ArenaLTE.com – Game Angry Birds, pertama kali diluncurkan pada Desember 2009. Dan sejak saat itu telah berhasil mengumpulkan lebih dari 100 juta download di google play store dan mendapatkan hampir 3 juta review dengan bintang 5. Aplikasi inipun berubah menjadi casual game yang paling populer dan belum ada yang berhasil menyainginya sejak 6 tahun terakhir.

Selama 6 tahun perjalanannya, kita sudah banyak melihat Angry Bird dalam berbagai versi sebut saja Angry Birds Seasons, Space, Star Wars, Star Wars 2, Epic, Transformers, GO, Friends dan VR, namun itu semua hanya tema, bukan merupakan versi baru dari Angry Birds. Kini Awal Agustus 2015 menjadi sejarah baru bagi Angry Birds dengan menghadirkan versi keduanya melalui Angry Birds 2.

Angry Birds 2Setup Angry Birds 2

Disediakan secara gratis di Google Play Store dan App Store, file berukuran 75 MB berubah menjadi 124 Mb ketika selesai terinstal dalam Android. Setelah terinstal proses loading game ini juga cukup berat karena butuh waktu cukup lama sampai benar-benar loading sempurna. Dan tidak seperti biasanya, skema memainkan Angry Birds 2 sepertinya dibuat berbeda. Hal ini menurut saya yang menjadi kekurangan Rovio pada Angry Birds 2 ini. Masih ingat, original Angry Birds pertama hadir dengan skema pembayaran sekali bayar USD0,99 selanjutnya memperoleh ratusan level tambahan gratis selama setahun.

Angry Birds 2 berbeda, dan terkesan lebih agresif dengan skema pembayaran freemium. Untuk memainkan Angry Birds 2 kita disediakan 5 nyawa, setelah menghabiskan nyawa permainan 5 kali, kita harus menunggu selama 30 menit untuk memperoleh kembali setiap nyawa yang hilang tersebut.

Kita juga bisa menghidupkan kembali semua nyawa dengan membayar sekitar USD0.5, metode ini memang memberi pemasukan bagi Rovio namun mengurangi keseruan memainkan Angry Birds 2 ini meskipun disediakan pilihan untuk membeli keseluruhan permainan dengan merogoh kocek sekitar USD1 hingga USD5.

Angry Birds 2Fitur Angry Birds 2

Ketika memainkan Angry Birds 2 kita akan segera menyadari perbedaan dari versi Angry Birds baru ini dan kita baru merasakan perbedaannya ketika memainkannya. Beberapa fitur terbaru yang belum ada sebelumnya antaralain yaitu :

Mengatur Urutan Burung
Setiap memulai tahap permainan, kita boleh menggunakan semua burung yang tersedia untuk menyerang. Yang membuatnya berbeda yaitu tampilannya muncul dalam bentuk kartu di pojok kiri bawah, dan Rovio memperboleh kan kita menggunakan jagoan burung yang kita ingin gunakan terlebih dahulu.

Setiap Tahap Ada Tingkatan Level
Jika biasanya hanya memainkan satu skenario saja, Angry Birds 2 menghadirkan beberapa level permainan dalam satu tahap. Biasanya disediakan 2 hingga 4 level, jadi di level yang sama setelah menghancurkan satu bangunan kita akan dibawa ke tampilan bangunan berikutnya untuk dihancurkan menggunakan burung yang sesuai dengan strategi kita. Jangan sampai kehabisan penyerang sebelum sampai ke level berikutnya.

Si Red Punya Senjata Pamungkas
Pada Angry Birds sebelumnya Red tidak memiliki kemampuan ekstra seperti chuck atau yang lainnya. Di Angry Birds 2, Red memiliki kemampuan shock waves yang bisa menghancurkan segala sesuatu di depannya.

Jagoan Baru, “Gray Bird”
Ada yang menyebutnya silver dan juga gray karena warnanya yang abu-abu. Namun yang pasti jagoan baru ini hebat, cukup terbangkan burung ini ke berbagai arah dan tap layar untuk membuatnya menukik dan menghancurkan segala sesuatu dibawahnya.

Spells! (Mantra)
Angry Birds sebelumnya identik dengan “Mighty Eagle” yang memungkinkan kita untuk menghancurkan semua musuh babi hijau ketika situasi sedang sulit. Kini dengan fitur baru “Spell” meskipun tidak semuanya berhasil tapi mampu memberikan efek penghancur yang bagus untuk meyelesaikan level.

Tersedia beberapa spell menarik seperti menciptakan hujan dengan bebek kuning, membuat babi mengembang, mengubah semua blok menjadi es dan mengubah babi menjadi bom, dan tentu saja Mighty Eagle tetap ada.

Bos Musuh
Setiap beberapa stage, kita harus menghadapi bos musuh. Biasanya berbentuk babi hijau yang lebih besar dan lebih culit untuk dikalahan. Kita tidak bisa membasmi nya hany dengan satu serangan dibutuhkan bantuan dengan serangan kreatif memanfaatkan sekitarnya.

