Bootstrap Slider
Home > Review > Aplikasi > StealthChat: Solusi Chatting Dan Telepon Anti Sadap Buatan Indonesia

StealthChat: Solusi Chatting Dan Telepon Anti Sadap Buatan Indonesia

RELATED REVIEWS

Review Aplikasi MySmartfren: Permudah Nikmati Layanan 4G LTE
Aplikasi Lagidi: Info Event Hiburan dan Promo Terbaru Dalam Smartphone  
WPS Office: Aplikasi Olah Dokumen Paling Komplit
SHAREit, Solusi Transfer File Cepat Antar Gadget
Doctor Gratis Plus, Konsultasi Dokter Secara Virtual
Google Photos: Solusi Instant Backup dan Edit Foto Sekaligus
Game Recorder+: Screen Recorder Buatan Samsung Khusus Game
MySmartfren, Solusi Pelanggan Menikmati Semua Layanan Smartfren
PLUS
/ Sangat aman dari penyadapan. Terutama untuk chatting dan telepon rahasia karena data akan langsung dihapus otomatis dan tidak disimpan di server developer.
MINUS
/ Butuh ekstra waktu dan pengaktifan password ketika mulai menggunakan aplikasi ini. Rumitnya proses registrasi pada penggunaan pertama kali maupun kesulitan teknis lainnya menyebabkan pengguna pada akhirnya tidak tertarik untuk menggunakannya. Jug abelum ada fitur Groupchat.
EDITORS' RATING
7.5
OVERALL
INSTALASI/ SETUP 6
FITUR & SUPPORT 8
INTERFACE 7
KINERJA / KUALITAS 8
VALUE FOR MONEY 8.5
USER'S RATING
0.0
OVERALL
INSTALASI/ SETUP 0.0
FITUR & SUPPORT 0.0
INTERFACE 0.0
KINERJA / KUALITAS 0.0
VALUE FOR MONEY 0.0
Add User Review

ArenaLTE.com – Di Indonesia, isu sadap menyadap semakin popular di lingkungan lembaga pemerintahan, mulai dari KPK, departemen-kementerian hingga lingkungan lembaga pemerintahan waspada akan penyadapan. Beberapa aplikasi mulai muncul menawarkan solusi masalah keamanan ini dengan label “private” untuk chat atau panggilan yang aman, bahkan mengandalkan enkripsi sebagai pelindung data penting. Enkripsi sendiri merupakan teknologi yang digunakan oleh militer dan level elit pemerintah untuk berkomunikasi sehingga hanya pihak yang terotorisasi yang bisa membacanya.

Seiring berkembangnya teknologi dan semakin canggihnya cyber crime, teknologi enkripsi mulai diterapkan secara luas sebagai nilai tambah dari sebuah aplikasi chat guna melindungi penggunanya dari resiko kebocoran data. Rockliffe yang mengklaim berpengalaman lebih dari belasan tahun dalam pengembangan software komunikasi yang solid, akhirnya meluncurkan aplikasi chat aman di jajaran produknya yaitu StealthChat – Encrypted Calls and Chats.

Aplikasi Stealthchat karya anak bangsa ini menawarkan sebuah cara berkomunikasi yang aman dan terenkripsi baik itu menggunakan panggilan VoIP dan chatting dengan teman maupun mitra bisnis.

Salim Djundam, VP Marketing at Rockliffe ketika dihubungi ArenaLTE.com menjelaskan bahwa hingga saat ini StealthChat sudah digunakan oleh lebih dari 20.000 pengguna aktif. Lebih lanjut Salim menjelaskan alasannya memilih nama Stealthchat sebagai re-branding Stealth Messenger dan menggunakan ‘chat’ agar lebih familiar. kata Stealth sendiri identik dengan “sembunyi” yang berarti segala percakapan teks dan voice melalui Voip dapat “disembunyikan” sehingga tidak dapat diketahui atau disadap oleh orang lain.

StealthChatSetup Aplikasi Stealthchat

Proses instalasi aplikasi Stealthchat karya anak bangsa sangat mudah. Stealthchat disediakan gratis untuk pengguna smartphone Android & iOS dengan ukuran hanya sekitar 5 MB saja. Selesai proses instalasi, kita diminta untuk memasukkan nomor handphone untuk diverifikasi dan digunakan sebagai ID untuk login.

Selanjutnya kita diminta untuk memasukkan password untuk proses lock dan unlock stealthchat. Password ini akan menjadi kunci utama Anda dalam mengakses StealthChat, jadi membuat passwoard yang mudah diingat adalah kewajiban ketika mengaktifkan aplikasi ini. Pengaturan waktu kunci juga bisa ditentukan sendiri, stealthchat akan otomatis terkunci ketika posisi standby dan kondiri standby bisa diatur mulai dari never, 30 detik, hingga 5 menit.

Selain dengan password, proses penguncian juga bisa dilakukan dengan picture lock. Untuk unlock point menggunakan gambar, kita diminta untuk memilih gambar untuk proses unlock. Pengaturan penguncian dengan gambar ini cukup unik, setelah gambar dipilih sesuai keinginan, kita diminta untuk menentukan satu titik lingkaran pada gambar sebagai kode unlock. Untuk membuka nya kita harus menebak letak lingkaran tersembunyi pada sebuah foto tersebut.

