Memasuki tahun 2016 ada beberapa hal yang terpikirkan oleh saya. Seiring dengan kualitas jaringan internet Indonesia yang semakin membaik. Seiring dengan adanya layanan 4G LTE dan Fiber Optik yang menunjang kegiatan. Layanan 4G LTE dan fiber optik memberikan kecepatan internet yang lebih baik.

Dahulu ada hambatan untuk melakukan kegiatan, namun kini semua berubah. Sekarang saya bisa melakukan berbagai kegiatan dengan lebih mudah. Sayaberharap yang kegiatan itu bisa wujudkan lagi di tahun 2016 ini. Orang lain bisa mengikuti hal yang saya lakukan, sehingga hidup orang lain bisa lebih mudah dan bebas dari hambatan.

1. Kini Jarak Bukan Hambatan untuk Belajar.  

Pertama, saya ingin terus belajar dan mengasah skill yang saya miliki. Namun ada kendala saat saya harus belajar yaitu lokasi tempat belajar yang terkadang jauh. Saya yang tinggal ke Tangerang untuk menuju ke Jakarta  setidaknya membutuhkan waktu perjalanan selama dua jam.

Jarak membuat saya untuk memelih moda transportasi yang tepat.  Saya harus memperkirakan waktu di perjalanan. Ditambah dengan kemacetan di perjalanan. Dulu saya sangat mengandalkan naik angkutan bus disambung dengan angkot atau bus.  Namun kini dengan adanya layanan ojek online saya punya alternatif. Dengan ojek online saya bisa memantau posisi driver ojek berada.

Dalam acara tertentu saya beruntung, dengan adanya layanan live streaming video saat acara berlangsung. Peserta yang tidak bisa hadir bisa ikut belajar. Selain itu juga saat ini sudah banyak web seminar (webinar) yang dilakukan oleh beberapa orang. Saat ingin belajar sesuatu kini ada alternatif selain datang ke sebuah acara, menembus kemacetan ibu kota yang melelahkan.

Selain itu saya bisa belajar lewat YouTube, beragam video yang tersedia. Lewat video yang ditonton saya bisa belajar berbagai ilmu dan pengetahuan. Saat di kantor, di jalan, dan di rumah kini saya bisa belajar. Kini jarak bukan lagi hambatan untuk belajar.

Tentunya saya sangat berharap, semakin banyak lembaga pendidikan yang menyediakan layanan belajar secara online. Bagi para karyawan, mahasiswa, dan ibu rumah tangga tetap bisa belajar tanpa harus menembus kemacetan untuk sampai ke suatu tempat . Tidak ada batasan ruang untuk belajar tidak seperti dahulu. Mengutip slogan dari operator telekomunikasi “Sekarang, Bisa”. Dengan jaringan internet 4G LTE, kini jarak bukan lagi hambatan untuk belajar.

2. Kini Jarak Bukan Hambatan untuk Berkarya Lewat Pekerjaan

Kedua, seiring dengan perubahan cara bekerja masyarakat saat ini. Dengan mempertimbangkan efisiensi waktu dan melihat waktu perjalanan yang dibutuhkan untuk sampai ke tujuan. Waktu yang dibutuhkan dari kantor menuju restoran atau kantor lain untuk bertemu dengan klien. Rasanya waktu  terbuang sia-sia di jalan akibat kemacetan.

Penggunaan waktu menjadi tidak efisiennya. Untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain untuk melakukan pekerjaan butuh waktu yang lama. Bayangkan jika waktu yang digunakan untuk menghadapi kemacetan bisa digunakan untuk berkarya. Itu dahulu yang terjadi, untuk bekerja dan melakukan pertemuan harus bertemu.

Namun itu dahulu, kini ada alternative pilihan dengan layanan Video Calling dan Video Confrence. Tak hanya jarak, kapanpun bisa melakukan pertemuan. Dari rumah, kantor, mal atau dari manapun kita bisa berkomunikasi dan menyelesaikan pekerjaan. Kita bisa menghemat waktu dan menggunakan waktu untuk berkarya dan melakukan pekerjaan lain.

Berbagai aplikasi messenger, menyediakan layanan komunikasi video yang bisa dimanfaatkan. Aplikasi video conference untuk perusahaan juga tersedia. Belum lagi di saat yang darurat dan genting, yang mengharuskan melakukan pertemuan mendadak. Butuh waktu untuk mengumpulkan orang-orang. Jika menggunakan layanan video conference tentu sangat mudah. Apalagi jika pekerjaannya sudah berhubungan dengan mitra kerja yang ada di luar negeri.

Kegiatan pertemuan di kantor dan dengan klien dipermudah dengan adanya layanan video streaming. Pastinya layanan video streaming didukung dengan jaringan internet yang cepat dan stabil. Dahulu jarak dan waktu menjadi kendala untuk berkarya lewat pekerjaan, namun kini bukan halangan. Kita “Sekarang, Bisa” berkarya tanpa batasan ruang dan waktu lewat aplikasi dan jaringan internet 4G LTE.