ArenaLTE.com – Pembaruan sistem operasi iOS 9 membawa banyak perubahan baru termasuk dalam asisten digital di dalamnya. Pada pembaruan ini, generasi terbaru platform mobile besutan Apple tersebut menambahkan fitur canggih Siri untuk bisa digunakan lebih luas dan bermanfaat.

Seperti dilansir dari laman situs Wonder How To, Jumat (18/9/2015), pada iOS 9 Apple telah meningkatkan kemampuan asisten digital Siri. Dalam update terbaru ini, ada fitur canggih Siri yang bisa diperintahkan lebih detail dan fokus bahkan untuk menemukan file yang didasarkan pada waktu dan lokasi maupun pengingat kontekstual.

Berikut ini peningkatan fitur canggih Siri yang ada di iOS 9:

Pencarian Foto Lebih Spesifik

Menemukan file yang lebih spesifik memang menjadi kendala semua sistem yang dimiliki pada setiap platform, termasuk halnya dengan OS mobile. Namun, berkat pembaruan yang dihadirkan oleh Apple, fitur canggih Siri kini memungkinkan untuk menemukan hal yang dicari lebih spesifik lagi.

Pencarian foto dan video berdasarkan dengan waktu dan lokasi, kini akan mudah ditemukan melalui bantuan Siri. Pengguna hanya perlu menyebutkan kalimat perintah tersebut dalam bahasa inggris, seperti ‘Show foto from Exposition Park’ maka siri akan menampilkan gambar yang sesuai dengan permintaan penggunanya hal tersebut juga termasuk untuk waktu.

Mengingatkan Halaman Situs yang Ingin Dibaca

 

Asisten digital Siri kini hadir lebih hebat dari sebelumnya, sistem terbaru mengungkapkan bahwa sang asisten bisa digunakan untuk mengingat sebuah halaman situs atau catatan kontekstual lainnya. Seperti contohnya ketika pengguna membuka sebuah situs pada aplikasi browser Safari. Jika pengguna menginginkan situs ini kembali dibuka nantinya, maka cukup menyebutkan ‘remember about this’ maka Siri akan secara otomatis menempatkan halaman dalam pengingat.

Fitur canggih Siri juga bisa digunakan untuk pengingat dan diletakan dalam aplikasi note, pakah ingin pergi ke suatu tempat, melakukan pekerjaan dan hal lainnya. Hal ini juga bisa didapat untuk membaca email di waktu luang lainnya, cara penggunaannya seperti halnya melakukan pada penyimpanan situs.

Meminta Transit Arah

Petunjukan arah memang menjadi bagian dari Apple Maps, tetapi pada penambahan terbarunya petunjuk untuk transit juga dihadirkan di dalamnya. Pengguna bisa memanfaatkan Siri untuk meminta memberikan arahan dimana harus melakukan transit di beberapa kota. Hal tersebut diklaim telah berjalan baik, dan telah di lakukan ujicoba di San Francisco untuk ke Oakland.

Melakukan Penghitungan Matematika

Siri pada iOS 9 diklaim mampu memberikan perhitungan matematika dengan baik, bahkan untuk melakukan konversi. Dalam pembaruan sistem asisten digital terbaru ini, pengguna akan diberikan kecepatan dan akurasi penghitungan matematika dengan tepat dan cepat dari Siri di iOS 8.

Menemukan Teman dan Keluarga

Pencarian teman menjadi hal yang diprioritaskan dalam sistem terbaru ini, pengguna dapat menemukan maupun melacak teman dan keluarga setiap waktu. Fitur canggih Siri diungkapkan mampu untuk menemukan seseorang dengan cepat dalam perintah sederhana. Pengguna hanya cukup mengungkapkan perintah ‘Where is Bobby?’ maka Siri akan menampilkan peta dan penanda dimana orang tersebut berada.