StealthChatFitur Aplikasi Stealthchat

Stealthchat menawarkan fitur keamanan handal seperti Screen Lock. Fitur ini bermanfaat untuk mengenkripsi informasi pada layar sehingga siapa pun tidak akan bisa mengintip dan membaca percakapan kita. Selanjutnya fitur Burn Messages, peer to peer encryption, No trace dan screenshoot proof.

Stealthchat sendiri memiliki tiga lapis keamanan yang dapat membuat data, pesan, serta foto atau gambar yang dilakukan melalui komunikasi stealthchat ini tidak bisa dibaca atau disadap oleh pihak lain. Hanya pengirim dan penerima pesan yang sedang melakukan chat saja yang bisa bisa menerima dan membaca seluruh percakapan yang berlangsung. Meski secara teknis pesan Anda sudah terenkripsi dan tidak tersimpan di dalam server, namun bukan berarti pesan Anda sudah terbebas dari isu privasi.

Untuk mengatisipasi hal itu, pengguna StealthChat juga bisa mengatur agar setiap data komunikasi yang dilakukan baik itu berupa pesan teks, atau foto rahasia yang digunakan melalui Stealthchat agar dihapus secara otomatis menggunakan fasilitas Burn. Menggunakan timer Burn, pengguna bisa memilih percakapan apa saja yang akan tersimpan dalam chat history dan percakapan mana yang akan dihapus. Lamanya penghapusan pesan bisa diatur sesuai waktu, mulai dari 1 menit, 30 menit, 1 jam, hingga 24 jam ke depan. Fitur Burn ini sepintas mirip dengan Timed Message pada BlackBerry Messenger atau Hidden Message milik Line.

StealthChatInterface Aplikasi Stealthchat

Sesuai dengan pengaturan password, ketika selesai chatting aplikasi Stealthchat akan otomatis mengunci ketika kondisi standby. Dalam posisi terkunci semua tulisan dalam aplikasi Stealthchat yang tampil di layar smartphone terenkripsi. Termasuk daftar nama kontak di stealthchat juga terenkripsi menjadi nama yang susah dimengerti. Fungsi ini untuk mengamankan pesan dan foto dalam percakapan.

Berbeda dengan aplikasi chat aman yang cukup rumit, StealthChat adalah aplikasi chat aman dan mudah digunakan dengan privasi dan keamanan yang dibangun dari dasar. StealthChat tidak menyimpan informasi percakapan kita baik berupa pesan, panggilan, gambar, atau buku telepon kita di server. Seluruhnya terenkripsi bahkan sejak data percakapan dikirim, sehingga tidak ada yang dapat menguping komunikasi kita melalui StealthChat. Termasuk Rockliffe sebagai developer juga tidak memiliki akses untuk komunikasi yang dialakukan terhadap pengguna StealthChat.

StealthChatSalah satu cara lain menyebarkan pesan chatting adalah melalui screenshot. Nah untuk mengatasi hal ini StealthChat menyematkan fitur Screenshot-proof. Dengan fitur ini, screenshot dalam smartphone Anda tidak akan berfungsi selama percakapan. Jadi aktifitas chatting tidak akan bisa discreenshot, hal ini dilakukan untuk menghindari percakapan disebarluaskan melalui tangkapan gambar.

Dengan teknologi enkripsi yang canggih, panggilan VoIP dan berkirim pesan akan menjadi lebih private dan personal. Semua panggilan dan pesan menggunakan koneksi seluler data dan WiFi melalui StealthChat tidak dikenakan biaya tambahan. Sama seperti fitur chatnya, fitur Voip ini pun terenkripsi, sehingga percakapan tidak akan disadap oleh orang yang tidak berkepentingan, sehingga unsur private dan personal lebih dikedepankan.

Performance Aplikasi Stealthchat

Beberapa orang di Indonesia masih kurang peduli dengan faktor keamanan aplikasi messenger yang digunakannya. Selain itu, pengguna juga kebanyakan tidak peduli dan malas jika harus menghabiskan waktu mereka berkutat dengan perihal keamanan privasi pada aplikasi chat. Alasan utamanya karena aplikasi yang aman dari penyadapan memang membutuhkan effort lebih untuk mengaktifkannya dan agak sulit untuk digunakan.

Rumitnya proses registrasi pada penggunaan pertama kali maupun kesulitan teknis lainnya menyebabkan pengguna pada akhirnya tidak tertarik untuk menggunakannya. Meski begitu, aplikasi ini sangat cocok bagi kalian yang ingin melakukan percakapan secara rahasia dan bebas dari penyadapan.

Sebagai tambahan, selain bisa dipakai untuk chatting ria, StealthChat juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon via VoIP (Voice over Internet Protocol) dan tentu saja komunikasi VoIP ini juga aman dari penyadapan. Dalam waktu dekat StealthChat juga akan dilengkapi dengan fitur Group Chat.

StealthChat

Spesifikasi Stealthchat
Genre Communication, Social
Operating System Android & iOS
Publisher Rockliffe
Updated August 12, 2015
Size 5,4 Mb
Install 5,000 – 10,000
Current Version 1.2.14
Requires Android 2.2 and up
Content Rating Rated for 3+
Download Link Android & iOS

 

USER REVIEWS

sort by | date | rating
0.0
LINE Akun Resmi untuk Kota Surabaya, Medan, dan Makassar 15 Apr 16, 17:02
[…] Baca juga: StealthChat, Solusi Chatting Dan Telepon Anti Sadap Buatan Indonesia […]