Internet menjadi salah satu kebutuhan masyarakat saat ini. Dari kita pagi membuka mata sampai malam hari, kita menggunakan gadget dengan fasilitas internet. Internet mengubah cara hidup kita. Dari cara berkomunikasi dari aplikasi messeger. Untuk hiburan kita bisa juga menonton berbagai video. Mau pesan ojek bisa pesan dengan aplikasi. Mau pesan makanan bisa dengan aplikasi. Mau cari jodoh bisa juga internet.

Namun tidak sekadar dalam hal berkomunikasi dan hiburan. Ada manfaat lain dari internet, yaitu menunjang pendidikan dan memperluas wawasan masyarakat. Dengan internet kita bisa menemukan berbagi informasi yang bermanfaat, termasuk dalam hal pendidikan. Berbagai artikel yang sangat bermanfaat dan video di YouTube yang bisa ditonton oleh anak-anak.

Namun muncul sebuah permasalahan, saat kita akan memanfaatkan semua kemudahan dari internet. Kecepatan intenet di Indonesia masih sangat kurang. Kecepatan berinternet yang menjadi hambatan. Tentunya dengan berbagai manfaat internet yang mempermudah kehidupan manusia.

Berdasarkan data milik Facebook yang dipresentasikan di acara Indosat ID Byte, bahwa pengguna intenet di Indonesia ada 83.600.000. Dengan banyaknya jumlah pengguna internet, namun diimbangi dengan meratanya kecepatan internet di Indonesia. Perlu ada solusi atas masalah internet dengan koneksi yang lambat.

Namun suatu saat menonton salah satu iklan perusahaan telekomunikasi di TV. Iklan yang menawarkan koneksi internet cepat dengan layanan 4G LTE. Setelah menonton iklan TV tersebut, saya jadi berkeinginan mencoba layanan 4G LTE. Apakah benar layanan 4G LTE koneksi internetnya cepat? Atau hanya iklan belak saja.

Akhirnya saya memutuskan untuk membeli handphone yang sudah mendukung koneksi 4G LTE. Pilihan saya jatuh pada Smartfren Andromax Q yang dibundling dengan Smartfren. Dengan harga yang cukup terjangkau dan harga paket data yang masih ramah di kantong.

Saya terlebih dahulu mencoba koneksi 4G LTE Smartfren dengan aplikasi Ookla by Speedtest. Ini hasil yang saya dapatkan di beberapa daerah tempat saya banyak beraktivitas:

4G LTE-2

Saya cukup terkagum dengan hasil Speedtest dari 4G LTE Smartfren. Dengan koneksi internet yang cukup cepat ini, ada hal yang bisa saya lakukan untuk pendidikan Indonesia.

Keponakan saya yang masih kecil sangat suka menonton video kartun. Saat berkunjung ke rumah saya, sering sekali meminjam handphone saya. Dengan koneksi 4G LTE yang cepat, maka keponakan saya bisa menonton video Youtube dengan lebih lancar. Tentunya saya akan memilihkan film kartu yang edukatif. Misalnya Sesama Street atau Jalan Sesama. Anak-anak bisa belajar nama hari dengan lebih mudah dan menyenangkan.

Tidak hanya pendidikan di sekolah. Bagi keponakan saya juga bisa belajar menggosok gigi dengan benar. Tinggal menonton video dan ditirukan oleh keponakan saya.

Juga pendidikan bagi saya, salah satu hobi saya adalah memasak. Mencari resep masakan memang mudah, namun tidak mudah untuk mempraktekannya. Dengan koneksi cepat 4G LTE saya bisa menonton video demo masak. Sehingga saya bisa memahami tahap demi tahap memasak. Kalau salah langkah bisa-bisa rasa masakan berubah. Contohnya saat saya ingin membuat Donat Kentang. Tinggal lihat videonya

Begitu juga manfaat internet bagi siswa yang sedang bersekolah. Dengan banyaknya tugas yang perlu dikerjakan, tentu perlu tambahan informasi untuk mempermudah pengerjaan tugas sekolah. Pendidikan bukan semata pendidikan formal, internet menunjang pendidikan non formal juga. Misalnya dengan menonton video YouTube tentang kekayaan alam Indonesia dan hutan Indonesia.

Kita bisa belajar untuk menghargai dan merawat alam Indonesia, Kita bisa juga menonton video tayangan pemandangan alam di luar negeri, tentu kita ingin terus menjaga keindahan alam Indonesia agar tetap indah dan tidak dirusak. Berbagai manfaat yang saya rasakan dengan koneksi cepat 4G LTE, sekarang apa yang bisa kamu lakukan dengan koneksi 4G LTE? Yuk, mari berbagi pendapat! đŸ™‚