Bootstrap Slider
Home > Review > Operator > Review MyXL, Aplikasi Self-Care Untuk Jelajah Paket Layanan XL Axiata

Review MyXL, Aplikasi Self-Care Untuk Jelajah Paket Layanan XL Axiata

RELATED REVIEWS

True Unlimited Smartfren, Paket Data Sepuasnya Layaknya Restoran All You Can Eat
MyTelkomsel: Aplikasi Informatif Pengguna Kartu Telkomsel dengan Dua Sistem Keamanan
Aplikasi BimaTRI, Pengingat Digital untuk Pelanggan Operator Tri  
SmartCall: Aplikasi VoIP untuk Panggilan Telepon dengan Nomor Virtual
Loop, Kartu Andalan Telkomsel untuk Anak Muda
Dompetku, Permudah Transaksi Keuangan Non Tunai Pelanggan Indosat
Langit Musik, Nikmati Musik Digital Secara Legal
MySmartfren, Solusi Pelanggan Menikmati Semua Layanan Smartfren
PLUS
/
  • Memudahkan mendapatkan informasi kartu
  • Menu aplikasi yang cukup komplit
  • Informasi promo yang cepat tersaji
  • Pengisian pulsa menjadi lebih mudah
  • MINUS
    /
  • Kapasitas file yang besar
  • Menu yang terlalu tumpang tindih
  • Banyak menu yang sama, namun diletakkan di tempat akses berbeda
  • Tampilan aplikasi standar tak ada kesan interaktif
  • EDITORS' RATING
    5.5
    OVERALL
    AKTIVASI/SETUP 5
    FITUR/LAYANAN 5
    VALUE/MANFAAT 6
    KINERJA / KUALITAS 6
    USER'S RATING
    0.0
    OVERALL
    AKTIVASI/SETUP 0.0
    FITUR/LAYANAN 0.0
    VALUE/MANFAAT 0.0
    KINERJA / KUALITAS 0.0
    Add User Review

    ArenaLTE.com – Semua operator Tanah Air sudah memiliki aplikasi digital untuk memberi kemudahan bagi pelanggannya. Kami sudah mengulas beberapa di antaranya. Dan sekarang adalah waktunya bagi aplikasi MyXL yang disebut sebagai layanan self-care dari XL.

    Terlihat dari nama yang digunakannya, tentu ini juga sama dengan aplikasi lainnya yang difungsikan untuk memberikan kemudahan informasi kepada pelanggan. Penggunaan tagline self-care terasa pas untuk aplikasi MyXL. Karena tak hanya memberikan informasi perihal tentang pulsa maupun layanan sang operator, pengguna juga bisa melakukan pembelian pulsa maupun mengikuti paket layanan operator yang dikemas dalam menu aplikasi. sehingga terkesan melayani diri sendiri. Nice. Berikut ulasan aplikasi MyXL yang penulis coba dengan menggunakan smartphone Android.

    Instalasi Aplikasi 

    Sayang rasanya bila memiliki aplikasi yang fokus untuk informasi pelanggannya, tetapi dibatasi untuk beberapa platform saja. Hal itu yang dirasa kurang lengkap pada aplikasi MyXL ini, pengembang sepertinya hanya fokus untuk dua pasar platform saja, yakni Android dan iOS. Hingga tulisan ini diturunkan, dan telah resmi dirilis satu tahun lalu namun belum ada informasi ketersediaan untuk platform Windows Phone, maupun BlackBerry OS 10 yang sepertinya masih beredar di pasar smartphone Tanah Air.

    screenshot aplikasi MyXL

    Review kali ini, penulis menggunakan perangkat Android yang sudah masuk dalam versi Lollipop, dan tentunya untuk mendapatkan aplikasi tersebut bisa diakses melalui laman PlayStore. Ukuran file aplikasi MyXL lebih besar dibandingkan dengan beberapa aplikasi lainnya, seperti MyTelkomsel Apps maupun BimaTri yang berada dibawah kapasitas file 3MB. Aplikasi MYXL memiliki besaran file mencapai 4.70MB yang saat ini sudah masuk dalam versi nomor 1.9.4.1 dan baru diperbarui pada September 2015.

    Pengguna bisa mengetikkan kata MyXL dalam kolom pencarian aplikasi. Setelah menemukannya bisa dilanjuti dengan mengklik tombol install. Setelah proses instalasi berjalan sukses di perangkat, maka aplikasi bisa dijalankan langsung. Saat pertama kali menggunakan aplikasi, pengguna bisa melakukan proses permintaan ‘password’ atau kata sandi terlebih dahulu. Klik tombol perintah tersebut yang terletak dibagian bawah tombol masuk atau login.

    screenshot aplikasi MyXL

    Dalam halaman permintaan sandi ini, pengguna akan diminta untuk memasukkan nomor XL dan email serta kode ‘captcha’ untuk mendapatkan ‘password’. Pengiriman kata sandi akan diberikan langsung dengan sistem menu pop-up pada aplikasi. Repot memang, karena kode tersebut perlu diingat dengan baik atau dicatat, meski ada informasi bisa diubah dalam menu setting pada aplikasi.

