Sejak akhir tahun yang lalu, gue mulai mengenal jaringan generasi keempat (4G LTE). Dengan gadget yang gue miliki dan memang mendukung untuk bisa memakai jaringan 4G LTE, meski pada waktu itu jaringan masih belum stabil dan terbatas.

Awal mula gue mencoba jaringan 4G di satu titik daerah Jakarta Barat, bener-bener tanpa buffering! Keren banget pokoknya. Saat itu gue pake salah satu provider Indonesia yang namanya sudah mendominasi. Ya namanya anak muda jaman sekarang, kayaknya kalau jalan-jalan nggak pegang hape, ngga ngeksis, check in di social media, dan mengikuti berita dan video yang lagi jadi trending topic rasanya cupu abis. Makanya dimanapun dan kapanpun, internet itu kebutuhan yang sangat utama bagi gue.

Unfortunately, jaringan 4G ini ngga merata diseluruh Jabodetabek. Kenapa gue bilang begitu? Karena rumah kakak gue itu di daerah Serpong, notabene jauh dari Jakarta. Dan ketika gue pulang dan mau streaming Youtube, tetep aja ngga stabil. Memang sih jauh lebih oke pake 4G daripada 3G, Cuma lemahnya hape gue jadi panas dan batere gue langsung berkurang banyak.

Tapi, yang bikin gue seneng adalah ketika gue baca salah satu artikel dari Arenalte.com mengenai Jaringan 4G yang sudah stabil di daerah Jakarta, Tangerang, dan Bogor. Seperti yang saya kutip berikut ini : “Smartfren saat ini mempunyai jangkauan 4G LTE terluas di Indonesia. Layanan 4G LTE kami yang sudah disokong TDD (Time Division Duplex) yang berada di spektrum frekuensi 2300 Mhz sudah menembus sekitar 22 kota. Sementara layanan 4G LTE dengan teknologi FDD (Frequency Division Duplex) yang berada di spektrum frekuensi 50 Mhz mencakup hampir semua kota yang dicover Smartfren,” ujar Munir S.P., Head of Network Special Project Smartfren kepada ArenaLTE.com di Bogor (11/11/2015).

Dan kenyataannya memang bener banget tuh guys! Karena gue punya salah satu gadget yang di bundling oleh provider bersangkutan. Dan no wonder deh speed-nya bisa cepet banget, sepertinya provider ini memang sangat aware banget sama kebutuhan anak muda jaman sekarang yang maunya up to date kaya gue ini.

So sekarang gue pake 2 gadget dengan provider lama gue, yang memang ngga gue ganti kartunya karena untuk nomor bisnis, tapi internet masih belom stabil (padahal sudah satu tahun mereka launch jaringan generasi keempat ini, tapi tetep aja mereka belom ekspansi jaringan sampai ke Serpong). Dan yang satu dari Smartfren yang gue beli karena jaringannya yang super ngebut dan membuktikan tagline mereka “Jaringan Luas, Cepat dan Stabil”. Dan in fact, paket mereka ngga buat kantong bolong karena harga paket mereka super murah, jaringan ngga abal-abal juga. Bayangin aja, Cuma dengan Rp 60.000,- per bulan sudah dapet 4GB paket internet, masih ditambah bonus lainnya lagi. Murahnya gile, jaringannya stabil, streamingnya bisa sampe muntah-muntah. Hahahaha…

Goodbye deh buat internet super lemot, buffering, dan unstable internet. Kalo gue pribadi menulis kaya gini berdasarkan pengalaman pribadi. Tetapi gue sendiri belom pernah tuh pake speed test, yang dipakai oleh team redaksi Arenalte. Berikut gue lampirkan juga gambarnya :

Dilihat dari hasil test yang sudah dilakukan oleh team redaksi Arenalte.com, memang Smartfren membuktikan tagline mereka “ Jaringan Luas, Cepat dan Stabil” dan bukan hanya sekadar PHP. Akhir kata, gue yakin banget dengan berkembangnya internet di Indonesia terutama jaringan 4G ini, akan makin mempermudah masyarakat Indonesia dalam segala hal, tentunya yang positif. Seperti perluasan pasar dagang yang sekarang sudah mulai ramai bermunculan Market Place dan Online Shop. Semoga dengan masukknya jaringan 4G ini bisa memajukkan Bangsa dan Negara.