Bootstrap Slider
Home > Review > Operator > Langit Musik, Nikmati Musik Digital Secara Legal

Langit Musik, Nikmati Musik Digital Secara Legal

RELATED REVIEWS

Review MyXL, Aplikasi Self-Care Untuk Jelajah Paket Layanan XL Axiata
True Unlimited Smartfren, Paket Data Sepuasnya Layaknya Restoran All You Can Eat
MyTelkomsel: Aplikasi Informatif Pengguna Kartu Telkomsel dengan Dua Sistem Keamanan
Aplikasi BimaTRI, Pengingat Digital untuk Pelanggan Operator Tri  
SmartCall: Aplikasi VoIP untuk Panggilan Telepon dengan Nomor Virtual
Loop, Kartu Andalan Telkomsel untuk Anak Muda
Dompetku, Permudah Transaksi Keuangan Non Tunai Pelanggan Indosat
MySmartfren, Solusi Pelanggan Menikmati Semua Layanan Smartfren
PLUS
/ Alunan suara musik dapat didengarkan dengan baik, bahkan meski dalam mode trial untuk pengguna basic. Proses registrasi dan subscreber yang cukup mudah dilakukan.
MINUS
/ Beberapa menu belum bisa tersaji dengan baik, seperti Indie Corner dan LM Store yang masih dalam tahap pengembangan. Meski jajaran musik juga selalu diperbarui, namun tidak semua lagu baru mudah teridentifikasi.
EDITORS' RATING
7.0
OVERALL
AKTIVASI/SETUP 7
FITUR/LAYANAN 7
VALUE/MANFAAT 7
KINERJA / KUALITAS 7
USER'S RATING
7.0
OVERALL
AKTIVASI/SETUP 7.0
FITUR/LAYANAN 7.0
VALUE/MANFAAT 7.0
KINERJA / KUALITAS 7.0
Add User Review

ArenaLTE.com – Langit Musik, aplikasi musik streaming milik Telkomsel dan Melon sebagai mitra usahanya ini memang tidak tepat bagi pengguna yang lebih menyukai musik ‘bajakan’. Pasalnya, pengguna akan dikenakan tarif untuk menikmati alunan musik para seniman lokal dan internasional secara legal.

Aplikasi ini memiliki koleksi ira-kira satu juta lebih konten lagu dari beragam genre yang tersimpan di dalamnya. Bahkan tak sedikit juga putaran lagu tersebut diiringi dengan lirik lagu.

Langit Musik yang dihadirkan sejak Novemer 2013 lalu ini, hadir dengan sistem pembayaran melalui pemotongan pulsa maupun pembayaran lainnya. Para pengguna bisa membuka akun sebagai pengguna premium, maupun sebagai pengguna gratisan dengan batasan waktu yang tertentu.

Saat pertama kali diluncurkan, LangitMusik memang hanya bisa digunakan oleh pengguna ponsel basis tertentu saja, seperti Android, iOS, BlackBerry. Namun jelang beberapa bulan peluncuran, kini aplikasi sudah bisa juga dinikmati oleh pengguna Windows Phone. Langit Musik menjadi cara yang cukup jitu untuk menikmati lagu secara legal, tanpa harus merugikan para pembuat lagu itu sendiri.

Instalasi

Seperti yang disebutkan diatas, pengguna perangkat Android, iOS, BlackBerry, maupun Windows Phone juga bisa menikmati akses musik ini. Selain itu juga untuk pengguna PC Desktop bisa menikmatinya dengan langsung mengakses ke dalam situs www.langitmusik.com. Tak ada yang berbeda antara aplikasi untuk perangkat mobile maupun langsung mengakses situsnya, pengguna dapat menggunakan akun sendiri untuk menikmati putaran lagu yang tersedia.

Untuk mendapatkan aplikasi di perangkat mobile, pengguna bisa langsung mengakses melalui Market aplikasi sistem operasi masing-masing platform. Seperti halnya untuk Android, bisa mendapatkannya melalui aplikasi PlayStore, proses download aplikasi terbilang cepat karena hanya memiliki kapasitas sekira 31,49 MB ditambah lagi saat ini koneksi jaringan operator Indonesia sudah masuk teknologi jaringan generasi keempat 4G LTE.

Dari sisi koneksi, aplikasi memang dirasa cukup mendukung untuk di install dalam waktu yang cepat, hanya saja perlu diingat adalah cache memori yang diberikan aplikasi cukup besar mencapai 1,20MB. Cache memori ini memang membantu untuk membuka cepat aplikasi, karena aplikasi yang tertutup akan tersimpan sementara dalam memori sistem dan dibaca sebagai instruksi data yang sering diakses. Namun, hal itu bisa saja menjadikan gangguan bagi ponsel yang memiliki memori RAM di bawah 1 GB, bahkan yang sering banyak membuka aplikasi lebih dari satu.

