Bootstrap Slider
Home > Review > Game > FIFA 16 Ultimate Team: Game Sepak Bola yang Mengecewakan!

FIFA 16 Ultimate Team: Game Sepak Bola yang Mengecewakan!

RELATED REVIEWS

Clash Royale: Perang Strategi Real Time
Star Wars Galaxy of Heroes: Berlaga di Ruang Angkasa
Implosion Never Lose Hope: Game Hack And Slash Paling Sempurna!
Dead Effect 2: Sensasi Menembak Zombie
Games Door Kickers, Butuh Fokus Strategi Dan Taktik Tempur
Sniper X: Aksi Seru Bareng Jason Statham
Bangun Pulau Impian Minions Paradise
Balapan Mobil Tanpa Batas Dengan Need for Speed No Limits
PLUS
/ FIFA 16 Ultimate Team menghadirkan konsep baru gabungan antara games playing, manager dan Collectible Card Game dalam sepakbola.
MINUS
/ Secara keseluruhan games FIFA 16 ini sangat minim pilihan kustomisasi dan pengaturan taktik. Game standar dan beberapa fitur penting dihilangkan menjadikannya kembali menjadi game bola standar.
EDITORS' RATING
6.2
OVERALL
INSTALASI/ SETUP 7
FITUR & SUPPORT 6
INTERFACE 6
KINERJA / KUALITAS 7
VALUE FOR MONEY 5
USER'S RATING
0.0
OVERALL
INSTALASI/ SETUP 0.0
FITUR & SUPPORT 0.0
INTERFACE 0.0
KINERJA / KUALITAS 0.0
VALUE FOR MONEY 0.0
Add User Review

ArenaLTE.com – Saya sangat suka main game sepak bola berbagai genre. Mulai dari model manager seperti FM (Football Manager) dan CM (Championsip Manager), juga genre football games seperti FIFA, Winning Eleven dan Pro Evolution Soccer. Saya berharap kehadiran FIFA 16 Ultimate Team versi gratis untuk smartphone ini merupakan game komplit yang menggabungkan semua genre tersebut dalam sebuah game.

Terakhir versi game FIFA besutan EA Sports Games yang paling asyik menurut saya yaitu FIFA 14. Di versi ini, kita bisa memperoleh kebebasan untuk memainkan pertandingan dengan leluasa baik itu Quick Match dan Season dengan tambahan menu Ultimate Mode. Nah, Versi Ultimate Mode ini sebenarnya tidak terlalu saya perhatikan. Karena saya hanya ingin main game sepak bola tanpa harus ribet dengan pilihan dan pengaturan menu yang rumit dan banyak.

 

FIFA 16 Ultimate TeamSetup FIFA 16 Ultimate Team

Menjadi game gratis paling favorit di App Store dan Google Play Store, tanpa pikir panjang langung saya instal game FIFA 16. Kuota internet 1,3 GB saya korbankan untuk menginstal keseluruhan game FIFA 16 ini dengan harapan akan tertebus dengan keasyikkan memainkan FIFA 16 terbaru ini. Namun sayang, bayangan seru tiba-tiba buyar setelah menjalankan FIFA 16 untuk pertama kali di smartphone. Kita tidak bisa langsung main bertanding menggunakan tim favorit, namun harus membuat tim buatan sendiri dari awal.

Perkiraan saya benar, bahwa FIFA 16 Ultimate Team ini mirip dengan FIFA 15 yang merupakan versi penuh dari Ultimate Team. Konsep Ultimate Team ini malah justru mengubah game FIFA 15 menjadi menu per user (personal campaign) dengan visual menu yang ribet dan lebih rumit di FIFA 16 dengan konsep CCG (Collectible Card Game). Tidak bisa kita bertanding dengan tim favorit melawan tim lain di liga tertentu, kita memulai permainan dengan tim baru dan harus membangun ultimate team dengan melakukan transfer pemain-pemain hebat.

