Bootstrap Slider
Home > Review > Aplikasi > Swiftkey Keyboard, Modifikasi Keyboard Smartphone Android

Swiftkey Keyboard, Modifikasi Keyboard Smartphone Android

RELATED REVIEWS

Review Aplikasi MySmartfren: Permudah Nikmati Layanan 4G LTE
Aplikasi Lagidi: Info Event Hiburan dan Promo Terbaru Dalam Smartphone  
WPS Office: Aplikasi Olah Dokumen Paling Komplit
SHAREit, Solusi Transfer File Cepat Antar Gadget
Doctor Gratis Plus, Konsultasi Dokter Secara Virtual
StealthChat: Solusi Chatting Dan Telepon Anti Sadap Buatan Indonesia
Google Photos: Solusi Instant Backup dan Edit Foto Sekaligus
Game Recorder+: Screen Recorder Buatan Samsung Khusus Game
PLUS
/ Merupakan aplikasi keyboard smartphone paling favorit, tampilan yang responsif untuk mempercepat dan mempermudah pengetikan tulisan. Dilengkapi juga dengan built in dictionari dengan bahasa Indonenesia.
MINUS
/ Instalasi agak rumit dan membutuhkan pengaturan ekstra agar menjadi keyboard default, hal ini yang menyebabkan pengguna lainnya langsung menguninstalnya.
EDITORS' RATING
7.2
OVERALL
INSTALASI/ SETUP 5
FITUR & SUPPORT 8
INTERFACE 7
KINERJA / KUALITAS 8
VALUE FOR MONEY 8
USER'S RATING
0.0
OVERALL
INSTALASI/ SETUP 0.0
FITUR & SUPPORT 0.0
INTERFACE 0.0
KINERJA / KUALITAS 0.0
VALUE FOR MONEY 0.0
Add User Review

ArenaLTE.com – Bosan dengan tampilan keyboard virtual smartphone Android standar? Atau selalu mengalami Typo (salah ketik) waktu ngebut ngetik saat chatting? Sepertinya Swiftkey keyboard bisa jadi solusi paling tepat untuk kalian. Seperti namanya, aplikasi SwiftKey Keyboard ini merupakan aplikasi khusus keyboard layar sentuh untuk smartphone. Tampilan dan kinerja keyboard yang responsif menjadi faktor penting bagi sebuah smartphone sebagai input utama tulisan ketika menulis pesan melalui aplikasi Whatsapp, BBM, ataupun email. Swiftkey keyboard menawarkan berbagi kemudahan yang akan membantu kalian semakin mudah untuk mempercepat ketik tulisan dan menghemat waktu tanpa khawatir salah ketik.

Setup

Proses instalasi swiftkey keyboard untuk android ini agak rumit, tidak jarang pengguna yang mencoba aplikasi ini akan langsung membuangnya karena rumit. Namun sebenarnya tidak serumit itu, pertama download dan install Swiftkey keyboard dari Google Play Store atau App Store, aplikasi ini gratis dan tersedia fitur berbayar didalam aplikasi untuk menambahkan beberapa fasilitas tambahan (in app purchase).

Setelah proses instalasi sempurna jalankan aplikasi Swiftkey keyboard, setiap konfirmasi yang muncul tap saja tombol OK dan ikuti prosedur yang diminta. Swiftkey keyboard juga akan menjalankan prosedur tutorial untuk memberitahu kalian bagaimana cara menggunakan keyboard ini secara sempurna. Langkah paling penting dalam setup ini yaitu menjadikan aplikasi Swiftkey Keyboard sebagai default keyboard. Langkah ini harus dilakukan agar setiap kali kita ingin mengetik, swiftKey keyboard yang muncul bukannya keyboard standar bawaan Android. Caranya yaitu masuk ke menu setting pilih Language & Input (pengaturan bahasa dan input) lalu pilih Swiftkey keyboard (beri centang).

SwiftKey keyboard juga tersedia gratis bagi pengguna iPhone, iPad dan iPod touch dengan iOS 8, setelah terinstal masuk ke menu Settings, klik General, Keyboard, dan Add New Keyboard. Masukkan SwiftKey Keyboard dengan meng klik dan mengaktifkan enable, untuk menjadikannya sebagai default keyboard klik Edit dan drag it ke urutan daftar paling atas.

