Pembaca ArenaLTE pernah mengalami situasi seperti ini :

– Di saat ada dirumah pulang kerja bisa langsung terkoneksi internet untuk cek inbox email dan private message, dibatasi paketan internet yang pakai.

– Di saat sedang menulis blog dan mencari bahan referensi, takut quota mau habis saat tanggal tua dan banyak undangan nikah lagi.

– Di saat membalas perpesanan dari saudara, teman dan kolega, terhalang dengan jatah quota berdasarkan jam.

– Di saat menemani anak mengerjakan tugas sekolah tiba-tiba butuh materi dari internet, terganggu dengan tidak stabilnya koneksi internet.

– Di saat lupa malamnya ketiduran tidak bisa melihat siaran langsung sepakbola pagi harinya bisa up to date lihat goal-goal indah dari klub sepakbola kesayangan di youtube, sedih dengan lambatnya koneksi internet.

Semua di atas adalah situasi yang sebelumnya smartphone dan MiFi ku mencoba menggunakan berbagai paketan internet salah satu operator GSM yang memiliki keterbatasan kuota, jatah kuota berdasarkan jam, koneksi  tidak stabil dan parahnya kehabisan kuota belum satu bulan.

Tepatnya secercah harapan terbuka saat 2 bulan lebih kemarin keluarga kami, tepatnya istriku menggunakan Hisense Pureshot yang SIM Card utamanya menggunakan operator smartfren 4G LTE bundling dengan kuota gratis 8 Gb. Kaget, senang dan  bersyukur ternyata di Hisense Pureshot ini muncul indikator sinyal 4G untuk daerah tempat tinggal kami di desa Randuagung, Singosari, Malang.

Test kecepatan internet dengan aplikasi speedtest dapat kecepatan download dan upload di atas 3 Mbps! Wow.. membuat hati senang dan bercampur heran. Loh kok heran? betul sangat heran karena sebelumnya istriku menggunakan smartfren Andromax U2 yang teorinya bisa dapat kecepatan setara EVDO, ternyata di daerah tempat tinggal kami Smartfren sangat susah sekali koneksinya. Bahkan di rumah kami untuk update aplikasi dari playstore harus naik ke lantai 2 biar dapat sinyal yang stabil. Tidak itu aja meskipun dapat sinyal stabil kecepatannya cuma dapat dibawah 100Kbps.

Alhamdulillah kami memakai Pureshot karena dapat memakai jaringan 4G LTE yang pertama kali bisa mengcover daerah tempat tinggal kami, padahal operator lainnya dengar–dengar malah 1 bulan lagi di kota Malang digelar jaringan 4G LTE nya.

Kuota 8Gb bawaan Smartfren 4G LTE ternyata berlaku kuota 2 Gb untuk koneksi 24 Jam dan kuota 6 Gb untuk jam 1 pagi sampai dengan jam 7 pagi. Pemakaian kuota 8 Gb gratis ini sangat disayangkan cuma aktif selama 1 minggu. Dalam 1 minggu itu kuota 2 Gb untuk 24 jam sudah habis duluan dan yang 6 Gb tersisa 2 Gb saja. Karena sangat optimis dengan koneksi smartfren 4G LTE kami lanjutkan untuk langganan tiap bulan 60rb dapat kuota 2Gb untuk pemakaian 24 jam.

Karena kecepatannya, istri sudah diperingatkan untuk hemat–hemat menggunakan internetnya. Sebab ada yang menginformasikan kalau kuota 2Gb itu sangat kecil atau mepet untuk ukuran koneksi internet 4G LTE. Ternyata betul informasi itu, pemakaian baru dapat 2 minggu kuotanya sudah mau habis. Karena selama pemakaian tidak terasa oleh istri dipakai browsing untuk mencari inspirasi model baju dan desain tas. Kebetulan istriku lagi senang menjahit baju dan buat tas tali. Ternyata saya lupa juga ikut andil menghabiskan kuota internet buat tethering dengan smartphoneku yang juga pingin merasakan kecepatan 4G LTE. Dalam hati kecil saya waduh koneksi internet semakin cepat kok tambah boros kuotanya, terus mau pakai operator mana lagi yang paling cepat, stabil dan murah untuk daerah tempat tinggal kami?

Akhirnya per 1 Desember 2015, optimisme kami bergayung sambut dengan promo paket baru dari Smartfren yang bernama paket True Unlimited. Paket ini memberi kuota unlimited tanpa syarat apapun. Selain kuota unlimited, dapat bonus bicara ke operator lain selama 10 menit lalu bicara sesama Smartfren selama 1000 menit, semua itu cuma membayar 75rb selama sebulan. Sangat murah sekali bagi kami.

Selama memakai paket True Unlimited ternyata mengubah style internet kami yang sebelumnya koneksi internet dan tethering Pureshot dibuat mati-nyala-mati supaya hemat kuota. Sekarang dibuat nyala terus tanpa ada rasa takut kehabisan kuota.

5 situasi kritis akan kebutuhan koneksi internet yang saya sebutkan di atas semuanya hilang. Istri nyaman mengakses internet untuk terus mencari inspirasi di media online. Saya senang menikmati kecepatan teknologi 4G LTE tanpa ada rasa takut yang terus membayangi akan 5 situasi diatas. Di balik Kenyamanan paket True Unlimited dari Smartfren, sangat disayangkan ternyata berlaku untuk pengguna smartphone Pureshot dan Andromax 4G LTE saja, selain itu paket promo ini berlaku sampai 30 April 2016.

Kehadiran paket promo True Unlimited dari Smartfren bagi kami sebagai pengguna smartphone Pureshot sangat diuntungkan. Meskipun tidak bisa dirasakan oleh smartphone lainnya kecuali Andromax 4G LTE. Dengan paket True Unlimited setidaknya Smartfren sebagai operator 4G LTE memberi contoh dan memberi kesempatan bagi pengguna smartphone umumnya untuk bisa merasakan teknologi 4G LTE. Selain itu secara tidak langsung Smartfren memberi penetrasi pada masyarakat umum untuk perkembangan ekosistem 4G LTE di Indonesia yang selama ini masih belum merata seluruh Indonesia.

Saya akui Smartfren jangkauan 4G LTE tidak konsentrasi di kota besar dan pulau Jawa saja. Ternyata di kota Jambi pulau Sumatra, teman blogger sudah merasakan kecepatan 4G LTE Smartfren. Bahkan teman blogger ini belum 1 bulan sudah menghabiskan kuota 30Gb-an dipakai untuk download film kesukaannya.

Sesuai judul artikel ini Menikmati 4G LTE itu ndak pake mahal! Sangat sesuai dengan kesan-kesan kami menggunakan Paket True Unlimited Smartfren. Akhir dari artikel ini semoga saja paket True Unlimited Smartfren bisa berlaku selamanya, bukan 30 April 2016 saja. Dan bisa dirasakan semua smartphone yang bisa mendukung frekuensi 4G LTE Smartfren.