Di zaman yang semakin hari semakin tergerus oleh teknologi ini, hampir semua orang membutuhkan sesuatu yang tidak bisa terlepas dari hidupnya. Apakah itu ? Ya benar sekali. Setiap orang di zaman yang serba modern ini pasti membutuhkan gadget demi menunjang kehidupannya. Apalagi sekarang sudah memasuki tahun yang ke 2016. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, sekarang semakin banyak orang-orang yang memilih tekonologi sebagai sarana penunjang hidupny. Maupun di bidang informasi ataupun komunikasi.

Apalagi sekarang sudah muncul yang namanya 4G LTE. Tahun-tahun sebelumnya kita memulainya dengan yang namanya jaringan 2G(GPRS/EDGE).Lalu muncul yang baru yaitu jaringan 3G (HSDPA). Dikarenakan teknologi yang semakin pesat dan jaringan yang semakin mutakhir. Semua orang semakin senang dan asik menikmati perubahan digital ini. Kita bahkan bisa menemui setiap orang di manapun pasti tidak pernah lepas dari yang namanya gadget. Maupun di restaurant, di jalanan, di taman yang fungsi ny sebagai tempat refreshing. Bahkan sebagian dari kita juga ada yang menggunakan gadget nya di WC.

Tapi apa betul sudah semua orang merasakan perubahan digital tersebut? Walaupun ini di tahun 2016,tapi masih saja ada yang belum merasakan dampak dari perubahan digital 2016 yang katanya bakal merubah perekonomian itu.Saya berharap pemerintah mampu merubah atau mewujudkan resolusi digital berikut yang mungkin bisa membuat semua orang menikmati dunia digital ini.

1. PERLUASAN JARINGAN 4G
Beberapa dari kita tahu bahwa jaringan 4G belum merata di seluruh wilayah.Sekarang hanya mencakup kota-kota besar saja, ada beberapa provider yang sudah mencakup 80 lebih kota tapi tetap masih ada yang belum terjangkau. Bukan cuma 4G, mungkin ada beberapa wilayah yang belum tercapai jaringan setiap provider yang ada di indonesia ini. Maka dari itu semoga pemerintah dibantu dengan setiap provider yang ada di Indonesia ini bisa lebih memperluas jaringan ini agar setiap orang2 bisa menikmati dampak dari perubahan digital yang semakin hari semakin penting di kehidupan kita.

2. INTERNET GRATIS, SETIAP DESA
Internet gratis yang saya maksud di sini adalah menjelajahi atau biasa kita sebut browsing secara gratis dengan menyediakan sarana beberapa komputer dan akses internet di setiap kantor desa tertinggal.Supaya setiap orang bisa menikmati kecanggihan jaringan terbaru yaitu 4GLTE. Apabila di setiap desa ada program seperti ini , pasti semua warganya yang masih belum mengerti tentang dunia digital menjadi tahu. Mereka juga akhirnya bakal bisa menikmati apa yang sedang di alami di dunia yang serba modern ini. Semoga saja pemerintah bisa membuat program serupa agar kita semua terjamah oleh internet

3. EDUKASI UNTUK SEMUA YANG BELUM MERASAKAN

Yang dimaksud adalah apabila program internet gratis benar terjadi, saya berharap orang-orang yang ingin mempelajari tentang dunia baru yang belum mereka jamah atau bahkan belum mereka ketahui apa gunanya. Disini tugasnya membimbing orang-orang tersebut bagaimana cara mencari informasi di internet. Bagaimana berkomunikasi dengan orang-orang yang jauh, juga manfaat-manfaat lainnya. Jadi orang-orang tersebut tertarik dengan perkembangan dunia digital. Apalagi dengan bantuan jaringan yang cepat seperti jaringan 4G,mereka bakal cepat belajar.

Sebenarnya inti dari artikel saya itu saya berharap semoga setiap orang yang ada di negara saya tercinta ini bisa menikmati teknologi masa kini/menikmati dunia digital yang sedang berlangsung ataupun yang akan berlangsung mulai dari tahun 2016 ini. Kalau pemerintah ingin percepatan pembangunan broadband di seluruh Indonesia secara merata, pemberdayaan usaha kecil mandiri agar menjadi pelaku aktif ekonomi digital,yang diperlukan pertama ya memperluas jaringan dan mengenalkan apa yang dimaksud dengan dunia digital itu.

Apabila semua sudah merasakan pasti negara kita sedikit demi sedikit akan cepat berkembang. Walaupun begitu , pasti ada pro dan kontra dari harapan saya ini. Beberapa orang pasti ada yang tidak bisa menerima secara langsung, ada yang lebih memilih melakukan kegiatan sehari-hari secara tradisional.

Walau kita sudah terlanjur mengikuti perkembangan jaman yang serba digital ini, kita juga jangan sampai lupa bagaimana kehidupan nyata kita. Kita harus tetap berbaur dengan sesama dan tidak melupakan norma2 sosial yang sudah di terapkan kepada diri kita sejak kecil. Memakai itu boleh asal kita membatasi pemakaian tersebut agar tidak menjadi kecanduan atau ketergantungan yang berlebih .

Selamat mengarungi DUNIA DIGITAL dan semoga apa yang saya harapkan bisa terwujud untuk semua orang. Terima Kasih.

Sumber gambar: http://cdn2.pcadvisor.co.uk/cmsdata/features/3463874/old-people-internet-users_thumb800.jpg