Aplikasi Langit Musik

Tarif Langit Musik

Kerjasama operator Telkomsel dan Melon musik, tidak lantas menjadikan aplikasi ini khusus untuk pengguna kartu GSM Telkomsel saja. Karena baik pengguna Indosat, Xl Axiata, Three (3), maupun lainnya juga bisa ikut menikmati aplikasi dan berlangganan di dalamnya.

Setelah menginstall aplikasi ke dalam perangkat, pengguna akan disuguhkan tampilan form pendaftaran dengan salah satunya mencantumkan nomor ponsel. Namun, pengguna yang ingin mencoba layanan ini terlebih dahulu bisa memilih menu daftar, untuk melihat dan menikmati konten secara gratis dengan tempo waktu yang teah ditentukan.

Seperti halnya ketika memilih sebagai pengguna basic, di dalamnya akan diberikan waktu percobaan untun menikmati konten streaming dalam waktu 60 detik pertama. Seangkan untuk pengguna ‘free trial’ akan diberikan gratis streaming lagu dan download sepuasnya, selama 7 hari. Namun, bagi pengguna yang menginginkan menjadi hak akses premium7 hari akan dikenakan tarif berlangganan sekira Rp3.300 per tujuh hari. Sedangkan untuk premium 30 hari akan dikenakan tarif sekira Rp11 ribu per 30 hari, penggna bisa mengakses menu daftar tersebut yang akan secara otomatis nomor ponsel akan mengirim pesan untuk registrasi akun.

Konten LangitMusik

Seperti halnya aplikasi musik sejenis yang juga bisa ditemui dengan mudah saat ini, Langit Musik juga menyediakan fitur menu yang cukup mudah di pahami. Seperti dalam barisan menu yang disjaikan dengan sistem dropdown, menampilkan sub menu seperti ‘discover’. Di dalam menu ini akan tersaji lagi sub menu yang dilabelkan dengan nama ‘LM Musik’ yang menyimpan deretan lagu baru, favorite, dan sesuai musik rekomendasi yang diberikan aplikasi.

Sedangkan sub menu lainnya adalah ‘LM chart’ yang akan memberikan deretan lagu yang sesuai dengan tangga lagu terbaik pilihan saat ini, informasi lagu yang terdaftar akan menampilkan jajaran lagu lokal maupun internasional (Indonesia dan Barat). Lainnya adalah ‘LM Playlist’ yang menyimpan informasi lagu berdasarkan kategori khusus, bisa dibilang kumpulan lagu tersebut akan tersimpan dalam sebuah folder yang disesuaikan dengan nama folder kumpulan lagu itu sendiri.

Selain sajian kumpulan lagu, Langit Musik juga memilki menu khusus yang disajikan kepada para sebagai informasi khusus untuk promo tertentu dan dapat diakses melalui menu ‘promo’. Sedangkan menu ‘news’ akan menyajikan seputar informasi dari para artis itu sendiri, sama halnya dengan portal berita lifestyle yang menyajikan informasi yang menjadi topik perbincangan. Namun sayangnya, untuk menu Indie corner dan LM Store belum bisa diakses, kemungkinan hal tersebut masih dalam pengembangan aplikasi. 

Kinerja

Di era konektivitas yang sudah mengadopsi teknologi jaringan 4G LTE ini, layanan musik streaming adalah pilihan yang sangat direkomendasikan. Hal tersebut akan lebih banyak membantu menjaga kuota data, dibanding harus menikmati konten video musik Youtube. Apalagi bagi para pengguna yang menyukai musik secara legal dan resmi.

Alunan lagu yang disajikan terdengar baik tanpa distorsi, bahkan untuk kualitas speaker rendah sekalipun kualitas Audio masih bisa diperdengarkan dengan baik. Kualitas rekaman lagu yang tersimpan lebih jernih, dibandingkan dari hasil download file ‘MP3’ dari alam liar dunia maya. Selain itu juga, hal ini juga bisa menjadikan bukti bahwa pengguna adalah pecinta musik legal, dan mendukung ekosistem dunia musik Tanah Air maupun luar bebas dari pembajakan.

Value for Money

Menjadi subscriber dan pelanggan aplikasi layanan musik dengan tarif Rp3.300 bagi pengguna premium 7 hari, maupun premium 30 hari sekira Rp11 ribu per 30 hari adalah biaya yang sangat terjangkau. Pengguna bisa mendapatkan ratusan lagu orisinal setiap harinya, bahkan tidak lagi merepotkan harus mencari lagu bajakan di dunia maya yang terkadang memiliki kendala terpotong di tengah jalan.

Sebelum berlangganan layanan langit Musik, pengguna juga bisa terlebih dahulu mencoba aplikasi dan melakukan trial konten di dalamnya. Meski hal tersebut hanya bisa dilakukan dalam tempo waktu yang telah ditentukan. (bda)

USER REVIEWS

sort by | date | rating
7.0
budhiapriyanto 03 Sep 15, 15:34
Cukup baguslah aplikasi ini. Walaupun saya kalau dengerin musik lebih sering pakai Guvera sih.