ArenaLTE.com – Pada versi terbaru aplikasi Facebook, ada fitur baru yang memutar secara otomatis konten video. Tak sedikit yang mengeluh dengan model ini karena membuat kuota paket data cepat terkuras.

Pasalnya, tak sedikit dalam posting-an timeline yang memajang video tersebut akan tampil lebih dari satu, apakah itu dari status update teman terbaru atau sekedar iklan perusahaan yang ada. Jika hal ini memang menjadi gangguan dan lebih merugikan, ada baiknya simak tips menonaktifkan video Facebook yang memutar seara otomatis pada ponsel Anda:

 Versi Mobile

Untuk menonaktifkan video Facebook yang putar otomatis pada aplikasi mobile, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan pengguna.

Pertama: buka aplikasi Facebook tersebut pada smartphone atau tablet Anda

Kedua: saat aplikasi terbuka, pengguna bisa mengakses tombol menu yang berada di kanan layar atau halaman utama situs yang hadir dalam ikon gambar garis bertumpuk.

ketiga: setelah mengakses menu tersebut pengguna bisa menggulir hingga ke halaman bawah menu, untuk mengakses ‘Apps Setting’ yang biasanya tersedia pada menu general disebagian versi Android maupun aplikasi.

Keempat: pengguna bisa melakukan pengaturan untuk mematikan langsung pemutaran video, atau hanya mengaktifkan saat tersambung ke jaringan WiFi saja. Opsi ini juga menyediakan pengguna untuk tetap mengaktifkannya.

 

Versi Website

Laman situs jejaring sosial Facebook juga bisa diakses melalui aplikasi browser yang ada, baik via Google Chrome, Firefox, Internet Explorer, Opera atau lainnya. Dan fitur otomasi pemutaran video juga akan berjalan sama di kedua platform. Namun jika pengguna hanya mematikan pada satu platform saja maka akses di platform lainnya tetap akan aktif.

Untuk langkah aman dalam langkah menghemat kuota termasuk saat mengakses melalui website, pengguna juga bisa menonaktifkan menu otomasi ini langsung di laman situs. Berikut tips Menonaktifkan video Facebook yang memutar secara otomatis di versi website desktop:

Pertama: Buka browser, masuk ke laman Facebook.com dan langsung login dalam situs

Kedua: Masuk dalam tombol akses yang berada di pojok kanan halaman, yang kemudian disusul dengan memilih menu pengaturan.

Ketiga: Dalam laman pengaturan ini, pilih menu video untuk melakukan pemilihan pengaturan yang terletak pada bagian kiri laman pengaturan.

Keempat: Jika sudah memasuki halaman pengaturan video (video setting), pengguna akan disajikan dua menu pengaturan. Salah satunya adalah mengenai kualitas video, pilihan akan disajikan dalam menu dropdown dengan sajian kualitas HD dan SD. Namun, untuk langkah mematikan otomasi tersebut, pengguna bisa memilih menu ‘pemutaran otomatis video’ yang juga disajikan dengan menu sama dengan sistem dropdown. Pilih matikan untuk menonaktifkan sistem otomatis pemutaran video tersebut.