Ketika membaca berita mengenai perkembangan teknologi di Indonesia, saya sangat takjub dengan semua kemajuan yang di dukung oleh Indonesia. Awalnya saya berfikir jika jaringan 4G LTE baru akan masuk di Indonesia beberapa tahun mendatang. Tetapi hal itu terpatahkan dengan mulai gencarnya semua provider untuk memberitahu kepada semua masyarakat bahwa mereka memiliki jaringan 4G LTE yang stabil. Mungkin data yang saya miliki memang  tidak begitu valid, hanya saja hampir semua provider sudah memiliki layanan untuk jaringan generasi keempat ini. Mulai dari Telkomsel, XL Axiata, Smartfren, dan Indosat Ooredoo. Hanya satu yang masih setia di jaringan 3G yaitu 3.

Semua provider yang sudah memiliki jaringan generasi keempat ini saling berlomba dan membuktikan siapa yang memilik  jaringan paling cepat dan juga stabil. Semua iklan dan banner ada dimana-dimana. Yang paling baru adalah acara yang dibesut oleh XL AXIATA bekerjasama dengan Arenalte.com. Acara ini diadakan minggu lalu, 28 November 2015 di Graha XL dan finish di La Piazza Kelapa Gading.

Kebetulan saya merupakan salah satu pengguna setia XL Axiata, dari jaman saya masih sekolah menengah pertama. Dan saya juga penasaran dengan adanya jaringan 4G LTE yang digadang-gadang oleh XL merupakan jaringan yang cepat dan juga stabil. Awalnya saya merasa sudah cukup dengan jaringan 3G yang dimiliki, tetapi karena adanya acara XL 4G RACE ini saya makin penasaran dengan kecepatan jaringan yang dimiliki XL.

Kebetulan hari Sabtu saya sedang tidak ada acara. Seharian saya full attention di acara ini. Tetapi saya hanya kepo melalui sosmed. Saya merasa XL benar-benar niat banget tuh sama acara ini. Gimana engga? Di twiter #XL4GRACE menjadi trending topic selama kurang lebih 2 jam. Gaungnya luar biasa untuk event ini. Tanpa perasaan ragu-ragu karena takut kuota saya habis, langsung saya buka youtube dan mencoba untuk streaming semua video yang berkaitan dengan XL 4G RACE di rumah saya di daerah Puri Kembangan.

Dan luar biasa, juara untuk jaringan yang dimiliki oleh XL Axiata. Saya bisa menikmati streaming tanpa buffering sama sekali. Rasa ingin tahu saya tidak hanya berhenti sampai disini saja, saya membuka website tv online dan langsung mencoba untuk streaming kembali. Dan hasil yang saya dapatkan sama saja, tanpa buffering sama sekali. Wow, ini baru jaringan yang oke dan ngga lemot sama sekali. Hanya saja menurut saya paket data jadi berkurang banyak. Jatuhnya berasa sangat mahal yah. Mudah-mudahan ada paket data yang lebih bersahabat dengan kantong saya.

Anyway, buat kalian semua yang memang membutuhkan segala sesuatu cepat dan belum pernah mencicipi jaringan generasi keempat ini, harus mencoba. Karena rasanya sangatlah berbeda dengan jaringan 3G. Yang jelas ada harga ada rupa ya guys. Selain itu belum semua provider memiliki cakupan daerah yang luas untuk pemakaian 4G LTE ini. Dan kalian juga harus mau mengeluarkan effort sedikit untuk berganti kartu lama dengan kartu yang baru. Karena kartu baru akan mendukung jaringan 4G LTE kalian, selain itu ada bonus memori yang lebih besar. Tunggu apa lagi guys, coba tukar kartu kalian dengan kartu yang support jaringan 4G LTE dan rasakan internet yang super ngebut!

Comments

  1. Wahh, bener-bener hars dicoba loh jaringan 4G LTE ini. Keren banget soalnya.. Streaming apapun tanpa buffering @Triadicl
    hehehhehe..