Bootstrap Slider
Home > Review > Operator > Dompetku, Permudah Transaksi Keuangan Non Tunai Pelanggan Indosat

Dompetku, Permudah Transaksi Keuangan Non Tunai Pelanggan Indosat

RELATED REVIEWS

Review MyXL, Aplikasi Self-Care Untuk Jelajah Paket Layanan XL Axiata
True Unlimited Smartfren, Paket Data Sepuasnya Layaknya Restoran All You Can Eat
MyTelkomsel: Aplikasi Informatif Pengguna Kartu Telkomsel dengan Dua Sistem Keamanan
Aplikasi BimaTRI, Pengingat Digital untuk Pelanggan Operator Tri  
SmartCall: Aplikasi VoIP untuk Panggilan Telepon dengan Nomor Virtual
Loop, Kartu Andalan Telkomsel untuk Anak Muda
Langit Musik, Nikmati Musik Digital Secara Legal
MySmartfren, Solusi Pelanggan Menikmati Semua Layanan Smartfren
PLUS
/ Aplikasi mempermudah sistem pembayaran secara digital, tampilan menu yang diberikan sangat userfriendly tidak membingungkan seperti layaknya aplikasi per-bankan.
MINUS
/ Membutuhkan konektivitas internet yang stabil, beberapa merchant belum banyak tercover terutama untuk tempat makan dan kumpul anak muda. Lainnya adalah tidak tersedianya melakukan pengaturan ulang profil tidak langsung bisa diakses dari aplikasi smartphone.
EDITORS' RATING
6.9
OVERALL
AKTIVASI/SETUP 7
FITUR/LAYANAN 7
VALUE/MANFAAT 7
KINERJA / KUALITAS 6.5
USER'S RATING
5.0
OVERALL
AKTIVASI/SETUP 3.0
FITUR/LAYANAN 8.0
VALUE/MANFAAT 2.0
KINERJA / KUALITAS 7.0
Add User Review

ArenaLTE.com – Layanan yang dihadirkan Indosat dengan label Dompetku, memang bisa dibilang sama halnya dengan produk layanan dari CIMB Niaga. Namun begitu, kemudahan sistem yang dimiliki Dompetku memang diperuntukkan khusus untuk pelanggan setianya. Pasalnya, semua aktivitas mengenai keuangan bisa dilakukan secara digital oleh pelanggan tanpa harus memiliki rekening dalam suatu bank. Berikut review Dompetku, melalui aplikasi berbasis Android.

Aplikasi Dompetku sebenarnya sudah tersedia di semua toko aplikasi, seperti PlayStore, Apps Store, App World (BlackBerry Apps Store BB OS 7 maupun BB OS 10), Microsoft Store untuk Windows Phone. Dan kabarnya, akan juga tersedia untuk pengguna Windows Phone 10, setelah resmi dirilis produsen. Pengguna kartu Indosat baik dari kartu IM3, Mentari, dan Matrix bisa menikmati layanan ini untuk melakukan pembayaran, pembelian, serta pengiriman uang melalui handset yang dimilikinya secara langsung. 

Registrasi Dompetku

Seperti yang disebutkan diatas, pengguna bisa melakukan regsitrasi atau pendaftaran akun ke dalam layanan untuk mendapatkan akses dan melakukan aktivitas keuangan. Dapatkan aplikasi pada toko layanan aplikasi yang sesuai sistem operasi, seperti Android melalui Apps Store.

Berbeda aplikasi, berbeda juga dengan besaran kapasitas file yang akan diterima pengguna, seperti halnya untuk Android. Toko aplikasi Play Store menginformasikan bahwa file ini memiliki kapasitas yang cukup besar yakni 6.69MB. Namun, kapasitas tersebut akan jauh lebih kecil untuk toko aplikasi BlackBerry World yang hanya membutuhkan kapasitas memori sekira 1.5MB.

Aplikasi bisa didapatkan gratis tanpa berbayar, namun saat menjalankan aplikasi Dompetku, maka pengguna akan terlebih dahulu diminta untuk memasukkan nomor pelanggan Indosat. Kemudian selanjutnya pengguna diminta juga mengisi form pendaftaran akun, serta mendaftarkan nama user yang ingin digunakan sekaligus dengan PIN sebagai password untuk masuk aplikasi.

Sistem autentikasi aplikasi akan disertakan dengan permintaan kode khusus, dan kode ini akan didapat pengguna setelah operator mengirimkannya melalui SMS.

