ArenaLTE.com –  Apakah Anda pengguna perangkat Samsung Galaxy Note, baik  seri 3, 4, dan 5 maupun lainnya? Jika demikian, ada trik khusus menulis dilayar Galaxy Note tersebut melalui S-Pen atau pena digital perangkat, tanpa harus terlebih dahulu mengatifkan layar perangkat.

Samsung galaxy Note memang menjadi produk dalam segmentasi khusus, sehingga ada cara tersendiri untuk bisa menulis diatas layar dalam keadaan off. Sehingga S-pen sebagai pena digital ponsel, bisa dioptimalkan dengan lebih baik lagi.

Tetapi ada beberapa tahap yang perlu diperhatikan pengguna, untuk melakukan hal tersebut. Karena cara ini tidak disediakan dan diajarkan khusus oleh Samsung. Berikut trik menulis dilayar gelap Samsung galaxy Note, seperti dilansir dari Wonder How To.

Aktifkan Perizinan Install Aplikasi Luar

unknown sources

Cara ini bisa dilalui pengguna dengan mengaktifkan atau memberi tanda centang pada fitur unknown sources pada menu pengaturan. Masuk dalam menus setting, kemudian pilih menu security atau keamanan, gulir hingga bagian bawah layar (pengaturan ini bisa berbeda pada versi Android masing-masing) kemudian pilih fitur unknown sources dan biasanya ada tanda notif hijau atau lampu menyala dalam ikon bar tersebut.

Download Aplikasi

screen of memoMenulis dalam keadaan layar Note terkunci, memang bukan menjadi bagia fitur dalam perangkat Galaxy Note. Untuk bisa melakukan hal ini pun, membutuhkan aplikasi pihak ketiga khusus, tetapi besar kemungkinan aplikasi yang bernama ‘Screen Off Memo_v13’ tidak tersedia dalam Play Store, namun pengguna bisa mencarinya di situs lain Internet atau Download melalui Link ini, XDA_Developer.

Pasang Aplikasi

Setelah aplikasi sudah didapatkan, pengguna bisa memasangnya langsung dengan menginstall aplikasi tersebut ke dalam sistem Galaxy Note yang dimiliki. File hasil download biasanya tersedia dalam folder tersendiri, hal tersebut bisa diakses melalui aplikasi menager bawaan atau es_explorer.

Lakukan Pengaturan

Setelah aplikasi terpasang atau terinstall dalam perangkat, pengguna bisa menjalankan aplikasi tersebu langsung dengan mengklik ikon aplikasi. Saat pertama kali menjalankan dan dalam keadaan default maka aplikasi akan menampilkan layar administrator. Halaman ini bisa digunakan untuk melakukan pengaturan awal aplikasi, agar sistem bisa melakukan tindakan saat S-Pen dicabut.

Masuk dalam menu setting pada aplikasi, kemudian pilih menu security lalu masuk pada menu administrator untuk memastikan pengaturan layar Off Memo aktif saat pena tercabut. Hal ini juga untuk memungkinkan aplikasi tetap berjalan meski keadaan layar Galaxy Note dalam keadaan Off.