Memasuki tahun baru, tahun 2016, setiap dari kita tentu punya keinginan, harapan agar segala hal yang akan dikerjakan atau sedang berjalan selalu lancar dan tiada adanya halangan. Demikian juga denganku, tahun 2016 ini aku akan menghadapi Ujian Nasional, ujian dengan peraturan baru oleh Kementerian Pendidikan RI. Semoga saya selalu sehat dan berkesempatan untuk mengikuti ujian dengan baik dan benar.

Sebagai generasi muda saya di sini ingin berbagi harapan saya terkait bidang Digital untuk negeri Indonesia-ku. Iya negeri tempat kelahiranku, tempat aku menumpang makan, minum, istirahat, bersekolah, kuliah, kerja bahkan sebagai tempat pemakamanku. Aku sangat berterimakasih atas nikmat alam yang diberikan kepada negeriku ini.

Banyak perubahan yang telah terjadi dari tahun sebelum kemerdekaan dan sesudah kemerdekaan. Perjuangan para pahlawan yang tidak akan pernah kita lupakan, perjuangan yang sampai titik darah penghabisan. Namun, di era serba modern ini, perjuangan tidak harus menggunakan bambu runcing. Tapi, menggunakan akal pikiran. Ide-ide dan karya-karya inovatiflah yang diperlukan sebagai bentuk wujud bhakti kita kepada perjuangan leluhur kita.

Jadi, Harapanku untuk Indonesia adalah :

1. Adakan Kompetisi Digital bagi Generasi Muda dan Masyarakat Umum

Dengan banyaknya kompetisi yang berkaitan dengan dunia digital maka akan mendorong animo masyarakat untuk terus berinovasi dalam pengembangan produk digital. dan perlu digarisbawahi dengan hadirnya kompetisi ini akan juga menumbuhkan partisipasi pemuda secara aktif. Membuat generasi muda untuk terus mengisi waktu luangnya dengan hal-hal positif.

Masih ingatkan peristiwa teror di Indonesia dan di Luar negeri, yang membuat teror adalah generasi muda yang mempunyai keahliah yang cukup mumpuni. Namun, timbul sebuah pertanyaan, Menga mereka ingin membuat hal demikian? Banyak faktor yang mempengaruhinya. Mungkin saja lingkungannya, dan sebagainya. Kemudian, di daerah saya juga ada kejadian sepasang sijoli yang adu mulut, akhirnya membuat salah satunya menikam perut wanitanya dengan pisau. Iya, ironi sekali melihat kejadian ini. Seandainya mereka saat itu sedang meluangkan waktu untuk hal positif, maka hal buruk itu tidak akan terjadi Nah, untuk meminimalisir hal itu, maka dengan turut serta generasi muda dalam kompetisi akan membawa energi positif bagi teman sebaya mereka. Istilahnya sekali mendayung, dua tiga pulau terlampau.

2. Jaringan 4G LTE bisa dirasakan di seluruh pelosok Indonesia

Iya, saat ini kebanyakan prioritasnya adalah di daerah yang banyak penduduk, yang banyak menjalankan bisnis. Namun, tidak dipungkiri juga masyarakat di desa, bahkan kota-kota kecil masih sangat menunggu jaringan ini dengan sabar. Berharap bisa mencicipi kecepatan internet yang katanya lebih baik dari sebelumnya. Semoga saja jangkauan 4G ini bisa mencapai 80% wilayah Indonesia di tahun 2016 ini.

3. Masyarakat mampu mengoptimalkan kehadiran 4G

Ibaratnya setelah disediakan makanan, yang terakhir adalah bagaimana sang konsumen menggunakan energi yang diperoleh dengan baik dan benar. Saat berselancar di Internet membuat semua orang seperti terhubung satu sama lain, tiada batas. Bahkan ada istilah, membuat yang jauh semakin dekat, tapi membuat yang dekat semakin jauh.

Suatu malam, dalam satu meja makan satu keluarga sedang berkumpul, namun yang terjadi badannya saja yang ada di meja, namun pikirannya bersama sang gadget, dengan teman dunia maya, partner kerja dan lain sebagainya. Perlu diingat, bahwasanya jaringan komunikasi yang semakin diperbaharui bukanlah sarana untuk memutuskan silahturahim dengan keluarga, namun sebagai alat komunikasi baik untuk keperluan pribadi dan bisnis. Setiap pengguna seharunya mengerti kapan waktunya, saat yang tepat untuk menggunakan gadget. Kita, masyarakat Indonesia, masyarakat yang terkenal akan keramah tamahan, memang boleh mengikuti arus globalisasi, namun jati diri kita dalam tata krama seyogyanya tidak boleh dilupakan. Jadikan jati diri sebagai identitas bangsa, dan komunikasi sebagai hal primer sesuai situasi dan kondisi. Selamat menjelajahi dunia digital, jadikan manfaatnya untuk keperluan yang membawa pengaruh positif untuk banyak orang.

Foto diambil dari http://www.xl.co.id/id/home