Fitur Dompetku

Setelah melewati registrasi pendaftaran akun, maka pengguna akan disajikan dengan halaman aplikasi Dompetku langsung dengan antarmuka yang sangat userfriendly. Menu menyajikan form atau layer yang sesuai dengan fungsinya, seperti menu beranda, inbox, favorit, administrasi, informasi, bayar dengan QR, serta akses logout.

Beranda

Dalam halaman menu beranda atau tampilan depan aplikasi, maka pengguna akan langsung diperlihatkan perihal saldo yang dimilikinya. Serta, halaman mengenai transaksi terakhir yang telah dilakukan pengguna. Halaman akan selalu melakukan pembaruan atau refreshing secara otomatis untuk menampilkan apakah ada transaksi baru yang dilakukan.

Dalam tampilan halaman beranda, pengguna juga dapat mengakses taskbar menu lainnya, seperti beli untuk melakukan pembelian pulsa, voucher games, pembayaran asuransi, voucher TV, melakukan Donasi, serta menu Merchant Toko untuk melakukan pembayaran belanjaan.

Namun sayangnya, untuk pembeli voucher games pengguna hanya baru disediakan pembayaran untuk purchase fitur beberapa pengembang saja, seperti Mol Points, Taiga (Gemscool Official agents), Cherry Credits, Wave Point, Megaxus, My card, Digicosh, Maingames.

Sedangkan untuk Taskbar Bayar, pengguna bisa melakukannya untuk transaksi pembayaran Telefon (Indosat Matrix, dan Telkom), TV Berbayar (Indovision, First Media, Nexmedia, Telkom Vision, Aora TV), PDAM, dan jasa pembayar Internet Speedy.

Untuk menu taskbar Minta Token,dapat digunakan untuk bertransaksi purchase dan Tarik tunai di Alfamart, alfamidi, Lawson dan Indomaret. Token berupa 6 digit numeric, berlaku hanya 1 jam. Pelanggan dapat meminta token, dan untuk bertransaksi, pelanggan cukup memperlihatkan token ke kasir.

Dalam menu Transfer, pengguna dapat melakukannya untuk mengirim saldo Dompetku ke pengguna lainnya, jika mengirim ke sesama pengguna Dompetku maka pilihlah menu Dompetku. Namun, jika pengguna ingin mengirim saldo ke operator lain, seperti XL Tunai maupun T-Cash maka bisa memilih menu Operator lain.

Sedangkan, untuk mengirim uang langsung ke rekening Bank pengguna bisa memilih menu rekening bank kemudian memasukkan kode Bank yang ada dalam daftar. Masukkan rekening nomor tujuan, kemudian jumlah nominal uang yang dikirim dan kemudian masukkan PIN pengguna untuk melakukan transaksi pengiriman uang.

Inbox

Dalam halaman menu Inbox ini, pengguna hanya akan disajikan seputar pesan masuk mengenai informasi aplikasi dan transaksi, termasuk informasi untuk penerimaan token. Pada tampilan ini, juga pengguna hanya bisa membaca atau melihat pesan yang masuk, serta menghapus pesan masuk tersebut tanpa melakukan aktivitas lain di dalamnya.

Favorit

Pada menu halaman Favorit ini, sama seperti halnya dengan menu layanan Inbox. Pengguna hanya akan disajikan beragam informasi seputar aktivitas transaksi yang dilakukan. Untuk transaksi yang paling sering dilakukan, akan menduduki peringkat pertama halaman dibanding dengan transaksi atau aktivitas lainnya yang dilakukan pengguna.

Administrasi

Sayangnya, halaman ini bukan sebuah halaman pengaturan profil atau akun pengguna, seperti yang ada pada aplikasi umumnya. Pengguna hanya bisa melakukan pengubahan PIN dalam aplikasi, untuk mengubah PIN lama ke PIN yang baru. Untuk hal keamanan, sebaiknya pengguna lakukan pengubahan PIN aplikasi Dompetku berbeda dengan penggunaan PIN ATM.

Informasi

Sesuai dengan nama yang digunakan, halaman Informasi berisikan sejumlah daftar informasi mengenai menu dan seputar fungsi yang bisa dilakukan pengguna. Halaman ini berisikan tentang Histori Transaksi, Tentang Dompetku, Syarat & Ketentuan, Hubungi Kami yang berisikan profil perusahaan dan layanan. Daftar merchant, Setor Tunai, Beli/ Bayar, Kirim Uang, dan Tarik Tunai.