Berkompetisi Dengan Pemain lain
Angry Birds kini bukan hanya sekadar single player game, Rovio menambahkan Arena untuk membuat game ini menjadi lebih social dan berinteraksi dengan pemain lainnya. Untuk mengaktifkan fitur ini kita harus melewati 25 stage terlebih dahulu. Arena ini merupakan mode yang endless dan bisa diakses sekali setiap harinya.

Angry Birds 2Interface Angry Birds 2

Tidak jauh berbeda dengan Angry Birds versi pertama, tugas utama kita yaitu membasmi gerombolan green pig yang mencuri telur dengan menghancurkan struktur bangunan tertentu sebagai markas mereka. Nilai yang kita peroleh ditentukan oleh kreatifitas penggunaan jagoan burung dan tingkat kerusakan struktur bangunan dan ditentukan dengan jumlah bintang (terbaik 3 bintang).

Setiap jagoan burung memiliki kemampuan yang berbeda-beda dan mirip dengan versi Angry Bireds sebelumnya. Disediakan 240 stage untuk diselesaikan belum lagi tambahan permainan di Arena dan bisa membandingkan perolehan nilai dengan pemain Angry Birds 2 lainnya.

Angry Birds 2 menggunakan “Gems” yang menjadikannya penting ketika memainkan game ini terutama untuk level yang semakin sulit. Sangat mudah kehabisan nyawa ketika tidak mampu menyelesaikan stage padahal yang tersedia hanya 5 nyawa. Gems ini digunakan untk mengembalikan 5 nyawa yang hilang tersebut daripada harus menunggu 30 menit untuk kembali memainkannya.

Tidak ada tampilan berarti yang berubah kecuali desain level dan stage, tampilannya masih mirip dengan versi sebelumnya. Dan strategi permainan masih sama, “mencari spot area yang paling lemah dari struktur bangunan dengan jagoan burung yang tepat” untuk meraih 3 bintang.

Namun ada hal yang unik, yaitu Angry Birds 2 akan meletakkan posisi babi hijau yang berbeda jika kita mengulang level yang sama beberapa kali, tidak hanya posisi, tampilan desain termasuk tipe jagoan burung juga akan berbeda. Kedatangan musuh utama (bos) juga unik, terkadang datang dengan sebuah kapal laut yang bisa terbang atau balon terbang.

Angry Birds 2Meskipun tahapan permainan tidak jauh berbeda, namun tampilan stage masih menyenangkan untuk dimainkan, bahkan ada beberapa mekanikal baru yang unik dan belum pernah ada sebelumnya. Seperti portal yang bisa mengarahkan puing, kipas raksasa dan bunga pemakan burung dan memuntahkannya kembali. Stage yang lebih dari satu cukup memberikan rasa tegang tersendiri, apalagi ketika jagoan burung kita hanya tinggal satu ketika memasuki level berikutnya. Selain itu sepertinya terjadi beberapa perbaikan seperti lontaran burung yang semakin baik dari sebelumnya, dengan kecepatan grafis 60 fps mampu menampilkan efek ledakan yang bagus termasuk efek babi hijau yang terbang kearah layar menjadi keunikan tersendiri angry Birds 2 ini.

Angry Birds 2Performance

Secara keseluruhan, Sekuel Angry Birds ini merupakan game yang sangat menyenangkan untuk dimainkan apalagi jika kalian penggemar game casual. Nilai klasik masih dipertahankan dan terasa kental dengan beberapa tambahan perbaikan fitur menjadikannya tetap unik dan segar.

Keseluruhan gameplay juga terasa perbaikannya dengan tampilan animasi yang lebih baik dan grafis yang juga mengalami peningkatan yang signifikan. Perubahan yang paling saya sukai yaitu strategi kita bebas memilih burung yang akan menyerang terlebih dahulu. Dengan skema kartu dan tambahan level skenario dalam satu stage juga menjadikannya lebih menantang.

Satu hal yang kurang asyik menurut saya adalah sistem monetized yang dilakukan Rovio dalam Angry Birds 2 ini. Menggunakan mata uang “gems” dan pembatasan 5 nyawa untuk memainkan game benar-benar menghilangkan kesenangan mamainkan game ini. Meskipun ini cara agar Rovio bisa mendapatkan lebih banyak uang, namun saya cenderung lebih suka memilih skema sekali beli untuk keseluruhan level dan bebas bermain sepuasnya.

Angry Birds 2

SPESIFIKASI
Genre Casual
Operating System Android dan iOS
Publisher Rovio Entertainment Ltd.
Updated September 14, 2015
Size 75 Mb
Install 10,000,000 – 50,000,000
Current Version 2.1.1
Requires Android 4.0 and up
Content Rating Rated for 3+
Price Free (In App Purchase)
Download Link Play Store & App Store