FIFA 16 Ultimate TeamFitur FIFA 16 Ultimate Team

Mode FIFA 16 Ultimate Team dengan konsep konsep CCG (Collectible Card Game) menjadikan game ini matre. Untuk membangun tim sepakbola impian, kita harus membeli paket pemain, paket pelatih, beli kebutuhan klub dan berbagai material konsumsi lainnya.

Awal permainan kita diberikan beberapa pemain kelas bronze (basic) yang bisa diupgrade lebih baik, pemain kelas silver dan pemain kelas Gold. Para pemain yang ada di tim kita itu diambil random dari daftar database 10,000 pemain dengan lebih dari 500 tim.

Faktor pemain menjadi sangat penting dalam FIFA 16 Ultimate Team ini, selain kehebatan skill-nya kolaborasi antara keseluruhan team juga penting untuk kerjasama yang baik antar tim ketika bertanding. Salah satu cara meningkatkan chemistry, mungkin bisa dipilih pemain yang berasal dari negara yang sama atau pernah bergabung dalam tim yang sama. Sebab kadang variasi pemain yang berbeda-beda dapat berpengaruh terhadap chemistry tim. Pemain juga dilengkapi dengan informasi detail atribut seperti pace, shooting, passing, dribbling dan lain-lain.

Mekanisme permainan mengharuskan kita memiliki banyak pilihan pemain bagus dalam tim dengan membeli paket pemain. Namun di sisi lain kita juga harus mengutamakan chemistry antar pemain. Di sinilah EA sport dapat meraup pundi-pundi uang yang banyak dari pemain yang tidak sabar untuk membentuk tim hebat karena mata uang dalam game berupa koin emas ini sangat sulit diperoleh.

FIFA 16 Ultimate TeamSebagai contoh, ketika kita memainkan sebuah musim secara online season, kita akan memainkan 7 pertandingan. Setiap pertandingan yang menang akan mendapatkan hadiah 3 poin sedangakn seri 1 poin. Untuk total 15 poin yang diperoleh akan dikonversi menjadi 200 koin gold, sedangkan 18 poin akan mendapatkan 300 koin emas (lengkap dengan paket consumable yang dapat digunakan).

Untuk sebuah Single Player Season, bonus maksimal yang dapat kita peroleh 1200 koin emas dan harus menghabiskan waktu beberapa untuk menyelesaikannya. Padahal untuk membeli 2 pemain dengan packet gold saja membutuhkan 3500 koin, untuk paket 3 pemain gold butuh 35.000 koin (jumlah yang fantastis). Beberapa paket hanya dapat dibeli dengan koin premium, disediakan juga paket consumable untuk meningkatkan stamida dan moral termasuk menyembuhkan pemain yang cedera.

FIFA 16 Ultimate TeamInterface FIFA 16 Ultimate Team

Yang perlu diingat, FIFA 16 menggunakan skema Ultimate Team. Jadi kita hanya bisa memainkan tim buatan kita sendiri untuk memainkan season atau turnamen tertentu yang terdiri dari berbagai tim. Bukan hal yang mustahil tim baru kita susun harus ikut kompetisi dan melawan tim sekelas Barcelona atau Real madrid. Untuk berkompetisi dengan pemain lain secara online juga bisa kita lakukan, tapi sangat disayangkan kita tidak bisa memilih lawan dan secara otomatis dipilihkan secara acak.

Memainkan FIFA 16 selalu habis waktu untuk berkutat dengan navigasi menu, menurut saya susunan struktur menu nya kacau balau dan ribet. Mengganti pemain tim inti dengan cadangan aja rumit, apalagi mencari pemain yang ingin kita transfer, harus mencari dan melihat statistik ratusan hingga ribuan pemain sedangkan yang tampil dilayar ponsel hanya satu baris yang berisi 5 profil pemain saja.

