Pernahkah terbayang di benak kita jika kita hidup tanpa adanya internet? Tentunya kita akan sulit melakukan segala sesuatu seperti berkomunikasi dengan orang yang kita sayang jika mereka sedang berada jauh di perantauan. Meski sebelum internet, telah ada layanan untuk berkomunikasi berupa SMS (Short Message Service). Tetapi hal itu tidaklah lengkap, karena kita hanya bisa mengirim pesan berupa tulisan saja. Oleh karena itu dengan hadirnya teknologi berupa internet, maka taraf kehidupan sosial kita pun juga ikut meningkat dan kita akan lebih mudah menjalin hubungan dengan orang-orang yang kita sayang meskipun terbentang jarak yang jauh.

Tahukah kita bahwa dewasa ini teknologi internet sudah sangat cepat perkembangannya. Awal mula internet di Indonesia adalah sekitar tahun 1990-an. Itupun kecepatan akses internet yang tersedia masih sangat lambat, yaitu hanya sekitar beberapa kbps saja.

Beralih pada zaman sekarang, internet telah melewati beberapa perkembangan sedemikian rupa sehingga saat ini  internet di Indonesia telah berada pada generasi ke-empat atau lebih di kenal sebagai teknologi 4G LTE. Dan saya adalah seorang saksi yang merasakan secara langsung kedahsyatan teknologi ini. Jika kita bicara tentang 4G LTE maka tidaklah lengkap rasanya jika kita tidak menyinggung mengenai kecepatan serta kestabilan traffic data yang diberikan oleh si 4G LTE.

Dengan adanya teknologi 4G LTE, kita akan dimanjakan dengan berbagai layanan yang serba cepat. Seperti menonton Youtube tanpa buffering, download/upload file dengan sangat cepat, serta bermain game online tanpa lagging. Jika anda seorang yang gila dengan teknologi, maka tidak ada salahnya beralih dari teknologi 3G yang sudah ‘jadul’, menuju ke teknologi 4G LTE yang lebih canggih dan modern.

Karena dari pengalaman saya sewaktu memakai teknologi 3G yang kurang baik, atau lebih tepatnya tidak puas. Sehingga saya memutuskan untuk beralih ke teknologi 4G LTE. Bayangkan, apa jadinya jika saat kita bermain game online dan kita mendapatkan ping yang terlampau besar? Pasti pergerakan kita dalam game akan terjadi lagging. Dan semua orang pasti tidak ingin hal itu terjadi. Serta bayangkan apabila saat kita melakukan download tiba-tiba proses downloading­ itu berhenti di tengah jalan kemudian gagal. Atau saat deadline untuk upload tugas kuliah malah internet kita ‘ngadat’. Pasti semua orang tidak ingin hal itu terjadi. Maka dari pengalaman itu yang membuat saya segera ingin pindah ke teknologi yang lebih modern. Dan saat itulah saya mendengar bahwa ada teknologi terbaru bernama 4G LTE.

Kesan pertama yang saya dapatkan saat memakai teknologi ini adalah ‘wah’. Karena saya tidak pernah merasakan kecepatan internet yang se-gila ini. Hanya butuh waktu beberapa menit saja untuk mengunduh suatu berkas yang memiliki ukuran beberapa giga. Serta saat saya mencoba untuk memutar video di  Youtube ataupun saaat saya mencoba bermain game online, saya tidak mendapati adanya buffering ataupun lagging. Dan sekali lagi dalam benak saya berkata ‘wah’ ini adalah teknologi yang selama ini saya cari.

Jadi apa salahnya buat kita untuk pindah ke 4G LTE ini? Menilik kelebihan-kelebihan yang diberikan oleh si 4G LTE ini akan membuat kita tidak akan ragu untuk mencobanya. Karena kita adalah generasi 4G LTE. Generasi yang akan membuat teknologi di Indonesia semakin maju.

Tetapi jika kita bertanya mengenai ketersediaan teknologi ini di Indonesia, mungkin kita harus sedikit lebih bersabar, karena sekarang ini hanya kota-kota besar saja yang sudah ter-cover­ oleh teknologi 4G LTE ini. Para operator masih berlomba-lomba untuk memasang jaringan mereka secara lebih luas, sehingga seluruh pengguna dapat menggunakan teknologi ini dengan maksimal demi kenyamanan pengguna.