Swiftkey keyboard-3

Fitur Swiftkey Keyboard

Kustomisasi swiftkey keyboard bebas dilakukan menggunakan SwiftKey keyboard, disediakan hingga lebih dari 69 bahasa berbeda, 6 jenis keyboard dan 11 themes keyboard. Termasuk juga kemampuan mengatur vibrasi (getaran) ketika menyentuh tombol keyboard, pengaturan speed long-press dan merubah fungsi spacebar. Fungsi spacebar pada keyboard SwiftKey dapat berfungsi menjadi 3 hal yaitu sebagai tombol spasi, tombol pelengkap kata atau tombol untuk memasukkan prediksi kata. Swiftkey keyboard juga memberi kebebasan untuk mengatur bentuk layout dan lokasi keyboard yang diinginkan. Layout standar keyboard Android umumnya berbentuk QWERTY, kalian bisa merubahnya menjadi keyboard dengan layout AZERTY, Colemak, Dvorak, QWERTZ, dan QZERTY. Jadi ketika anda kurang nyaman dengan tampilan standar dari keyboard biasanya, kalian bisa coba-coba menggunakan layout yang lain. Swiftkey keyboard juga memfasilitasi pengguna dengan kebiasaan berbeda, seperti misalnya orang kidal sehingga penggunaan keyboard bisa optimal dan senyaman mungkin.

Swiftkey keyboardInterface

Khusus untuk input bahasa dan prediksi kata, bahasa standar yang digunakan adalah bahasa Inggris namun dapat diubah sesuai dengan bahasa yang digunakan. Tradisional taping keyboard yaitu input yang digunakan selain standar mengetikkan setiap tombol huruf untuk mengetik tulisan, menggunakan voice (suara), atau metode gesture atau yang dikenal dengan sebutan Swiftkey Flow. Swiftkey flow ini menawarkan metode input kata dengan fitur penulisan rangkaian kata menggeser jari ke setiap huruf menuju huruf lainnya tanpa putus yang ingin dituliskan. Misalnya kita ingin menuliskan kata “hello”, berarti kita hanya perlu menyentuh huruf h, lalu menggeser jari tanpa mengangkatnya dari layar ke arah huruf e, lalu l dan o. secara otomatis aplikasi ini akan membaca rangkaian tersebut sebagai suatu kata “hello”.

Swiftkey juga dilengkapi dengan built-in Dictionary yang akan merekam aktifitas penggunanya ketika menggunakan sosial media, e-mail dan pesan teks lainnya. Swiftkey juga memiliki kemampuan untuk mendeteksi kebiasaan penggunanya, dan merekam berbagai gesture pengetikan termasuk kecepatan ketik penggunanya. Bahkan SwiftKey keyboard memberikan informasi rekomendasi efisiensi pengetikan yang kita lakukan selama menggunakan aplikasi ini termasuk didalamnya distanced flowed, keystrokes saved, typos corrected, words flowed, words predicted, dan words completed. Dan fitur yang paling menarik menurut saya dari aplikasi ini yaitu “typing heat map” yang akan menampilan kalimat yang paling sering kita gunakan.

Swiftkey keyboard-4

Performance

Dengan berbagai fitur dan kelebihan yang ditawarkannya, SwiftKey keyboard menurut saya merupakan salah satu aplikasi keyboard paling komplit yang pernah saya coba. Pada awal kemunculannya apalikasi ini berbayar dengan harga sekitar 50 ribuan rupiah, namun kini digratiskan dengan opsi in app puchase sangat wajar jika aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi keyboard paling populer di Google Play. Dengan kemampuan prediksi kata yang cerdas menjadikannya sebagai pilihan utama para pengguna smartphone, secara keseluruhan SwiftKey keyboard ini nyaman digunakan, performanya bagus dan responsif sangat membantu mempercepat kinerja pengetikan tulisan melalui smartphone.Swiftkey keyboard

SwiftKey keyboard juga menawarkan solusi bagi kalian yang sering berganti smartphone atau memiliki smartphone labih dari satu. Swiftkey keyboard ini terintegrasi dengan akun pribadi kita dan semua data akan tersimpan secara cloud didalam akun tersebut. Jadi selama kita menggunakan akun yang sama, maka swiftkey juga memberikan fitur dan pengaturan layanan yang sama pula. Tidak hanya SwiftKey keyboard saja, beberapa aplikasi serupa dengan SwiftKey Keyboard Android adalah Swype Keyboard, ai.type Keyboard Plus, atau DU Battery Saver PRO & Widgets.

Specifications
Genre                            : Productivity
Operating System            : Android & iOS
Publisher                        : SwiftKey
Updated                         : July 23, 2015
Size                              : 8,1 Mb
Installs                          : 10,000,000 – 50,000,000
Requires Android              : 2.3 and up
Download Link                 : Google Play

USER REVIEWS

sort by | date | rating