ArenaLTE.com – Situs media sosial dan permainan online menjadi dua aplikasi yang tidak akan pernah terpisah dari gadget pengguna saat ini. Dan hal tersebut menjadi sebuah keuntungan yang benar-benar bisa dimanfaatkan oleh para pengguna Facebook. Dengan sebuah kata kunci khusus, pengguna bisa memainkan game catur melalui Facebook messenger dari smartphone.

Catur adalah permainan rahasisa yang bisa digunakan dalam aplikasi pesan Facebook langsung. Menariknya, permainan tersebut tidak lagi perlu diinstall atau ditambahkan pengguna ke dalam smartphone, dan hal tersebut menguntungkan untuk menjaga kapasitas memori yang semakin menyempit.

Hanya dengan mengetikkan kata kunci khusus dalam aplikasi Facebook Messenger, pengguna bisa memainkannya dan bertanding langsung dengan kawan atau rekan dalam situs. Pengguna bisa mengetikkan kata “@fbchess play” (tanpa tanda kutip) untuk memainkan game tersebut.

Namun sayangnya, permainan yang memang dikhususkan untuk dimainkan dua orang ini, tidak begitu lancar seperti halnya aplikasi permainannya langsung yang didapat dari toko aplikasi, seperti Play Store atau Apps Store yang ada. Fitur layar sentuh menjadi kendala yang cukup berarti dalam memainkan game catur melalui Facebook Messenger.

catur game

Berikut cara memainkan game catur melalui Facebook Messenger:

  1. Sebelum memainkan game catur ini, sebaiknya pengguna terlebih dahulu menginstall aplikasi pesan Facebook ke dalam smartphone.
  2. Setelah proses donwload dan penginstallan aplikasi berjalan sukses, dan shortcut aplikasi sudah terpampang di layar smartphone Anda maka aplikasi bisa dijalankan.
  3. Aktifkan aplikasi pesan facebook, kemudian cari teman dan pilih satu nama yang terdaftar dalam list pertemanan Facebook Anda untuk diajak bermain.
  4. Setelah nama teman sudah dipilih sebagai lawan tanding bermain, ketikkan sandi khusus “@fbchess play” (tanpa tanda kutip) sebagai pesan kepada rekan tersebut.
  5. Saat papan permainan tampil dalam pesan, maka tunggu respons yang diberikan teman chating Anda.

Namun demikian, seperti yang dituliskan di atas bahwa karena fitur layar sentuh pada smartphone menjadi kendala dalam game catur melalui Facebook Messenger ini, maka pengguna memerlukan cara lain untuk menjalankan setiap pion. Ketikkan sandi @fbchees e4 untuk memerintahkan pion prajurit maju ke langkah depan.

Dan perlu diingat, e4 adalah kode pion yang digunakan untuk memindahkan pion didepan sesuai dengan letak pada bidak catur. Jika pengguna ingin menggerakan pion lainnya, kode tersebut bisa diganti dengan kode pada bidak yang ada di bidak catur tersebut.