    Jika proses yang dilakukan benar, maka login aplikasi akan sukses bersamaan dengan masuknya pesan SMS yang menginformasikan ‘login sukses’. Tampilan halaman muka aplikasi akan menyajikan nomor pengguna dengan masa aktifnya. Serta beberapa menu akses aplikasi lainnya yang diletakkan di bagian pojok kiri atas halaman dengan bentuk ikon ring disebelah ikon pesan.

    Dalam halaman muka ini, pengguna juga disediakan menu untuk isi pulsa langsung, serta membeli paket dan melihat program promo yang diselenggarakan operator. Sebagai catatan, aplikasi akan menutup dengan sendirinya dan meminta login ulang bersamaan dengan waktu penguncian perangkat. Artinya, jika pengguna melakukan waktu penguncian layar dalam waktu 5 detik kedepan, maka aplikasi akan juga menutup sendirinya dseiring penguncian layar tersebut.

    Fitur Aplikasi MyXL

    Seperti yang dituliskan diatas, untuk mengakses menu maupun mengetahui fitur aplikasi MyXL, pengguna bisa mengakses melalui ikon ring yang berada dipojok kiri atas halaman aplikasi. Ada empat menu utama yang disediakan dengan sistem drop down, seperti bahasa, ubah kata sandi, mengenai aplikasi dan menu keluar aplikasi.

    review MYXL

    Bahasa

    Bahasa adalah salah satu fitur utama yang disediakan aplikasi MyXL, dan berbeda dengan one-stop application milik operator lain karena aplikasi ini memiliki dua bahasa berbeda. Selain itu juga, pengembang aplikasi sepertinya cukup konsisten menghadirkan fitur ini. Pasalnya, pengguna yang memilih satu bahasa seperti Indonesia, maka otomatis informasi mengenai pulsa atau pun menu utama tambahan lainnya akan disajikan dalam satu bahasa tersebut. Tidak berbeda-beda seperti layaknya aplikasi MySmartfren yang bercampur aduk. Sehingga memudahkan untuk pengguna yang kurang memahami bahasa lain, serta kemungkinan akselerasi menu lebih cepat dimengerti pengguna.

    Ubah kata sandi

    Seperti nama yang digunakannya, fungsi halaman ini bisa dimanfaatkan bagi pengguna mengganti password atau kata sandi yang lama dengan yang baru. Kata sandi lama yang diminta adalah kode yang dikirimkan melalui sistem pop-up menu diawal konfirmasi aplikasi, sedangkan sandi baru adalah password baru yang diinginkan pengguna.

    Sayangnya, tak ada informasi berapa jumlah karakter yang bisa digunakan untuk sandi baru ini, kemungkinan jumlah yang bisa digunakan dalam penulisan sandi baru itu adalah lebih dari 6 karakter seperti pada umumnya aplikasi sejenis. Ketika penulis mencoba mengetikkan kata sandi hingga 8 karakter, tetap masih bisa digunakan.

    About MyXL

    About MyXL adalah halaman yang mengungkapkan tentang aplikasi itu sendiri, selain tentunya halaman ini juga menyimpan menu utama tambahan lainnya. Seperti halnya pengisian pulsa, aktivasi paket, cek kuota, informasi profil, isi pulsa, isi ulang PLN melalui XL tunai, dan transaksi standar mobile payment lainnya.

    Sedangkan menu utama tambahan lain yang disediakan dalam aplikasi ini, bisa dimanfaatkan pengguna untuk mengakses fitur Pulsa, beli paket, isi pulsa, info promo, kuota kalkulator, profil saya, kotak pesan, ubah kata sandi, serta menu info dan bantuan, serta menu mengenai aplikasi MyXL dan menu keluar atau ‘logout’.

    Disini penulis tidak membahas detail mengenai menu utama tambahan yang ada dalam halaman ini, karena beberapa menu yang ada memiliki fungsi yang sama dengan menu yang ada pada halaman utama. Sehingga terasa tumpang tindih atau double yang seharusny hanya tersedia dalam satu halaman saja.

    Isi Pulsa

    Seperti pada umumnya aplikasi sejenis, MyXL tidak hanya menginformasikan mengenai saldo pulsa dan masa aktif kartu. Namun menu di dalamnya bisa juga dimanfaatkan untuk mengisi pulsa langsung. Ada dua sistem pembelian pulsa yang dihadirkan dalam aplikasi, baik melalui metode pembayaran XL Tunai maupun pembayaran via Visa dan MasterCard. Untuk metode pembayaran kedua, menu harga pulsa disajikan dari nominal harga IDR25 ribu hingga IDR1 Juta.

    review MYXL

    Selain isi pulsa, pengguna juga bisa melakukan pembelian masa aktif kartu yang dibanderol dengan harga sesuai masa aktif yang dipilih, seperti 3 hari (IDR2 ribu), 7 hari (IDR5 ribu), 30 hari (IDR15 ribu), 90 hari (IDR30 ribu), dan untuk masa paling lama adalah 360 hari (IDR100 ribu).

