ArenaLTE.com – Para pelaku industri dan pengamat telekomunikasi, berharap bahwa para blogger Indonesia bisa menjadi sebagai penyampai pesan dan pembangun opini dan persepsi publik berkualitas dan bertanggung jawab. Blog diharapkan semakin menunjukkan kredibilitasnya agar semakin dipercaya sebagai salah satu medium penyampai pesan yang valid.

Pesan tersebut tersebut disampaikan dalam konferensi pers menyambut Hari Blogger Nasional 2015 yang digelar di Hotel Harris Tebet, Jakarta (22/10/2015) yang melibatkan para pelaku, aktivis, maupun pengamat dunia pemasaran digital Indonesia. Ketua Panitia Blogger Camp Indonesia 2015 Matahari Timoer, mengungkapkan, “Sejak Hari Blogger Nasional dicanangkan dan keterlibatan blogger dalam penyebaran informasi serta pembentukan opini dan persepsi publik kian meningkat, seruan pesan tentang pentingnya blog dengan kredibilitas tinggi dan dapat dipertanggung jawabkan masih jarang didengungkan,” jelasnya.

Dirinya menuturkan, di era digital sekarang ini, ekspektasi lembaga terhadap keterlibatan blogger khususnya dalam menyumbang pesan berkualitas semakin meningkat. Dan Ini menjadi fakta yang menarik dan tantangan bagi dunia blogging.

Sementara itu praktisi digital marketing Wiwik Wuryanti menambahkan tuntutan kontribusi konten blog berkualitas seiring dengan tren perilaku penggunaan internet masyarakat Indonesia saat ini. Mengacu pada data dari Asosiasi Penyelenggara Internet (APJI), jumlah pengguna internet di Indonesia saat ini telah mencapai 88,1juta dengan tingkat penetrasi 34,9%.

Dari sekian banyak pengguna internet di Indonesia, 68,7% melakukannya untuk tujuan pencarian informasi. Bagi lembaga atau korporasi, tren ini sangat menarik untuk dikaji terutama untuk kepentingan efektivitas penyebaran pesan mereka kepada publik. Blog diharapkan semakin menunjukkan kredibilitasnya agar semakin dipercaya sebagai salah satu medium penyampai pesan kepada publik secara terpercaya.

“Sudah seharusnya dan sudah waktunya Blogger Indonesia serius membangun kredibilitas mereka sebagai kontributor di dunia pemasaran jika melihat tingkat keterlibatan mereka yang semakin meningkat dari tahun ketahun. Dibanding tahun lalu, tingkat kerja sama korporasi dengan blogger meningkat hampir mendekati 100%. Agar kontribusi mereka efektif, kredibilitas pesan menjadi kunci utama,” ujar Wiwik.

Guna mendukung pembangunan kredibilitas blog maupun Blogger Indonesia dan menyambut Hari Blogger Nasional 2015, akan diselenggarakan Blogger Camp Indonesia 2015 yang akan mengusung tema serupa. Diharapkan, gelaran dua hari di Bogor, Jawa Barat, 26 – 27 Oktober 2015 akan menjadi momentum bagi insan blog Indonesia untuk kian menguatkan kredibilitasnya sebagai penyumbang konten berkualitas sekaligus pembentuk opini serta persepsi publik yang bertanggung jawab.

Comments

  1. […] “Kredibilitas tidak dapat dibangun sehari. Di samping latar belakang keahlian yang melatar belakangi, kualitas konten dalam pesan yang disajikan memiliki makna penting dalam membangun kepercayaan pembaca terhadap apa yang disampaikan,” kata Muhammad Imran. Menurutnya, saat ini masih banyak blogger yang memaksa melakukan kajian di luar kapabilitasnya hanya karena dilandasi alasan komersial. Budaya seperti ini harus diubah karena akan berdampak tidak menguntungkan dalam pembangunan kredibilitas blog. Baca: Blogger Indonesia Harus Memiliki Kredibilitas Tinggi Sebagai Penyampai Pesan […]