ArenalTE.com – Adopsi teknologi 4G LTE yang saat ini digalakkan dianggap cukup membantu para startup lokal membangun produk. Namun, Ben Soebiakto, Chief Marketing Officer (CMO) InFeed, mengungkapkan bahwa modal utama mengembangkan startup lokal sebenarnya adalah inovasi dan keberanian.

Dirinya menjelaskan bahwa tema yang selalu dibawa dalam suatu pagelaran acara, mengenai program tentang karya anak bangsa bukan karena itu menjadi suatu momok yang menakutkan dan meremehkan. “Kita selalu terbuka untuk kolaborasi dan temen-temen dari lokal enterpreneur. Sayang kalau negara sebesar ini hanya dimasuki oleh produk dari luar,” jelas Ben Soebiakto, di sela acara KLN CX 2015, di Jakarta, Rabu (2/9/2015).

Dirinya menambahkan bahwa jika dalam negara besar seperti Indonesia tidak ada produk dalam negeri, maka akan menjadi masalah. Padahal saat masuk ke silicon valley pun, mereka respect dengan Indonesia. Karena melihat teknologi sudah diadopsi cukup besar. Sehingga kita harus semakin giat mengembangkan startup lokal.

“Pemerintah juga akan support jika mereka melihat ada real produknya. Seperti halnya GoJek yang membuktikan diri bahwa mereka digunakan oleh 2 juta orang Indonesia sehingga ada option di pasar ini. Karena para pebisnis dan pelaku industri pasti akan bantu jika melihat produk itu langsung,” tambah lelaki yang akrab di sapa Ben ini.

Menurut Ben, dalam mengembangkan startup lokal, pemerintah saat ini masih lebih banyak menunggu. Meski demikian, dibanding lima tahun yang lalu saat ini lebih responsif dan mau turun tangan. Tetapi, perubahan suatu negara itu sendiri memang membutuhkan waktu untuk berkembang.

“Saat ini pemerintah sudah mudah ditemui dan mau diajak duduk bersama berbicara mengenai industri ini, infrastruktur sudah berjalan kian maju. Regulasi di beberapa daerah juga sudah lebih meringankan, meski di beberapa lainnya masih terasa kaku namun itu semua sudah sangat membantu,” tambahnya.

Persaingan Pelaku Bisnis Pemula

KLNBen Soebiakto menjelaskan bahwa dibutuhkan sebuah teknik khusus untuk mengembangkan startup lokal, karena hal tersebut sebagai penjelajahan perusahaan.

“Menurut saya adalah eksplorasi, karena seperti halnya Google yang saat lahir sudah ada Yahoo, namun tetap melakukan eksplorasi. Bagaimana situs bisa bekerja dan meraih pasar, kemudian bergerak maju dan hal itu yang harus dilakukan oleh para startup lokal ini,” jelas Ben.

Harus proven terhadap sisi inovasi diungkapkan juga bisa menjadi kunci keberhasilan mengembangkan startup lokal. Sebab hal ini yang membuat Facebook, Yahoo, Google dan perusahaan besar lainnya maju. “Dari tahun ke tahun kita bisa melihat mereka selalu perbarui layanan, setiap tiga bulan selalu ada pembaruan yang hadir. Hal itu yang menurut saya membuat kita tidak bisa lepas dari Facebook, karena ada hal baru yang selalu datang,” tutupnya.