    Dalam halaman menu ini juga, pengguna disajikan informasi lengkap mengenai penggunaan, transaksi terakhir isi ulang, dan pemilihan paket dalam kolom menu pembelian paket.

    Beli Paket

    Halaman ini pada umumnya sama dengan menu kuota kalkulator, pengguna aplikasi akan disajikan beragam informasi mengenai jenis paket layanan dari operator dan paket layanan rekomendasi. Beragam paket tersebut disajikan dalam kategori program yang disesuaikan dengan kebutuhan akses pengguna, seperti kategori Super Deal, Paket Internet, Paket Nelpon, Paket SMS, Paket Nelpon dan SMS, Paket Combo (Nelp, SMS, dan Internet), Paket Nelpon ke Luar Negeri, dan Paket 50.

    Namun, untuk pengguna yang bingung memilih jenis paket yang terlalu banyak pilihan tersebut, pengguna bisa memanfaatkan menu simulasi penggunaan data. Menu yang masih berada di halaman ini berisikan tentang paket apa yang pantas diikuti yang berdasarkan pada kebutuhan pengguna.

    Tentukan besar akan kebutuhan untuk browsing, chatting, email, streaming, download, social media, Online games, maupun Online aplication  dan kemudian tekan tombol ‘lanjut’ maka pengguna akan dibawa ke halaman baru yang menyajika menu paket layanan rekomendasi yang sesuai pilihan pengguna.

    Profil Saya

    Di menu ini berisi halaman biodata pengguna, seperti kolom isian tentang nama, jenis kelamin, tempat lahir, tanggal lahir, nomor identitas, alamat, nomor ponsel lainnya, serta e-mail. Namun, pengguna juga bisa melakukan edit ulang pengisian untuk pengguna yang sudah terdaftar sebelumnya.

    Kotak Pesan

    Seperti halnya kotak pesan SMS yang ada pada ponsel, di dalam halaman ini pun berisikan hal yang sama. Hanya perbedaannya adalah halaman ini hanya berisikan perihal informasi mengenai konfirmasi dari sang operator saja (XL), selain tentunya informasi tentang notifikasi aktivitas pengguna saat berhasil masuk aplikasi maupun mengganti kata sandi.

    Untuk menu double ini, pengguna tidak perlu melalui proses mengakses menu About MyXL terlebih dahulu, halaman ini juga bisa diakses dari tampilan depan atau home aplikasi yang bisa diakses melalui ikon kotak surat.

    Info dan Bantuan

    Dalam halaman ini, pengguna bisa memanfaatkannya untuk melihat maupun mengetahui informasi umum tentang XL, baik itu mengenai informasi adopsi teknologi 4G LTE sang operator, kontak XL, Info Roaming, Info Promo, PUK, XL Star, XL Center Locator, Lokasi XL Center untuk penukaran SIM card 4G.

    Value for Money

    Seperti halnya aplikasi layanan sejenis, segala informasi dikemas dalam bentuk aplikasi yang memang untuk lebih memudahkan pengguna kartu. Namun aplikasi ini memiliki kapasitas file yang cukup besar mencapai 4.70MB, terlalu menyesakkan jika ponsel dipaksa install karena memiliki kapasitas memori yang terbatas. Tetapi setidaknya, dengan menginstall aplikasi ini dalam perangkat bisa membantu pengguna lebih mudah mengetahui informasi perihal kartu yang digunakan. Sehingga tidak perlu lagi mengakses menu USSD yang cukup repot diikuti.

    Kualitas

    Bicara soal kualitas, tak ada yang bisa dikomentar lebih untuk hal satu ini. Karena kami nilai aplikasi cukup memberikan eksplorasi menu yang cukup komplit, meski beberapa menu disajikan berulang dalam nama yanng berbeda. Hanya satu yang harus diperhatikan pengguna adalah perihal koneksi, pastikan untuk urusan satu ini koneksi internet pengguna dalam keadaan stabil atau baik. Karena kapasitas cakupan tersebut menentukan lama tidaknya aplikasi terbuka.

    Specifications
    Genre                     : Productivity
    Operating System   : Android,  iOS
    publisher                 : Telkomsel
    Updated                  : Sept 30, 2015
    Size                        : 4.70MB
    Installs                   : 10.000
    Current Version       : 2.8
    Requires Android      : 2.1 and up
    Download Link         : Google Play

    USER REVIEWS

    sort by | date | rating