Revolusi digital, merevolusi ekonomi Indonesia. Itulah pesan yang tertuang dalam prasasti di atas layar digital yang ditulis oleh Presiden Joko Widodo saat meresmikan 4G LTE pada November yang lalu. Digital dianggap mampu memberikan dampak yang signifikan dalam perekonomian di Indonesia. Dikutip dari http://arenalte.com/about/resolusi-digital-2016/

Sistem Digital menurut KBBI adalah Teknologi Mutakhir  sekarang, yang ditandai dengan peralatan modern seperti komputer.

Pastinya di setiap rumah di perkotaan memiliki paling sedikit satu komponen yang berkaitan dengan digital. Memiliki Ponsel Pintar adalah salah satunya. Baik di kamar, ruang makan bahkan kamar mandi ponsel pintar itu dapat ditemukan. Melihat fenomena ini, membuat ponsel pintar terus diproduksi. Ponsel ini dapat dimiliki karena harganya yang kompetitif, fitur yang ditawarkan serta yang tidak kalah pentingnya, Penyedia Jasa Telekomunikasi yang terus berinovasi untuk terus memberikan layanan terbaik bagi konsumennya. Salah satunya ialah Provider XL Axiata, yang mulai beroperasi sejak 8 Oktober 1996, yang terus bertransformasi untuk selalu menyediakan jaringan terbaik, tercepat dan terluas.

Sekarang Pemerintah beserta para provider terus berusaha memberikan edukasi dan pelayanan telekomunikasi yang lebih baik tentunya. Salah satunya ialah pendistribusian jaringan 4G LTE, di sambutannya dalam Peresmian 4G LTE dari XL Axiata, menteri Menkominfo, Rudiantara, terus mengingatkan agar para provider untuk tidak hanya fokus pada penjualan tapi harus memberikan edukasi terkait penggunaan jaringan 4G LTE ini.

Yang pada akhirnya, Harapanku untuk Dunia Digital, khususnya dalam ranah Indonesia:

1. Berikan Edukasi yang menyeluruh.

Hal ini sangat penting, tentu kita tahu pendidikan adalah hal yang tidak pernah lepas dari kehidupan umat manusia. Dari bayi, anak-anak, remaja, pemuda sampai menjadi orang tua, setiap individu dalam kesehariannya selalu belajar. Oleh karena itu, kita semua sebagai masyarakat sangat menyambut dengan baik hadirnya jaringan 4G LTE ini, harapan saya adalah pemahaman akan jaringan ini dapat diberikan oleh provider telekomunikasi menyeluruh melalui media sosial, website, grapari, majalah. Tentunya dengan pengetahuan yang didapatkan selain ponsel pintar, masyarakat tentunya dapat memanfaat jaringan ini dengan maksimal. Benar yang dikatakan Presiden kita, digital itu kalau kita mampu mengelolanya dengan benar, tentunya ekonomi kita bahkan Indonesia akan maju.

2. Mendorong Perkembangan StartUp di Indonesia

Tentu ide kreativitas dari generasi muda di Indonesia tidak akan pernah sirna. Tiap sekian detik pastinya akan lahir ide-ide inovatif. Banyak dari kita yang tentunya menggunakan aplikasi-aplikasi yang dapat diunduh di Google play store, ada yang gratis bahkan dan berbayar. Dari sekian banyak aplikasi, ada banyak juga aplikasi yang dibuat oleh generasi muda Indonesia. Hal yang dikeluhkan oleh mereka tentunya adalah suntikan modal dan dana riset dan perkembangan. Oleh karena itu, harapan saya ialah pemerintah beserta komponen jajaran telekomunikasi selalu mengedepankan startup buatan anak bangsa, baik dengan cara memberikan apresiasi, maupun modal tambahan.

3. Selalu Berikan Apresiasi di setiap ide inovatif dari generasi Muda Indonesia, khususnya di bidang Digital.

Iya, dengan kita menghargai dari setiap ide-ide yang ditorehkan generasi muda, maka tentunya di masa yang akan datang kita akan memanen hasil maksimal. Banyak dari kita yang lebih PD menggunakan aplikasi dari Luar Indonesia, namun siapa sangka banyak kok aplikasi yang lebih keren buatan anak bangsa. Oleh karena itu mari kita semuanya, berikan apresiasi dari setiap ide-ide yang diberikan dan beri dukungan secara moriil ataupun materiil.

Sumber :

http://tekno.kompas.com/read/2014/12/20/12070067/Tiga.Wejangan.Menkominfo.untuk.Operator.4G.LTE

www.xl.co.id