Bootstrap Slider
Home > Review > Aplikasi > WPS Office: Aplikasi Olah Dokumen Paling Komplit

WPS Office: Aplikasi Olah Dokumen Paling Komplit

RELATED REVIEWS

Review Aplikasi MySmartfren: Permudah Nikmati Layanan 4G LTE
Aplikasi Lagidi: Info Event Hiburan dan Promo Terbaru Dalam Smartphone  
SHAREit, Solusi Transfer File Cepat Antar Gadget
Doctor Gratis Plus, Konsultasi Dokter Secara Virtual
StealthChat: Solusi Chatting Dan Telepon Anti Sadap Buatan Indonesia
Google Photos: Solusi Instant Backup dan Edit Foto Sekaligus
Game Recorder+: Screen Recorder Buatan Samsung Khusus Game
MySmartfren, Solusi Pelanggan Menikmati Semua Layanan Smartfren
PLUS
/ WPS Office ini memiliki fitur editing bawaan yang dilengkapi dengan tambahan fitur yang sangat bermanfaat semuanya menjadi satu paket aplikasi gratis
MINUS
/ Tidak tersedianya fitur advance seperti template. Dan aplikasi untuk smartphone memiliki layout yang membingungkan
EDITORS' RATING
8.4
OVERALL
INSTALASI/ SETUP 9
FITUR & SUPPORT 8
INTERFACE 7
KINERJA / KUALITAS 9
VALUE FOR MONEY 9
USER'S RATING
0.0
OVERALL
INSTALASI/ SETUP 0.0
FITUR & SUPPORT 0.0
INTERFACE 0.0
KINERJA / KUALITAS 0.0
VALUE FOR MONEY 0.0
Add User Review

ArenaLTE.com – WPS Office merupakan salah satu aplikasi mobile office terbaik yang bisa di-download untuk smartphone. Pertama kemunculannya aplikasi mobile office ini bernama Kingsoft Office dan kini di-upgrade dengan berbagai pembaharuan dan berganti nama menjadi WPS Office.

Aplikasi buatan sebuah developer asal China bernama Kingsoft ini memang sangat populer di kawasan dunia bagian timur. Namun kini berkat para penggemar setianya, plikasi WPS Office perlahan-lahan mulai digemari oleh para pengguna smartphone di AS. Seperti apa kemampuannya? Simak review aplikasi WPS Office berikut ini:

WPS OfficeKemampuan yang dimilikinya menyerupai aplikasi mobile office kompetitor lain yang menawarkan berbagai tools yang akan membantu kita membuat dan mengedit dokumen, tabel dan bahan presentasi. Dan yang paling menarik adalah aplikasi WPS Office ini dapat diperoleh secara gratis dan tidak memerlukan account untuk menggunakan WPS Office cukup download dan langsung bisa digunakan. Hal ini yang membedakannya dengan Microsoft Office dan Google Drive yang membutuhkan account untuk log in.

Setup WPS Office

WPS Office bisa diperoleh secara gratis di Google Play Store dan iOS. Dengan ukuran file sekitar 50 MB saja menjadikan WPS Office hanya berukuran seper sepuluh saja dibandingkan dengan software office lainnya. Hanya menghabiskan kapastias memori sedikit saja menjadikan WPS Office dapat bekerja dengan cepat dan merespon dengan baik dibandingkan aplikasi office lainnya.

WPS OfficeKini versi terbaru WPS Office mendapatkan update terbaru dengan kemampuan integrasi dengan Dropbox. WPS Office memiliki beberapa perbedaan antara tampilan di smartphone dengan tablet. WPS Office versi tablet memiliki tampilan layout yang intuitif dan performa yang lebih halus jika dibandingkan dengan WPS versi smartphone yang memiliki sedikit tools edit.

Aplikasi WPS Office menggabungkan tiga program ke dalam satu paket yaitu Writer, Presentation dan Spreadsheet (WPS). Tidak perlu mengunduh ketiga perogram tersebut satu persatu seperti yang ditawarkan Microsoft Office atau Google, WPS Office bisa jadi solusi tepat untuk mengolah dokumen pekerjaan.

WPS OfficeInterface WPS Office

WPS Office memiliki tampilan layout yang bersih, simpel dan sederhana yang memudahkan proses editing dokumen dengan perangkat mobile. Desainnya menyerupai gaya Microsoft Office dengan toolbar warna di bagian atas yang menyediakan berbagai pilihan editing. Tersedia juga tab untuk tools yang berbeda-beda seperti File, Insert dan View. Dan jika kita sudah akrab dengan berbagai program kantoran tidak akan sulit mengoperasikan WPS Office ini.

