atau notifikasi masuk yang ada, saat mengakses halaman hanya halaman putih tanpa teks dan infografis apapun ditayangkan di dalamnya.

    4G LTE

    Sepertinya halaman 4G LTE ini memang difokuskan oleh sang operator agar pengguna bisa mengakses segala hal informasi tentang konektivitas 4G. Baik itu pengertian tentang teknologi tersebut, maupun paket bundling, serta area coverage dan device pendukung jaringan 4G LTE yang dihadirkan dalam menu baris pada halaman.

    Profil

    Selain menu utama yang ada pada barisan atas halaman aplikasi, beberapa menu tambahan pendukung juga tersemat dalam aplikasi MyTelkomsel Apps. Salah satu menu yang disematkan tersebut adalah kolom profil yang memuat tentang PUK pengguna. Hal ini cukup memudahkan semisal terjadi penguncian akses ke nomor dalam ponsel, sehingga pengguna tidak perlu lagi menelepon operator untuk mendapatkan informasi kode PUK tersebut.

    Paket

    MyTelkomsel Apps sepertinya menjadi aplikasi yang cukup pintar mendeteksi jenis kartu pengguna langsung. Selain tampilan halaman utama yang akan menginformasikan jenis kartu yang digunakan, aplikasi juga sepertinya hanya akan memberikan daftar produk layanan yang disesuaikan dengan jenis kartu yang digunakan pelanggan.

    Kami mencoba aplikasi dengan produk Simpati Loop, maka otomatis paket layanan yang disajikan dalam kolom paket ini adalah khusus untuk produk Loop saja. Seperti halnya paket Loop, Paket Internet, Paket Bicara, Paket SMS, Paket VAS, Paket Roaming, dan Transfer Pulsa. Setiap paket layanan yang ada, akan langsung diinformasikan oleh aplikasi perihal tentang tarif dan masa aktif pemakaian.

    Fitur

    Fungsi halaman fitur sebenarnya tidak berbeda jauh dengan menu pada halaman paket, hanya saja daftar isi yang disajikannya berbeda. Untuk halaman fitur ini, aplikasi menampilkan sistem yang mudah untuk proses pengisian pulsa dengan voucher, transfer pulsa, flash gift, bayar tagihan penggunaan kartu Halo, dan aplikasi rekomendasi lainnya yang bisa digunakan pengguna, seperti PicMix, Yoonic, UseeTV, Skype on Telkomsel, Telkomsel Roaming, Telkomsel Ibadah, Telkomsel Mobi.

    Layanan Pelanggan

    Salah satu alasan lain yang membuat aplikasi ini berbeda dengan lainnya adalah pada menu layanan pelanggan. Aplikasi menyajikan informasi sekitar lokasi Grapari yang terdekat bagi para pelanggan, halaman tersebut digabung dengan aplikasi peta Gmap sehingga lebih mudah dalam penelusurannya. Selain itu, ada juga menu untuk mengajukan pengaduan serta memonitor status pengaduan tersebut, yang bisa diakses langsung oleh pengguna. Sedangkan menu tambahan lainnya adalah deaktivasi layanan content untuk mematikan layanan, serta menu untuk mengganti PIN Telkomsel care secara Online.

    Telkomsel Poin

    Menu ini dapat digunakan pengguna untuk mendapatkan seputar informasi penukaran poin yang telah didapatkan dalam sebuah promo oleh merchant. Pengguna bisa terlebih dahulu mengakses pencarian berdasarkan kota, kemudian pilih kategori promo atau produk yang dilanjuti dengan menentukan nilai penukaran poin yang ingin ditukar. Kemudian tekan tombol cari, maka pengguna akan mendapatkan informasi seputar penukaran poin dan promo yang dilakukan oleh merchant.

    Pengaturan

    Pada halaman ini, pengguna hanya disajikan satu halaman untuk pengaturan seputar pergantian tampilan yang bisa diubah dalam tiga tema berbeda. Lainnya adalah perihal email dukungan yang bisa digunakan untuk memanfaatkan alamat email yang dimiliki kepada customer service operator, serta menu mengenai informasi aplikasi MyTelkomsel Apps.

    Value Apps

    Jika anda pengguna kartu Telkomsel dari kartu jenis manapun, kami rasa menginstall aplikasi ini adalah satu langkah yang tepat. Bukan hanya kemudahan, namun informasi layanan dan produk yang dimiliki bisa dengan mudah diketahui langsung dibanding harus mengakses melalui kode USSD terlebih dahulu. Bahkan untuk mengetahui lokasi Grapari terdekat sesuai domisili, bisa dengan mudah diketahui dan ditelusuri karena sudah terintegrasi dengan aplikasi peta Gmap langsung.

    Quality

    Secara keseluruhan kami nilai aplikasi sudah cukup baik untuk eksplorasi layanan yang dimiliki sang operator, selain tentunya kemudahan dalam proses mengetahui masa aktif dan pengisian ulang pulsa yang bisa dengan mudah dan cepat diakses. Selain itu, aplikasi hanya membutuhkan sekira 2.55MB kapasitas memori dan juga tidak terlalu memberatkan dalam proses menjalankannya. Hanya dibutuhkan koneksi yang stabil untuk bisa mengaktifkan dan melakukan transaksi di dalam aplikasi dengan baik.

    Specifications
    Genre                     : Productivity
    Operating System   : Android, BlackBerry, iOS
    publisher                 : Telkomsel
    Updated                  : Jun 5, 2015
    Size                        : 2.55MB
    Installs                   : 1,000,000
    Current Version       : 2.8
    Requires Android      : 2.1 and up
    Download Link         : Google Play

    USER REVIEWS

    sort by | date | rating