Bootstrap Slider
Home > Review > Aplikasi > Periscope: Serunya Live Streaming dari Smartphone

Periscope: Serunya Live Streaming dari Smartphone

RELATED REVIEWS

Review Aplikasi MySmartfren: Permudah Nikmati Layanan 4G LTE
Aplikasi Lagidi: Info Event Hiburan dan Promo Terbaru Dalam Smartphone  
WPS Office: Aplikasi Olah Dokumen Paling Komplit
SHAREit, Solusi Transfer File Cepat Antar Gadget
Doctor Gratis Plus, Konsultasi Dokter Secara Virtual
StealthChat: Solusi Chatting Dan Telepon Anti Sadap Buatan Indonesia
Google Photos: Solusi Instant Backup dan Edit Foto Sekaligus
Game Recorder+: Screen Recorder Buatan Samsung Khusus Game
PLUS
/ Metode baru bersosial media dengan video streaming Cara mudah untuk live streaming
MINUS
/ Membutuhkan akses internet berkecepatan tinggi bisa disalahgunakan untuk hal negatif
EDITORS' RATING
8.2
OVERALL
INSTALASI/ SETUP 8
FITUR & SUPPORT 9
INTERFACE 8
KINERJA / KUALITAS 8
VALUE FOR MONEY 8
USER'S RATING
0.0
OVERALL
INSTALASI/ SETUP 0.0
FITUR & SUPPORT 0.0
INTERFACE 0.0
KINERJA / KUALITAS 0.0
VALUE FOR MONEY 0.0
Add User Review

ArenaLTE.com – Akses internet yang semakin cepat melalui koneksi jaringan LTE memberikan pengalaman baru beraktifitas di social media. Salah satunya yaitu live streaming yang bisa dilakukan melalui layar smartphone milik kita untuk dikomentari oleh teman-teman melalui twitter broadcast secara live. Untuk menambah pengalaman bersosial media streaing seperti ini, Twitter menghadirkannya melalui aplikasi terbaru mereka bernama Periscope. Melakukan streaming untuk teman-teman bisa dilakukan dengan cepat dan mudah dan mungkin saja kalian bisa menjadi artis reality show melalui live streaming Mobile Device ini.

Setup

Teknologi memang berkembang sangat cepat, aplikasi sejenis ini sudah lebih dahulu menyapa para pengguna iPhone melalui aplikasi mobile livestreaming bernama Meerkat. Sempat menjadi bahan perbincangan selama tahun 2015 ini namun popularitasnya terus menurun apalagi sejak diluncurkannya periscope yang memulai debut pertamanya di iOS dan sekarang sudah tersedia untuk pengguna Android.

Setelah diinstal, aplikasi Periscope ini bisa didownload hanya oleh Android 4.4 keatas, dibutuhkan akun Twitter untuk menggunakan aplikasi Periscope ini, proses Log in dan pengaturan account hanya butuh waktu beberapa detik saja dan selanjutnya para pengguna Android akan merasakan pengalaman baru streaming menggunakan Periscope.

periscope twitterInterface

Ketika membuka Periscope akan terlihat beberapa icon di bagian atas. Icon pertama menunjukkan streaming feeds live dan yang tersimpan dari orang lain yang kita follow. Tombol kedua menampilkan streaming feeds live dan yang tersimpan  dari pengguna twitter di seluruh dunia, disini kita akan mendapatkan berbagai pengalaman dari para pengguna periscope lain secara global.

Yang menarik yaitu, konten penting dimunculkan pada bagian depan. Dengan sangat mudah kita melakukan streaming dari berbagai aktifitas pengguna lain melalui smartphone mereka. Dan tombol terakhir menampilkan twitter teman yang kita follow di Periscope sesuai dengan pengaturan akun yang kita miliki. Kita juga bisa mencari pengguna Periscope lain tanpa harus follow mereka di Twitter.

Salah stu tombol yang dirasa hilang yaitu tombol bradcast, bukannya hilang namun Periscope menghadirkannya dengan tombol yang lebih besar di pojok kanan bawah, desain ini disesuaikan untuk memberikan kemudahan bagi para pengguna iPhone.

Fitur

Ketika proses streaming berlangsung, orang lain akan melihat persis seperti apa yang kita lihat dilayar ponsel. Sebelum memulai broadcasting atau streaming ada pilihan untuk menampilkan informasi lokasi, memposting tweet atau mengaktifkan private session, jadi broadcast streaming yang dilakukan hanya dapat dilihat oleh orang terpilih saja.

Selama proses streaming di bagian bawah akan muncul jumlah angka yang menunjukkan berapa orang yang sedang melihat langsung streaming yang sedang dilakukan. Saya pribadi sangat menyukai kesederhanaan interface dan kemudahan mengoperasikan aplikasi streaming ini. Cukup sentuh layar dua kali kamera akan berpindah dari kamera utama menjadi kamera depan, dan tombol stop broadcasting tersembunyi untuk memunculkannya cukup lakukan sliding kebawah.

Penonton streaming broadcast memiliki tampilan antarmuka yang sama bersihnya dengan host (yang melakukan video streaming) namun tombol fungsi yang disediakan berbeda. Menyentuh layar kan memunculkan animasi gambar hati, sebagai host tentu akan senang jika diberikan apresiasi seperti ini. Pononton juga dapat memberikan komentar yang akan langsung muncul di halaman broadcast ini, host juga bisa berkomentar jadi bisa sambil chatting di tampilan broadcast.

Anda dapat membatasi komentar dan hanya memungkinkan penonton yang juga menjadi follower host, langkah ini cukup bagus untuk membuat percakapan yang terjadi tetap fokus. Jadi jika ada kometar yang tidak terkendali atau diluar konteks, kita dapat memblokir mereka. Orang lain juga dapat menonton Periscope menggunakan browser, namun cara ini membuat mereka tidak akan dapat melihat komentar dan berinteraksi dengan host.

Specifications :
Genre                     : Social
Operating System   : Android & iOS
Publisher                 : Twitter, Inc.
Updated                  : May 29, 2015
Size                        : 8,1 Mb
Installs                   : 500,000 – 1,000,000
Current Version       : 1.0.1
Requires Android     : 4.4 and up
Download Link         : Google Playstore

Guide & Cheat

  • Sebagai bagian dari aplikasi Twitter, untuk mengaktifkan Periscope ini dibutuhkan akun Twitter, cukup log in dengan akun Twitter untuk dapat log in ke Periscope.
  • Akan muncul tampilan video broadcast yang dapat dilihat, kita juga bisa lihat komentar dan ikut chatting dari setiap video streaming tersebut.
  • Untuk membuat video streaming yang harus dilakukan yaitu menekan icon tombol kamera berwarna merah di pojok kanan bawah, yang peru diingat streaming video seperti ini akan menguras banyak konsumsi data jadi pastikan paket data banyak dan koneksi data cepat dan lancar.
  • Yang harus diperhatikan, beri nama video broadcast yang anda lakukan agar orang lain bisa tau yng sedang ditreaming dan bisa ikutan menonton. Atau jika memnag streaming video ini private bisa diatur hanya untuk beberapa akun terpilih saja yang bisa menonton streaming.
  • Jika sudah siap, tekan tombol merah dan Anda akan Live Broadcasting video ke seluruh dunia! Yang menarik dari aplikasi ini yaitu setiap video streaming yang kita lakukan dapat secara otomatis terkema dan tersimpan di memori Gallery.

USER REVIEWS

sort by | date | rating