Dunia saat ini telah mengalami perubahan yang cukup signifikan. Perkembangan teknologi saat ini membuat orang-orang menjadi lebih mudah untuk melakukan sesuatu, termasuk mengakses informasi dari internet. Di indonesia saat ini sedang berkembang sebuah revolusi terbaru terhadap internet yaitu teknologi 4G LTE. 4G LTE merupakan generasi keempat dari perkembangan teknologi dalam jaringan seluler, dan saat ini dikatakan sebagai sebuah jaringan internet tercepat yang ada saat ini dan mengalahkan teknologi-teknologi sebelumnya.

Sebagai salah seorang pelajar, mengakui bahwa saat ini internet merupakan salah satu kebutuhan yang penting bagi saya. Karena seiring perkembangan zaman, belajar tidak hanya sekedar di lakukan di dalam kelas saja. Sekarang banyak orang yang belajar dengan menggunakan sistem e-learning untuk menambah ilmu, termasuk saya. Saya merupakan salah satu pelajar di sebuah sekolah yang dimana selain menggunakan sistem tatap muka dalam kegiatan belajar-mengajar, sekolah saya juga melakukan pembelajaran dengan sistem e-learning. Teknologi 4G LTE membantu saya melakukan pembelajaran online antara saya dengan pembimbing dan teman dalam satu kelas online saya. Saya bisa melakukan pembelajaran online dengan guru atau pembimbing saya tanpa adanya gangguan koneksi yang lambat. 4G LTE bisa mengakomodir semua kegiatan belajar mengajar saya saat e-learning dengan cepat tanpa adanya kendala karena koneksi internet. Teknologi 4G LTE membuat semua kegiatan pembelajaran online yang saya lakukan dapat dilakukan secara cepat dan juga efektif.

Selanjutnya, saya memiliki pengalaman lain saat menggunakan menggunakan 4G LTE. Saya merupakan orang yang aktif menggunakan youtube. Setiap hari saya selalu mencari hiburan dengan mencari video-video yang ada di youtube. Hal yang paling saya sering saya cari biasanya adalah video-video musik, video lucu, dan tidak hanya terbatas melihat video hiburan saja, terkadang saya juga mencari video berita yang sedang berkembang di youtube.

Dahulu, sebelum adannya tekhnologi 4G LTE, menonton video di youtube adalah hal yang paling menyebalkan bagi saya. Karena koneksi internet yang saya gunakan terkadang selalu buffering. Hal inilah yang membuat saya merasa kesal ketika saya menonton video youtube pada waktu itu. Sekarang, dengan adanya jaringan 4G LTE, saya bisa bebas menonton video yang saya sukai tanpa adanya masalah buffering. Masalah tersebut sudah hilang karena denganadanya 4G LTE. saya bisa menonton video dengan lancar dan tanpa lelet. 4G LTE membuat koneksi menjadi lebih cepat dari sebelumnya, dan membuat saya bisa menonton video di youtube saat waktu santai.

Selanjutnya, berhubung saya adalah orang yang suka mengunduh file, 4G LTE memudahkan kita untuk mengunduh data di internet. Dahulu sebelum saya menggunakan 4G LTE, saya membutuhkan waktu yang lama untuk bisa mengunduh sebuah data di smartphone lama saya. Kira-kira membutuhkan waktu sekitar 1 – 2 jam untuk mengunduh sebuah data yang ukurannya 20 Mb. Itu merupakan waktu yang cukup lama untuk mengunduh sebuah data. Apalagi saat yang paling menyebalkan adalah ketika data yang saya unduh gagal. Itu benar-benar cukup membuat saya kesal. Hal tersebut terjadi karena sinyal dari smartphone yang tidak stabil saat mengunduh data.

Namun, setelah saya menggunakan teknologi 4G LTE saya bisa mengunduh data yang besar tanpa khawatir terjadi kegagalan saat mengunduh data tersebut. Karena apa? 4G LTE membuat koneksi yang ada di smartphone menjadi lebih cepat untuk mengunduh data. Waktu yang dibutuhkan untuk mengunduh sebuah data yang besar akan menjadi lebih cepat sekitar 5 – 10 menit saja.

Selama saya menggunakan teknologi 4G LTE, banyak sekali manfaat yang saya dapatkan. Yang pertama, 4G LTE membuat saya dapat mengakses informasi secara cepat. Saya dapat mengetahui informasi apa saja yang sedang berkembang di internet pada saat itu. Selain itu juga, 4G LTE dapat membantu saya mengunduh data yang besar tanpa memerlukan waktu yang lama. Saya bisa mengunduh data yang besar tanpa khawatir terjadi kegagalan saat saya mengunduh data. Dan yang terakhir, 4G LTE juga dapat membantu saya untuk melakukan pembelajaran online di internet. Saya bisa melakukan pembelajaran dan diskusi dengan guru dan juga teman kelas online saya tanpa ada permasalahan dengan jaringan internet. 4G LTE bermanfaat bagi saya karena 4G LTE mempermudah saya untuk melakukan banyak hal.