Tampilan halaman utama aplikasi WPS Office menunjukkan tampilan file dokumen yang baru-baru ini dibuka dan menu bar di sisi kiri. Gesek ke kiri untuk berpindah ke menu membuka dokumen dan membuat dokumen baru baik itu dokumen teks baru, spreadsheet atau presentasi. WPS Office juga memiliki kemampuan kompatibilitas penunh dengan berbagai format file buatan microsoft dan Google Docs seperti Docx atau Gsheet

WPS Office

Dan update terbaru WPS Office ini memiliki kemampuan integrasi dengan Dropbox, sehingga kita dapat melihat dan mengedit file yang tersimpan di akun Dropbox kita tersebut. Selain itu kita juga bisa terkoneksi dan menyimpan file mengunakan berbagai aplikasi cloud lainnya seperti Box, Google Drive, onedrive dan Evernote.

Masih di area menu bar juga tersedia tab File yang memungkinkan kita untuk akses cepat membuka file ketika sedang mengoperasikan menu lainnya. Selain itu fitur ini sangat bermanfaat untuk membuka beberapa file sekaligus dan berpindah ke file yang terbuka tersebut dengan mudah menggunakan tab file ini. Ketika kita menutup salah satu file dokumen maka otomatis akan hilang dari daftar tab file ini.

WPS-Office-(6)Kingsoft mampu menghadirkan aplikasi WPS Office yang dapat beroperasi dengan lancar, terlihat ketika kita mencoba mengedit dokumen menggunakan layar sentuh, cukup gunakan jari, pinch untuk melakukan zoom, memilih teks yang akan diedit dan mengedit gambar.

Kkita juga bisa menggunakan jari dan menu pen tool untuk menggambar dan memberi highlight. Menggeser jari di layar akan mengubah ukuran margin, mengubah ukuran foto dan termasuk memilih kolom di spreadsheet. Prosesnya responsif dan terasa sangat mudah.

Fitur Tools Edit WPS Office

WPS Office memiliki semua fitur yang sudah akrab dengen kita di berbagai software office yang dapat membantu kita untuk membuat dan mengedit dokumen kantoran melalui tablet atau smartphone.

Selain beberapa fitur standar seperti mengubah ukuran font dan Style, menambahkan slide kedalam resentasi dan membuat formula di Spreadsheet, WPS Office memiliki beberapa fitur canggih. Di antaranya yaitu melacak perubahan yang terjadi di dalam dokumen, melakukan printing wireless tanpa kabel menggunakan Google Cloud Print, mengenkripsi file untuk menguncinya agar aman termasuk menginstall font baru.

Program Spreadsheet di WPS Office ini memiliki kemampuan dan formula untuk tampilan grafik. Sementara program Presentation memiliki mode presenter yang dapat memainkan slideshow dengan laser pointer kita juga menggambarnya di layar smartphone.

WPS OfficeProgram writer juga memiliki kemampuan yang unik yaitu tampilan ketika membaca halaman seperti layaknya membalik halaman sebuah buku. WPS Office juga dilengkapi dengan PDF viewer namun hanya bisa digunakan untuk membaca file PDF.

Dibalik beberpa keunggulan yang dimilikinya, WPS Office juga memiliki beberpa kekurangan seperti tidak tersedianya template untuk berbagai tipe dokumen. Namun demikian kita bisa mendapatkannya dengan mendowmload langsung di Kingsoft website dan menginstalnya kedalam smartphone. Beberapa fitur yang tidak kita temui di WPS Office lainnya yaitu animasi dalam tools presentasi.

WPS OfficePerformance

Aplikasi Mobile Office memang banyak tersedia di Playstore. Namun WPS Office berhasil menuai pujian dari banyak orang. Setelah saya mencoba langusng ternyata memang pantas aplikasi mobile office ini menjadi salah satu yang paling favorite.

Dengan tampilan yang bersih dan warna yang lembut, toolbar editing yang tersedia juga mudah dioperasikan. Kita juga bisa menggunakan file dokumen kantoran format lainnya seperti Google Docs atau Microsoft Office dengan WPS Office ini. WPS Office versi tablet masih jauh lebih baik daripada smartphone.

Sebagai pengolah dokumen kantoran, WPS Office merupakan pilihan dan solusi yang tepat karena memiliki semua fasilitas dan fitur yang dibutuhkan dan menjadikannya dalam satu paket aplikasi komplit. Namun menggunakan aplikasi ini akan terasa rumit dan complicated jika kebutuhan kita hanya untuk membuat catatan singkat dan cepat saja. Karena yang kita butuhkan adalah aplikasi sederhana seperti Evernote atau Google Keep.

WPS Office

SPESIFIKASI

Kategori Business
Operating System Android dan iOS
Publisher Kingsoft Office Software Corporation Limited
Updated September 22, 2015
Size 50 Mb (Tergantung device)
Install 50,000,000 – 100,000,000
Current Version 2.1.1
Requires Android 4.0 and up
Content Rating Rated for 3+
Price Free
Download Link Play Store & App Store

 

USER REVIEWS

sort by | date | rating