Tampilan atribut dan biodata pemain memang cantik dengan bentuk kartu yang unik dan background yang disesuaikan dengan kelas pemain, gold, silver hingga bronze. Sayangnya informasi pemain tidak semuanya tampil di kartu, untuk melihat profil harus digeser, untuk melihat moral dan stamina digeser lagi. Menurut saya tidak efektif meskipun bagus tampilannya. Dan sangat sulit untuk membandingkan statistik antara pemain, padahal game FIFA yang terdahulu jauh lebih mudah. Tampilan grafis juga mirip dengan versi sebelumnya, salah satu yang cukup menghibur yaitu hadirnya 3 tombol selebrasi yang bisa kita pilih untuk merayakan gol

FIFA 16 Ultimate TeamKontrol game tidak ada masalah, familiar dan similar dengan joystik game FIFA terdahulu dengan menggunakan tombol untuk melakukan operan bola, shoot dan tackling. Tombol terasa responsif dan tidak ada permasalahan yang berarti ketika memainkannya. Meskipun demikian tombol tersebut terlihat sangat besar dan memenuhi layar terutama pengguna iPhone, dilayar yang berukuran 5 inchi dengan banyaknya tombol di layar agak sulit kita melihat pemain lainnya.

Setiap main games bola, hadirnya radar sangat membatu kita untuk mengetahui lokasi pemain lain diluar tampilan layar. Gunanya untuk memudahkan serangan, namun FIFA sepertinya tidak menganggap fitur radar ini sebagai sesuatu yang penting sehingga tidak akan kita temui di FIFA 16. Fitur penting lain yang dihilangkan yaitu pengaturan tampilan kamera, tidak lagi bisa memodifikasi tampilan, tidak bisa mengatur sendiri penambahan waktu setiap babak (sudah diatur setiap pertandingan hanya 4 menit) semuanya sudah dipaketkan oleh FIFA 16.

Performance FIFA 16 Ultimate Team

FIFA 16 Ultimate Team ini sangat mengecewakan. EA mengacaukan salah satu mahakarya games sepak bola terbaik untuk smartphone dan diubah menjadi games sepakbola biasa

Secara keseluruhan games FIFA 16 ini sangat minim pilihan kustomisasi dan pengaturan taktik. Yang bisa kita ubah dari tim yaitu hanya formasi dan mentalitas saja tidak ada yang lain. Kita bahkan tidak bisa mengatur siapa pemain yang akan mengambil tendangan corner atau pinalti. Padahal di FIFA 14 semuanya komplit. Dan yang menyedihkan lagi kita tidak bisa mengetahui payer rating dari setiap pertandingan jadi kita tidak bisa mengetahui seiapa pemain yang mainnya bagus atau jelek.

Jadi mohon maaf jika menurut saya FIFA 16 Ultimate Team ini sangat mengecewakan, EA mengacaukan salah satu mahakarya games sepak bola terbaik untuk smartphone dan diubah menjadi games sepakbola biasa kembali. Semua serba tanggung dan membuatnya menjadi versi games FIFA yang paling tidak menyenangkan.

Kenapa saya bilang tanggung, kalo memang ingin mengutamakan konsep CCG masih banyak game CCG lain yang tidak hanya mengandalkan bayar banyak untuk bisa beli kartu bagus dan menang. Jika lebih tertarik untuk menjadi manajer, mengatur tim dan membangun tim ada game PES Club Manager yang interfacenya jauh lebih menarik dan mengandalkan statistik pemain bukan hanya chemistry. Kalo kalian rindu dengan games sepakbola smartphone yang asyik, saya masih tetap rekomendasikan yang terbaik yaitu versi FIFA 14.

FIFA 16 Ultimate Team

SPESIFIKASI

Genre Casual
Operating System Android & iOS
Publisher ELECTRONIC ARTS
Updated October 5, 2015
Size 1.3 GB
Install 1,000,000 – 5,000,000
Current Version 2.0.104816
Requires Android 4.4 and up
Content Rating Rated for 3+
Price Gratis (In App Purchase Rp. 12,000 – Rp.1,199,000)
Download Link Google Play Store & App store

USER REVIEWS

sort by | date | rating
0.0
#13 fifa 16 ultimate team – review game 21 | GIBRAN AIRLANGGA 05 Apr 16, 11:14
[…] sumber […]