ArenaLTE.com – Popularitas perangkat GPS dalam 10 tahun terakhir mengalami tekanan pasar akibat semakin canggihnya smartphone. Bahkan perangkat GPS TomTom Go yang sudah mulai beralih untuk menjadi penyedia layanan dan pemasok data. Setelah berkomitmen untuk menyediakan layanan bagi GPS bagi pengguna iOS dan memasok data untuk Apple Maps, kini aplikasi terbaru  TomTom GO Mobile app kini tersedia untuk Android. Aplikasi GPS yang menjadikan Android semakin bergengsi ini dapat menjadi pemandu jalan yang baik, dengan fitur premium yang ditawarkannya pengguna bebas menikmati layanan ini hingga 75 km setiap bulan. Lengkap dengan data lalulintas. Namun jika pengguna ingin bergerak lebih jauh harus berlangganan dengan harga paket berlangganan setahun sekitar US$ 22,99 atau $51,99 selama 3 tahun.

Desain & Setup

Jika sudah pernah menggunakan perangkat GPS TomTom Go maka tidak akan asing lagi dengan tampilan interface aplikasi ini. Cukup dengan sekali melihatnya, tampilan, harmonisasi streaming dan fitur peta yang ditampilkan sangat serupa, sepertinya memang dirancang seotentik mungkin dengan interface di perangkat GPS TomTom Go.

Tidak seperti solusi pemetaan Google, seluruh peta dapat didownload untuk digunakan secara offline, dan Anda dapat memilik kombinasi peta yang inginkan. Yang perlu diperhatikan adalah ukuran file nya yang cukup besar hingga lebih dari 5 Gigabyte data. Ada lebih dari 111 data peta negara yang terinstal dan dapat digunakan termasuk Eropa, Afrika, Australia, Selandia Baru dan Asia Tenggara.

Tomtom Go Mobile

Fitur

Fitur yang ditawarkan aplikasi TomTom GO Mobile ini cukup komplit jika dibandingkan dengan fitur navigasi yang ada, karena didalamnya bahkan bisa ditampilkan kondisi lalu lintas dan kamera keamanan secara real time dan juga peringatan untuk kondisi tertentu.Fitur ini selalu tersedia secara real-time, dan mereka akan ditampilkan pada layar ketika smartphone memiliki koneksi data. Tempat menarik POI (Point Of Interest) juga ditampilkan, lengkap dengan lokasi parkir dan SPBU dipeta ketika pengguna membutuhkannya.

Menariknya, lagi daftar kontak telepon juga dapat ditandai pada peta, jadi jika Anda memiliki teman atau saudara yang tinggal di kota, Anda dapat dengan mudah melakukan rute navigasi ke lokasi dari daftar kontak smartphone menggunakan fitur routing app. Selain itu, rute berkendara yang paling sering dilakukan juga dapat ditambahkan ke menu Rute saya, sedangkan rute yang baru dan kontak lain, lokasi yang ditandai akan terletak di My Places.

Rute yang akan ditempuh juga dapat disesuaikan untuk menghindari jalan raya, jalan beraspal, jalan tol dan jalur carpool, termasuk memilih rute tercepat, terpendek atau yang paling ramah lingkungan. Dalam pengaturan standar, aplikasi ini akan menanyakan kepada pengguna apakah ingin beralih ke jalur yang lebih cepat ketika tersedia, dan untuk fitur ini pengguna dapat mengubahnya dan melakukan pengaturan agar berpindah secara otomatis atau bahkan tidak menawarkan pilihan tersebut sama sekali.

Interface TomTom Go Mobile

Tampilan peta mampu menyajikan informasi dan tampilan yang baik. Garis merah menggambarkan kondisi lalu lintas yang paling lambat. Pop up lampu merah dan melambatnya kecepatan kendaran muncul dengan POI (Point Of Interest). Go Mobile ini dirancang untuk memberikan rute berdasarkan kriteria apa pun yang dipilih, dan setiap rute menyajikan beberapa alternative untuk menghindari kemacetan lalu lintas.

Misalnya jika ingin menghindari jalan raya, namun masih ingin melalui rute tercepat pada jam sibuk, aplikasi ini tidak langsung mengarahkan untuk menghindari jalan utama dan beralih ke sisi jalan untuk jalur yang lebih cepat. Namun sayangnya, routing dan informasi kontekstual sangat bergantung pada sambungan data, jadi jika berada di lokasi blank spot atau terjadi permasalahan dengan koneksi data maka peta tidak akan berfungsi.

Tomtom Go MobilePerformance

Meskipun sangat mengandalkan koneksi data berkecepatan tinggi, tampilan peta tetap dapat diandalkan untuk membuat rute perjalanan termasuk kemampuan untuk melakukan zoom in ketika ada putaran balik, persimpangan, jalan landai dan lain sebagainya lengkap dengan informasi peringatan arah yang harus diambil. Menggunakan Samsung Galaxy S6, melewati rute berjarak sekitar 15 kilometer bolak-balik dengan trafik lalu lintas yang sedang, menghabiskan sumber daya baterai lebih dari 30%. Jadi sebaiknya ketika menggunakan aplikasi ini, smartphone terkoneksi dengan sumber tenaga yang konstan dan stabil karena aplikasi ini benar-benar menguras energi baterai.

Specifications
Genre                   : Travel & local
Operating System   : Android & iOS
Publisher               : TomTom International BV
Updated                : April 21, 2015
Size                      : 90Mb
Installs                  : 1,000,000 – 5,000,000
Current Version       : 1.5
Requires Android      : 4.0.3 and up
Download Link         : Google Play
Source                   : http://tomtom.com/19212