Awalnya sih gak terlalu mementingkan revolusi dari teknologi. Semakin dihiraukan semakin malah semakin ketinggalan. Saya termasuk orang yang tak perduli perkembangan teknologi gadget. Karena pikir saya yang sudah ada ya dipakai saja. Toh sama aja kan fungsi inti handphone ya buat nelpon sama sms saja. Dan kelebihan lainnya ya buat internetan saja.

Semenjak keluar generasi jaringan baru 4G saya hanya bisa berucap “gila makin canggih aja teknologi sekarang”. Manusia memang serba kekurangan apapun, hal mustahil dibuat seperti ajaib. Saya masih tak perduli akan hal itu. Toh jaringan saya masih 3G kok gak lemot-lemot banget. Jujur awal mula saya pakai handphone Android itu Andromax U1 dan sampai sekarangpun handphone itu masih ada. Hampir 3 tahun lebih saya berlangganan dengan Smarfren.

Nah semenjak awal munculnya jaringan 4G Smartfren ini memacu saya rasa ingin tau merasakan jaringan baru ini. Tak lama semenjak launching Andromax R saya langsung membeli handphone keluaran baru dari Hisense ini. Awal mula saya coba sih sama saja ahh pemakaiannya seperti biasanya. Lalu saya coba untuk streaming Youtube. Saya langsung terkejut, menggelengkan kepala. Gila inikah 4G? Tanpa buffer selama saya streaming. Lalu saya coba untuk mendwonload lagu dan video clip, biasanya pakai 3G cuma 100-200kb per second tapi pakai 4G bisa 4 Mbps-6mbps! Gilaaa!…

Cukup salut sama generasi jaringan baru ini. Saya sebagai pengguna tak merasa menyesal telah beralih ke 4G. Apalagi sekarang jaringan smartfren yang semakin diperluas sampai ke pelesok. Buat keluar kota pun sinyal masih terus on. Gak kalah lah sama pesaing vendor GSM. Malah saya akui selama 3 tahun berlangganan Smartfren saya tidak menyesal. Tidak pernah komplain untuk jaringannya dan koneksinya.

Lain halnya dengan teman main saya yang menggunakan vendor GSM. Setiap waktu selalu mengeluh akan jaringannya. Saya hanya bisa ketawa saja. Smartfren jaringannya stabil saya akui itu. Apalagi sekarang ditambah 4G buat gadget ataupun jaringan vendor lain yang gak kalah saing. Buat apa hp canggih tapi sinyal letoy? Think smart.