Bayar dengan QR

Dalam halaman menu ini, pengguna dapat melakukan pembayaran dengan sistem scanning barcode dari merchant toko. Namun, sebelum mengakses halaman, pengguna akan disajikan beberapa informasi dan keterangan pengaturan serta beberapa  tentang syarat dan ketentuan penggunaan aplikasi.

Tarif Layanan Dompetku

Untuk pengisian saldo langsung di gerai Indosat, pengguna tidak akan dikenakan biaya administrasi pengisian. Namun, hal tersebut akan dikenakan biaya bila melakukannya di Alfamart, pengguna akan dikenakan biaya pengisian pulsa. Seperti halnya isi saldo Rp.100 ribu maka yang harus dibayarkan pengguna adalah sekira Rp.101 ribu.

Dompetku bisa di-topup melalui ATM Bersama, seperti halnya fasilitas transfer antar bank (dengan cara mengetikkan kode bank 789 + nomor handphone ), seluruh gerai Alfamart, Alfamidi, Lawson, Indomaret, 7Eleven, Galeri Indosat, dsb.

Untuk transaksi pembayaran, kebanyakan tidak dikenakan biaya, kecuali kebijakan merchant atau biller mewajibkan demikian. Sementara untuk transfer ke rekening bank, akan dikenakan biaya yg sama dengan transfer antar bank (Rp.6.500). Untuk maksimal nominal saldo yang bisa diisi oleh pengguna saat ini adalah maksimal sekira Rp. 5 juta.

Value for Money

Di era digitalisasi saat ini, sebenarnya aplikasi sejenis Dompetku mudah ditemukan, karena aplikasi ini kedepannya akan menjadi hype. Cara yang mudah untuk melakukan isi ulang pulsa, pembayaran tagihan listrik, telefon, TV Berbayar, dan Internet merupakan salah satu alasannya. Ditambah lagi sistem pembayaran untuk pembelian di toko modern yang sudah ramai saat ini, sangat membantu pengguna. Bahkan, saldo di dompetku bisa digunakan seluruhnya, sampai dengan nominal saldo Rp.0.

Manfaat yang diberikannya banyak, namun sayang aplikasi ini sepertinya masih bisa menjadi alternatif kedua jika saja memang pengguna malas membawa uang dan membayar tagihan lainnya secara langsung. Pasalnya, aplikasi harus diisi ulang terlebih dahulu jika memang saldonya kosong, selain itu maksimal saldo yang ada hanya sebesar Rp.5 juta. Nilai nominal tersebut tentunya akan cepat habis jika ada transaksi pembayaran dalam waktu sebulan, hal ini sama saja dengan pengguna melakukan pembayaran langsung ketempat lainnya.

Kinerja Aplikasi Dompetku

Dompetku bisa digunakan untuk pembelian pulsa (seluruh operator), 8 voucher games publishers, 10 asuransi, infaq atau donasi Dompet Dhuafa, pembayaran tagihan seluler paskabayar (Matrix & Telkom), TV berbayar (Indovision, Firstmedia, nexmedia, Transvision, Aora), 20 PDAM, Internet Speedy, Bolt, Transfer ke Rekening Bank, Tarik Tunai di Alfamart, Alfamidi, Indomaret, dan Galeri Indosat.

Seperti hanya aplikasi berbasis data lainnya. Aplikasi yang berbasis internet ini juga, memang sangat bergantung dengan kecepatan akses internet yang di dapat pengguna. Jika daerah koneksi berjalan stabil dan lancar, tentunya aplikasi akan juga bisa melakukan proses transaksi dengan cepat.

Secara keseluruhan, aplikasi memiliki kinerja yang baik dengan menu yang sangat user friendly. Sehingga lebih mudah digunakan oleh siapapun. Hanya perlu diingat, karena ponsel sebagai mediasinya dan sistem kinerja pembayaran layaknya sebuah mesin ATM yang selalu meminta PIN. Maka sebaiknya pengguna membedakan PIN ATM dan PIN aplikasi yang ada, hal ini untuk mengurangi dampak kerugian penggunaan aplikasi karena dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

USER REVIEWS

sort by | date | rating
0.0
Indosat Ooredoo Hadirkan Dompetku+ Gandeng Matahari Mall 15 Mar 16, 13:00
[…] Baca: Review Aplikasi Dompet Digital dari Indosat Ooredoor untuk Transaksi Non Tunai […]
5.0
dewanstudio 28 Sep 15, 20:23
ok