“Revolusi digital, merevolusi ekonomi Indonesia”. Itulah pesan yang tertuang dalam prasasti di atas layar digital yang ditulis oleh Presiden Joko Widodo saat meresmikan 4G LTE pada November yang lalu seperti dikutip oleh ArenaLTE.com

Kali ini saya akan menyampaikan resolusi atau harapan dunia digital bagi negara Indonesia yang tercinta ini. Menurut saya di era digital yang berkembang sangat pesat di Indonesia saat ini memang sangat membantu bagi perekonomian di Indonesia. Apalagi sekarang semua sudah serba online seperti: Jual-Beli secara Online, Memesan Makanan secara Online, dan Jasa angkutan umum yang berbasis secara Online (Contoh: GO-JEK, Taksi Uber, dll). Ini sangat mudah terakses bagi pemilik sekaligus pengguna telepon pintar atau smartphone di Indonesia, sudah ada aplikasinya tinggal pencet saja sudah langsung beres.

Apalagi di Indonesia sedang tren dengan E-Commerce-nya. Banyak sekali masyarakat yang memilih melakukan membeli barang secara online disitus-situs jual beli online di Indonesia ketimbang harus bertatap muka langsung dengan si penjual. Selain hemat waktu dan tenaga, harga yang ditawarkan memang lebih murah.

Namun semua itu perlu koneksi Internet. Jika tidak ada koneksi Internet percuma saja untuk akses ke web atau aplikasi itu, karena dibutuhkan fasilitas Internet. Di perkotaan Indonesia sudah sangat mudah mendapati fasilitas internet seperti di fafe-kafe, mall-mall, bahkan kedai kopipun sudah ada WiFinya. Tidak jarang ditemui muda-mudi hingga dewasa asyik berlama-lama nongkrong karena ada fasilitas Internet gratis.

Dan pertengahan 2015, para netizen sudah diramaikan dengan adanya jaringan 4G LTE yang sangat membantu browsing, upload maupun download lebih cepat dari jaringan sebelumnya. Bahkan operator-operator seluler di tanah air telah berlomba-lomba mempromosikan produk 4G LTEnya ke masyarakat.

“Tak Ada Hari Tanpa Internet”. Ungkapan itu mungkin hanya berlaku untuk masyarakat perkotaan. Kenyataannya masih banyak Masyarakat di negeri ini yang belum pernah merasakan berinternetan ria, terutama daerah-daerah tertentu di Indonesia yang sangat sulit mendapat akses internet. Penyebab dari sulitnya akses internet menurut beberapa media nasional adalah kendala Listrik yang belum tersedia.

Kemudian datang kabar gembira datang di tahun 2015 dari perusahaan Google yang ingin meluncurkan Project Loon atau Balon Udara Internet Google yang bekerja sama dengan 3 provider telekomunikasi besar, salah satunya XL. Untuk Indonesia yang akan dilakukan pada awal 2016 dengan masa percobaan selama dua tahun.

Seperti dijelaskan Wikipedia, Google Project Loon adalah Ambisi Google untuk bisa menghubungkan semua manusia ke internet melalui balon udara internet google yang memancarkan sinyal Wireless (WIFI). Utamanya mereka yang tinggal di daerah terpencil atau pelosok yang tak terjangkau koneksi internet.

Semoga saja Google Project Loon ini dapat segera terealisasi sehingga seluruh Masyarakat Indonesia segera bebas dari buta Internet. Jika tidak segera terealisasi ini sangat disayangkan, karena dengan internet masyarakat lebih cepat mendapat informasi dari adanya internet tanpa harus menunggu siaran di radio maupun televisi terlebih dahulu.

Karena dengan adanya internet kita mempunyai segudang manfaat, khususnya untuk bidang pendidikan di daerah tersebut. Selain mempunyai manfaat untuk menambah wawasan penggunanya, internet juga berguna sebagai sarana atau media hiburan bagi para penggunanya, seperti mendengarkan lagu secara online menonton video, melakukan chatting dengan sesama teman online dan masih banyak manfaat lainnya.

Saya berharap Pemerintah Indonesia di tahun 2016 ini dapat serius membantu memfasilitasi Internet di daerah-daerah Indonesia yang belum dapat terkoneksi dengan Internet. Hanya itu yang bisa saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf.

TERIMA KASIH