ArenaLTE.com – Sebagai perusahaan teknologi, terus melakukan inovasi adalah suatu keniscayaan jika tidak ingin tergerus popularitasnya. Hal itu juga yang dilakukan Twitter agar penggunanya betah berlama-lama di dalamnya dan tidak cepat bosan. Salah satu inovasinya, hari ini perusahaan media sosial yang berkantor pusat di San Francisco, AS tersebut meluncurkan layanan terbarunya Twitter Poll.

Todd Sherman, Product Manager Twitter dalam tulisannya di blog resmi perusahaan mengungkapkan pihaknya sangat excited mengumumkan bahwa sebentar lagi semua pengguna dapat membuat polling (jajak pendapat) sendiri berkat fitur Twitter Poll. “Hanya dengan beberapa klik, Anda dapat meminta pengguna lain untuk melakukan pemungutan suara tentang berbagai hal,” ujar Todd.

Apa kegunaan dari Twitter Poll? Banyak sekali. Kita bisa mendapatkan opini publik mengenai berbagai hal dari yang remeh temeh hingga yang serius. Seperti binatang kesayangan, prediksi pemenang pertandingan, ataupun isu politik yang sedang hangat.

Sebagai tempat kerumunan yang selalu dikunjungi pengguna setiap saat, tentu Twitter menjadi salah satu medium yang efektif untuk menggelar jajak pendapat atau polling. Menurut Todd, bagi pembuat polling ini merupakan cara baru untuk berinteraksi dengan pengguna Twitter yang lebih luas serta memahami pemikiran mereka. Sedangkan bagi pemilih, ini adalah cara termudah untuk membuat suara mereka terdengar.
Baca: Kini Pelanggan Indosat Bisa Beli Paket Melalui Twitter #TwitBuy

Sebelum Twitter Poll ini diperkenalkan, cara pengguna untuk melakukan jajak pendapat sedikit rumit yakni hanya memanfaatkan fitur yang ada saat itu. Misalnya dengan membuat tweet pertanyaan, kemudian kita melacaknya dari reply atau mention. Bisa juga dengan membuat tagar tertentu seperti kebanyakan kuis media sosial yang ada saat ini. Bisa juga meminta follower untuk memilih favorit atau retweet untuk memilih. Dengan Twitter Poll, tak perlu lagi seperti itu.

 

Meski fitur Twitter Poll diumumkan hari ini, namun sebagian besar pengguna belum bisa langsung mencobanya. Twitter Poll akan segera tersedia di sistem operasi iOS, Android, dan juga dekstop di twitter.com dalam beberapa hari ke depan.

Twitter Poll
Step by step membuat jajak pendapat dengan Twitter Poll

Penulis mendapat kesempatan dari Twitter Indonesia untuk menjadi salah satu pengguna Twitter di Indonesia yang pertama kali mencicipi fitur jajak pendapat ini. Begitu mengakses Twitter dan akan menulis status, ada menu baru yakni tombol  Poll di sebelah kanan menu kamera.

 

Kita dapat menciptakan jajak pendapat dengan hanya dua pilihan saja, langsung dari kotak compose tweet. Pengguna lain dapat berpartisipasi selama 24 jam berikutnya. Dengan Twitter Poll ini, kita dapat berpartisipasi dalam jajak pendapat manapun, dan pilihan kita tidak akan terlihat secara publik. Karena yang tampil setelah memilih adalah persentase pilihan, jumlah voters dan sisa waktu jajak pendapat.

Menurut pendapat penulis, Twitter Poll ini fitur yang sangat menarik. Peneliti atau mahasiswa yang melakukan riset bisa mengadakan survei dengan cepat dan mudah. Para pelaku seni atau selebritis bisa mengetahui reaksi fans terhadap karyanya. Begitupun pelaku industri yang ingin memperoleh insight dari konsumen, dan sebagainya.